Kelebihan dan Kekurangan BMW X1, SUV Kompak Entry Level BMW

BMW X1 tak ubahnya menjadi ‘baby SUV’ dengan harga yang mencapai Rp850 jutaan. Desain yang menawan serta kabin yang lapang membuatnya terkenal di pasar otomotif Indonesia. Dengan harga selangit, pertimbangkan kelebihan BMW X1 beserta kekurangannya di bawah ini.

Kelebihan BMW X1

BMW X1 adalah salah satu model terpopuler BMW di Indonesia yang berkontribusi 26% dari total penjualan BMW tahun 2019. Tentu saja dikarenakan beberapa kelebihan BMW X1 dibandingkan pesaingnya di segmen yang sama.

1. Desain menawan

Dibandingkan seri-X lainnya, BMW X1 merupakan entry terendah dengan dimensi yang lebih kompak. Desain yang kompak membantu menghadirkan pengendaraan yang lebih enteng. Namun dari segi eksterior, desainnya tetap sporty dengan lekukan sudut tajam.

Dimensi BMW X1

P x L x T

4.439 mm x 1.821 mm x 1.598 mm

Wheelbase

2.670 mm

Ground Clearance

183 mm

Bagasi

505 L

2. Kabin mewah

Seperti kebanyakan model BMW lainnya, bagian kabin mendapatkan perpaduan material soft touch dan aksen chrome untuk menghadirkan tampilan yang elegan dan mewah. Tak lupa head unit layar sentuh 8.8 inci dengan sistem iDrive 6 dan kompatibilitas Apple CarPlay, tapi belum Android Auto.

3. Mesin yang irit

Dibandingkan SUV lainnya dari keluarga Seri-X di Indonesia, X1 mendapatkan pilihan mesin yang paling kecil. ‘Hanya’ model 1.5L 3-silinder dengan keluaran tenaga 138 hp dan torsi puncak 220 Nm. Namun keunggulan mesin 3-silinder terlihat pada konsumsi bahan bakar yang maksimal, hanya 16 km/l.

 
Mesin BMW X1

Tipe Mesin

1.5L 3-silinder segaris 12 katup DOHC

Kapasitas Silinder

1.499 cc

Tenaga Maksimal

138 hp/4.600 – 6.500 rpm

Torsi Maksimal

220 Nm/1.480 – 4.200 rpm

Transmisi

7-percepatan otomatis DCT

0-100 km/jam

9,7 detik

Kecepatan Tertinggi

205 km/jam

Konsumsi Bahan Bakar

16 km/l

Rasio Kompresi

13.0:1

4. Fitur canggih

Dimulai dari lampu depan dan lampu kabut LED, berbagai fitur canggih bisa ditemukan pada mobil ini. Termasuk Forward Collision Warning, serta info batas kecepatan. Membantu kenyamanan sepanjang perjalanan ada pengereman darurat otomatis dan kontrol jelajah adaptif.

Kekurangan BMW X1

Di pasar otomotif Tanah Air, BMW X1 bersaing dengan Mazda CX-5 dan Honda CR-V. Berikut kekurangan BMW X1 yang perlu diperhatikan ketika akan membeli SUV kompak ini.

1. Harga relatif mahal

Melihat harga yang ditawarkan, Anda mungkin berpikir lebih lanjut untuk memiliki mobil ini. Dengan harga Rp850 jutaan, ada banyak model SUV lainnya yang bisa didapatkan. Honda CR-V bertenaga 1.5L turbo dibanderol Rp518 jutaan dan Mazda CX-5 ‘hanya’ dihargai mulai dari Rp508 jutaan.

2. Mesin kurang bertenaga

Mesin 3-silinder yang digunakan hanya menyemburkan 138 hp, cukup rendah jika dibandingkan dengan pesaingnya di segmen yang sama. Bahkan Mazda CX-5 saja mampu menyemburkan tenaga hingga 187 hp, lebih besar 49 hp dibandingkan X1.

3. Eksklusivitas bengkel BMW

Bukan hanya kekurangan BMW X1, tapi juga sebagian besar mobil BMW adalah dealer dan bengkel resmi BMW hanya bisa ditemukan pada kota-kota besar. Tak seperti pabrikan Jepang layaknya Honda maupun Toyota dengan dealer yang banyak ditemukan di kota dan kabupaten di Tanah Air.

Kesimpulan

Meskipun dengan segala keterbatasannya, X1 masih menjadi pilihan SUV kompak dengan kesan macho dan gagah. Terlihat pada kelebihan BMW X1 dalam hal desain yang menawan ditambah dengan berbagai fitur canggih yang diberikan.

↓ ↓ ↓ Ayok Para Miliuner, Sukai dan Bagikan!

Berita Terbaru

Mengetahui Konsumsi BBM Suzuki Jimny, Pantaskah Dibilang Irit? Panduan Membeli
Mengetahui Konsumsi BBM Suzuki Jimny, Pantaskah Dibilang Irit? Pagelaran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, sempat dihebohkan salah satu jenama mobil asal Jepang, di mana Suzuki kembali memperkenalkan Jimny terbaru.Sebagai mobil petualang, SUV dengan Wheelbase pendek dan bermodelkan sasis tangga ini, sudah tidak lagi menggunakan mesin kecil 1.000 cc yang dianggap kurang bertenaga.Pada Jimny generasi keempat, Suzuki telah menanamkan mesin baru berkodekan K15B pada SUV berkonfigurasi empat penumpang ini. Yang mana diketahui mesi
Sensasi Berkendara Toyota C-HR, Apakah Lebih Asyik daripada Honda HR-V? Reviews
Sensasi Berkendara Toyota C-HR, Apakah Lebih Asyik daripada Honda HR-V? Toyota C-HR mungkin kalah pamor dengan beberapa crossover merek lain yang ada di Indonesia. Mungkin bagi banyak orang, mobil seharga Rp509 jutaan ini kemahalan. Untuk model yang lebih valuable, masih ada Honda HR-V yang tak kalah keren.Sekalipun mahal, Toyota C-HR bukan berarti tidak menarik. Mobil ini menawarkan suatu kenikmatan fun to drive ala Toyota. Penampilannya lebih agresif dengan sudut-sudut tegas.Sebelum membahas soal impresi berkendara, kita harus tahu juga spesifikasi Toyota C-HR yan
 Toyota Corolla Cross Resmi Debut di Thailand! Bukan Sedan apalagi Hatchback Berita
Toyota Corolla Cross Resmi Debut di Thailand! Bukan Sedan apalagi Hatchback Toyota Corolla Cross akhirnya resmi meluncur di Thailand. Belakangan ini kabar mengenai calon mobil baru Toyota ini memang cukup menghebohkan dunia maya. Selain menjadi mobil dengan model baru, produk SUV ini juga heboh karena menggunakan sebuah nama yang sudah eksis dan sukses akan model sedan Toyota. Nyaris tak ada DNA Corolla sedan pada mobil ini. Wajar saja karena mobil baru ini adalah SUV. Hanya saja, kesamaannya adalah rancang bangun yang menganut Toyota New Global Architecture (
Mercedes-Benz S-Class Generasi Baru Pakai MBUX yang Semakin Humanis Berita
Mercedes-Benz S-Class Generasi Baru Pakai MBUX yang Semakin Humanis Mercedes-Benz S-Class yang merupakan sedan flagship merek three pointed star ini memiliki infotainment canggih. Bernama Mercedes-Benz User Experience atau disingkat MBUX, fitur ini sudah menjadi gebrakan saat pertama kali diperkenalkan saat 2018 silam.Nah, baru saja Mercedes-Benz memperkenalkan generasi terbaru dari MBUX. Walau teknologi MBUX generasi pertama masih jauh dari kata usang atau bahkan ketinggalan zaman, namun pabrikan asal Jerman ini tetap memberikan peningkatan kemampuan infotainmn
Perbandingan Spesifikasi Wuling Confero S dan Suzuki Ertiga, MPV Keluarga Masa Kini Panduan Membeli
Perbandingan Spesifikasi Wuling Confero S dan Suzuki Ertiga, MPV Keluarga Masa Kini Sejak Wuling Confero diperkenalkan pada 2017 silam, kehadirannya langsung menggebrak segmen MPV keluarga Tanah Air. Bersaing dengan Ertiga dengan harga mulai dari Rp205 jutaan, spesifikasi Wuling Confero S yang dibanderol Rp197 jutaan hampir sama baiknya.DimensiMobil Wuling Confero masuk ke dalam segmen Low MPV dengan dimensi yang hampir sama dengan Ertiga. Tapi kabin Confero cukup lapang dengan wheelbase 2.720 mm. Namun keunggulan Confero S adalah kapasitas bagasi yang terbaik dibandingkan segm

Lebih

Rekomendasi Mobil

Terbaru Populer
Mazda CX 8
Rp 664,80 - 746,80 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mercedes-Benz A-Class Sedan
Rp 899,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Avanza
Rp 191,10 - 221,25 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Brio
Rp 147,00 - 199,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Kijang Innova
Rp 312,05 - 414,75 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Jazz
Rp 249,50 - 292,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Civic
Rp 527,90 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Agya
Rp 138,20 - 158,60 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Nissan Livina
Rp 205,30 - 269,10 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Mobilio
Rp 203,00 - 258,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik