Inilah Fakta Biaya Perawatan Dari 4 Model Land Rover Range Rover

Franky · 2 Jul 2020 12:00

Kendaraan mewah berjenis SUV (Sport Utility Vehicle) ini tentu dilirik banyak massa. Siapa lagi jika bukan Land Rover Range Rover. Di pasaran, perusahaan otomotif asal Inggris ini menawarkan empat model utama yakni Land Rover Range Rover Evoque, Land Rover Range Rover Sport dan Land Rover Range Rover Velar.

Harga Mobil Land Rover
Model Land Rover Harga

Land Rover Range Rover

Kisaran Rp. 3,7 miliar

Land Rover Range Rover Evoque

Kisaran Rp. 1,7 miliar

Land Rover Range Rover Sport

Kisaran Rp. 1,5 miliar

Land Rover Range Rover Velar

Kisaran Rp. 2,1 miliar

Biaya Perawatan 4 Model Land Rover

Berbekal teknologi modern dan canggih, mobil mewah satu ini dibanderol dengan harga yang tinggi. Lantas dengan angka yang cukup tinggi untuk mendapatkan mobil mewah ini, kita tentunya mempertanyakan perawatan ekstra. Hal ini tentu menjadi pertimbangan para konsumen.

Terkait dengan hal tersebut, akan dibahas mengenai biaya perawatan Land Rover Range Rover melalui perspektif tiga model Land Rover tersebut. Dari biaya perawatan, kami mengkategorikannya mulai dari ganti aki, Tune Up mesin hingga biaya perawatan umum lainnya. Pasalnya, konsumen pasti menginginkan biaya perawatan yang tidak terlalu boros. Mungkinkah biaya yang dikeluarkan bisa lebih hemat?

1. Estimasi Biaya Perawatan Land Rover Range Rover

Kebutuhan umum seperti ganti aki untuk Range Rover Indonesia dikenakan biaya sekitar Rp 1,8 juta hingga 4 juta sesuai dengan kualitas aki yang dibutuhkan. Harga yang dipatok ini sudah termasuk biaya pemasangan dengan garansi 1 tahun.



Inilah tampilan dari Land Rover Range Rover terbaru

Komponen selanjutnya yang penting adalah kuras Air Radiator/Coolant. Radiator mobil merupakan komponen vital perihal menjaga suhu mobil untuk mencegah Overheating. Dalam periode yang panjang, radiator bisa berkarat dan tidak bekerja secara optimal. Sebaiknya, dikuras atau diganti yang baru setiap 1 tahun sekali. Biaya untuk perawatan ini dikenakan harga Rp. 100.000. Jika ingin meningkatkan umur radiator, bisa menggunakan Prestone Radiator Flush Cleaner dengan harga Rp. 98.000.

Biaya lain yang dibutuhkan untuk perawatan Range Rover Indonesia seperti filter oli dipatok seharga Rp. 250.000, oli mesin 6 Liter di kisaran Rp 1,5 juta, Tune-Up Chemical Rp. 175.000, jasa penggantian oli Rp. 150.000 dan jasa Tune-Up Rp. 350.000.

Jika ditotal perawatan untuk Land Rover Range Rover Indonesia menghabiskan biaya sekitar Rp. 6,7 juta paling mahal. Biaya perawatan ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing masing konsumen.

2. Estimasi Biaya Perawatan Land Rover Range Rover Evoque

Ketika mesin dari mobil sudah terasa berat dan boros bahan bakar, maka harus dilakukan tune up. Tune-Up juga termasuk perawatan berkala. Sebaiknya, tune up dilakukan setiap 3 bulan untuk mendapatkan performa yang baik. Biaya Tune-Up untuk Range Rover Evoque sama seperti model Range Rover yaitu Rp. 175.000 sedangkan untuk jasa Tune-Up dipatok lebih mahal yaitu Rp. 400.000.

Harga Range Rover Evoque dibanderol dengan biaya sekitar Rp1,7 miliar. Harga Range Rover Evoque 2020 tersebut masih berstatus off the road dan kemungkinan banderolnya akan jauhh lebih mahal tergantung dari aksesori atau fitur tambahan yang ingin konsumen sematkan ke Range Rover Evoque 2020. Ini tidak beda jauh dengan harga Range Rover Evoque 2019. Terlepas dari situ, ada satu hal yang menarik dari harga yaitu kenaikannya tidak terlalu tinggi dibanding Range Rover Evoque model terdahulu.

Tampilan mewah Range Rover Evoque

Penggantian oli mesin 8 Liter dikenakan biaya Rp. 1,6 juta yang tentu lebih mahal dari model mobil sebelumnya. Biaya perawatan tambahan yang dibutuhkan seperti penggantian kampas rem dikenakan biaya yang cukup mahal yaitu Rp. 14,3 juta dengan rincian Rp. 8,5 juta untuk kampas rem depan 2 unit, Rp. 5,2 juta untuk kampas rem belakang 2 unit serta jasa ganti kampas rem dikenakan Rp. 600.000. Tambahan biaya jika memerlukan penggantian sensor Brake Pad depan dan belakang dikenakan harga Rp. 1 juta.

Total biaya perawatan paling mahal untuk SUV mewah ini menghabiskan sekitar Rp. 23,2 juta untuk seluruhnya. Pasalnya, biaya perawatan ini tidak dikeluarkan secara langsung dalam satu waktu. Jadi tetap menyesuaikan dengan kebutuhan perawatan dari konsumen.

3. Estimasi Biaya Perawatan Land Rover Range Rover Sport

Melihat dari dimensinya yang besar serta kecanggihannya tentu akan terpikir bahwa Range Rover Sport akan menghabiskan banyak biaya untuk perawatan. Apakah benar begitu?

Tampilan Land Rover Range Rover Sport

Perawatan Range Rover Sport di Indonesia masih sangat langka. Oleh karena itu, biaya perawatan range rover sport disini akan dibahas dengan mematok harga Dollar. Biaya ganti aki untuk seri sport ini sama dengan seri-seri sebelumnya, sedangkan untuk ganti oli dikenakan harga sekitar $126 atau setara dengan Rp. 1,8 juta.

Ilustrasi penggantian oli

Biaya lain seperti tune up dikenakan $630 (Rp. 9 juta) khususnya untuk komponen Brake Pads Replacement $108,49 (Rp. 1,5 juta), dan Spark Plugs Replacement $348.38 (Rp. 5 juta).

Biaya perawatan di atas tentu lebih mahal dari seri mobil range rover sebelumnya. Jika menjumlah semua biaya perawatan untuk Range Rover Sport ini harus menyiapkan uang lebih dari Rp. 20 juta untuk biaya perawatan maksimal sesuai kebutuhan.

4. Estimasi Biaya Perawatan Land Rover Range Rover Velar

Range Rover Velar menempati posisi di antara Range Rover Evoque dan Range Rover Sport. Biaya perawatan untuk Range Rover Velar tentu tidak beda jauh dengan kedua seri tersebut. Biaya mengganti oli dan brake pad untuk Range Rover Velar masing-masing terpatok pada Rp. 1,3 juta. Biaya spark plugs replacement dikenai Rp. 4,2 juta. Harga Tune-Up untuk Range Rover Velar masih dibawah seri sport yaitu Rp. 8 juta.

Tampilan Land Rover Range Rover Velar

Range Rover Velar ini membutuhkan setidaknya Rp. 15 juta untuk biaya perawatan maksimal dengan menyesuaikan kebutuhan para konsumen.

Kesimpulan

Selain dibandrol dengan harga cukup tinggi, SUV besutan Land Rover ini nyatanya juga membutuhkan biaya besar untuk soal perawatan. Dari fakta tersebut, kami pun meyakini bahwa semakin canggih fitur pada suatu mobil, akan meningkatkan biaya soal perawatannya.

Biaya Perawatan Land Rover

Model

Total Biaya Perawatan

Land Rover Range Rover

Kisaran Rp. 6,7 jutaan

Land Rover Range Rover Evoque

Kisaran Rp. 23,2 jutaan

Land Rover Range Rover Sport

Kisaran Rp. 20 jutaan

Land Rover Range Rover Velar

Kisaran Rp. 15 jutaan

*Catatan:

  • Perhitungan estimasi biaya perawatan di atas, mungkin saja berbeda-beda tergantung kebijakan dari masing-masing dealer

  • Estimasi biaya juga tergantung dari kerusakan-kerusakan komponen mobil Anda

  • Angka di atas sifatnya hanya menjadi referensi saja

Jika dihitung rata-rata total biaya perawatan yang harus dikeluarkan adalah sekitar Rp. 18 juta. Angka ini menunjukan biaya perawatan yang belum tentu dikeluarkan dalam satu waktu. Jadi biaya perawatan bisa menjadi lebih murah ataupun lebih mahal tergantung dengan pemakaian konsumen. Jika memang uang bukanlah masalah, maka mobil mewah ini sangat cocok untuk Anda.

Komentar