Honda Accord Indonesia - Sinar Kejayaan dari Dahulu hingga Kini

Eko Kamil · 27 Feb 2020 12:00

Honda Accord sudah mulai dikenalkan di tahun 1976 dan menjadi salah satu mobil sedan andalan Honda. Mobil sedan premium ini pertama kali masuk ke Indonesia di tahun 1978. 

Honda Accord bersaing dengan mobil sedan mewah lainnya seperti Toyota Camry dan Nissan Teana. Mobil Accord ini menjadi mobil yang cukup laris di Amerika Utara. 

Honda Accord merupakan mobil sedan mewah yang memberikan kenyamanan bagi penggunanya. Sehingga generasi baru yang dihadirkan Honda Accord selalu menarik perhatian. Misalnya seperti Honda Accord generasi kesepuluh hadir dengan platform baru dengan struktur uni-bodi yang lebih rendah. 

Honda Accord memiliki konsep yang bernama Absolute Confidence dengan 3 karakter utama, yakni Dynamic, Captivating dan Upscale. 

Dynamis berarti mobil memiliki performa yang dinamis dan menawan. Captivating berarti teknologi yang canggih dan juga atraktif. Upscale berarti kualitas tinggi dan juga berkelas. Ketiga unsur ini melebur menjadi satu dan menghasilkan mobil yang bernama Honda Accord. 

Eksterior

Eksterior Honda Accord 2020 memiliki kesan elegan, mewah dan futuristik. Penampilan Honda Accord generasi baru ini kelihatan fresh dan lebih cocok untuk anak muda. 

Pada bagian depan Honda Accord memiliki grill berwarna piano black raksasa. Hal ini membuat kesan sangar pada Accord jika dilihat dari bagian depan. 

Lis krom yang memiliki ukuran besar menyambung dengan bagian lampu yang menguatkan ciri khas solid wing face yang dimiliki Honda. 

Lampu kabut di desain unik dengan lubang asli di bagian ujung dan garis tipis yang tersambung ke bagian tengah. Tampilan ini membuat Honda Accord semakin keren.

Pada bagian samping, mobil ini terlihat seperti mobil fastback. Kaca belakang yang melandai dan bagian belakang atap yang menungkik tajam ini memiliki ciri khas sloping roof line dan kesan seperti sedan coupe. 

Pada bagian belakang, mobil ini memiliki lis krom yang menyambung ke bagian belakang. Lekukan ujung bagasi membuat Honda Accord seakan memiliki ducktail spoiler. 

Lampu dengan model seperti huruf C di Civic memberikan kesan Honda Accord yang semakin kekinian.

Interior 

Interior Honda Accord telah mengalami perubahan dan memiliki ruang kabin yang lebih luas. Pada desain dasbornya menggunakan aksen model huruf T. Bentuk Horizontalnya menempel dengan doortrim yang kelihatannya seperti satu garis yang tersambung. Aksen bagian dasbor ini seakan mengitari penumpang di dalamnya. 

Material yang digunakan Honda Accord ini merupakan bahan terbaik. Dasbor paling atas dan juga panel kayu doff menggunakan bahan high quality soft touch. Hal ini memberi kesan mewah dan juga kombinasi bahan lis metal. 

Jok mobil dilapisi dengan kulit warna muda yang memberi kesan kabin yang lebih luas. Lampu kabin masih menggunakan teknologi halogen, tetapi lampu yang tersedia sangat banyak. 

Pada bagian depan dan belakang terdapat dua lampu dan di tengah hanya terdapat satu saja. Di bagian belakang didesain dengan ruang yang luas. 

Terdapat ventilasi AC dan juga sunshade manual di jendela kiri dan kanan yang memberi ruang privasi bagi orang VIP. 

Intinya, interior mobil Honda Accord ini amat sangat mewah.  

Keamanan dan Keselamatan 

Berikut beberapa fitur keamanan dan keselamatan dari Honda Accord yang eksis ini.

Airbag Penumpang Depan

Airbag Samping Depan 

Airbag Samping Belakang

Child Safety Locks

Kantong Udara Pengemudi

Anti Lock Braking System

Brake Assist 

EBD (Electronic Brake Distribution) 

Vehicle Stability Control System

Sabuk Pengaman Belakang

Pengingat Pemakaian Sabuk Pengaman 

Spion Tengah Lipat

Sabuk Pengaman Depan dengan Penyesuai ketinggian

Kamera Belakang

Sensor Parkir

Crash Sensor

Engine Check Warning

Pelindung Benturan Depan 

Pelindung Benturan Samping

Pengingat Pintu Terbuka 

Honda Accord 2020 dibanderol dengan harga Rp 731 jutaan. Apakah ada yang terpikir dengan generasi sebelumnya? Ya, dia adalah Honda Accord generasi ke delapan. Berikut sekilas review mengenainya.

Honda Accord 2008

Pada tahun 2008, Honda merilis tipe Accord generasi ke delapan yang lebih besar dan elegan. Eksterior mobil Honda Accord 2008 bisa dikatakan tampil lebih mewah dan elegan dari generasi sebelumnya. Bentuknya lebih besar agar menyesuaikan diri dengan mobil big sedan premium sekelasnya. 

Pada bagian depan mobil didesain dengan garis tegas di sepanjang bodi mobil yang membuat mobil ini terkesan besar dan kaku. Tapi kesan mewah dan tangguh inilah yang ingin ditunjukkan oleh Honda. 

Interior Accord 2008 ini memiliki kabin yang luas. Interiornya memiliki dua pilihan warna, yakni hitam dan beige dari bahan kulit untuk bagian bodi dan kursinya. 

Fitur hiburan masih menggunakan head unit yang manual. Ruang bagasi dari mobil ini juga tidak terlalu besar, tapi sanggup membawa barang berupa koper yang berukuran sedang.

Berbicara mengenai Honda Accord, kita akan terpikir dengan jagoan Honda Accord yang dahulu, yakni Honda Accord Maestro dan Cielo yang muncul di tahun 90-an.

Honda Accord Maestro 

Ada hal menarik di acara Honda Festival 2018, yakni dipajangnya berbagai mobil Honda koleksi para komunitasnya. Mulai dari CRX jenis hatchback, Honda Accord Maestro jenis sedan sampai Honda TN360 jenis pick-up.

Mobil Honda yang paling menarik perhatian adalah Honda Accord Maestro 1991 yang odometernya baru menunjukkan angka 14 km, alias tidak digunakan pemiliknya.  

Pemilik mobil ini bukanlah pemilik yang pertama. Tapi dia sengaja dan sudah minta izin pada pemilik pertama  untuk tidak mengubah status kepemilikan, tetapi pajak tiap tahun tetaplah dia yang membayar.

Singkat cerita, mobil Honda Accord Maestro 1991 ini telah menjadi pajangan selama 27 tahun. Bahkan ada yang ingin membeli mobil ini dengan menawarkan harga Rp 500 juta. Tetapi, pemilik ini untuk sementara tidak ingin menjualnya.

Honda Accord Cielo 

Pada tahun 1994, Honda Accord Cielo hadir dan menggantikan Honda Accord Maestro di Indonesia. Dimensi Cielo lebih besar daripada Maestro, sehingga kabinnya jelas juga lebih luas. 

Kabin Accord Cielo lebih nyaman, mewah dan banyak tempat penyimpanan. Mesinnya berkapasitas 2.2 L dengan 4 silinder SOHC 16 katup VTEC. 

Pada tahun 2000-an, banyak anak klub mobil di Indonesia yang menjadikan Cielo sebagai bahan modifikasi.

Sampai sinilah Review dan kilas balik dari Honda Accord. Semoga bermanfaat bagi sobat-sobat sekalian.

Komentar

Mobil Terbaru