window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Fitur Dan Kelengkapan Toyota Avanza Veloz Terbaru Yang Tak Ada Di Model Lamanya

Naomi · 12 Mei, 2020 17:00

Fitur Dan Kelengkapan Toyota Avanza Veloz Terbaru Yang Tak Ada Di Model Lamanya 01

Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) Toyota Avanza masih jadi primadona konsumen mobil Indonesia. Tak ayal saat peluncuran model penyegaran di 2019 lalu, Toyota sediakan sejumlah fitur dan kelengkapan baru. Toyota Avanza dijual mulai harga Rp 200 jutaan sampai Rp 248 jutaan.

Tak bisa dipungkiri, mobil-mobil di segmen ini memang menjadi incaran. Makanya pendatang pun semakin banyak. Sebut saja Mitsubishi Xpander sampai Wuling Confero. Masing-masing menawarkan kelebihan yang tak dimiliki oleh Toyota Avanza sebelumnya.

Ubahan yang dilakukan Toyota pada Avanza baru cukup banyak. Mendengarkan masukan dari konsumen setianya, transformasi dilakukan Toyota secara menyeluruh. Mulai dari bentuk luar, interior, fitur dan kelengkapan hingga performa dan rasa berkendaranya tak luput dari peningkatan kualitas. Apalagi pada tipe Veloz atau varian termahalnya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Fitur Dan Kelengkapan Toyota Avanza Veloz Terbaru Yang Tak Ada Di Model Lamanya 01

1. Eksterior

Desain Avanza dan Veloz terbaru jelas berubah dibanding sebelumnya. Paling gampang mengenalinya dari depan. Sebab kini ia tampil lebih mewah dengan split headlights. Lampu utama dibelah garis sewarna bodi yang membuatnya terlihat memiliki empat lampu utama.

Tampilan ini terinspirasi dari desain lampu mobil MPV Toyota lain yang lebih mewah seperti Voxy dan Vellfire. Lampu utama Toyota Avanza juga sudah menggunakan LED multi reflektor yang menggantikan bohlam halogen di versi lamanya.

Toyota Avanza Veloz lama memang memakai lampu model proyektor, tapi halogen. Lampu proyektor hilang di versi barunya berganti LED berpendar putih kebiruan. Terlebih lagi, Toyota memberi fitur tambahan untuk lampu barunya, yakni Follow Me Home. Maksudnya setelah memadamkan mesin, lampu utama tetap menyala selama beberapa detik untuk memberikan pencahayaan di malam hari.

Grillenya juga terlihat lebih sprorty karena punya lubang udara yang lebih tipis dengan aksen palang berwarna black chrome. Lubang udara besar di grille yang berwarna hitam mirip sebelumnya. Hanya memang desain kisi-kisinya berbeda. Begitupun dengan desain aero kit di bemper depan.

Kalau desain rumah lampu kabutnya tak lagi membulat dan sekarang meruncing ke atas. Elemen berwarna krom menghilang berganti tema hitam nan sporty yang kental. Oh ya, sekedar informasi saja, desain wajah Avanza dengan Avanza Veloz berbeda sedikit di bagian bemper depan.

Bagian sisi Avanza Veloz sekarang tak berubah jauh. Desain side body moulding lebih minimalis. Side skirt atau body kit samping sekarang ada ornamen krom penanda dirinya sebagai varian termewah. Velg 15-inci dwi-warna pun punya desain palang berbeda dari sebelumnya. Sementara outer mirror Avanza Veloz sudah dibekali fitur automatic retractable dan bisa dilipat secara elektronis dari dalam.

Agar ubahan semakin sempurna, bagian belakang saudara kembar Daihatsu Xenia ini juga berubah sedikit. Desain lampu belakang ada ubahan dan menyatu dengan aksen panel lampu horizontal di pintu bagasi. Lampu di pintu bagasinya juga model split dan dibuat melintang disatukan dengan plate berwarna black chrome yang memberi kesan lebih lebar. Desain bemper belakangnya pun direvisi dengan rumah lampu mata kucing yang terlihat lebih agresif.

Fitur Dan Kelengkapan Toyota Avanza Veloz Terbaru Yang Tak Ada Di Model Lamanya 02

2. Interior

Untuk masuk ke dalam kabin Avanza Veloz sekarang jauh lebih mudah. Ada fitur smart key biar tak ketinggalan dari Mitsubishi Xpander dan Suzuki Ertiga. Begitupun dengan fitur tombol Start-Stop untuk menyalakan dan mematikan mesin.

Kabin Toyota Avanza dan Veloz juga diperbaharui. Pelapis jok Veloz sekarang punya motif berwarna merah. Tapi jok seluruhnya masih dibungkus material fabric bukan kulit. Di konsol tengah juga ada yang berubah. Terlihat panel hitam yang menjadi tempat tertanamnya sistem multimedia layar sentuh dengan kemampuan mirroring dan kamera mundur. Panel AC juga sudah digital menggantikan kenop putar versi lamanya.

Peningkatan juga dilakukan pada kursi baris kedua dan ketiga. Tersedia power socket 12 Volt untuk mengecas ponsel pintar di kursi baris kedua dan ketiga. Bahkan lebih kerennya lagi, penumpang belakang Avanza Veloz bisa menonton DVD lewat monitor atap yang menempel di bawah outlet AC double blower.

Fitur Dan Kelengkapan Toyota Avanza Veloz Terbaru Yang Tak Ada Di Model Lamanya 03

3. Performa

Sektor mesin menjadi satu-satunya yang tak mengalami perubahan berarti. Toyota Avanza dan Veloz masih ditawarkan dalam dua pilihan mesin. Mesin 1,3 liter bertenaga 96,5 PS pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 120 Nm pada 4.200 rpm. Sedangkan mesin 1,5 liter Dual VVT-I menghasilkan tenaga 104 PS pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 136,4 Nm pada 4.200 rpm. Penyaluran tenaganya juga tersedia dua pilihan. Transmisi manual 5-percepatan dan otomatis konvensional 4-speed.

4. Pengendaraan dan Pengendalian

Untungnya Toyota melakukan revisi pada bagian kaki-kaki. Setelan suspensi depan MacPherson Strut di depan dan 4-link lateral rod di belakang dibuat lebih kokoh. Toyota mengklaim dimensi lateral rod diperbesar dan pegas atau per nya memiliki ulir yang lebih sedikit. Hasilnya stabilitas dan kualitas peredaman setingkat lebih baik dibanding sebelumnya.

Kualitas kemudi juga ditingkatkan, Terjadi pengesuaian pada electric power steering yang memberikan respons bobot serta pergerakan yang lebih linear. Kemudi yang lebih mantap di genggam dan stabilitas berkendara yang meningkat membuat mobil ini lebih enak dan mantap dikemudikan dibanding sebelumnya.

Toyota juga menambahkan sejumlah insulator di dalam kabin. Terbukti kebisingan suara artikulasi roda dengan permukaan jalan mampu direduksi lebih baik. Sebabnya, improvement pada insulator diletakkan di struktur rangka bagian belakang, lantai serta dash panel bagian depan. Kekedapan kabin yang optimal ini menjanjikan kenyamanan berkendara yang lebih baik.

Fitur Dan Kelengkapan Toyota Avanza Veloz Terbaru Yang Tak Ada Di Model Lamanya 04

5. Harga dan Fitur Keselamatan

Fitur keselamatan juga ditambah. Masih tersedia dual SRS airbag dan rem ABS (Anti-lock Brake System) dan kursi ISOFIX. Bedanya, kini Avanza dan Veloz baru dilengkapi fitur keselamatan EBD (Electronic Brake Force Distribution) untuk mengoptimalkan jarak pengereman.

Hebatnya pada saat peluncuran Toyota Avanza dan Veloz baru ini, meski mendapatkan banyak peningkatan tapi semua ini bisa ditebus tanpa kenaikan harga. Tapi saat berita ini diturunkan, sudah ada sedikit penyesuaian harga walau kenaikannya tidak begitu besar.

Daftar Harga Toyota Avanza
1.3E M/T Rp. 200.150.000
1.3E A/T Rp. 211.350.000
1.3G M/T Rp. 218.000.000
1.3G A/T Rp. 228.700.000
1.5G M/T Rp. 230.300.000
Daftar Harga Toyota Avanza Veloz
1.3 M/T Rp. 224.700.000
1.3 A/T Rp. 236.500.000
1.5 M/T Rp. 236.700.000
1.5 A/T Rp. 248.500.000

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

2022 Toyota Avanza 1.3 E M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil