Jangan Pilih Honda Mobilio Jika Tergoda Mitsubishi Xpander, Ini Sebabnya

Samuel Tito · 14 Sep 2020 18:00

Masih pusing pilih Honda Mobilio atau Mitsubishi Xpander? Ya godaan Mitsubishi melalui low MPV baru yang menarik bernama Xpander. Tak pelak, mobil ini disebut-sebut akan menumbangkan keunggulan Toyota Avanza. Sebenarnya posisi Xpander justru mengancam adalah Honda, khususnya Honda Mobilio yang notabene sebagai low MPV terlaris kedua setelah Toyota Avanza.

Dari beberapa hal, lawan sebenarnya dari Xpander adalah Mobilio, antara lain karena sama-sama mengusung desain eksterior yang menarik, sama-sama memiliki penggerak roda depan dan sama-sama menjadikan fitur sebagai andalan.

Bagi calon pembeli MPV yang masih bingung antara pilihan Honda Mobilio atau Xpander, artikel ini akan mengulas berbagai sisi seperti spesifikasi, fitur, harga, mesin, varian, kepraktisan, kenyamanan dan lain sebagainya. Berikut perbandingan antara Honda Mobilio dan Mitsubishi Xpander.

Harga dan Varian

Dalam hal pilihan pabrikan Honda hanya menyediakan 5 pilihan varian Mobilio. Dengan hanya satu pilihan mesin serta transmisi manual dan CVT. Sedangkan Mitsubishi membatasi varian transmisi untuk setiap varian. Tabel berikut menjelaskan perbandingan varian dan harga kedua MPV tersebut:

Honda Mobilio Harga On The Road Mitsubishi Xpander Harga On The Road
Honda Mobilio S M/T Rp 203.400.000 Mitsubishi Xpander GLX M/T Rp 215.800.000
Honda Mobilio E M/T Rp 224.400.000 Mitsubishi Xpander GLS M/T Rp 232.300.000
Honda Mobilio E M/T Rp 224.400.000 Mitsubishi Xpander GLS A/T Rp 243.300.000
Honda Mobilio E CVT Rp 235.800.000 Mitsubishi Xpander EXCEED M/T Rp 240.800.000
Honda Mobilio RS M/T Rp 248.200.000 Mitsubishi Xpander EXCEED A/T Rp 251.200.000
Honda Mobilio RS CVT Rp 259.000.000 Mitsubishi Xpander SPORT M/T Rp 258.400.000
  Mitsubishi Xpander SPORT A/T Rp 268.400.000
Mitsubishi Xpander ULTIMATE A/T Rp 272.100.000

Honda Mobilio lebih unggul dalam hal pilihan varian, hampir semua tipe tersedia pilihan transmisi manual dan otomatis, kecuali tipe S yang hanya memiliki transmisi manual. Sedangkan Xpander hanya tipe Exceed yang memiliki dua pilihan transmisi, sedangkan tipe tertinggi hanya otomatis dan tipe bawah hanya memiliki manual.

Tabel di atas memberi tahu kita bahwa Mitsubishi Xpander lebih mahal di level yang sama. Selisih harganya pun sangat lumayan. Ini wajar karena beberapa periode terakhir Xpander paling banyak dicari dan merajai penjualan di segmen tersebut.

Desain Eksterior

Desain eksterior Honda Mobilio vs Mitsubishi Xpander 2017 bisa dikatakan cukup kompetitif, keduanya menawarkan tampilan yang menyenangkan. Mobilio memiliki kesan aerodinamis dan stylist sehingga cocok untuk anak muda. Sedangkan Xpander memiliki tampilan yang futuristik dan bercita rasa SUV dengan desain perisai yang dinamis.

Berbicara desain sangat tergantung selera masing-masing. Dar sisi konsumen rasanya tidak banyak orang yang mengeluhkan desain eksterior kedua MPV ini. Desain Mobilio juga lebih bagus dari generasi sebelumnya, kedua mobil ini serasi dari segi tampilan luar.

Hanya saja, Mitsubishi Xpander unggul punya aura sporty seperti mobil jenis SUV dan ground clearance yang lebih tinggi. Sementara Honda Mobilio, kuat dengan kesan MPV yang aerodinamis dengan ground clearance dan dimensi yang rendah.

Desain Interior

Membandingkan desain interior Honda Mobilio dan Xpander ibarat melihat mobil dari kelas yang berbeda, karena interior Xpander satu tingkat di atas Mobilio. Menurut kami interior Suzuki Ertiga lebih sepadan dengan Xpander.

Interior Xpander bahkan bernuansa Innova baru, terlihat dari model head unit yang terlihat menyambung ke konsol tengah, desain dashboard yang terlihat seperti tangga dan lega kabin.

Dari segi kualitas perakitan, Mitsubishi juga terlihat lebih gencar membuat MPV berkualitas. Xpander terasa lebih unggul dari segi kualitas material dan pemasangan yang lebih rapi.

Perbandingan Spesifikasi

Spesifikasi yang kami maksud terkait dengan dimensi yang memengaruhi kelegaan kabin dan jarak jelajah. Berikut perbandingan dimensi Xpander vs Honda Mobilio.

Honda Mobilio 2020 Mitsubishi Xpander 2020
Panjang X Lebar X Tinggi 4.386 x 1.683 x 1.603 mm 4.475 mm X 1.750 mm X 1.700 mm
Jarak Sumbu Roda 2.650 mm 2.775 mm
Ground Clearance 189 mm 205 mm

Dari tabel di atas dapat dicermati sebagai berikut. Dimensi Mitsubishi Xpander lebih panjang 7,7 cm, lebih lebar 6,7 cm, dan lebih tinggi 9,7 cm ketimbang Honda Mobilio. Dengan dimensi seperti itu, maka ukuran ruang kabin juga akan semakin berbeda. Kendati dimensi yang lebih kecil dan pendek, justru membuat Honda Mobilio akan semakin lincah dalam bermanuver.

Ruang kabin Xpander lebih lega dibandingkan Mobilio, berkat ruang kabin yang lebih luas dan jarak sumbu roda yang lebih panjang yaitu 7,5 cm, terutama di ruang kaki dan ruang bahu.

Ground clearance Xpander yang lebih tinggi 16mm tentu memberikan daya jelajah yang lebih baik daripada Mobilio. Namun, ground clearance Mobilio yang lebih rendah juga memiliki nilai positif pada kontrol dan stabilitas pada kecepatan tinggi.

Ukuran ban Xpander untuk tipe Ultimate dan Sport lebih lebar dengan ukuran velg lebih besar. Ban yang lebih lebar memberikan cengkeraman yang lebih baik ke jalan, sehingga juga lebih baik dalam penanganannya. Sedangkan ukuran velg yang lebih besar memberikan tampilan eksterior yang lebih bagus.

Perbandingan Mesin

Perbandingan spesifikasi mesin Xpander vs Mobilio dapat dilihat pada tabel berikut:

Mesin New Honda Mobilo 2020  
Seri Mesin L15 SOHC, 4 Silinder, i-VTEC, Drive By wire 4A91, MIVEC, DOHC 16 Valve
Tenaga Maksimum 116,5 Hp (118 Ps) @ 6.600 rpm 103 HP @ 6.000 rpm
Torsi Maksimum 145 Nm (14,8 kg.m) @ 5.500 rpm 141 Nm @ 4.000 rpm
Kapasitas Silinder 1.496 cc 1.499 cc
Tipe Transmisi CVT with Earth Dreams Technology Otomatis 4-Percepatan & Manual 5-Percepatan

Tenaga - Dari tabel di atas kita bisa melihat bahwa Mobilio cukup jauh lebih unggul dari Xpander dalam hal tenaga dan torsi. Dengan kapasitas motor yang relatif mirip, Mobilio memiliki tenaga yang lebih besar yaitu 14 ps. Itu angka yang signifikan, jadi bagi Anda yang menyukai tarikan yang kuat, Mobilio tidak ada duanya.

Torsi - Mobilio adalah 4 Nm (145 Nm) di depan Xpander (141 Nm). Itu artinya Mobilio akan merasakan beban angkat yang lebih kuat, terutama pada putaran yang lebih rendah.

Transmisi - Mobilio juga bisa dikatakan lebih unggul karena menggunakan CVT yang lebih canggih dari transmisi otomatis 4 kecepatan konvensional milik Xpander. Tapi Xpander juga lumayan, karena Mitsubishi berhasil membuat transmisi otomatisnya terasa mulus saat perpindahan gigi.

Sistem Penggerak Roda

Kedua MPV ini memiliki penggerak roda depan (FWD), jadi tidak ada yang bisa dibandingkan dalam hal sistem roda penggerak pada Xpander dan Mobilio.

Dengan penggerak roda depan yang sama, persaingan kedua low MPV sangat ketat karena harus memperebutkan segmen mobil pribadi. Sementara segmen komersial, seperti mobil operasional perseroan atau mobil rental, masih akan dikuasai oleh Toyota Avanza.

Keunggulan Xpander dan Mobilio dengan FWD-nya adalah konsumsi bahan bakar yang lebih irit karena lebih sedikit kehilangan tenaga untuk mentransfer tenaga dari mesin ke komponen penggerak roda.

Cengkeraman ban depan mobil FWD ke jalan raya juga menjadi andalan, sehingga resiko terjadinya understeer pada mobil RWD juga lebih kecil.
Namun pola pikir RWD yang lebih keras sepertinya masih akan mempengaruhi penjualan Xpander dan Mobilio. Hal tersebut terlihat dari absennya kompetitor yang berhasil menggeser Avanza dari predikat mobil terlaris di Indonesia.

Kontrol atau Pengendalian

Dari segi pengendalian, Mobilio masih punya keunggulan. Karena kontrol adalah salah satu nilai jual Honda. Hampir semua mobil Honda dibuat dengan mengutamakan kesenangan berkendara. Hal ini terlihat dari desainnya yang aerodinamis, tenaga yang besar dan dimensi yang rendah dari mobil Honda.

Namun Xpander juga tidak terlalu buruk untuk ukuran MPV yang rendah. Pasalnya, para teknisi dan desainer teknis pabrikan Mitsubishi berhasil mengoptimalkan kestabilan Xpander meski mobil ini memiliki dimensi dan ground clearance yang tinggi.

Efek goyangan Xpander ternyata tidak separah MPV sejuta umat, Avanza. Khusus untuk tipe Ultimate dan Sport, Xpander telah dilengkapi dengan Stability Control.

Perbandingan Fitur

Fitur menjadi faktor penting bagi konsumen dalam menentukan mobil mana yang akan dipilih. Khusus bagi calon konsumen yang melek informasi dari internet akan membandingkan fitur sebelum menentukan pilihan.

Karena Mitsubishi Xpander diluncurkan baru-baru ini, Mitsubishi memiliki fleksibilitas lebih untuk mengungguli semua pesaingnya. Berikut perbandingan fitur Mobilio vs Xpander:

Fitur Keamanan

Honda Mobilio memiliki keunggulan menyediakan sandaran kepala untuk penumpang tengah baris kedua, sedangkan Xpander tidak disediakan. Selain itu, Mobilio telah dilengkapi dengan sensor parkir di semua tipe. 

Sementara, Mitsubishi Xpander unggul dalam beberapa fitur keselamatan.Sebut saja seperti fitur Brake Assist untuk tipe Sport dan Ultimate, sayangnya Honda Mobilio belum memiliki fitur ini untuk semua tipe. Keunggulan Xpander lainnya adalah hadirnya fitur sinyal darurat yang menyalakan semua lampu yang berkedip saat ada pengereman mendadak.

Kenyamanan

Keunggulan Honda Mobilio dari segi fitur interiornya adalah tersedianya AC double blower untuk semua tipe, sedangkan tipe Xpander GLX (paling rendah) tidak. Dari segi kenyamanan, Mitsubihi Xpander bisa dikatakan lebih unggul dari Mobilio, karena Xpander memang dibangun untuk kenyamanan, baik dari segi kualitas dan desain interior, serta dari segi suspensi dan kelegaan kabin.

Pilihan Warna

Pilihan warna Honda Mobilio lebih banyak dari Xpander. Mobilio tersedia 6 pilihan warna, sedangkan Xpander hanya 5. Berikut detailnya:

Warna Honda Mobilio
Biru Metalik - Biru
Passion Red Pearl - Merah
Crystal Black Pearl - Hitam
Metalik Baja Modern - Abu-abu
Lunar Silver Metallic - Silver
Taffeta Putih - Putih.

Warna Mitsubishi Xpander
Merah Metalik - Merah
Diamond Black Mica - Hitam
Titanium Grey Metallic - Silver Grey
Sterling Silver Metallic - Perak
Quartz White Pearl- Putih.

Bedanya, warna Mitsubishi Xpander dibedakan berdasarkan variannya, dimana warna merah dan titanium hanya ada pada tipe tertinggi yaitu Sport dan Ultimate. Selain itu, untuk Xpander putih, pembeli harus membayar lebih dari 1,5 juta.

Sedangkan Honda Mobilio biru bukan milik Xpander. Selain itu, abu-abu Xpander berbeda dengan abu-abu Mobilio. XPander abu-abu terlihat lebih mewah karena menggunakan warna titanium silver.

Layanan dan Jaringan Purnajual

Honda memiliki jaringan yang lebih luas dan terus memperluas jaringan dealernya secara signifikan. Sementara itu, Mitsubishi masih memiliki banyak investasi untuk memperluas jaringan purna jualnya. Tentu ini sudah ada di peta bisnis PT MMKSI, terungkap dalam perkenalan Xpander, misalnya Mitsubishi berencana menambah 9 dealer dan bengkel resmi di Surabaya.

Untuk layanan purna jual, Mitsubishi menjanjikan servis rutin Xpander gratis selama 3 tahun. Sehingga pemilik Xpander hanya perlu membeli bensin untuk operasionalnya. Semua biaya servis, suku cadang rutin dan cairan rutin disediakan secara gratis oleh Mitsubishi.

Program ini diklaim dapat menghemat anggaran pemilik Xpander hingga 25%. Hal tersebut telah dibuktikan dengan apa yang dilakukan Mitsubishi terhadap pemilik Pajero Sport, sehingga tidak perlu diragukan lagi.

Sedangkan Honda terkenal dengan service fee dan harga spare part termahal. Sehingga pemilik Mobilio harus paham bahwa biaya operasional mobilnya lebih mahal dari merek lain. Termasuk biaya servis, harga spare part rutin dan aksesori original.

Kesimpulan

Dari penjelasan panjang lebar di atas, kita bisa menyimpulkan hasil perbandingan Honda Mobilio dan Xpander, dapat disimpulkan bahwa sebenarnya Mitsubishi Xpander mengungguli Honda Mobilio dalam beberapa poin.

Jika Anda menyukai kesan mengendarai Honda Mobilio tentunya lebih nikmat dikendarai. Karena tenaganya lebih besar dan kontrolnya lebih baik. Tapi jika ingin memberikan kenyamanan lebih bagi seluruh anggota keluarga dan akomodasi yang lebih luas, serta fitur yang melimpah, maka Mitsubishi Xpander adalah pilihannya.

Demikian perbandingan ini dihadirkan untuk calon konsumen yang ingin mengetahui apa saja perbedaan atau komparasi detail mengenai Honda Mobilio dan Mitsusbishi Xpander. Selamat memilih mobil impian Anda!

Komentar

Mobil Terbaru