window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Hatchback Mungil Tapi Lega, Inilah Fakta Kelegaan Kabin Dan Kepraktisan Suzuki Ignis

Franky · 4 Jun, 2020 16:00

Hatchback Mungil Tapi Lega, Inilah Fakta Kelegaan Kabin Dan Kepraktisan Suzuki Ignis 01

Dibanding mobil Hatchback lainnya, mobil Suzuki Ignis tergolong masih sangat baru untuk pasar Indonesia. Kehadirannya dimulai pada tahun 2017 lalu, diluncurkan di acara Indonesian International Motor Show (IIMS). Secara historis di pasar Jepang, sosoknya bukanlah generasi pertama tapi kedua.

Mobil Suzuki Ignis memiliki total 4 tipe. Harga mobil Suzuki Ignis terbaru berkisar dari Rp 170 juta hingga Rp 200 juta. Ini merupakan harga Ignis 2020.

Meski tergolong sebagai New-Entry Level, mobil Suzuki Ignis nyatanya diterima positif oleh masyarakat Tanah Air. Hal ini terbukti dari penjualan mobil Ignis yang sudah berjalan selama 3 tahun, berhasil mengaspal sebanyak 36.921 unit. Dengan kata lain, rata-rata penjualan setiap bulan berada di kisaran 1.000 unit.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Lewat latar belakang tersebut, kami berusaha mencari tentang kelebihan yang dimiliki oleh Suzuki Ignis khususnya dalam dimensi kelegaan kabin serta fitur-fitur praktis. Tentu hal ini menjadi pertimbangan penting bagi konsumen dalam memilih mobil Hatchback idaman.

Kelegaan Kabin Dan Kepraktisan Suzuki Ignis

Di kesempatan kali ini, kami ingin melihat seberapa luas dimensi kabin yang dimiliki oleh mobil mungil kepunyaan Suzuki ini. Apakah mobil ini sudah sangat mampu untuk menjangkau kebutuhan keluarga serta kegiatan aktif anak muda masa kini?

Di sisi lain, kami juga menilai pentingnya fitur praktis dari mobil Suzuki Ignis. Tentu kita sepakat bahwa mobil Hatchback lebih banyak digemari oleh anak muda, sehingga fitur-fitur yang dikemas praktis menjadi salah satu poin utama dalam membeli mobil Hatchback.

Kelegaan Kabin Suzuki Ignis

Dari halaman resminya, mobil Suzuki Ignis Indonesia punya dimensi bodi dengan panjang 3.700 mm, lebar 1.660 mm dan tinggi 1.595 mm. Namun, apakah mobil mungil ini menjanjikan sebuah kelegaan yang luar biasa dalam kabinnya? Mari kita simak fakta selengkapnya soal kelegaan kabin Suzuki Ignis.

1. Kelegaan Kabin Suzuki Ignis

Tatanan interior kabin mobil Ignis ini pun tergolong lega karena punya dimensi Wheelbase sebesar 2.435 mm. Jika dibandingkan dengan kompetitornya, Honda Brio, dimensi Wheelbase hanya berada di angka 2.405 mm. Tentu soal kelegaan kabin, mobil Suzuki Ignis masih berdiri sebagai juaranya.

Hatchback Mungil Tapi Lega, Inilah Fakta Kelegaan Kabin Dan Kepraktisan Suzuki Ignis 01

Kelegaan kabin Suzuki Ignis

Memang tak dipungkiri, kelegaan kabin suatu mobil banyak ditentukan oleh dimensi Wheelbase. Semakin besar ukuran yang dimiliki maka semakin lega pula dimensi kabinnya. Tak dipungkiri memang, mobil Suzuki Ignis punya kelegaan kabin yang sangat menyenangkan.

2. Ruang Kaki Suzuki Ignis

Jika melihat kelegaan ruang kaki Suzuki Ignis, rasanya mobil ini masih dibilang standar saja. Faktanya, masih tersisa sedikit ruang untuk kaki penumpang. Setidaknya, mobil Ignis ini tidak memberi kesan sempit.

Hatchback Mungil Tapi Lega, Inilah Fakta Kelegaan Kabin Dan Kepraktisan Suzuki Ignis 02

Seperti inilah ruang kaki Suzuki Ignis

Mengaca pada versi Eropa-nya, kursi belakang mobil Suzuki Ignis sudah dilengkapi fitur Reclining dan Sliding. Tapi sayangnya, versi Indonesia tidak mendapatkan kelebihan tersebut. Meski begitu, mobil ini sudah sangat mampu untuk menampung 5 orang sekaligus. Dengan kata lain, cocok untuk dijadikan mobil anak muda ataupun keluarga kecil.

3. Kapasitas Bagasi Suzuki Ignis

Untuk urusan bagasi sendiri, mobil Suzuki Ignis sudah menyediakan tempat yang lapang. Dari halaman resminya, bagasi mobil mungil ini sudah sangat mampu untuk menampung 4 tas berukuran besar. Meski sosoknya sebagai mobil Hatchback, tapi nyatanya Suzuki sudah memahami kebutuhan konsumennya.

Hatchback Mungil Tapi Lega, Inilah Fakta Kelegaan Kabin Dan Kepraktisan Suzuki Ignis 03

Bagasi Suzuki Ignis

Hal menarik lainnya adalah soal Tray. Ya, dalam hal ini, Suzuki sudah memberikan penutup untuk bagasi. Fitur ini tergolong praktis karena bisa membuka dan menutup secara otomatis, ketika pintu bagasi dioperasikan. Fungsinya sendiri adalah menjaga barang-barang Anda dari kondisi panas yang ekstrim, sehingga lebih menjaga kualitas barang-barang Anda.

4. Ruang Kepala Suzuki Ignis

Untuk penumpang dengan postur tinggi 170 cm, ruang kepala Suzuki Ignis masih tersisa cukup banyak. Setidaknya, meski berkendara di jalanan berlubang atau melewati ‘polisi tidur’, kepala penumpang tidak mudah terbentur ke atap kabinnya.

Hatchback Mungil Tapi Lega, Inilah Fakta Kelegaan Kabin Dan Kepraktisan Suzuki Ignis 04

Bisa diamati bersama bahwa ruang kepala yang disediakan sudah cukup lumayan

Hal ini terjawab dari dimensi tinggi Suzuki Ignis yang mencapai 1.595 mm. Mengaca pada kompetitornya yakni Honda Brio, tingginya hanya di kisaran 1.485 mm. Lagi-lagi Suzuki Ignis menang dalam aspek kelegaan ketimbang kompetitornya.

Kepraktisan Suzuki Ignis

Setelah puas membahas soal kelegaan kabinnya, kini kita beranjak untuk membahas kepraktisan Suzuki Ignis. Sudah menjadi keharusan tentunya, mendalami segala kelebihan dari mobil Ignis khususnya dari segmen fitur praktisnya.

1. Cup Holder, Sukses Menambah Kepraktisan

Banyak orang mungkin menyangka bahwa mobil Suzuki Ignis yang mungil ini, tak menyediakan hal-hal istimewa pada kabinnya. Kenyataannya tidaklah begitu, mobil satu ini punya wadah penyimpanan seperti Cup Holder.

Hatchback Mungil Tapi Lega, Inilah Fakta Kelegaan Kabin Dan Kepraktisan Suzuki Ignis 05

Sudah disediakan pula wadah botol air minum di setiap deret kursinya

Cup Holder ini disematkan pada dua deret kursinya baik depan dan belakang. Bukan saja pengendara yang bisa menyimpan minuman, tapi juga penumpang. Tentu hal ini menjadi salah satu hal praktis sendiri dalam berkendara.

2. Pelipatan Kursi Belakang 60:40

Meski tak bisa digeser seperti versi Eropa-nya, Suzuki Ignis Indonesia punya fitur praktis pada kursi belakangnya yakni pelipatan 60:40.

Hatchback Mungil Tapi Lega, Inilah Fakta Kelegaan Kabin Dan Kepraktisan Suzuki Ignis 06

Kursi belakangnya sudah menghadirkan pelipatan 60:40

Penumpang belakang bisa melipat kursinya 60:40 sehingga mendapatkan posisi duduk yang sempurna. Meski perjalanan jauh, lewat hadirnya fitur tersebut, penumpang masih bisa menikmati sensasi berkendara menyenangkan.

3. Kemudahan Menyalakan Mesin

Meski dijual di kisaran Rp. 170 jutaan hingga Rp. 200 jutaan, nyatanya Suzuki Ignis sudah dilengkapi dengan tombol Engine Start Stop.

Hatchback Mungil Tapi Lega, Inilah Fakta Kelegaan Kabin Dan Kepraktisan Suzuki Ignis 07

Menyalakan mesin kini jadi lebih mewah berkat Engine Start Stop Button

Fitur satu ini punya fungsi untuk menyalakan mesin dengan hanya satu sentuhan saja, tak perlu memutar kunci. Hal ini tentu sukses memberi kesan berkendara praktis.

4. Setir Yang Canggih

Untuk ukuran mobil Hatchback bergaya anak muda, Suzuki Ignis dipersenjatai dengan fitur canggih. Sebagai contoh, setirnya yang sudah dilengkapi tombol audio dan panggilan telepon cepat. Semakin mempermudah konektivitas Anda, tanpa perlu khawatir kehilangan konsentrasi berkendara.

Hatchback Mungil Tapi Lega, Inilah Fakta Kelegaan Kabin Dan Kepraktisan Suzuki Ignis 08

Setir Suzuki Ignis sudah dibekali dua fitur tambahan seperti Audio Switch Control dan Tilt Steering

Kecanggihan lain adalah soal Tilt Steering. Fitur satu ini mampu mengatur posisi setir ke atas dan ke bawah, disesuaikan dengan gaya berkendara Anda. Tentu hal ini menjadi salah satu kelebihan Suzuki Ignis yang patut diperhitungkan.

5. Keyless Entry

Dulunya, Keyless Entry hanya didapati pada mobil-mobil mewah saja. Kini, teknologi tersebut sudah dihadirkan pada Suzuki Ignis.

Hatchback Mungil Tapi Lega, Inilah Fakta Kelegaan Kabin Dan Kepraktisan Suzuki Ignis 09

Keyless Entry menjadi salah satu teknologi masa depan dalam dunia otomotif

Fungsinya sendiri adalah memungkinkan pengendara untuk memasuki kabin mobil tanpa perlu menggunakan kunci. Bagi dunia otomotif masa kini, teknologi tersebut sudah sangatlah istimewa. Suzuki Ignis? Sudah memilikinya sobat.

Kesimpulan

Kelegaan kabin Suzuki Ignis tergolong sangat baik. Hal ini terbukti dari beberapa hal seperti kelegaan dimensi kabin, ruang kaki yang cukupan, kapasitas bagasi lapang serta ruang kepala yang nyaman. Meski bodinya terkesan mungil, tapi Suzuki nyatanya sudah sukses untuk merancang kemudahan tersebut.

Di sisi lain, kepraktisan Suzuki Ignis juga ditunjang oleh fitur-fitur inovatifnya. Dari catatan kami, ada lima fitur praktis yang benar-benar memudahkan proses berkendara Anda. Hal ini bisa diamati dari banyaknya fitur wadah, kursi belakang yang bisa dilipat, Engine Start Stop Button hingga Keyless Entry.

Nah, bagaimana pendapat dari Anda mengenai fitur praktis Suzuki Ignis? Apakah mobil ini layak untuk dijadikan pilihan? Untuk Anda yang menginginkan mobil mungil, mampu melewati kemacetan kota serta punya banyak fitur, tak salah lagi, Suzuki Ignis mampu menjawab kebutuhan Anda.

Franky

Berhati-hatilah dalam membuat keputusan yang benar di hadapan semua orang

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Suzuki Ignis GX MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil