window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Fakta Menarik, Simak Perbandingan Nissan Livina Baru Vs Bekas

Franky · 20 Jul, 2020 10:00

Fakta Menarik, Simak Perbandingan Nissan Livina Baru Vs Bekas 01

Fakta Menarik, Simak Perbandingan Nissan Livina Baru Vs Bekas 02

Di ranah MPV (Multi Purpose Vehicle), nama Nissan Livina tidak terdengar asing di telinga rakyat Indonesia. Pamornya tidak pernah redup semenjak pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2007. Pada tahun 2019, Nissan mengeluarkan seri terbaru dari Nissan Livina dengan lima varian model.

Dimulai dari harga Rp. 208,3 jutaan yaitu harga Nissan Livina varian terendah sampai harga Rp. 272,1 jutaan untuk varian tertingginya, Anda sudah bisa menikmati mobil 7-Seater ini. Untuk model bekasnya yang dirilis pada tahun 2018, dijual mulai dengan harga Rp.120 jutaan di tahun 2020.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });
DAFTAR HARGA MOBIL NISSAN LIVINA TERBARU
MODEL HARGA
Nissan Livina 1.5 E M/T Rp. 208,3 jutaan
Nissan Livina 1.5 EL M/T Rp. 231,8 jutaan
Nissan Livina 1.5 EL A/T Rp. 242,8 jutaan
Nissan Livina 1.5 VE A/T Rp. 259,4 jutaan
Nissan Livina 1.5 VL A/T Rp. 272,1 jutaan

Berbicara tentang sejarahnya, New Nissan Livina pertama kali diperkenalkan pada tanggal 6 Juli 2006 di China melalui Guangzhou Motor Show. Nissan Livina merupakan buah tangan dari Dongfeng Nissan dan mobil ini mempunyai hubungan erat dengan Nissan Note. Ya, basis dari mobil Nissan Livina menggunakan basis dari Nissan Note generasi pertama.

Satu tahun setelahnya, mobil Nissan terbaru diperkenalkan di Indonesia tepatnya pada tanggal 5 April 2007. Pada awal perilisannya, terdapat dua opsi mesin yaitu mesin 1.500 cc dan mesin 1.800 cc. Perilisan Nissan All New Livina ini menghadirkan angin segar di ranah MVP di Indonesia karena calon pengguna mempunyai opsi mobil keluarga yang nyaman khas sedan.

DAFTAR HARGA NISSAN LIVINA BEKAS
MODEL HARGA
Nissan Livina 1.5 SV M/T Rp. 118 jutaan (2018)
Nissan Livina 1.5 SV CVT Rp. 120 jutaan (2018)
Nissan Livina 1.5 XV M/T Rp. 145 jutaan (2018)
Nissan Livina 1.5 XV CVT Rp. 155 jutaan (2018)

Nissan Livina telah beberapa kali merombak mobil idaman keluarga ini sejak awal perilisannya. Generasi pertama Nissan Livina memiliki kode body L10 di tahun 2007. Enam tahun berikutnya, Nissan Livina meluncurkan generasi keduanya, yang memiliki kode body L11, di Shanghai Industry Exhibition 2013. Nissan Livina juga mengalami Facelift seperti di tahun 2018, hadir sosok Nissan Livina Special Version dengan dua varian SV dan XV. Baru di tahun 2019, Nissan Livina menghentikan produksi Nissan Grand Livina L11 dan merilis model baru bertajuk All New Nissan Livina.

Perbandingan Nissan Livina Baru Vs Bekas

Di antara kedua mobil ini, New Nissan Livina 2019 dan 2018, tentu mempunyai beberapa perbedaan. Oleh karena itu, kami di sini akan menjabarkan beberapa perbandingan antara mobil MPV besutan Jepang tersebut. Beberapa perbandingan yang akan kami jelaskan adalah mulai dari segi harga dan spesifikasi. Ikuti terus ulasan kami di sini, ya!

Nissan Livina Baru

Pada tanggal 19 Februari 2019, New Nissan Livina akhirnya merilis model terbarunya di Djakarta Theater Ballroom, Jakarta Pusat. Untuk model terbarunya, New Nissan Livina digadang-gadang memiliki kemiripan dengan Mitsubishi Xpander karena berbasis dari mobil tersebut. Di model terbarunya, Nissan Livina baru menawarkan 5 varian yang memiliki rentang harga yang berbeda. New Nissan Livina 2019 tentu memiliki perbedaan dengan Nissan Livina 2018 di segi fitur dan mesin. Seperti Head Unit kini lebih lebar yaitu berukuran 7” dan mesin yang telah dibekali dengan transmisi 4-Speed Automatic. Ground Clearance model terbaru juga memiliki jarak yang lebih tinggi yaitu 200-205 mm, sedangkan model lama hanya 175 mm.

Kelebihan Membeli Nissan Livina Baru

Banyak orang lebih senang untuk membeli baru. Sama halnya dengan kelebihan membeli New Nissan Livina baru berikut ini. Berikut kami sampaikan beberapa poin penting yang perlu Anda ketahui ketimbang membeli model bekasnya.

1. Fitur Paling Update Dengan Kondisi Mobil Baik

Jika Anda membeli mobil baru, Anda tidak perlu khawatir mengenai kondisi mobil. Tentu saja kondisinya 100% baik. Jika Anda membeli mobil bekas, Anda perlu memperbaiki beberapa hal yang dalam kondisi kurang baik. Inilah hal pertama keuntungan membeli mobil New Nissan Livina 2019.

Fakta Menarik, Simak Perbandingan Nissan Livina Baru Vs Bekas 01

Salah satu fitur yang terdapat di Nissan Livina terbaru

Apalagi mobil New Nissan Livina terbaru mempunyai fitur paling baru yang tidak dipunyai oleh model lama. Seperti telah hadir fitur keamanan yaitu Anti Theft Device dan Engine Immobilizer. Kedua fitur tersebut sangat penting demi keamanan pengguna. Anti Theft Device dan Engine Immobilizer sendiri mempunyai fungsi untuk menghindari pencurian mobil menggunakan kunci palsu, jadi mobil Anda akan aman. Dengan adanya Start Stop Engine di model terbarunya, membuat New Nissan Livina 2019 menjadi lebih praktis juga.

2. Adanya Surat-Surat Mobil yang Lengkap

Saat membeli mobil baru, Anda sudah mendapatkan surat-surat kepentingan mobil yang lengkap. Seperti adanya buku perawatan servis berkala, asuransi, dan garansi masih lengkap. Anda tidak perlu pusing-pusing tentang keberadaan surat-surat tersebut. Garansi sangat penting karena jika ada kerusakan mobil dalam jangka waktu 3-5 tahun, Anda bisa mengklaim kerusakan mobil itu kepada perusahaan terkait.

Fakta Menarik, Simak Perbandingan Nissan Livina Baru Vs Bekas 02

Setiap mobil baru tentu punya dokumen resmi yang lengkap

Asuransi dan buku perawatan servis berkala tidak kalah pentingnya. Asuransi mempunyai fungsi yang hampir sama dengan garansi, yaitu untuk melindungi finansial Anda jika mobil mengalami kerusakan. Buku perawatan servis berkala mempunyai jadwal servis mobil agar mobil tetap terawat.

Kekurangan Membeli Nissan Livina Baru

Di sisi lain, membeli mobil baru juga tak sepenuhnya positif ketimbang membeli versi bekas. Berikut kami sampaikan kekurangan membeli New Nissan Livina baru.

1. Harga Mobil dan Pajak Lebih Tinggi Dari Mobil Bekas

Membeli Nissan Livina yang merupakan mobil Nissan terbaru tentu saja membutuhkan biaya yang lebih banyak daripada mobil bekasnya. Ditambah lagi, biaya pajak dari mobil baru juga memerlukan biaya yang lebih tinggi. Namun, tenang saja, pajak Nissan Livina terbaru tidak setinggi yang Anda bayangkan. Untuk tipe tertingginya, pajak dipungut sekitar Rp. 3 jutaan. Faktor tahun keluaran dan tipe mobil juga mempengaruhi pajak.

Fakta Menarik, Simak Perbandingan Nissan Livina Baru Vs Bekas 03

Ilustrasi harga mobil baru dan pajak yang tinggi

2. Proses Pengurusan Surat-Surat Mobil

Di saat membeli mobil baru, Anda tidak bisa langsung membawa mobil baru tersebut ke rumah Anda. Karena perlu adanya proses pengurusan surat-surat mobil seperti STNK dan BPKB terlebih dahulu. Proses ini bisa memakan waktu 2-3 bulan. Jadi, Anda tidak bisa langsung mengendarai mobil Anda.

Fakta Menarik, Simak Perbandingan Nissan Livina Baru Vs Bekas 04

Anda tidak dapat langsung mengendari mobil baru karena adanya proses pembuatan surat-surat penting

Nissan Livina Bekas

Setelah puas membahas Nissan Livina 2019, selanjutnya kami akan membahas Nissan Livina bekas. Nissan Livina bekas ini dirilis pada tahun 2018. Model ini merupakan Facelift dari model sebelumnya yaitu L11. Nissan Livina 2018 ini juga dikenal sebagai Nissan Livina Special Version, terdiri atas dua tipe yaitu SV dan XV. Lalu apa kelebihan dan kekurangannya?

Kelebihan Membeli Nissan Livina Bekas

Bagi Anda yang lebih setuju membeli model bekasnya, berikut kami sampaikan lebih lanjut tentang kelebihan membeli Nissan Livina bekas.

1. Harga Beli dan Pajak Lebih Murah

Kelebihan Nissan Livina bekas yang pertama adalah harga beli mobil lebih murah daripada harga asli. Jika harga asli mobil sekitar Rp. 200 jutaan lebih, di rentang harga Rp.120 jutaan, Anda telah bisa mendapatkan mobil idaman keluarga ini. Pajak pun juga seperti itu, biaya yang dipungut lebih murah mengingat tentang tahun keluaran yang lebih lama daripada mobil Nissan Livina baru.

Fakta Menarik, Simak Perbandingan Nissan Livina Baru Vs Bekas 05

Biaya pembelian dan pungutan pajak lebih murah daripada membeli mobil baru

2. Tidak Perlu Menunggu Lama untuk Mengendarai

Jika membeli mobil baru harus menunggu 2-3 bulan, untuk mobil bekas Anda bisa langsung mengendarainya. Karena hal-hal penting STNK dan yang lainnya telah diurus oleh pemilik sebelumnya saat membeli mobil ini dahulu. Jadi, Anda tidak perlu menunggu proses pengurusan surat-surat mobil yang memakan waktu cukup lama.

Fakta Menarik, Simak Perbandingan Nissan Livina Baru Vs Bekas 06

Anda bisa langsung mengendarai mobil bekas setelah melakukan pembayaran

Kekurangan Membeli Nissan Livina Bekas

Tak sepenuhnya membeli mobil bekas, baik adanya. Hal ini terbukti dari poin-poin yang kami sematkan berikut ini khususnya tentang kekurangan membeli Nissan Livina bekas.

1. Pembengkakan Biaya Akibat Perbaikan Mobil

Memang biaya yang dikeluarkan untuk membeli mobil bekas tidak sebanyak saat membeli mobil baru. Namun, perlu dicatat bahwa mobil bekas tidak dalam kondisi sempurna karena tentu saja bekas dipakai oleh pemilik sebelumya. Untuk mengurangi pembengkakan biaya, Anda harus cermat saat membeli mobil bekas seperti mengecek surat perawatan, mesin, atau bahkan Anda dapat melakukan Test Drive sebelum membeli.

Fakta Menarik, Simak Perbandingan Nissan Livina Baru Vs Bekas 07

Membeli mobil bekas juga perlu biaya lebih untuk memperbaiki beberapa bagian mobil yang rusak

2. Surat-Surat Mobil Tidak Lengkap

Kekurangan kedua adalah surat-surat mobil bekas seringkali tidak lengkap. Biasanya salah satu dari asuransi atau surat perawatan servis berkala tidak tersedia saat membeli mobil bekas. Tidak adanya garansi juga membuat calon pembeli cukup khawatir untuk membeli mobil bekas ini.

Fakta Menarik, Simak Perbandingan Nissan Livina Baru Vs Bekas 08

Asuransi mobil juga penting untuk klaim kerusakan mobil Anda

Kesimpulan

Dari beberapa ulasan di aras, memang terdapat berbagai perbedaan dari segi harga, fitur, dan mesin. Kelebihan membeli Nissan Livina 2019 adalah Anda tidak perlu khawatir mengenai kondisi mobil dan kelengkapan surat-surat mobil. Nissan Livina 2019 juga mempunyai fitur paling Update dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Kekurangannya adalah tentu merogoh biaya yang lebih untuk membeli mobil ini dan butuh proses 2-3 bulan untuk mengurus surat-surat mobil.

Sedangkan, membeli mobil bekas New Nissan Livina juga mempunyai kelebihan seperti harga beli dan pajak yang lebih rendah, dan tidak perlu menunggu lama untuk bisa mengendarai mobil ini. Untuk kekurangannya seperti perlu biaya lebih untuk perbaikan mobil dan surat-surat mobil yang tidak lengkap.

Pada akhirnya, Anda yang menentukan pilihan mana yang akan Anda beli. Semoga ulasan singkat kami dapat Anda jadikan referensi sebelum membeli mobil New Nissan Livina baru atau bekas.

Franky

Berhati-hatilah dalam membuat keputusan yang benar di hadapan semua orang

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Nissan Livina E MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil