window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Inilah Kelebihan Dan Kekurangan Wuling Almaz, Layak Dibeli?

Franky · 3 Jul, 2020 09:00

Inilah Kelebihan Dan Kekurangan Wuling Almaz, Layak Dibeli? 01

Beberapa saat lalu, Wuling Motors meluncurkan produknya yakni mobil Sport Utility Vehicle (SUV), dinamai mobil Wuling Almaz. Tersedia dua model utama yakni versi 7-Seater dan 5-Seater. Tipe dengan fitur paling lengkap dinamai Wuling Almaz Exclusive. Sedangkan tipe standarnya diberi nama Wuling Almaz Smart Enjoy.

Pada Wuling Almaz 5-Seater, hanya tersedia satu tipe saja, yang dijual Rp. 331 jutaan. Beda halnya, apabila Anda ingin mobil SUV dengan kapasitas 7 penumpang, harga Wuling Almaz ditawarkan mulai Rp. 266 jutaan hingga Rp. 341 jutaan.

Daftar Harga Wuling Almaz

Wuling Almaz Smart Enjoy M/T (7-Seater)

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Rp. 266.800.000

Wuling Almaz Smart Enjoy CVT (7-Seater)

Rp. 278.800.000

Wuling Almaz Exclusive (5-Seater)

Rp. 331.800.000

Wuling Almaz Exclusive (7-Seater)

Rp. 341.800.000

Di sisi lain, tersedia pula 6 pilihan warna untuk mobil Wuling Almaz meliputi Pristine White, Dazzling Silver, Aurora Silver, Starry Black, Burgundy Red serta Carnelian Red.

Inilah Kelebihan Dan Kekurangan Wuling Almaz, Layak Dibeli? 01

Ragam pilihan warna yang ditawarkan untuk Wuling Almaz

Kelebihan Dan Kekurangan Wuling Almaz

Sebagai model New-Entry, tentu saja PT. SAIC General Motors Wuling (SGMW) Motor Indonesia, memiliki strategi untuk mengangkat Image dari Almaz. Hal ini terbukti dari banyaknya kelebihan yang dimiliki oleh mobil Wuling Almaz, ketimbang kompetitor lainnya.

Tapi jangan salah, tak hanya soal kelebihan, kami juga hendak membahas kekurangannya. Sehingga, artikel kali ini bisa lebih berimbang, memudahkan Anda dalam memutuskan pembelian. Maka dari itu, mari kita simak informasi mengenai kelebihan dan kekurangan mobil Wuling Almaz selengkapnya di bawah ini.

Kelebihan Wuling Almaz

Berbicara soal kelebihan, Wuling cars Almaz punya senjata ampuh yang tidak dimiliki oleh kompetitor lainnya. Salah satu kelebihan Wuling Almaz paling fenomenal adalah hadirnya fitur Voice Command. Anda bisa menutup dan membuka kaca, mengoperasikan suhu AC hingga mengatur audio, hanya dari perintah suara saja.

Kira-kira hal menarik apalagi yang tersimpan dalam Wuling Almaz? Inilah dia kelebihan Wuling Almaz yang perlu Anda tahu.

1. Desain SUV Gagah Dan Rupawan

Mobil SUV Wuling Almaz menampilkan konsep bodi yang benar-benar maskulin. Hal ini terjawab dari struktur bodi proporsional, menerapkan dimensi panjang 4.655 mm, lebar 1.835 mm dan tinggi 1.780 mm. Sekilas melihat, Anda akan sepakat bahwa nuansa maskulin akan benar-benar terasa ketika memandang eksteriornya.

Inilah Kelebihan Dan Kekurangan Wuling Almaz, Layak Dibeli? 02

Inilah tampilan gagah dari Wuling Almaz

Tak hanya gagah, di sisi lain mobil Wuling Almaz juga dipersenjatai dengan lampu LED berdesain sipit. Fitur tambahan semakin menambah aura modern lewat hadirnya fitur lampu Daytime Running Light (DRL) serta Fog Lamp. Sehingga, Anda tak lagi perlu khawatir, untuk berkendara di malam hari.

2. Interior Sudah Tampil Elegan

Jujur, kami paling suka adalah tipe Wuling Almaz Exclusive. Pasalnya, jok kursi sudah dikemas sangat elegan, menggunakan bahan Semi-Leather Seat serta punya kontur yang lembut. Tentu saja, baik pengendara maupun penumpang, dijamin akan merasakan sensasi berkendara tak terlupakan.

Inilah Kelebihan Dan Kekurangan Wuling Almaz, Layak Dibeli? 03

Soft Panel pada dashboard-nya benar-benar terasa menawan

Menariknya lagi, pada kabin depan dashboard sudah dibalut dengan Soft Touch Panel. Tak lagi ada cerita tentang dashboard tidak berkualitas, karena kelebihan ini sudah bisa dinikmati di setiap tipenya. Pada interior Wuling Almaz, Anda akan benar-benar merasakan sedang berada di dalam kabin mobil seharga Rp. 500 jutaan.

3. Fitur Voice Command, ‘WIND’

Jujur saja, ketika mobil Wuling Almaz diluncurkan di Indonesia, hal yang paling melekat di pikiran masyarakat adalah fitur Voice Command yang dinamai Wind. Cukup dengan mengucapkan salam pembuka “Halo Wuling” dan perintah, maka mobil otomatis akan melakukan apa yang Anda inginkan.

Inilah Kelebihan Dan Kekurangan Wuling Almaz, Layak Dibeli? 04

Fitur ‘Halo Wuling’ benar-benar sukses mendapat banyak hati masyarakat Indonesia

Sebagai contoh, untuk membuka kaca depan, Anda hanya perlu mengatakan, “Halo Wuling, buka kaca depan”. Maka seketika, kaca depan akan terbuka. Di sisi lain, Anda juga bisa mengatur suhu AC, pengaturan Sunroof, audio dan hal lainnya.

4. Head Unit Super Besar Di Kelasnya

Tak tanggung-tanggung, mobil Wuling Almaz juga hadir dengan Head Unit berukuran besar, 10,4 inci. Berkat dimensinya yang besar, Anda bisa dengan mudah mengoperasikannya secara praktis dari kursi pengendara.

Inilah Kelebihan Dan Kekurangan Wuling Almaz, Layak Dibeli? 05

Head Unit Wuling Almaz tergolong paling besar di kelasnya, dikemas vertikal

Di sisi lain, panel audio mobil Wuling Almaz juga sudah dibekali dengan berbagai format modern. Sebut saja, format Bluetooth, AUX, Wuling Link dan banyak hal lainnya. Lewat format tersebut, Anda bisa memutar musik favorit dari Handphone dan disambungkan ke dalam audio Wuling Almaz.

5. Mesin Turbo

Dari data resminya, mobil Wuling Almaz menggunakan mesin berkapasitas 1.451 cc yang sudah didukung konfigurasi Turbocharger. Spesifikasi tersebut, membuatnya mampu mencapai daya maksimum sebesar 140 HP setara 5.200 Rpm. Di sisi lain, mesin tersebut juga sukses mencapai torsi puncak 250 Nm di kisaran 1.800 Rpm hingga 3.600 Rpm.

Inilah Kelebihan Dan Kekurangan Wuling Almaz, Layak Dibeli? 06

Inilah sosok mesin Wuling Almaz, 1.5 Liter Turbocharger

Paling menarik dari segi kenyamanan berkendara, Wuling cars Almaz menyediakan 3 mode berkendara yang bisa Anda pilih. Mode ECO difokuskan untuk melaju stabil dan memprioritaskan konsumsi bahan bakar irit. Mode SPORT juga hadir untuk memaksimalkan performa mesin. Dan terakhir, Mode NORMAL yang menjadi mode berkendara paling standar.

6. Transmisi CVT, Nyaman Dan Irit Bahan Bakar

Memang jika melihat mobil SUV Wuling Almaz dari tipe transmisi, tersedia dua pilihan utama yakni 6 percepatan manual dan Continuous Variable Transmission (CVT). Nah, saran terbaik dari kami adalah memilih Wuling Almaz CVT.

Inilah Kelebihan Dan Kekurangan Wuling Almaz, Layak Dibeli? 07

Inilah transmisi CVT yang digunakan oleh Wuling Almaz

Alasan utamanya adalah karena CVT memberikan sensasi berkendara halus bagi Wuling Almaz yang berbodi besar. Kedua adalah soal keiritan bahan bakar. Penting juga kami informasikan bahwa transmisi CVT ini sudah didukung Manual Simulation. Sehingga, Anda yang terbiasa menggunakan transmisi manual, bisa beradaptasi dengan mudah.

7. Automatic Vehicle Holding Dan Electronic Parking Brake

Sebagai mobil SUV, mobil Almaz dipersenjatai dengan Automatic Vehicle Holding (AVH) dan Electronic Parking Brake (EPB). AVH misalnya, punya fungsi menarik agar pengemudi tidak perlu menahan rem dalam kondisi jalanan Stop & Go. Ketika AVH diaktifkan dan kaki kanan lepas dari pedal rem, maka sistem akan menahan pedal rem secara otomatis.

Inilah Kelebihan Dan Kekurangan Wuling Almaz, Layak Dibeli? 08

Logo ‘A’ adalah fitur AVH pada Wuling Almaz

Kedua adalah fitur EPB yang berfungsi menjadi rem parkir elektrik. Tak perlu repot-repot menarik tuas kuat-kuat seperti pada mobil lama. Anda hanya perlu mengaktifkan EPB dengan satu sentuhan saja. Tergolong praktis sebagai fitur andalan pada Wuling Almaz.

Kekurangan Wuling Almaz

Setelah puas membahas tentang kelebihannya, tentu ada yang cukup penasaran untuk mengetahui kekurangan mobil Wuling Almaz. Di sisi lain, hal ini juga dapat menjadi referensi tambahan sebelum Anda memilihnya.

1. Build Quality Yang Kurang Memuaskan

Mau tidak mau, banyak dari pengguna yang merasa kualitas eksterior Wuling terkesan kurang sempurna. Hal ini bisa diamati pada komponen bemper belakang serta List Chrome, pemasangannya kurang rapi. Sehingga, memperlihatkan jarak yang tidak konsisten.

Inilah Kelebihan Dan Kekurangan Wuling Almaz, Layak Dibeli? 09

Ilustrasi Wuling Almaz

Terlepas dari itu, kekurangan mobil Wuling Almaz satu ini hanya bisa diamati jika kita melihat eksterior-nya secara seksama. Dalam artian, jika diamati sekilas, kekurangan ini tidaklah terlihat menonjol pada bagian eksterior.

2. Mesinnya Diklaim Kurang Bertenaga

Keluhan juga didapati ketika berbicara soal mesin. mobil Wuling Almaz yang berdiri sebagai SUV, nyatanya hanya dibekali mesin 1.497 cc. Memang, konfigurasi Turbocharger dirasa sangat membantu. Tapi jika kita mau membandingkannya dengan SUV lainnya, tenaga Wuling Almaz terasa kurang bertenaga.

Sebagai contoh, Honda HR-V yang menggunakan mesin 1.800 cc berdaya 137 HP. Di sisi lain, Nissan X-Trail juga sudah menerapkan mesin berkapasitas 2.500 cc berdaya 169 HP. Beda halnya dengan mobil Wuling Almaz yang mana mesinnya hanya memiliki 1.500 cc, menghasilkan daya 140 HP.

3. Kabin Interior Kurang Kedap Suara

Satu hal lagi yang tak luput dari perhatian kami adalah soal kekedapan kabinnya. Ketika diajak melaju dengan kecepatan sedang, suara dari ban mobil SUV Wuling Almaz masih terdengar ke dalam kabinnya. Tentu hal ini terkadang sedikit mengganggu keasyikan berkendara.

Inilah Kelebihan Dan Kekurangan Wuling Almaz, Layak Dibeli? 10

Sayangnya, kabin Wuling Almaz banyak dikeluhkan soal kekedapan suaranya

Solusi terbaik untuk masalah ini adalah menambah peredam kabin. Aksesoris tambahan ini bisa diaplikasikan pada Fender atau lantainya. Sehingga, suara dari luar bisa teredam dengan baik.

Kesimpulan

Bisa disimpulkan bahwa mobil Wuling Almaz adalah sebuah mobil SUV menarik. Fitur yang diusungnya tergolong bervariatif dan juga nyentrik. Salah satu contohnya adalah ‘Halo Wuling’, pengendara dapat melakukan perintah suara untuk mengatur semua pengoperasian dalam kabin Almaz. Tentunya, hal ini tidak ditawarkan oleh kompetitor di kelasnya.

Di sisi lain, Wuling Almaz juga menyajikan spesifikasi mesin yang lumayan. Memang, dari segi kapasitas tenaga, mesinnya masih kalah dari banyak pesaing lainnya. Tapi jika dilihat dari segi transmisi CVT serta konfigurasi mesin Turbocharger, Wuling Almaz sungguh terlihat menggoda.

Apakah Anda jatuh hati terhadap Wuling Almaz? Saran kami adalah memilih tipe 7-Seater, setidaknya mampu memberikan lebih banyak fungsi baik untuk urusan keluarga, perkantoran atau menjadi kendaraan sehari-hari.

Franky

Berhati-hatilah dalam membuat keputusan yang benar di hadapan semua orang

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Wuling Almaz Hybrid 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil