Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Luxio

Luxio adalah salah satu MPV andalan Daihatsu sebagai mobil keluarga yang mampu mengangkut banyak penumpang. Namun selain itu juga bisa difungsikan sebagai mobil niaga atau kendaraan angkutan penumpang umum seperti travel dan lain-lain. 

Daihatsu Luxio diketahui merupakan hasil dari pengembangan Daihatsu Gran Max sebagai kendaraan multifungsi yang banyak disukai konsumen di Indonesia. Daihatsu Luxio sendiri sering disebut sebagai versi elegan dari Daihatsu Gran Max karena memiliki desain yang lebih berkelas. 

Tetapi sama seperti mobil-mobil lain pada umumnya, mobil Daihatsu Luxio ini tentu memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Kali ini, kita akan bahas tentang kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh Daihatsu Luxio.

Kelebihan Daihatsu Luxio

  • Kabin Luas

Daihatsu Luxio memiliki desain mengotak yang khas. Desain ini dinilai sangat cocok sebagai kendaraan keluarga yang multifungsi. Selain itu, desain ini juga efektif memberikan ruang yang cukup besar di dalam mobil, sehingga tidak jarang mobil ini dijadikan mobil travel. 

Daihatsu Luxio memiliki ruang interior yang cukup luas dan nyaman dengan kapasitas angkut hingga 8 orang penumpang.

Tidak hanya luas, interior Daihatsu Luxio juga tampak elegan berkat penggunaan desain New Dark Interior yang bisa terlihat pada bagian dashboard, kabin, dan kursinya. Di bagian dashboard, terdapat aksen two tone color, yaitu Dark dan Light Grey untuk tipe X yang memberikan kesan mewah. Daihatsu Luxio Tipe X juga mendapatkan new door trim dengan ornamen berwarna silver pada arm rest yang mempertegas kesan mewah dan elegan. 

  • Irit Bahan Bakar

Daihatsu Luxio menggunakan mesin bensin bertipe 3SZ-VE DOHC VVT-i dengan pendingin cair, 4-silinder segaris 16 katup dengan kapasitas mesin 1.495 cc (1,5 liter). Daihatsu Luxio sendiri hadir dalam dua tipe, yaitu tipe D dan tipe X. Sistem transmisi otomatis 4 percepatan hanya dimiliki oleh varian X, sedangkan sistem transmisi manual 5 percepatan dimiliki oleh tipe D dan X. 

Mesin yang digunakan oleh Daihatsu Luxio ini memiliki efisiensi bahan bakar yang cukup baik berkat sistem bahan bakar Electronic Fuel Injection (EFI). Daihatsu Luxio diketahui bisa menempuh jarak 14 km untuk setiap satu liter bensinnya. 

  • Performa Mesin Cukup Baik

Dalam segmen MPV, Daihatsu Luxio tipe X dengan transmisi otomatis bersaing ketat dengan Suzuki APV Arena SGX yang juga menggunakan mesin berkapasitas 1,5 liter dengan sistem transmisi otomatis 4 percepatan. Jika bicara soal keluaran tenaganya, Daihatsu Luxio diklaim mampu menghasilkan tenaga keluaran sebesar 95 Hp dan torsi mencapai 134 Nm. Sementara itu, Suzuki APV Arena SGX hanya menghasilkan tenaga sebesar 92,5 Hp dan torsi 126 Nm. 

Dilihat dari tenaga maupun torsi yang dihasilkan, kedua mobil ini memang bisa dibilang hanya berbeda tipis. Kendati demikian, Daihatsu Luxio tetap unggul dibandingkan dengan Suzuki APV Arena SGX. 

Kekurangan Daihatsu Luxio

  • Minim Fitur Teknologi dan Keselamatan 

Daihatsu Luxio bisa dibilang minim fitur teknologi, semisal tidak memiliki pilihan mode berkendara seperti Eco Driving. Meskipun sudah termasuk irit bahan bakar, tetapi adanya mode berkendara Eco Driving ini tentu dapat menambah efisiensi bahan bakar menjadi lebih baik lagi. 

Fitur keselamatan yang dimiliki Daihatsu Luxio ini juga cukup minim, meskipun memiliki fitur-fitur keselamatan dasar seperti airbags dan sabuk pengaman. Mobil ini hanya mengandalkan mengandalkan rem cakram berventilasi dengan Booster dan Drum, serta Leading dan Trailings di bagian belakang sebagai sistem pengereman.

  • Cup Holder dan Arm Rest Mengurangi Kapasitas Penumpang

Interior Daihatsu Luxio memang dirancang cukup nyaman dan luas sehingga mampu mengangkut hingga 8 orang penumpang. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bagian bantalan kursinya juga mendapat penambahan cup holder pada arm rest baris kedua.

Tetapi sayangnya, saat kita menurunkan cup holder dan arm rest, daya angkut mobil ini akan menurun menjadi menjadi 6 orang penumpang saja.

  • Fitur Tipe D Tidak Selengkap Tipe X

Tipe X merupakan tipe tertinggi dari Daihatsu Luxio. Pada tipe tertinggi ini bisa dipastikan fitur yang dimiliki lebih lengkap. Daihatsu Luxio Tipe X telah dibekali sistem stereo layar sentuh yang dilengkapi pemutar CD, MP3, dan DVD dan juga input USB dan AUX. Bukan itu saja, Daihatsu Luxio Tipe X juga dilengkapi dengan AC double blower. 

Sayangnya, beragam fitur menarik tersebut belum bisa kita temukan pada Daihatsu Luxio Tipe D. Tipe terendah dari Daihatsu Luxio ini hanya memiliki pemutar audio 2-DIN dan tidak memiliki AC double blower.

↓ ↓ ↓ Ayok Para Miliuner, Sukai dan Bagikan!

Berita Terbaru

Sensasi Berkendara Toyota C-HR, Apakah Lebih Asyik daripada Honda HR-V? Reviews
Sensasi Berkendara Toyota C-HR, Apakah Lebih Asyik daripada Honda HR-V? Toyota C-HR mungkin kalah pamor dengan beberapa crossover merek lain yang ada di Indonesia. Mungkin bagi banyak orang, mobil seharga Rp509 jutaan ini kemahalan. Untuk model yang lebih valuable, masih ada Honda HR-V yang tak kalah keren.Sekalipun mahal, Toyota C-HR bukan berarti tidak menarik. Mobil ini menawarkan suatu kenikmatan fun to drive ala Toyota. Penampilannya lebih agresif dengan sudut-sudut tegas.Sebelum membahas soal impresi berkendara, kita harus tahu juga spesifikasi Toyota C-HR yan
 Toyota Corolla Cross Resmi Debut di Thailand! Bukan Sedan apalagi Hatchback Berita
Toyota Corolla Cross Resmi Debut di Thailand! Bukan Sedan apalagi Hatchback Toyota Corolla Cross akhirnya resmi meluncur di Thailand. Belakangan ini kabar mengenai calon mobil baru Toyota ini memang cukup menghebohkan dunia maya. Selain menjadi mobil dengan model baru, produk SUV ini juga heboh karena menggunakan sebuah nama yang sudah eksis dan sukses akan model sedan Toyota. Nyaris tak ada DNA Corolla sedan pada mobil ini. Wajar saja karena mobil baru ini adalah SUV. Hanya saja, kesamaannya adalah rancang bangun yang menganut Toyota New Global Architecture (
Mercedes-Benz S-Class Generasi Baru Pakai MBUX yang Semakin Humanis Berita
Mercedes-Benz S-Class Generasi Baru Pakai MBUX yang Semakin Humanis Mercedes-Benz S-Class yang merupakan sedan flagship merek three pointed star ini memiliki infotainment canggih. Bernama Mercedes-Benz User Experience atau disingkat MBUX, fitur ini sudah menjadi gebrakan saat pertama kali diperkenalkan saat 2018 silam.Nah, baru saja Mercedes-Benz memperkenalkan generasi terbaru dari MBUX. Walau teknologi MBUX generasi pertama masih jauh dari kata usang atau bahkan ketinggalan zaman, namun pabrikan asal Jerman ini tetap memberikan peningkatan kemampuan infotainmn
Perbandingan Spesifikasi Wuling Confero S dan Suzuki Ertiga, MPV Keluarga Masa Kini Panduan Membeli
Perbandingan Spesifikasi Wuling Confero S dan Suzuki Ertiga, MPV Keluarga Masa Kini Sejak Wuling Confero diperkenalkan pada 2017 silam, kehadirannya langsung menggebrak segmen MPV keluarga Tanah Air. Bersaing dengan Ertiga dengan harga mulai dari Rp205 jutaan, spesifikasi Wuling Confero S yang dibanderol Rp197 jutaan hampir sama baiknya.DimensiMobil Wuling Confero masuk ke dalam segmen Low MPV dengan dimensi yang hampir sama dengan Ertiga. Tapi kabin Confero cukup lapang dengan wheelbase 2.720 mm. Namun keunggulan Confero S adalah kapasitas bagasi yang terbaik dibandingkan segm
Toyota Land Cruiser VX 200 vs VX 100, Mana yang Lebih Pantas Dibeli? Panduan Membeli
Toyota Land Cruiser VX 200 vs VX 100, Mana yang Lebih Pantas Dibeli? Sebagai SUV legendaris Toyota di Indonesia, Land Cruiser hadir dengan generasi kesembilan yang tangguh dan bertenaga. Harga Toyota Land Cruiser VX 200 mulai dari Rp2,1 miliar, memang lebih mahal dibanding generasi terdahulu, VX 100. Tapi keduanya masih layak untuk dipertimbangkan.Toyota Land Cruiser VX 200KelebihanLand Cruiser VX 200 terus mendapatkan pembaruan fitur untuk mempermudah pengendaraan. Selain sistem infotainment yang mendapatkan head unit layar sentuh, sistem penggerak empat roda le

Lebih

Rekomendasi Mobil

Terbaru Populer
Mazda CX 8
Rp 664,80 - 746,80 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mercedes-Benz A-Class Sedan
Rp 899,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Avanza
Rp 191,10 - 221,25 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Brio
Rp 147,00 - 199,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Kijang Innova
Rp 312,05 - 414,75 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Jazz
Rp 249,50 - 292,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Civic
Rp 527,90 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Agya
Rp 138,20 - 158,60 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Nissan Livina
Rp 205,30 - 269,10 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Mobilio
Rp 203,00 - 258,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik