window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Inilah mengapa lebih banyak orang menyukai Mitsubishi Pajero Sport Rockford Fosgate

Mark Jacob · 9 Nov, 2020 17:00

Inilah mengapa lebih banyak orang menyukai Mitsubishi Pajero Sport Rockford Fosgate 01

Nama Mitsubishi Pajero Sport Rockford Fosgate edisi jarang kita dengar, karena tipe ini dijual dalam jumlah terbatas oleh Mitsubishi Indonesia. Di kategori ini, Pajero Sport Rockford Fosgate Edition memiliki pesaing utamanya, Toyota Fortuner TRD Sportivo.

Keduanya berhadapan secara langsung. Mitsubishi Pajero Sport Rockford Fosgate edition dijual dengan kisaran Rp572 jutaan. Sedangkan Toyota Fortuner TRD Sportivo dijual dengan harga Rp501 jutaan sampai Rp704 jutaan.

Dari segi harga, memang antara Pajero Sport Rockford Fosgate edition dan Fortuner TRD Sportivo cukup bersaing. Tapi, ternyata yang lebih layak dibeli adalah Pajero Sport Rockford Fosgate edition. Kenapa bisa begitu? Apa yang membuat lebih layak dibeli?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Harga Mitsubishi Pajero Sport Rockford Fosgate

Dari segi harga, Mitsubishi Pajero Sport Rockford Fosgate edition ini memang cukup setara. Tapi, Pajero tipe ini hanya dijual sebanyak 600 unit saja. Kelangkaan jumlah inilah yang membuat Pajero Sport Rockford Fosgate edition lebih eksklusif dibanding Fortuner TRD Sportivo.

Inilah mengapa lebih banyak orang menyukai Mitsubishi Pajero Sport Rockford Fosgate 01

Pada tahun 2009 silam, Mitsubishi Pajero Sport Rockford Fosgate edition ini bahkan hanya dijual sebanyak 1.000 unit. Dan, antusias masyarakat Indonesia sangat besar. Terbukti tipe Mitsubishi Pajero Sport Rockford Fosgate edition ini langsung ludes terjual.

Sedangkan tipe yang selevel dengan Pajero Sport Rockford Fosgate dari Toyota Fortuner adalah tipe VRZ 4X2 TRD Sportivo. Harga yang ditawarkan memang lebih murah, Rp568 jutaan. Tetapi jumlahnya tidak terbatas, berbeda dengan Pajero Sport Rockford Fosgate yang dijual terbatas.

Dimensi Mitsubishi Pajero Sport Rockford Fosgate

Untuk dimensi Mitsubishi Pajero Sport Rockford Fosgate edition punya panjang 4.785 mm, lebar 1.815 mm dan tinggi 1.805 mm. Sedangkan Toyota Fortuner 4x2 VRZ TRD Sportivo punya dimensi panjang 4.795 mm, lebar 1.855 mm dan tinggi 1.835 mm.

Inilah mengapa lebih banyak orang menyukai Mitsubishi Pajero Sport Rockford Fosgate 02

Secara dimensi, ukuran Pajero Sport sedikit lebih kecil daripada Fortuner. Ini membuat dimensinya jadi lebih kompak untuk ukuran SUV medium yang ada di Indonesia. Enggak heran kalau banyak orang menyukai Pajero Sport untuk dijadikan mobil harian yang tangguh.

Mesin Mitsubishi Pajero Sport Rockford Fosgate

Untuk mesin, Mitsubishi Pajero Sport Rockford Fosgate edition dibekali mesin berkode 4N15. Mesin ini punya kapasitas 2.442 cc, 4 silinder, MIVEC, turbo intercooler. Tenaganya mencapai 181 ps @3.500 rpm dan torsinya 430 Nm @2.500 rpm.

Sedangkan Toyota Fortuner TRD Sportivo punya mesin berkode 2GD-FTV. Mesin ini berkapasitas 2.393 cc, 4 silinder, turbo intercooler. Tenaga yang bisa dihasilkan mencapai 149 ps @3.400 rpm dengan torsi 400 Nm @2.000 rpm.

Berdasarkan data, performa mesin Mitsubishi Pajero Sport Rockford Fosgate edition jauh lebih baik. Bahkan torsinya pun jauh lebih besar 30 Nm dibanding Toyota Fortuner TRD Sportivo. Ini jadi salah satu alasan mengapa Pajero Sport lebih disukai daripada Toyota Fortuner.

Inilah mengapa lebih banyak orang menyukai Mitsubishi Pajero Sport Rockford Fosgate 03

Selain itu, Pajero Sport dibekali transmisi otomatis CVT 8 percepatan. Sedangkan Toyota Fortuner hanya dibekali transmisi otomatis 6 percepatan. Jumlah percepatan Pajero Sport lebih banyak. Otomatis, berkendara akan jauh lebih nyaman untuk digunakan.

Eksterior Mitsubishi Pajero Sport Rockford Fosgate

Tampilan Mitsubishi Pajero Sport Rockford Fosgate edition lebih mengedepankan unsur kemewahan dan elegan. Hal itu terlihat dari adanya lekukan yang tersebar di seluruh bodi. Tarikan garis Mitsubishi Pajero Sport Rockford Fosgate edition lebih terlihat tegas dan berlekuk tajam.

Sehingga siluet yang dihasilkan lebih menegaskan kesan mewah dan futuristic. Sedangkan Toyota Fortuner lebih mengedepankan unsur stylish dan sporty. Bodinya tidak terlalu berlekuk seperti Pajero Sport. Tapi Fortuner dibuat lebih dengan tarikan garis yang lebih halus.

Inilah mengapa lebih banyak orang menyukai Mitsubishi Pajero Sport Rockford Fosgate 04

Interior Mitsubishi Pajero Sport Rockford Fosgate

Dari sisi interior keduanya sama-sama dibekali dengan material berbahan kulit yang nyaman diduduki. Hanya saja sayangnya Toyota Fortuner tipe tertinggi sekalipun belum dibekali dengan sunroof. Pada Pajero Sport, tipe tertingginya sudah terdapat sunroof yang bisa digunakan pada saat bertualang kemanapun.

Hal ini jelas menjadi kelemahan yang ada pada Toyota Fortuner. Sunroof jelas menjadi salah satu fitur yang cukup didambakan oleh konsumen di Tanah Air. Kenyamanan konsumen jelas menjadi berkurang karena tidak adanya sunroof pada Fortuner.

Kenyamanan Mitsubishi Pajero Sport Rockford Fosgate 

Soal kenyamanan, kami setuju jika Pajero Sport punya kenyamanan yang jauh lebih nikmat ketimbang Fortuner. Pajero dibekali suspensi double wishbone, coil spring dengan twin tube absorber dan torsion beam dengan stabilizer di bagian depan.

Inilah mengapa lebih banyak orang menyukai Mitsubishi Pajero Sport Rockford Fosgate 05

Sementara pada kaki belakang disematkan 3-Link type rigid axle, coil spring twin tube absorber dengan torsion beam stabilizer. Efeknya, guncangan berhasil diredam dengan maksimal. Karakter suspensinya pun empuk dan stabil saat melibas berbagai jalan keriting di Ibukota.

Sedangkan Toyota Fortuner memakai double wishbone dengan coil spring with stabilizer di bagian depan. Di belakang memakai 4-Link lateral rod. Karakter suspensi Toyota Fortuner cenderung lebih keras dibanding Pajero Sport.

Tetapi handlingnya harus diakui lebih baik Toyota Fortuner dibanding dengan Pajero Sport. Urusan kenyamanan, jelas Pajero Sport akan lebih baik. Tapi urusan handling, Fortuner lebih baik dibanding Pajero Sport.

Audio Mitsubishi Pajero Sport Rockford Fosgate

Karena ini adalah tipe edisi special Mitsubishi Pajero Sport Rockford Fosgate, maka audionya pun jauh lebih nikmat. Seluruh perangkat audio menggunakan peranti Rockford Fosgate. Hal ini membuat kenyamanan saat mendengarkan lagu menjadi sangat-sangat baik.

Inilah mengapa lebih banyak orang menyukai Mitsubishi Pajero Sport Rockford Fosgate 06

Bahkan tipe tertinggi Toyota Fortuner sekalipun belum dapat menandingi audio bawaan Rockford Fosgate. Hal inilah yang menjadi pembeda utama dari tipe Pajero Sport lainnya. Audio dibuat sangat nikmat untuk mendengarkan berbagai lagu kesukaan.

Kesimpulan

Versi Mitsubishi Pajero Sport Rockford Fosgate ini sangat layak dibeli, apalagi jumlahnya sangat terbatas. Mengingat jumlahnya yang kecil, kemungkinan jenis ini akan menjadi jenis sasaran dalam beberapa tahun ke depan.

Selain itu, performa mesin Pajero Sport harus diakui lebih baik dibanding Fortuner. Karakter Pajero yang halus dan smooth juga menjadi kelebihan lain saat digunakan. Tetapi, Fortuner bukanlah sebuah mobil yang tanpa kelebihan.

Fortuner punya handling yang jauh lebih oke dan mantap dibanding Pajero. Sayang, suspensinya keras dan kurang nyaman untuk digunakan melibas jalan keriting. Jika ingin nyaman, Mitsubishi Pajero Sport Rockford Fosgate edition menjadi alternatif yang cukup disarankan.

Mark Jacob

Tergila-gila dengan mobil tua, apalagi buatan Eropa. Pastinya suka berteman dengan mobil yang boros, dan pintunya cuma dua.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 AT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil