window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Harga Lebih Terjangaku, Ini Perbedaan Kepraktisan Daihatsu Ayla dan Honda Brio

Bent Aulia · 22 Sep, 2020 17:00

Harga Lebih Terjangaku, Ini Perbedaan Kepraktisan Daihatsu Ayla dan Honda Brio 01

Facelift Daihatsu Ayla baru saja diperkenalkan secara virtual. Harga Daihatsu Ayla 2020 yang dibanderol Rp136 jutaan untuk mesin 1.2L bersaing dengan Honda Brio yang dihargai Rp146 jutaan. Dari harga yang tak berbeda jauh, bagaimana perbedaan kepraktisan kedua mobil tersebut?

Kepraktisan Daihatsu Ayla

Urusan kabin memang masih menjadi salah satu keunikan tersendiri bagi New Daihatsu Ayla. Meskipun memiliki dimensi yang kompak, namun ruang kaki dan ruang kepala masih cukup lapang untuk orang dewasa di bangku baris kedua.

Harga Lebih Terjangaku, Ini Perbedaan Kepraktisan Daihatsu Ayla dan Honda Brio 02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Sayangnya hal ini tidak berlanjut pada ruang bagasi yang cukup terpangkas. Mengingat bodinya yang merata di belakang, kapasitas penyimpanan memang tak sebaik model MPV maupun SUV lainnya. Walau masih bisa untuk meletakkan koper hingga berbagai barang bawaan di ruang bagasi.

Sedangkan kelengkapan lain penunjang kepraktisan termasuk berbagai kompartemen penyimpanan yang tersebar pada interior Daihatsu Ayla. Diantaranya glove box, saku pada door trim, cupholder pada konsol tengah, hingga ruang untuk meletakkan koin atau kartu e-money pada bagian bawah dashboard.

Harga Lebih Terjangaku, Ini Perbedaan Kepraktisan Daihatsu Ayla dan Honda Brio 01

Melengkapi kepraktisan Daihatsu Ayla terbaru yaitu sistem AC digital yang baru saja ditambahkan. Bersanding bersama sistem layar sentuh dari head unit baru, desainnya menawarkan tampilan yang lebih mewah dan fungsional dibandingkan edisi sebelumnya.

Kepraktisan Honda Brio

Honda Brio terbaru bisa dibilang mungil namun tak menghilangkan kepraktisannya sebagai salah satu mobil perkotaan terpopuler saat ini, Ruang kabinnya yang lega berkat penataan kursi yang mengesankan menjadi salah satu daya tarik hatchback andalan Honda ini.

Harga Lebih Terjangaku, Ini Perbedaan Kepraktisan Daihatsu Ayla dan Honda Brio 02

Ruang kaki dan ruang kepala cukup baik. Meskipun ruang bagasi tak ubahnya seperti Daihatsu Ayla, yaitu tak begitu luas namun cukup praktis. Bukaan pintu bagasi sangat praktis, dan bisa dilakukan dengan menarik tuas pada bagian belakang kaki pengemudi.

Walaupun sudah mendapatkan sistem pengaturan AC digital, sayangnya dashboard Honda Brio baru menggunakan sistemhead unit 2DIN yang terkesan jadul. Sistem ini hanya bisa digunakan untuk memutar lagu pada MP3 maupun radio.

Harga Lebih Terjangaku, Ini Perbedaan Kepraktisan Daihatsu Ayla dan Honda Brio 03

Mobil Honda Brio juga dilengkapi dengan empat cup holder yang tersebar di dalam kabin. Mulai dari 1 di masing-masing door trim bagian depan dan belakang. Tak ketinggalan kompartemen terbuka yang tersedia pada sisi samping transmisi untuk meletakkan dompet atau kartu e-money.

Kesimpulan

Walaupun ditawarkan dengan harga yang terjangkau, namun sistem dan fitur dari kepraktisan Daihatsu Ayla cukup mengesankan sebagai pengendaraan harian. Beberapa fitur ditawarkan untuk kenyamanan berkendara, membuatnya sedikit lebih baik dibandingkan Honda Brio 2020 di Indonesia.

Bent Aulia

Penyuka sejarah dan film, di belakang laptop sebagai penulis baru di ranah otomotif.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Daihatsu Ayla 1.0L 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil