window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Jangan Sembarangan Beli, Simak Dulu Kelebihan dan Kekurangan MG ZS Sebelum Membeli

Mark Jacob · 6 Sep, 2020 08:00

Jangan Sembarangan Beli, Simak Dulu Kelebihan dan Kekurangan MG ZS Sebelum Membeli 01

Bagi masyarakat Indonesia, mendengar nama mobil MG ZS tentu cukup asing di telinga. Padahal bagi sebagian orang, MG sendiri merupakan merek otomotif ternama asal Inggris yang kini sahamnya dibeli oleh perusahaan China. MG resmi mencoba peruntungan lewat SUV bernama ZS yang dijual di Indonesia sejak pertengahan tahun 2020 ini.

Mobil yang meluncur di tengah pandemi ini memiliki banderol Rp255 jutaan hingga Rp289 jutaan. Bagi sebagian orang tentu penasaran, mengapa MG begitu berani memperkenalkan SUV dengan rentang harga yang cukup mahal untuk pemain baru. Makanya, sebaiknya kita akan bahas lebih dalam mengenai kelebihan dan kekurangan MG ZS yang dijual secara resmi di Indonesia. Kira-kira, apakah SUV baru ini worth it untuk dibeli?

Kelebihan

Fitur Kekinian

Satu hal yang bisa dibanggakan oleh MG ZS yakni fitur. Fitur yang disematkan oleh MG kepada ZS ini bisa dibilang sangat banyak. Bahkan kami setuju jika SUV kompak ini punya harga yang tergolong murah dengan segala fitur yang dimilikinya. Kita bahas dari bagian depan ya. MG ZS sudah ditanamkan lampu projector headlamps dengan LED DRL yang tentunya cukup kekinian saat visibilitas malam hari. Fitur ini juga dilengkapi dengan adanya auto On/Off pada lampu.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Jangan Sembarangan Beli, Simak Dulu Kelebihan dan Kekurangan MG ZS Sebelum Membeli 01

Di bagian depan juga terdapat lampu kabut dengan LED. Sisi samping sudah memakai spion yang dapat dilipat secara elektronik dengan tambahan lampu sein dibalik spionnya. Wiper depan juga sudah memakai model intermittent yang mampu diatur dari dalam kabin. Ada juga wiper belakang, defogger belakang, roof rail, bahkan panoramic sunroof berukuran besar yang bisa memanjakan penumpang saat bepergian.

Interior Oke

Fitur yang cukup terlihat di bagian dalam adalah penggunaan material kulit pada jok, soft touch pada interior, steering wheel dengan pengaturan teleskopik dan tilt. Kursi pada bagian jok tengah MG ZS juga bisa dilipat hingga 60:40, sehingga memudahkan untuk membawa barang berukuran besar dan panjang. Ada juga tombol push start stop button, soket pengisian daya, dan cruise control yang kerap dielu-elukan oleh masyarakat Indonesia.

Fitur Keamanan Jempolan

Soal fitur keamanan, MG ZS juga bisa dibilang cukup baik. SUV berkapasitas 5 orang penumpang ini memiliki fitur rem ABS, electronic brake assist, stability control, curve brake control, traction control, hill start assist, dan tire pressure monitoring system. Belum selesai sampai disitu, lampu depan juga dilengkapi dengan fitur follow me home yang bisa menyinari pengemudi saat menuju masuk ke dalam rumah.

Jangan Sembarangan Beli, Simak Dulu Kelebihan dan Kekurangan MG ZS Sebelum Membeli 02

Untuk membawa bayi, ada juga pengait ISOFIX yang biasanya digunakan untuk mengikat car seat pada saat pengemudi bepergian bersama balita. Fitur keamanan lain yang ada pada MG ZS adalah kamera mundur, sensor parkir, kunci immobilizer dan alarm, airbag depan dan samping, serta sabuk pengaman 3 titik untuk setiap penumpang yang duduk di dalam kabin. Di atas kertas, spesifikasi yang diusung oleh MG ZS ini sebenarnya tidak main-main.

Performa Mesin Lumayan

Bagaimana dengan performa dapur pacu yang ada di balik kap mesin mobil ini? Secara spesifikasi, MG ZS dibekali mesin berkapasitas 1.498 cc, 4 silinder, DOHC, VTi. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 114 ps @6.000 rpm dengan torsi maksimal di angka 150 Nm @4.500 rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda bagian depan memakai transmisi otomatis 4 percepatan dengan manual mode. Bisa dibilang di atas kertas untuk rpm bawah mobil ini cukup menjanjikan.

Kekurangan

Merek Belum Dikenal

Setelah mengetahui banyak kelebihan dari MG ZS, ternyata mobil ini juga memiliki banyak kelemahan. Salah satunya adalah lemahnya pengetahuan merek MG bagi masyarakat Indonesia. Nama MG sendiri bisa dibilang sangat jarang didengar, bahkan hampir tidak pernah terdengar. Inilah yang menjadi salah satu batu loncatan yang harus dihadapi MG. Tantangan mereka adalah membuat nama MG semakin dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Jangan Sembarangan Beli, Simak Dulu Kelebihan dan Kekurangan MG ZS Sebelum Membeli 03

Diler Masih Sedikit

Selain pengetahuan masyarakat Indonesia yang masih percaya dengan merek Jepang, kekurangan MG ZS lainnya adalah minimnya diler. Sudah menjadi rahasia umum jika masyarakat Indonesia sangat mementingkan jaringan aftersales. Sayangnya, MG baru memiliki 8 diler yang hanya ada di pulau Jawa dan Sumatera. Hal ini tentunya menjadi kekurangan bagi pabrikan baru yang sedang mencari peruntungan baru untuk bermain di Tanah Air. Kedelapan diler tersebut sebagian besar berlokasi di Jakarta, Semarang dan Medan untuk pulau Sumatera.

Bagi daerah lain yang berminat membeli, tentunya mereka akan memikirkan bagaimana sparepart akan didapatkan untuk perbaikan mobil MG ZS ini? Lalu, bagaimana caranya untuk melakukan servis di diler resmi yang jumlahnya hanya ada 8 di seluruh Indonesia? Wah, ini tentu menjadi tantangan dan catatan besar bagi MG untuk bisa tetap bermain di Indonesia ya.

Model Terlihat Meniru Mazda

Kekurangan lain yang menjadi salah satu hal yang cukup diperbincangkan adalah desain. Desain MG ZS memang terlihat serupa dengan Mazda CX-5 dengan dimensi yang lebih kecil. Jika dilihat sepintas, ada beberapa bagian yang terlihat serupa. Seperti pada bagian fascia depan, lampu depan, gril, dan bagian belakang.

Jangan Sembarangan Beli, Simak Dulu Kelebihan dan Kekurangan MG ZS Sebelum Membeli 04

Bagi orang awam tentu perbedaan ini akan dianggap sama saja, padahal kedua mobil ini jelas berbeda. Entah mengapa, desain MG ZS ini seakan ingin meniru langkah Mazda secara desain. Mungkin hanya kebetulan belaka, tetapi coba deh diperhatikan. Lama-lama sih mirip juga ya! hehehe.

Kesimpulan

Dari kesimpulan di atas, kelebihan dan kekurangan MG ZS ini ibarat kata cukup seimbang. Di sisi lain ia memiliki fitur yang cukup kaya untuk mobil di kelasnya. Di sisi lain, sayangnya ia terlihat ingin meniru bentuk Mazda yang sudah ada lebih dulu. Bahkan kami setuju jika desain Mazda jauh lebih indah dan sedap dipandang dibanding MG ZS yang mencicipi kerasnya persaingan otomotif Indonesia.

Tetapi, itu semua hanyalah kemiripan semata yang secara spesifikasi jelas sangatlah berbeda. Untuk mobil harian, mobil ini punya harga yang cukup terjangkau dan layak dibeli. Hanya saja, kekurangan jumlah diler dan ketersediaan spare part dari MG ZS ini bisa membuat konsumen mengalihkan wajah ke merek mobil lain dengan jaringan aftersales yang jauh lebih baik.

Spesifikasi Teknis MG ZS
Dimensi: Panjang 4.314 mm, lebar 1.809 mm, tinggi 1.624 mm
Mesin: 1.498 cc, 4 silinder, DOHC, VTi
Tenaga: 114 ps @6.000 rpm, torsi 150 Nm @4.500 rpm
Transmisi: Otomatis 4 percepatan dengan manual mode
Velg dan ban: 16 inci 205/60 - 17 inci 215/50
Rem: Cakram dilengkapi dengan ABS
Suspensi: MacPherson strut - torsion beam
Harga OTR Jakarta Rp255 juta - Rp289 jutaan

 

 

 

Mark Jacob

Tergila-gila dengan mobil tua, apalagi buatan Eropa. Pastinya suka berteman dengan mobil yang boros, dan pintunya cuma dua.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

MG ZS 1.5L Excite

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil