Inginkan SUV Keluarga 7 Penumpang? Simak dulu kelebihan dan kekurangan Nissan Terra 2021

Anissa · 22 Feb 2021 07:00

Nama Nissan Terra memang sudah tidak asing di kalangan pecinta SUV Tanah Air. Mobil SUV yang satu ini pertama kali diluncurkan secara resmi dalam ajang Gaikindo Indonesia Intenational Auto Show yang digelar pada tahun 2008 lalu.

Nissan Terra sendiri memiliki ketangguhan yang diwarisinya dari dua model mobil Nissan lainnya, yakni Nissan Terrano dan Nissan Patrol. Mobil ini dirakit menggunakan chassis ladder frame yang memiliki dimensi terbesar di kelasnya. Kendati Nissan Terra menonjolkan sisi tangguh dari sebuah SUV, kenyamanan yang ditawarkan SUV yang satu ini tidak perlu diragukan lagi.

Bagi yang belum tahu, nama Nissan Terra berasal dari bahasa latin yang berarti "Bumi". Nissan Terra sendiri dihadirkan oleh Nissan demi memenuhi permintaan pasar otomotif di daerah Asia Tenggara terhadap mobil SUV yang semakin lama semakin meningkat berkat tren mobil SUV.

Nissan Terra bukan hanya andal untuk digunakan pada berbagai medan jalanan berkat ground clearance-nya yang tinggi, tetapi mobil ini juga dinilai cocok sebagai mobil keluarga karena kabinnya yang luas dan interiornya yang nyaman.

Nissan Terra bersaing dengan banyak mobil lain dalam segmen SUV, dan salah satu mobil yang menjadi pesaing terberat dari Nissan Terra adalah Mitsubishi Pajero Sport. Lalu keunggulan apa saja yang dimiliki Nissan Terra dibanding para pesaingnya? Dan kekurangan apa saja yang dimilikinya?

Tentang Nissan Terra

Sebelum masuk ke dalam pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari Nissan Terra 2021, mari kita simak sedikit penjelasan singkat tentang sejarah Nissan Terra. Nissan Terra merupakan salah satu model SUV yang diproduksi oleh Nissan dan memiliki basis truk pick-up Nissan Navara D23.

Mobil SUV yang satu ini pertama kali diperkenalkan di Tiongkok pada bulan April tahun 2018 dalam ajang pameran otomotif Auto China yang digelar di Beijing. Di Tiongkok sendiri, Nissan Terra ini dipasarkan oleh Dongfeng Nissan yang merupakan perusahaan joint-venture Dongfeng dan Nissan di negara tersebut.

Nissan Terra harus dengan ketat bersaing dengan banyak mobil SUV lain mengingat pasar SUV semakin lama semakin banyak memiliki peminat. Mobil SUV yang satu ini harus bersaing dengan beberapa nama besar, sebut saja Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, Ford Everest, Chevrolet Trailblazer dan Isuzu MU-X.

Nissan Terra menggantikan posisi Nissan Paladin di Tiongkok. Bukan itu saja, Nissan Terra juga menggantikan posisi Nissan Pathfinder generasi ketiga yang dipasarkan di antara tahun 2005 hingga tahun 2012.

Sebagai jantung mekanisnya, Nissan Terra sendiri menggendong mesin bensin berkode QR25DE I4 dengan kapasitas 2,5 liter. Mesinnya ini diketahui bisa menghasilkan tenaga sebesar 182 PS pada putaran mesin 6.000 rpm serta torsi 251 Nm pada putaran mesin 4.000 rpm.

Tidak hanya menawarkan mesin bensin, Nissan Terra juga menawarkan pilihan mesin diesel. Mesin diesel yang digendong Nissan Terra ini memiliki kode mesin YD25DDTi I4 dan memiliki kapasitas mesin 2,5 liter. Mesin diesel Nissan Terra diketahui bisa menghasilkan tenaga sebesar 190 PS pada putaran mesin 3.600 rpm dan torsi 450 Nm pada putaran mesin 2.000 rpm.

Baik mesin bensin maupun mesin diesel, kedua mesin Nissan Terra ini dikawinkan dengan dua jenis sistem transmisi. Untuk transmisi manualnya, Nissan Terra menggunakan sistem transmisi manual 6 percepatan. Sementara itu, untuk transmisi otomatisnya, Nissan Terra mengandalkan sistem transmisi otomatis 7 percepatan.

Masih pada tahun 2018, tepatnya pada tanggal 28 Mei, Nissan Terra diluncurkan secara resmi di Filipina. Di Filipina sendiri Nissan Terra hanya menghadirkan pilihan mesin diesel 2,5 liter. Jika dibandingkan dengan Nissan Terra yang diluncurkan di Tiongkok, Nissan Terra yang dipasarkan di Filipina ini memiliki dimensi yang lebih lebar 15 mm dan lebih panjang 3 mm.

Lalu untuk pasar otomotif di Indonesia, Nissan Terra secara resmi diluncurkan pada ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) pada tanggal 2 Agustus 2018. Nissan Terra dihadirkan di Indonesia sebagai pengganti Nissan Terrano generasi pertama yang berhenti diproduksi pada tahun 2006 silam.

Spesifikasi mobil Nissan Terra yang dipasarkan di Indonesia ini sendiri sama persis dengan yang dipasarkan di Filipina. Nissan Terra mulai dipasarkan pada tanggal 22 Oktober 2018. Ketika itu, Nissan Terra dibanderol dengan harga mulai dari Rp464 jutaan.

Kelebihan Nissan Terra 2021

1. Desain Sporty dan Tangguh

Harus diakui, bahwa desain eksterior yang diusung Nissan Terra 2021 ini memancarkan kesan sporty dan gagah, karena Nissan Terra 2021 diketahui mengadopsi gaya yang diusung Nissan Navara. Tampilannya begitu ikonik dan terdapat beberapa garis bodi yang cukup tegas dengan tambahan aksen chrome pada bagian door handle. Bodinya yang besar juga mengingatkan kita pada Nissan Patrol.

Wajah Nissan Terra 2021 tampak mewah berkat V-Motion grille khas Nissan yang terpampang. Head lampnya juga mengandalkan lampu LED yang dilengkapi Daytime Running Lights yang menekankan kesan agresif.

2. Performa Mesin Mumpuni

Sebagai salah satu mobil SUV kenamaan, Nissan Terra 2021 ini ternyata memiliki kelebihan dalam hal performa mesinnya. Seperti yang kita tahu, Nissan Terra 2021 ini dibekali dengan mesin 4 silinder segaris dengan kapasitas mesin 2.488 cc atau setara dengan sekitar 2,5 liter.

Di atas kertas, mesin yang dimiliki Nissan Terra 2021 ini bisa menghasilkan tenaga sebesar 190 PS pada putaran mesin 3.600 rpm. Sementara itu, untuk torsinya sendiri, Nissan Terra 2021 ini bisa menghasilkan torsi yang mencapai 450 Nm pada putaran mesin 2.000 rpm. Tenaga dan torsi yang dihasilkannya ini tentu cukup mumpuni untuk mobil sekelas Nissan Terra 2021.

3. Handling Yang Baik

Tidak hanya memiliki tenaga yang besar, Nissan Terra 2021 juga dibekali dengan berbagai fitur yang dapat mendukung handling, seperti Vehicle Stability Control, Cruise Control, Suspensi belakang independen, sistem pengereman Anti lock Braking System, Electronic Brake Distribution, Brake Assist, dan masih banyak lagi. Berbagai fitur tersebut memungkinkan Nissan Terra 2021 untuk memberikan pengalaman berkendara dengan handling yang lebih mantap.

4. Fitur Canggih

Salah satu kelebihan lain dari Nissan Terra 2021 adalah berbagai fitur canggih yang disematkan pada mobil ini. Bahkan, ada beberapa fitur yang tidak bisa kita temukan pada mobil lain pesaingnya.

Beberapa fitur yang dimiliki Nissan Terra 2021 sebut saja Intelligent Around View Monitor, Intelligent Rear View Mirror, One Touch Tumble pada kursi baris kedua, Multi Information Display TFT, On Board Entertainment SYstem, Sun Visor, dan masih banyak lagi.

Kekurangan Nissan Terra 2021

1. Material Interior Terasa Kurang Berkualitas

Meskipun bagian eksteriornya memiliki desain yang menawan dan dilengkapi berbagai fitur canggih, ternyata ada kekurangan yang ditemukan pada bagian interior dari Nissan Terra 2021 ini. Material yang digunakan pada bagian interior ini kurang berkualitas untuk mobil SUV sekelas Nissan Terra 2021 seperti material plastik yang digunakannya. Hal ini tentu mengurangi kesan mewah yang diusung oleh mobil yang satu ini.

2. Kabin Belakang Sempit

Meskipun memiliki kabin dengan kapasitas penumpang yang cukup banyak, sayangnya kabin barisan paling belakang yang dimiliki Nissan Terra 2021 ini memiliki ruang yang cukup sempit. Hal ini tentu akan mengurangi kenyamanan bagi para penumpang di baris ketiga, terlebih ketika harus berkendara dalam jangka waktu yang lama.

3. Belum Ada Pengaturan Setir Telescopic

Meskipun setir Nissan Terra 2021 sudah dilengkapi dengan fitur Tilt yang membuat setir bisa diatur posisinya ke atas dan ke bawah, tetapi sayangnya belum ada fitur telescopic pada mobil ini. Padahal, jika fitur ini dimiliki oleh Nissan Terra 2021, tentu pengemudi akan dapat dengan mudah mengatur posisi setir sesuai dengan postur tubuhnya.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Nissan Terra 2021 ini memang memiliki keunggulan dan kelemahannya sendiri. Mobil ini memiliki desain yang sporty dan tangguh khas mobil SUV. Selain itu, performa mesinnya juga mumpuni. Handling yang diberikannya cukup baik dan berkendara pun lebih nyaman berkat suspensinya yang andal. Tidak hanya itu, para penumpang juga dimanjakan dengan ada banyak fitur canggih.

Tetapi sayangnya, masih ada beberapa kekurangan dan kelemahan yang ditemukan pada mobil ini. Material yang digunakan pada bagian interiornya bisa dibilang kurang berkualitas, sehingga menurunkan kesan mewah pada mobil ini. Kabin di baris belakangnya terasa sempit, sehingga kurang memberikan kenyamanan bagi penumpang yang harus menempuh perjalanan jauh. Bukan itu saja, meskipun setirnya sudah dilengkapi dengan fitur pengaturan tilt, tetapi belum ada fitur telescopic sehingga kurang fleksibel.

Komentar