window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Ingin Selamat Dari Kecelakaan? Gunakan Sabuk Pengaman Adalah Jawaban Utama!

Franky · 13 Sep, 2020 16:00

Ingin Selamat Dari Kecelakaan? Gunakan Sabuk Pengaman Adalah Jawaban Utama! 01

Banyak orang merasa panik ketika hendak mengalami kecelakaan, padahal yang paling penting dilakukan adalah memastikan sabuk pengaman terpasang dengan tepat. Untuk selengkapnya, mari kita simak informasi tentang sabuk pengaman pada mobil.

Mengapa Sabuk Pengaman Masih Eksis Di Dunia Modern?

3-Point Seatbelt atau sabuk pengaman tiga titik, pertama kali hadir pada tahun 1959, dipelopori oleh Nils Bohlin selaku teknisi Volvo. Namun, mau tidak mau, kita harus mengakui bahwa di era modern ini, sabuk pengaman tiga titik masih diterapkan. Padahal teknologi saat ini sudah sangat canggih. Lantas, apa alasannya?

Ingin Selamat Dari Kecelakaan? Gunakan Sabuk Pengaman Adalah Jawaban Utama! 02

Nyatanya, hingga kini sabuk pengaman masih menjadi fitur keselamatan utama pada mobil

Hal penting yang jarang dilihat orang terkait sabuk pengaman adalah soal mekanisme penguncian. Mengapa penting? Ya, mekanisme penguncian ini mampu mencegah sabuk terlepas saat terjadi kecelakaan. Ada model sabuk pengaman yang memanfaatkan berat Pendulum, ada pula yang bergantung pada tekanan sentrifugal.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Penambahan Alarm Pengingat, Menunjukkan Pentingnya Sabuk Pengaman Mobil

Tapi di kesempatan kali ini, kami tidak akan membahas hal teknis, tapi lebih kepada fungsi penting dari sabuk pengaman pada sebuah kendaraan. Bahkan, saking pentingnya, setiap mobil kini punya alarm pengingat atau notifikasi yang bisa berbunyi, ketika sistem mendeteksi sabuk pengaman belum terpakai dengan sempurna. Sebagai informasi tambahan saja, hal tersebut nyatanya sudah diterapkan oleh perusahaan otomotif sejak tahun 1970-an silam hingga ke era masa kini.

Fakta Penting Tentang Sabuk Pengaman Mobil

Dari data yang dikutip dari Compare.com, kami menemukan fakta penting tentang sabuk pengaman mobil pada mobil.

  1. Catatan kecelakaan di tahun 2016, menunjukkan bahwa mereka yang menjadi korban terbukti tidak menggunakan sabuk pengaman

  2. Sabuk pengaman terbukti sudah menyelamatkan 15.000 nyawa di tahun 2016

  3. Sabuk pengaman mampu mengurangi cidera penumpang dan memperkecil potensi kematian

  4. Pemuda yang berumur 18-24 tahun lebih suka tidak menggunakan sabuk pengaman daripada mereka yang sudah berumur

Nah, dari di atas, tentu bisa diamati bahwa sabuk pengaman nyatanya menjadi komponen keselamatan paling penting soal berkendara.

Mengapa Beberapa Orang Masih Tidak Suka Menggunakan Sabuk Pengaman?

Ini salah satu pertanyaan penting yang sering terbesit dalam pikiran. Meski di negara Amerika sendiri, nyatanya hampir 10% masyarakat tidak menggunakan sabuk pengaman saat berkendara. Banyak dari mereka adalah pemuda yang merasa tidak nyaman jika harus menggunakan sabuk pengaman.

Alasan umumnya adalah sabuk pengaman hanya digunakan oleh pengendara saja. Padahal hal ini sepenuhnya salah. Penumpang juga dirasa sangat perlu menggunakan sabuk pengaman. Di sisi lain, alasan berikutnya adalah tentang kenyamanan. Beberapa pengendara merasa bisa berkendara lebih baik jika tidak menggunakan sabuk pengaman.

Ingin Selamat Dari Kecelakaan? Gunakan Sabuk Pengaman Adalah Jawaban Utama! 01

Meski duduk di kursi penumpang, pastikan untuk selalu memakai sabuk pengaman

Padahal, seperti yang kita tahu, sabuk pengaman bisa menghindari Anda dari cidera fatal saat kecelakaan. Memastikan pengendara dan penumpang, berada dalam posisi berkendara yang aman. Jika itu untuk kebaikan Anda sendiri, mengapa tidak digunakan saja?

Memasang Sabuk Pengaman Itu Penting

Meski saat ini sudah terdapat berbagai teknologi keselamatan berkendara yang canggih, tapi tetap saja, sabuk pengaman tidak bisa tergantikan. Bahkan, sudah menjadi fitur keselamatan standar yang ada pada setiap mobil dan didukung oleh semua perusahaan otomotif.

Ingin Selamat Dari Kecelakaan? Gunakan Sabuk Pengaman Adalah Jawaban Utama! 02

Jadikan kebiasaan baru, untuk selalu mengenakan sabuk pengaman sebelum berkendara

saat kecelakaan terjadi. Badan penumpang terjaga posisinya, tidak terpental atau bahkan meminimalisir terjadinya benturan. Setidaknya, meski kecelakaan terjadi, tapi keselamatan seluruh penumpang bisa lebih terjaga dengan baik. Jadi, biasakan untuk selalu menggunakan sabuk pengaman ya sebelum memulai berkendara.

Franky

Berhati-hatilah dalam membuat keputusan yang benar di hadapan semua orang

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil