window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Efisiensi Bensin Nissan Livina Masih Kalah Tipis dengan Honda Mobilio

Samuel Tito · 25 Okt, 2020 18:00

Efisiensi Bensin Nissan Livina Masih Kalah Tipis dengan Honda Mobilio 01

Nissan Livina merupakan low multi purpose vehicle (LMPV) yang hadir meramaikan pasar kendaraan dengan angka penjualan terbesar di Indonesia. Sebagai produk terbaru, kembaran Mitsubishi Xpander ini sangat direkomendasikan sebagai pilihan kendaraan keluarga karena memiliki konsumsi bahan bakar yang irit.

Namun sebagai produk kembaran Xpander, apakah Nissan Livina mampu mengalahkan Honda Mobilio dalam hal efisiensi bahan bakar? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Mulai dari pengetesan Nissan Livina. Saat menempuh jarak sejauh 326 kilometer, Nissan Livina yang memiliki kapasitas mesin 1,5 liter mampu memberikan tenaga dan akselerasi yang maksimal.  Tapi tidak hanya itu bensin Livina pun tetap terbilang irit.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Perjalanan dengan kombinasi jalur dalam kota dan jalan tol serta beberapa titik kemacetan di sepanjang jalur uji coba membuktikan bahwa Nissan Livina mampu mencatatkan rasio konsumsi bahan bakar yang sangat irit. Untuk melibas jalan dalam kota, konsumsi bahan bakarnya 1 liter berbanding 14 kilometer (1:14).

Efisiensi Bahan Bakar Nissan Livina saat Macet

Efisiensi Bensin Nissan Livina Masih Kalah Tipis dengan Honda Mobilio 01

Dalam kondisi macet dengan banyak kondisi berkendara stop and go, konsumsi bahan bakar Nissan Livina membutuhkan konsumsi bahan bakar hingga 1 liter dengan jarak tempuh 12 kilometer.

Sedangkan di jalan tol tanpa hambatan, Nissan Livina mampu menembus konsumsi bahan bakar hingga 1:17 kilometer per liter. Konsumsi bahan bakar ini didapat dengan tetap menjaga putaran mesin di bawah 3.000 rpm.

Spesifikasi Mesin Nissan Livina

Efisiensi Bensin Nissan Livina Masih Kalah Tipis dengan Honda Mobilio 02

Dari segi spesifikasi, Nissan Livina menggunakan mesin 4A91 yang sama dengan Mitsubishi Xpander berkapasitas 1.499 Cc yang mampu menghasilkan tenaga 102 hp pada 6.000 rpm, sedangkan torsi puncaknya mencapai 141 Nm pada 4.000 rpm. Seluruh tenaga mesin disalurkan melalui transmisi manual 5 percepatan dan transmisi otomatis 4 percepatan.

Sejak diluncurkan pada bulan Februari, Livina telah menerima sambutan hangat dari pelanggan berkat fitur desain unik Nissan, teknologi pintar, dan Paket Perawatan Nissan yang inovatif, yang mencakup suku cadang dan servis gratis hingga 50.000 kilometer / 4 tahun.

Efisiensi Bahan Bakar Honda Mobilio

Efisiensi Bensin Nissan Livina Masih Kalah Tipis dengan Honda Mobilio 03

Selanjutnya mari cek efisiensi bahan bakar Honda Mobilio. Dengan jarak tempuh kurang lebih 60 kilometer dan harus melibas kemacetan lalu lintas. Honda Mobilio yang digunakan mencatat konsumsi bahan bakar rata-rata 21,6 kilometer per liter berdasarkan hitungan Multi-Information Display (MID) mobil.

Namun, angka tersebut didapat dengan tidak menggunakan AC selama perjalanan. Sedangkan saat menggunakan AC rata-rata angka yang didapat adalah 17 kilometer per liter. Sementara untuk rute dalam jalan bebas hambatan Tol kurang lebih berada di angka 19 km/liter.

Honda Mobilio Tawarkan Nilai Lebih

Efisiensi Bensin Nissan Livina Masih Kalah Tipis dengan Honda Mobilio 04

Honda Mobilio sejatinya memang merupakan kendaraan fungsional. Ditujukan untuk keluarga dengan tambahan fitur yang lebih baik dan incar hemat bahan bakar. Model Honda Mobilio terbaru pun tidak banyak berubah. Tapi tetap saja menawarkan nilai tambah bagi konsumen yang membutuhkan kendaraan untuk mobilitas sehari-hari.

Sebagai informasi, Honda Mobilio telah mengalami ubahan baik di sektor tampilan eksterior maupun interior. Jika dilihat secara detail, ada beberapa perbedaan dari tipe Mobilio yang paling rendah hingga yang paling tinggi yaitu pada varian RS.

Yang paling mencolok adalah head unit. Pada Honda Mobilio tipe S dan E (manual dan CVT) tidak banyak perbedaan. Keduanya memiliki tampilan gril, aerokit baru, tambahan list chrome di bagian belakang, dan juga velg yang sama.

Hanya saja ubahan pada tipe E sedikit lebih banyak yaitu penambahan lampu proyektor LED dengan Daytime Running Light (DRL), spoiler di bagian depan, samping dan belakang, serta head unit yang sudah berukuran 6,2 inci. didukung oleh Bluetooth dan Hands Free Telephone.

Interiornya juga terlihat sedikit berbeda dengan Two Tone (warna Black dan Ivory). Sedangkan di tipe rumah sakit, perubahannya sangat timpang. Mulai dari tampilan depan hingga interiornya terasa jauh berbeda.

Pada tipe ini, dasbornya berubah total dengan sentuhan warna orange yang membuatnya semakin sporty. Sentuhan itu juga bisa ditemukan di seluruh jok mobil. Tampilan headunitnya juga berbeda dengan tipe RS yang lebih besar dan lebih modern. Pada Mobilio tipe S dan E, head unit berukuran 6,2 inci. Sedangkan tipe RS, bagian itu lebih besar hingga 8 inci.

Berbicara soal tampilan, tipe RS lebih sporty dengan antena sirip hiu baru dan lampu belakang asap. Daftar chrome juga lebih banyak. Seperti biasa, fitur Vehicle Stability Assist (VSA) dan Hill Start Assist (HSA) hanya disediakan di tipe ini.

Untuk urusan tenaga, Honda Mobilio masih mengusung mesin 1.5L i-VTEC yang mampu menghasilkan tenaga 118 PS pada 6.600 RPM.

Konsumsi Bensin

Nissan Livina

Honda Mobilio

Pemakaian BBM di Tol

17 Km/Liter

19  Km/Liter

Pemakaian BBM Dalam Kota

14 Km/Liter

17 Km/Liter

Kesimpulan

Efisiensi Bensin Nissan Livina Masih Kalah Tipis dengan Honda Mobilio 05

Baik Nissan Livina maupun Honda Mobilio mencatat angka efisiensi bahan bakar yang hampir sama atau selisih sedikit saja. Kedua mobil yang masuk dalam segmen LMPV ini menawarkan nilai lebih dari segi penghematan bahan bakar. Karena nilai inilah yang diharapkan konsumen Indonesia. Selain kapasitas yang besar, tentunya efisiensi sebuah mobil MPV menjadi prioritas utama.

Jadi sekali lagi, pilihan ada di tangan calon konsumen. Jika ingin tampilan yang lebih segar, tentu pilihan jatuh pada Nissan Livina. Tapi ketika menyangkut masalah reputasi dan jaringan purna jual, nama Honda telah melekat pada loyalis merek tersebut.

Samuel Tito

Automotive writer who cover in-depth reports in an easy-to-understand for the readers

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Nissan Livina E MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil