window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Fitur Keselamatan Suzuki Baleno, Cukup Lengkap Tapi Bukan yang Terbaik

Yongki Sanjaya · 8 Jul, 2020 12:00

Fitur Keselamatan Suzuki Baleno, Cukup Lengkap Tapi Bukan yang Terbaik 01

New Baleno hadir sebagai The Complete Hatchback, artinya hatchback ini didukung dengan fitur-fitur keamanan dan kenyamanan yang lengkap serta desain yang lebih premium dan modern.

Di Indonesia, New Suzuki Baleno tersedia dalam dua varian, yakni Suzuki Baleno M/T dan Suzuki Baleno A/T. Harga Suzuki Baleno berkisar dari Rp 230 juta hingga Rp 242 jutaan. Ini merupakan harga Baleno 2020. Saudara New Baleno dari pabrikan yang sama, yakni Suzuki Ignis. Mobil Suzuki Ignis memiliki total 4 tipe. Harga mobil Suzuki Ignis terbaru berkisar dari Rp 170 juta hingga Rp 200 juta. Ini merupakan harga Ignis 2020. Konsumen juga bisa melihat harga promo Suzuki Ignis dan mobil Suzuki Indonesia lainnya di situs otomotif.

Penampilan Suzuki Baleno terkesan ramping sehingga Baleno kelihatan paling kecil di antara bila dibandingkan Jazz dan Yaris. Kalian yang sedang mencari mobil harian yang murah, efisien, tapi fiturnya lengkap, maka Baleno patut masuk ke dalam daftar teratas mobil buruan. Ditambah lagi dengan sejumlah fitur – fitur interior yang telah disematkan, membuat para pengguna tentunya akan lebih merasa nyaman. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Sistem audio menggunakan tipe 2DIN yang dapat digunakan untuk pemutar CD / DVD, USB, Bluetooth, Radio FM/AM. Sayangnya, untuk penumpang belakang tidak mendapat fitur AC dan cuma disediakan power outlet di konsol tengah. Lantas bagaimana dengan fitur keselamatan di hatchback pengganti Suzuki Swift di Indonesia ini?

Fitur Keselamatan Suzuki Baleno, Cukup Lengkap Tapi Bukan yang Terbaik 01

Fitur keselamatan jadi bagian penting di mobil saat ini. Adanya fitur keselamatan yang cukup canggih dapat melindungi pengemudi dan penumpang yang bisa lebih aman dalam berkendara. 

Dapat dikatakan, fitur perlindungan di New Suzuki Baleno hatchback sudah oke namun mungkin bukan yang paling lengkap di kelasnya. Mungkin ini juga alasan mengapa harga jualnya lebih murah dibanding Toyota Yaris atau Honda Jazz. 

Fitur Keamanan dan Keselamatan Aktif di New Baleno

Fitur Keselamatan Suzuki Baleno, Cukup Lengkap Tapi Bukan yang Terbaik 02

Suzuki menyiapkan beberapa piranti pendukung keselamatan selama berada di kabin. Untuk pengendara dan penumpang depan sudah disiapkan Dual SRS Airbag. 

Kemudian ketika pengendara melakukan pengereman secara mendadak, ban tidak akan terkunci berkat adanya Antilock Braking System (ABS). Adanya ABS memungkinkan pengendara mengarahkan kendaraannya menghindar dari rintangan dan mobil tidak selip atau melintir.

Dukungan Electronic Brakeforce Distribution (EBD) membuat pengereman lebih efektif dan lebih pendek. Selain itu adanya Brake Assist (BA) juga akan membantu pengendara lebih ringan menekan pedal rem.

Sayangnya, Suzuki Indonesia mobil Suzuki New Baleno tidak selengkap dan secanggih Honda Jazz yang memiliki fitur Brake Override System (BOS). Fitur BOS membantu mobil memprioritaskan pengereman saat pedal gas dan rem terinjak bersamaan agar mobil tidak melaju. 

Fitur Keselamatan Suzuki Baleno, Cukup Lengkap Tapi Bukan yang Terbaik 03

Dengan harga di bawah Rp 250 juta, kalian jangan berharap Suzuki New Baleno memiliki Vehicle Stability. Fitur ini berfungsi aktif mengurangi gejala oversteer dan understeer terutama di jalan basah. Padahal, Honda Jazz dan Toyota Yaris sudah memiliki fitur tersebut sebagai standar. 

Adapun untuk sistem keamanan mobil telah memakai Keyless Entry yang memungkinkan pengendara bisa lebih mudah mengakses ke kabin. Pengemudi pun tanpa perlu lagi menekan tombol pada remote. Ini juga memudahkan penumpang karena remote keyless saat terdapat di dalam tas dapat berfungsi membuka pintu bila jaraknya sekitar 1 meter. 

Fitur Keselamatan Pasif Suzuki New Baleno, Andalkan Struktur Heartect

Fitur Keselamatan Suzuki Baleno, Cukup Lengkap Tapi Bukan yang Terbaik 04

Baleno mengandalkan platform generasi terbaru “HEARTECT” yang menghadirkan fundamental performa kendaraan yang tak hanya ringan namun juga lebih kokoh. Struktur rangkanya kini lebih andal bahkan ketika menyerap benturan. 

Di sisi lain, rangka yang rigid membuat berkendara makin nyaman ketika berada di kecepatan tinggi dan juga ketika menikung di berbagai kondisi jalan. Tak ketinggalan, fitur Suzuki Total Effective Control Technology (TECT). 

Ini berupa keselamatan standar melindungi penumpang ketika terjadi benturan. TECT ini bekerja meredam benturan dengan baik meski materialnya berbobot ringan. Untuk melindungi pengemudi dan penumpang, tersedia dual SRS airbag di New Suzuki Baleno

Harga memang tidak bisa bohong, sebab Toyota Yaris malah menyediakan airbag di 7-titik. Perlindungan terhadap benturan saat kecelakaan pun jauh lebih baik dari Baleno. 

Kesimpulan

Fitur Keselamatan Suzuki Baleno, Cukup Lengkap Tapi Bukan yang Terbaik 05

Semestinya, Suzuki Baleno juga memiliki Vehicle Stability Control (VSC) untuk memaksimalkan keseimbangan mobil saat berakselerasi dan menikung pada waktu yang sama. Patut disayangkan, karena harganya juga yang paling murah, Baleno juga tidak memiliki Hill Start Assist (HSA). Sistem HSA akan mendeteksi bila mobil bergerak mundur di tanjakan dengan cara meningkatkan tekanan rem pada semua roda sehingga mencegah mobil mundur. 

Melihat deretan fitur keselamatan yang tersedia di New Baleno baik aktif atau pasif, tidak ada yang istimewa. Semua fitur yang dimilikinya juga menjadi standar di hatchback sejenis di merek lain. Mungkin, Baleno perlu banyak penyempurnaan dari sisi fitur supaya menjadi hatchback yang benar-benar komplit seperti tagline yang diusungnya. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Suzuki Baleno 2020 MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil