window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Hal Apa Saja yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Toyota Calya?

Mark Jacob · 20 Mei, 2020 10:00

Hal Apa Saja yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Toyota Calya? 01

Bagi Anda yang berencana membeli sebuah mobil dengan harga terjangkau namun bisa memuat banyak orang, Toyota Calya terbaru bisa jadi solusinya. Mobil buatan Toyota Indonesia ini memang memiliki banyak kelebihan. Mulai dari konsumsi bahan bakar yang irit, harga spare part terjangkau, hingga kenyamanan yang ada pada mobil 7 penumpang tersebut. Tapi, ada beberapa hal yang sebaiknya kamu perhatikan sebelum benar-benar membeli Toyota Calya terbaru ini. Kira-kira, hal apa sajakah yang harus diperhatikan dalam membeli Calya Toyota terbaru ini?

1.Perhatikan Garasi

Hal pertama yang wajib diperhatikan bagi Anda yang baru pertama kali membeli mobil adalah ukuran. Toyota Calya terbaru merupakan produk kerjasama antara Toyota dengan Daihatsu. Sehingga mobil ini dijual bersamaan oleh Toyota dan Daihatsu namun dengan nama yang berbeda. Untuk Toyota dijual dengan nama Calya, sedangkan Daihatsu dijual dengan nama Sigra. Ukuran kedua mobil tersebut memiliki panjang 4.110 mm, lebar 1.655 mm dan tinggi 1.600 mm.

Bagi Anda yang hendak membeli mobil Toyota Calya terbaru ini, ada baiknya kamu benar-benar mengukur ukuran garasi yang ada di rumah. Pastikan agar mobil Calya terbaru muat ke dalam garasi Anda. Jika melihat dari data spesifikasi di atas, rasanya mobil Calya memang cukup panjang tetapi jika dilihat kasat mata ukurannya cukup kompak dan mungil.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Hal Apa Saja yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Toyota Calya? 01

2.Varian dan Harga

Toyota Calya terbaru memiliki tiga varian yang ditawarkan. Mulai dari tipe E dengan transmisi manual, tipe G transmisi manual dan tipe tertingginya yakni G bertransmisi otomatis. Ketiganya ditawarkan dengan fitur yang berbeda-beda dengan harga yang berbeda pula. Lantas, berapa harganya? Untuk tipe terendah mobil Calya terbaru tipe E MT dibanderol seharga Rp147,3 juta. Lalu untuk mobil Toyota Calya terbaru tipe G MT dibanderol seharga Rp153,6 juta dan tipe G AT dibanderol seharga Rp165,8 juta. Bagi kamu yang hendak membeli Toyota Calya terbaru, sesuaikan dengan bajet keuangan kamu ya.

Hal Apa Saja yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Toyota Calya? 02

3.Fitur

Setelah membahas ketiga varian tersebut, lantas apa saja fitur yang ada pada Toyota Calya terbaru ini? Untuk tipe tertinggi mobil Calya Toyota terbaru, di bagian lampu depan sudah memakai bumper model sporty dengan adanya foglamp di bagian bawah. Lampu depannya juga sudah menggunakan LED. Sedangkan untuk tipe terendah belum dilengkapi dengan foglamp dan LED, tetapi masih memakai model bohlam. Desain velg tipe tertinggi juga memakai model palang, dengan aksen warna two tone.

Di bagian samping, spion Calya terbaru sudah memakai fitur pelipat yang bisa diatur secara elektronik hanya untuk tipe G saja. Di bagian pintu belakang terdapat garnish model dark chrome untuk tipe G. Hal ini tentu membuat mobil Calya terbaru menjadi lebih stylish dan elegan. Lalu, bagaimana dengan bagian interiornya? Di bagian interior, tipe G sudah dilengkapi dengan head unit layar sentuh yang dapat dikoneksikan dengan Bluetooth. Selain itu, ada juga tombol pengaturan pada setir yang bisa memudahkan pengemudi.

Hal Apa Saja yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Toyota Calya? 03

Pada tipe terendah, head unit pada mobil Toyota Calya belum memakai model layar sentuh ataupun terdapat tombol pada bagian setir. Sedangkan pada tipe tertinggi, juga terdapat rak penyimpanan yang terletak di bagian bawah jok depan sisi kiri. Penyimpanan ini hanya terdapat pada varian tertingginya saja. Masih dari bagian dashboard, pada tipe G terdapat console box berukuran kecil tepat di bagian bawah tuas transmisi.

Ruang kecil ini berguna untuk menaruh barang berukuran kecil seperti uang koin. Untuk warna interior, Toyota Calya memakai paduan warna hitam dengan coklat pada bahan jok yang memakai fabric. Panel-panel indikator pengaturan ac masih memakai model kenop berbentuk bulat seperti putaran kompor. Untuk tipe G, di bagian belakang jok depan terdapat ruang penyimpanan yang juga bisa digunakan untuk membawa barang.

Hal Apa Saja yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Toyota Calya? 04

4.Mesin

Toyota Calya terbaru dibekali dengan mesin berkode 3NR berkapasitas 1.197 cc, 4 silinder. Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga hingga 87 hp dengan torsi maksimal mencapai 108 Nm. Mesin tersebut ditawarkan mobil Calya terbaru dengan pilihan transmisi manual dan otomatis. Untuk transmisi manual, disediakan pilihan hingga 5 percepatan. Sedangkan transmisi otomatis memakai 4 percepatan. Tak heran jika konsumsi bahan bakar dari Toyota Calya terbaru ini bisa sangat irit. Hal itu didukung dengan bobotnya yang juga cukup ringan mencapai 990 kg saja.

Hal Apa Saja yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Toyota Calya? 05

5.Keamanan

Sebagai pembeli mobil baru, dan mobil pertama untuk Anda, sistem keamanan pada mobil tak boleh luput dilupakan. Mobil Calya Toyota dibekali dengan beberapa perangkat keamanan yang mumpuni. Mulai dari rem ABS, sensor parkir mundur, EBD, kunci immobilizer, dual SRS airbag, seatbelt 3 titik, ISOFIX dan anti theft dari Toyota. Fitur keselamatan tersebut sebenarnya masih dianggap kurang bagi sebagian orang. Namun dengan harga yang ditawarkan, harga tersebut rasanya dianggap masih masuk akal.

6.Kekurangan Toyota Calya

Kamu juga wajib tahu mengenai kekurangan dari mobil ini. Salah satu kekurangannya adalah ac yang kerap kurang maksimal memberikan udara sejuk pada baris kedua dan ketiga. Toyota Calya terbaru merupakan mobil 7 penumpang, sayangnya ia tidak dibekali dengan sistem ac double blower. Sebagai gantinya ia memakai air circulator, atau kipas yang berguna menghembuskan angin dari ac bagian depan menuju ke belakang. Hal inilah yang kerap dikeluhkan para pembeli mobil Calya.

Penumpang yang duduk di baris kedua dan ketiga Calya terbaru dianggap kurang mendapatkan pasokan udara sejuk. Sehingga masih merasa panas terutama pada saat siang terik. Kekurangan lainnya adalah mobil ini akan terasa limbung pada kecepatan tinggi. Karena ini adalah mobil keluarga, maka sangat tidak disarankan untuk menggunakan mobil ini hingga kecepatan tinggi. Konstruksi rangka dan bodi memang tidak dirancang untuk melaju kencang.

Hal Apa Saja yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Toyota Calya? 06

Kekurangan lain dari mobil ini adalah mesin yang digunakan pada Toyota Calya terbaru merupakan model lama. Mesin 3NR yang tertanam pada Toyota Calya terbaru merupakan mesin lama yang sudah ada sejak 2011 silam. Kala itu mobil ini dipasangkan pada Toyota Etios yang kini sudah berhenti diproduksi.

Selain itu, mesin mobil Calya terbaru tersebut juga dipakai pada keluarga Toyota Yaris dan Toyota Agya. Bisa dibilang, teknologi yang ada pada mesin tersebut sudah ketinggalan zaman dan cukup usang. Itu tadi merupakan beberapa hal yang bisa kamu perhatikan sebelum membeli Toyota Calya terbaru. Bagaimana, sudah menentukan pilihan?

Mark Jacob

Tergila-gila dengan mobil tua, apalagi buatan Eropa. Pastinya suka berteman dengan mobil yang boros, dan pintunya cuma dua.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Toyota Calya E MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil