window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Irit Mana, Mobil Wuling Almaz atau Honda CR-V?

Samuel Tito · 23 Agu, 2020 20:00

Irit Mana, Mobil Wuling Almaz atau Honda CR-V? 01

Mobil Wuling Almaz merupakan SUV buatan China dengan mesin turbo yang dirakit di Indonesia. Mobil ini menggoda melalui sejumlah fitur modern dan kelengkapan mewah. Menariknya, semua itu bisa ditebus dengan harga yang relatif murah dibandingkan kompetitor sekelasnya.

Mobil Wuling Almaz tersedia dalam 4 varian. Harga Wuling Almaz berkisar dari Rp 267 juta hingga Rp 342 jutaan. Ini merupakan harga Almaz 2020.

Kami telah membahas eksterior, interior, dan fitur di bagian pertama. Dalam artikel ini, kami membahas kinerja, efisiensi bahan bakar, pengendaraan, dan kontrol.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Performa dan Efisiensi Wuling Almaz VS Honda CR-V

Irit Mana, Mobil Wuling Almaz atau Honda CR-V? 01

Mobil SUV Wuling Almaz Didukung oleh mesin 4 silinder, 1,5 liter turbocharged. Predikat turbo memang terdengar seksi belakangan ini. Apalagi perangkat turbocharger miliknya bukan buatan China, melainkan hasil karya Honeywell, perusahaan konglomerat ternama asal Amerika Serikat.

Padahal, tujuan turbo di Almaz, bukan sekadar untuk memberikan performa yang unggul. Lihat saja kapasitas mesinnya yang hanya 1,5 liter atau setara dengan sebuah MPV (Multi Purpose Vehicle) seperti Toyota Avanza.

Wuling ingin mobil Almaz memiliki efisiensi bahan bakar seefisien mobil bermesin 1,5 liter. Turbo dihadirkan dalam mobil SUV Wuling Almaz ini untuk meningkatkan performa, saat untuk melaju di putaran mesin tinggi. Padahal, dari hasil pengujian, mobil wuling Almaz hanya mampu mencatatkan konsumsi BBM terbaik 14,2 Km per liter di jalan bebas hambatan dan 10,2 Km/Liter di dalam kota.

Memang tidak boros, tapi tidak bisa dikatakan ekonomis. Testimoni dari banyak pengguna mobil Wuling Almaz juga mengungkapkan angka yang tidak jauh berbeda.

Irit Mana, Mobil Wuling Almaz atau Honda CR-V? 02

 

Spesifikasi

Wuling Almaz

Honda CR-V

Panjang x Lebar x Tinggi (mm)

4655 x 1835 x 1760

3999 x 1734 x 1601

Jarak sumbu roda (mm)

2750

2555

Isi silinder (cc)

1451

1498

Konfigurasi mesin

1.5 tipe DOHC DVVT dengan Turbocharger mm

1.5 Liter 4 Silinder Segaris DOHC i-DTEC

Konfigurasi Transmisi

5 Tingkat Percepatan Manual

6 Tingkat Percepatan Manual

Tenaga

140 PS / 5.200 Rpm

100 PS / 3.600 Rpm

Torsi

250 Nm / 1.700 Rpm

200 Nm / 1.750 Rpm

Fakta lainnya, kinerja di atas kertas ternyata tidak sesuai harapan. Sebagai gambaran, Almaz memiliki mesin turbo 1,5 liter yang menghasilkan tenaga 140 PS dengan torsi puncak 250 Nm. Output tersebut masih jauh tertinggal dari Honda CR-V dengan mesin 1.5 liter turbo bertenaga 190 PS dengan torsi puncak 240 Nm.

Harapan Wuling agar Almaz memiliki performa setara dengan mesin berkapasitas 2.0 liter juga meleset. Sebagai perbandingan, Honda CR-V bermesin 2.0 liter non turbo menghasilkan tenaga 155 PS dengan torsi puncak 189 Nm. Mobil Honda CRV tersedia dalam 3 varian. Harga Honda CRV berkisar dari Rp 468 juta hingga Rp 544 jutaan. Ini merupakan harga mobil CRV di tahun 2020. 

Namun tak bisa dipungkiri, torsi puncak 250 Nm yang dihasilkan Almaz menjanjikan akselerasi yang memadai. Sudah terjawab, karakter mesin yang khas dari mobil perkotaan, yang lebih banyak menghabiskan waktunya menghadapi situasi stop and go di kemacetan lalu lintas.

Konsumsi Bensin

Wuling Almaz

Honda CR-V

Pemakaian BBM di Tol

14,2 Km/Liter

14 Km/Liter

Pemakaian BBM Dalam Kota

10,2 Km/Liter

11 Km/Liter

Namun di sisi lain, SUV Wuling justru memadukan mesin gemuk torsi dengan transmisi otomatis berjenis CVT (Continuous Variable Transmission) yang terkenal kurang responsif. Begitu pun dalam mode berkendara Sport, bergerak dari posisi diam, mobil tidak bertindak agresif saat pedal gas ditekan di dalam.

Mobil Wuling Almaz memiliki torsi gemuk yang terkesan mubazir, karena mesin dipatok pada rpm tinggi dan transmisi CVT bekerja menyesuaikan rasio gigi secara perlahan. Padahal torsi puncak mobil ini keluar pada rpm rendah, sekitar 1.600 rpm - 3.600 rpm. Beruntung transmisi buatan Bosch menyediakan mode perpindahan transmisi manual. Tidak main-main, perpindahan gigi yang disimulasikan hingga 8 kecepatan. Pada mode ini, karakter transmisi CVT berubah total. Mesin tidak lagi dipatok pada rpm tinggi.

Namun, jarum rpm bergerak naik turun secara bertahap, mengikuti perpindahan posisi gigi yang dipilih secara manual melalui tuas transmisi. Karena itu, mode berkendara Sport-nya sama sekali tidak menarik. Sayangnya, tidak ada paddle-shift untuk memindahkan gigi dari belakang setir.

Mengemudi Wuling Almaz

Irit Mana, Mobil Wuling Almaz atau Honda CR-V? 03

Sebagai Sport Utility Vehicle (SUV) yang berdiri di atas rangka monocoque, mobil Wuling Almaz menawarkan sensasi berkendara yang nyaman. Tingkat kekakuan rangka mendukung pengendaraan pada berbagai kecepatan. Ya, kemudinya terlalu ringan dan respons roda ke roda kemudi hambar. Namun pergerakan setir yang cukup akurat, membuat mobil tidak sulit dikendalikan.

Bagaimana perjalanannya? Banyak yang mengira Almaz terlihat tidak proporsional atau ukuran ban 215/60 R17 terlalu kecil. Apalagi memiliki lubang spatbor yang cukup besar sehingga menyisakan celah yang cukup besar. Belum lagi ban positif offset (ET) atau pelek luar di bagian dalam sepatbor. Ditambah ada over fender yang membuat posturnya kurang gagah. Mobil Wuling Almaz tersedia dalam 4 varian. Harga Wuling Almaz berkisar dari Rp 267 juta hingga Rp 342 jutaan. Ini merupakan harga Almaz 2020.

Perlu dicatat, mobil SUV Wuling Almaz memiliki ground clearance yang cukup tinggi, 230 mm atau salah satu yang tertinggi di kelasnya. Semua pengaturan di atas diperhitungkan oleh para insinyur Wuling dalam mendesain Wuling cars Almaz. Karena ukuran pelek dan ban yang lebih besar membuat kendaraan lebih tinggi. Ini dapat memengaruhi stabilitas berkendara. Pasalnya, tingkat body roll mobil Wuling Almaz ini cukup terasa saat menikung dengan kecepatan tinggi, meski masih bisa diminimalkan dengan baik.

Selain itu, semakin besar ukuran pelek, tentunya akan semakin tipis pula profil bannya. Hasilnya pasti akan mengurangi kenyamanan berkendara di permukaan jalan yang kasar. Terlebih, meski bukan SUV offroader, mobil Almaz disiapkan agar tetap bisa melintasi medan ringan non aspal. Itu juga mengapa mobi; Wuling Almaz memiliki suspensi belakang independen multi-link.

Jadi masing-masing roda belakang bisa bergerak sendiri-sendiri secara vertikal. Ruang spatbor mobil Wuling Almaz yang besar dibutuhkan agar roda dapat mengartikulasikan di medan yang ekstrim agar tidak tersangkut di bibir spatbor. Ini juga menjelaskan mengapa offset ban dibuat positif.

Kesimpulan

Irit Mana, Mobil Wuling Almaz atau Honda CR-V? 04

Singkatnya, mobil  Wuling Almaz versi 5-seater yang kami uji memiliki keunggulan dalam hal kelengkapan fitur, tampilan modern dan harga yang menarik. Performa dan efisiensi bahan bakar mobil SUV Wuling Almaz memang bukan kelebihannya, namun sensasi berkendara mobil ini patut diacungi jempol karena memberikan kestabilan dan kenyamanan pada saat bersamaan.

Samuel Tito

Automotive writer who cover in-depth reports in an easy-to-understand for the readers

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Wuling Almaz Hybrid 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil