window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

FAQ: Masih Bingung dengan Kemunculan Mazda CX-30? Ini Jawabannya

Alex · 11 Sep, 2020 18:00

FAQ: Masih Bingung dengan Kemunculan Mazda CX-30? Ini Jawabannya 01

Mazda CX-30 yang resmi meluncur di Indonesia pada bulan Januari 2020 lalu cukup membuat heboh publik. Bukan cuma menandai ambisi Mazda menghadirkan produk-produk kompetitif di Indonesia, CX-30 juga jadi jawaban atas sengitnya persaingan medium SUV di range harga setengah miliar Rupiah.

Dari segi produk, Mazda CX-30 memiliki gebrakan dengan berbagai teknologi yang diusungnya. Selain teknologinya, dari penamaan mobil ini juga membuat heboh. Sebab sebelumnya tak pernah Mazda merilis model SUV dengan nomenklatur dua digit.

Artinya, dari spesifikasi, fitur, teknologi hingga yang berkaitan dengan teknisnya pun mengundang pertanyaan. Apalagi Mazda CX-30 masih tergolong mobil baru karena usia eksistensinya baru berumur 9 bulan di tanah air.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Untuk mengetahui lebih jelas dari Mazda CX-30, berikut ini kami rangkum sejumlah pertanyaan yang kerap terlontar mengenai crossover baru tersebut.

1. Kenapa namanya CX-30?

Ini adalah sebuah pertanyaan yang sempat ramai sesaat setelah peluncuran CX-30 pada Januari lalu. Sempat disebut-sebut pula bahwa CX-30 merupakan hasil sharing platform dari CX-3. Tapi pernyataan tersebut tidak tepat.

CX-30 sendiri model baru yang mengisi celah antara CX-3 dengan CX-5. Artinya jika diurutkan secara nomenklatur maka namanya seharusnya "Mazda CX-4". Hal itu tak dilakukan Mazda sebab telah lebih dahulu eksis sebuah model yang cukup unik di Tiongkok bernama Mazda CX-4.

Maka dari itu Mazda Indonesia memilih menggunakan nama "CX-30". Tak ada sharing platform CX-30 dengan CX-3, secara kasta, tentunya CX-3 berada di bawah CX-30.

2. Basisnya dari model apa?

Seperti yang pernah diungkap oleh pihak Mazda Indonesia, bahwa mobil ini memang masih sharing platform dengan model Mazda yang lebih dahulu eksis.

Namun disebutkan pula bahwa CX-30 tidak sharing platform dengan CX-3, lantas dengan model apa? CX-30 merupakan model yang sharing platform dengan Mazda 3.

FAQ: Masih Bingung dengan Kemunculan Mazda CX-30? Ini Jawabannya 01

3. Punya sistem penggerak AWD?

Wajar saja jika ada pertanyaan tersebut beredar di kalangan penggemar Mazda. Sebab sebagaimana kita ketahui, di Malaysia atau beberapa negara lain yang lebih dahulu memasarkan CX-30 memang memiliki varian penggerak empat roda alias All Wheel Drive (AWD).

Namun apakah CX-30 versi Indonesia punya varian AWD? Jawabannya adalah; tidak.

Mazda Indonesia hanya memasarkan CX-3 dalam dua tipe yang keduanya menganut sistem penggerak depan alias front wheel drive (FWD).

Keduanya dibekali transmisi otomatis berteknologi Skyaktiv. Adapun konfigurasi transmisi dua pedal tersebut adalah 6 percepatan.

Transmisi yang terkenal presisi tersebut mengakomodir tenaga dari mesin 2.000 cc Skyaktiv-G yang bertenaga 155 ps dengan torsi 200 Nm.

FAQ: Masih Bingung dengan Kemunculan Mazda CX-30? Ini Jawabannya 02

4. Ada fitur HUD?

Sejumlah fitur yang jadi icon di beberapa model Mazda adalah head up display. Dengan fitur ini beberapa informasi di panel indikator terefleksikan di kaca depan layaknya pada sebuah pesawat tempur.

Tentunya fitur keren ini membuat pengalaman mengemudi CX-30 makin mengasyikkan. Pertanyaannya adalah, apakah fitur tersebut hadir juga di mobil baru Mazda ini?

Jawabannya adalah; ya, ada. Baik CX-30 tipe termurah maupun termahal sudah memiliki fitur keren tersebut. Lebih tepatnya pada CX-30 fitur tersebut dinamai Active driving display atau disingkat ADD.

5. Jok kulit jadi standar kelengkapan?

Jika Anda lihat pada interior CX-30 GT, yang merupakan tipe termahal, seluruh jok sudah terbungkus dengan material kulit. Tak cuma nyaman diduduki, tapi joknya terlihat sporty dengan kelir gelap.

Lantas apakah pada varian di bawahnya juga mendapat jok kulit? Sayang sekali karena jawabannya adalah; tidak. Jok kulit tersebut hanya menjadi kelengkapan standar milik CX-30 tipe teratas saja.

Namun bicara jok, kedua tipe tersebut juga sama-sama memiliki fitur power seat untuk bagian pengemudi. Fitur yang cukup menarik di mobil sekelasnya.

FAQ: Masih Bingung dengan Kemunculan Mazda CX-30? Ini Jawabannya 03

Kesimpulan

Mazda CX-30 masih memiliki semangat yang sama dengan model semereknya, sporty yang dibalut dengan desain elegan. Ia bukan cuma akan memuaskan mata siapapun yang melihatnya, namun juga akan memberikan pengalaman berkendara yang mantap.

Kendati demikian, Anda juga harus siap mengeluarkan dana yang tergolong besar untuk menikmati beragam teknologi dan fitur keren pada CX-30.

Alex

Seorang mantan product planner and researcher, sangat menyukai data dan semua yang berbau kutu buku. Mobil-mobil favoritnya adalah mobil analog dengan enam silinder

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Mazda CX 30 Touring

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil