Honda Mobilio VS Toyota Avanza Veloz 2019

Bagi mereka yang mencari mobil ekonomis yang bisa memuat 7 orang akan menghadapi dilema dalam memilih 2 tawaran produk antara Honda atau Toyota. 

Dalam periode pertengahan 90an, kepopuleran crossover antara minivan dan Sport Utility Vehicle (SUV) telah memunculkan generasi baru kendaraan di Asia, terutama di Asia Tenggara.  

Layaknya makanan lokal yang bertujuan untuk menghubungkan produsen dan konsumen di wilayah geografis yang sama, kendaraan ini secara umum digambarkan sebagai Asian Utility Vehicles (AUV), melihat fakta kedua kendaraan ini secara khusus didesain untuk memenuhi kebutuhan pasar Asia.

Mobilio adalah mobil dengan tampilan lebih sporty yang sangat siap bersaing. 

Baru saja diluncurkan, generasi baru Honda Mobilio memulai debutnya di dunia otomotif lokal, berdampingan dengan rival dekatnya, Toyota Avanza Veloz 2019. Yang mana bisa memuaskan selera lokal kita?

Honda Mobilio VS Toyota Avanza Veloz 2019: Eksterior

Memiliki dimensi 4,398mm x 1,683mm x 1,621mm (P x L x T), Mobilio berukuran 258mm lebih panjang, 23mm lebih lebar tetapi 74mm lebih rendah daripada Avanza Veloz 2019. Dimensi yang lebih besar menjadikan kendaraan Honda sangat menarik perhatian.

Mobilio memiliki tampilan khas Honda yang familiar dan dilengkapi dengan lampu belakang khasnya yang besar dengan lengkungan roda yang menonjol dan spoiler di atapnya yang memberikan tampilan sporty.

Kombinasi desain yang ramping dan moderen dengan siluet yang menyerupai station wagon daripada MPV yang tidak praktis, Mobilio jelaslah lebih menarik.

Di sisi lain, desain MPV Toyota tidak seimpresif Mobilio, walaupun kami menganggap karakternya yang konservatif dan sederhana sangat cocok untuk kendaraan kelas ini.

Tak ada elemen desain yang terlihat asal-asalan di luarnya, kecuali adanya krom pada gril dan tampilan air intake-nya yang seperti sarang madu.

Tak ada desain yang fantastis pada new Avanza 2019 terbaru ini karena fokusnya tetap pada fitur keselamatan.

Honda Mobilio VS Toyota Avanza Veloz 2019: Interior

Honda jelaslah ahli dalam pemanfaatan ruang interior, dan demikian pun interior Mobilio, karena seluruh kursi di baris kedua bisa dilipat rata dan bahkan diguling ke depan hanya dengan sistem sentuh lipat. Hal ini memudahkan penumpang untuk masuk ke barisan kursi belakang. Kursi belakang pun bisa diguling ke depan untuk mendapatkan keluasan lebih bagi muatan. 

Ventilasi AC belakang yang besar tersedia di kedua kendaraan ini, tetapi pada Avanza Veloz 2019 terbukti lebih dingin.

Desain dasbor Mobilio lebih simpel dan menampilkan tombol AC manual biasa. Akan tetapi, Mobilio memiliki layar sentuh 7.0 inci untuk multimedia dan fungsi navigasi sebagai fitur standar.

Ditambah lagi dengan adanya kamera mundur membuat mobil Honda ini tampil sedikit lebih canggih. Patut diperhatikan juga, kabin didominasi oleh warna hitam, tanpa adanya unsur perak yang tak perlu, yang membuatnya tampil lebih berkelas.

Kebetulan, Toyota juga memamerkan konsol tengah yang disederhanakan dengan switchgear yang tetap minimalis meskipun desain tradisionalnya yang agak ketinggalan jaman dan memiliki kesan tampilan plastik. 

Sementera itu, new Avanza 2019 terbaru mungkin lebih kecil dalam hal panjang dan lebar, tetapi lebih terasa luas di dalam. Mungkin karena dia lebih tinggi sehingga memberikan headroom lebih luas bagi penumpang.

Kursi di baris kedua juga bisa dilipat dan diguling ke depan dengan satu gerakan kecil dan baris ketiga sedikit lebih nyaman daripada rivalnya. Berterimakasihlah kepada jarak rodanya yang lebih panjang.

Fasilitas berguna lainnya di Honda adalah porta HDMI, serta soket daya dan USB.

Honda Mobilio VS Toyota Avanza Veloz 2019: Fitur Gerak

Dari mulai dinyalakan, kecepatan Mobilio bertambah dengan halus, terima kasih kepada kombinasi luar biasa antara mesin 1.5L dan transmisi CVT. Powerplant-nya dengan mudah menggerakkan mobil sehingga MPV ini mampu melaju dari 0 ke 100km/jam dalam waktu yang cukup mengagumkan, 11.6 detik.

Mempertimbangkan kencangnya kami berkendara, mobil Honda ini tetap hemat bahan bakar dibuktikan dari jumlah pemakaian bahan bakar yang ekonomis di posisi 12.5km/L selama kami mengendarainya.   

Mobilio bermesin 1.5L ini menghasilkan tenaga 118bhp dan torsi 145Nm sementara Avanza Veloz 2019 bermesin 1.5L menghasilkan 99bhp dan torsi 133Nm.

Karena bentuknya yang geometris, Mobilio cenderung tenang di tikungan; hal ini cukup mengesankan untuk sebuah kendaraan berkapasitas 7 penumpang. Walaupun terkesan ‘cuek’, mobil ini tetap memberikan kenyamanan pada penumpangnya, mengimbangi kondisi jalan yang tidak rata dengan tenang.

Di sisi lain, Veloz juga ditenagai oleh mesin 1.5L dan bekerja dengan baik. Walaupun mesin memberikan tenaga lebih sedikit daripada Mobilio dan terdengar sedikit lebih kasar ketika gas diberi tekanan lebih, ada transmisi automatik 4-speed (four-speed automatic transmission) yang menjadi pasangan tepat. Saat sudah melaju dan bekerja baik, Avanza Veloz 2019 akan tenang dan berperilaku baik.

Hal penting lain dari mobil Toyota ini adalah tak pernah ‘haus’ akan bahan bakar. New Avanza 2019 terbaru mungkin hanya dilengkapi oleh four-speed automatic gearbox, tetapi dia hemat bahan bakar yaitu 13km/L.

Saat menikung, Veloz terasa lebih berat dengan adanya goncangan yang sangat jelas. Tapi pada dasarnya, Avanza Veloz 2019 masih stabil dan memberikan kenyaman berkendara bagi penumpangnya. 

Kedua mobil ini sama-sama memiliki roda 15 inci, tetapi pada Mobilio (kiri) berkendara terasa lebih lembut. 

Kesimpulan

Dengan tampilan yang inovatif, luas kabin yang layak, dan fleksibilitas yang baik, Mobilio merupakan MPV yang meyakinkan. Selain itu, dia memberikan kenyamanan berkendara dan performa yang baik karena sistem penggeraknya yang halus.

Sebagai perbandingan, Avanza Veloz mungkin tidak terlalu mengesankan dalam tampilan maupun performanya, tetapi dia memberikan karakter yang sederhana dan tetap bekerja baik tanpa kesulitan dan efisien. Harga dimulai dari Rp 195 juta, di mana lebih rendah daripada kompetitornya.

Sudah pasti, Mobilio lebih mahal pada harga Rp 203 juta tetapi perlengkapan standarnya yang layak akan lebih menarik untuk selera lokal kita. Jelaslah, mobil ini yang menjadi pilihan dari keduanya.

↓ ↓ ↓ Ayok Para Miliuner, Sukai dan Bagikan!

Berita Terbaru

Mengetahui Konsumsi BBM Suzuki Jimny, Pantaskah Dibilang Irit? Panduan Membeli
Mengetahui Konsumsi BBM Suzuki Jimny, Pantaskah Dibilang Irit? Pagelaran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, sempat dihebohkan salah satu jenama mobil asal Jepang, di mana Suzuki kembali memperkenalkan Jimny terbaru.Sebagai mobil petualang, SUV dengan Wheelbase pendek dan bermodelkan sasis tangga ini, sudah tidak lagi menggunakan mesin kecil 1.000 cc yang dianggap kurang bertenaga.Pada Jimny generasi keempat, Suzuki telah menanamkan mesin baru berkodekan K15B pada SUV berkonfigurasi empat penumpang ini. Yang mana diketahui mesi
Sensasi Berkendara Toyota C-HR, Apakah Lebih Asyik daripada Honda HR-V? Reviews
Sensasi Berkendara Toyota C-HR, Apakah Lebih Asyik daripada Honda HR-V? Toyota C-HR mungkin kalah pamor dengan beberapa crossover merek lain yang ada di Indonesia. Mungkin bagi banyak orang, mobil seharga Rp509 jutaan ini kemahalan. Untuk model yang lebih valuable, masih ada Honda HR-V yang tak kalah keren.Sekalipun mahal, Toyota C-HR bukan berarti tidak menarik. Mobil ini menawarkan suatu kenikmatan fun to drive ala Toyota. Penampilannya lebih agresif dengan sudut-sudut tegas.Sebelum membahas soal impresi berkendara, kita harus tahu juga spesifikasi Toyota C-HR yan
 Toyota Corolla Cross Resmi Debut di Thailand! Bukan Sedan apalagi Hatchback Berita
Toyota Corolla Cross Resmi Debut di Thailand! Bukan Sedan apalagi Hatchback Toyota Corolla Cross akhirnya resmi meluncur di Thailand. Belakangan ini kabar mengenai calon mobil baru Toyota ini memang cukup menghebohkan dunia maya. Selain menjadi mobil dengan model baru, produk SUV ini juga heboh karena menggunakan sebuah nama yang sudah eksis dan sukses akan model sedan Toyota. Nyaris tak ada DNA Corolla sedan pada mobil ini. Wajar saja karena mobil baru ini adalah SUV. Hanya saja, kesamaannya adalah rancang bangun yang menganut Toyota New Global Architecture (
Mercedes-Benz S-Class Generasi Baru Pakai MBUX yang Semakin Humanis Berita
Mercedes-Benz S-Class Generasi Baru Pakai MBUX yang Semakin Humanis Mercedes-Benz S-Class yang merupakan sedan flagship merek three pointed star ini memiliki infotainment canggih. Bernama Mercedes-Benz User Experience atau disingkat MBUX, fitur ini sudah menjadi gebrakan saat pertama kali diperkenalkan saat 2018 silam.Nah, baru saja Mercedes-Benz memperkenalkan generasi terbaru dari MBUX. Walau teknologi MBUX generasi pertama masih jauh dari kata usang atau bahkan ketinggalan zaman, namun pabrikan asal Jerman ini tetap memberikan peningkatan kemampuan infotainmn
Perbandingan Spesifikasi Wuling Confero S dan Suzuki Ertiga, MPV Keluarga Masa Kini Panduan Membeli
Perbandingan Spesifikasi Wuling Confero S dan Suzuki Ertiga, MPV Keluarga Masa Kini Sejak Wuling Confero diperkenalkan pada 2017 silam, kehadirannya langsung menggebrak segmen MPV keluarga Tanah Air. Bersaing dengan Ertiga dengan harga mulai dari Rp205 jutaan, spesifikasi Wuling Confero S yang dibanderol Rp197 jutaan hampir sama baiknya.DimensiMobil Wuling Confero masuk ke dalam segmen Low MPV dengan dimensi yang hampir sama dengan Ertiga. Tapi kabin Confero cukup lapang dengan wheelbase 2.720 mm. Namun keunggulan Confero S adalah kapasitas bagasi yang terbaik dibandingkan segm

Lebih

Rekomendasi Mobil

Terbaru Populer
Mazda CX 8
Rp 664,80 - 746,80 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mercedes-Benz A-Class Sedan
Rp 899,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Avanza
Rp 191,10 - 221,25 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Brio
Rp 147,00 - 199,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Kijang Innova
Rp 312,05 - 414,75 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Jazz
Rp 249,50 - 292,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Civic
Rp 527,90 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Agya
Rp 138,20 - 158,60 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Nissan Livina
Rp 205,30 - 269,10 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Mobilio
Rp 203,00 - 258,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik