window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Luxio

Anissa · 24 Jun, 2020 11:00

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Luxio 01

Daihatsu Luxio adalah salah satu MPV andalan Daihatsu sebagai mobil keluarga yang mampu mengangkut banyak penumpang. Namun selain itu juga bisa difungsikan sebagai mobil niaga atau kendaraan angkutan penumpang umum seperti travel dan lain-lain.

Mobil Daihatsu Luxio tersedia dalam 3 varian dimana Daihatsu Luxio 1.5 X A/T sebagai varian tertinggi merupakan mobil Daihatsu matic. Harga Daihatsu Luxio berkisar dari Rp 204 juta hingga Rp 233 jutaan. Ini merupakan harga Luxio 2020. Ada juga beberapa konsumen yang mencari mobil Luxio bekas, harga mobil bekas Luxio 2011 bervarian tergantung dengan kondisi mobil.

Daihatsu Luxio diketahui merupakan hasil dari pengembangan Daihatsu Gran Max sebagai kendaraan multifungsi yang banyak disukai konsumen di Indonesia. Daihatsu Luxio sendiri sering disebut sebagai versi elegan dari Daihatsu Gran Max karena memiliki desain yang lebih berkelas. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Tetapi sama seperti mobil-mobil lain pada umumnya, mobil Daihatsu Luxio ini tentu memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Kali ini, kita akan bahas tentang kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh Daihatsu Luxio.

Kelebihan Daihatsu Luxio

  • Kabin Luas

Mobil Daihatsu Luxio memiliki desain mengotak yang khas. Desain ini dinilai sangat cocok sebagai kendaraan keluarga yang multifungsi. Selain itu, desain ini juga efektif memberikan ruang yang cukup besar di dalam mobil, sehingga tidak jarang mobil ini dijadikan mobil travel. 

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Luxio 01

Daihatsu Luxio interiornya memiliki kabin yang cukup luas dan nyaman dengan kapasitas angkut hingga 8 orang penumpang.

Tidak hanya luas, interior Daihatsu Luxio juga tampak elegan berkat penggunaan desain New Dark Interior yang bisa terlihat pada bagian dashboard, kabin, dan kursinya. Di bagian dashboard, terdapat aksen two tone color, yaitu Dark dan Light Grey untuk tipe X yang memberikan kesan mewah. Daihatsu Luxio Tipe X juga mendapatkan new door trim dengan ornamen berwarna silver pada arm rest yang mempertegas kesan mewah dan elegan. 

  • Irit Bahan Bakar

Daihatsu Luxio menggunakan mesin bensin bertipe 3SZ-VE DOHC VVT-i dengan pendingin cair, 4-silinder segaris 16 katup dengan kapasitas mesin 1.495 cc (1,5 liter). Daihatsu Luxio sendiri hadir dalam dua tipe, yaitu tipe D dan tipe X. Sistem transmisi otomatis 4 percepatan hanya dimiliki oleh varian X, sedangkan sistem transmisi manual 5 percepatan dimiliki oleh tipe D dan X. 

Mesin yang digunakan oleh mobil Luxio Daihatsu ini memiliki efisiensi bahan bakar yang cukup baik berkat sistem bahan bakar Electronic Fuel Injection (EFI). Daihatsu Luxio diketahui bisa menempuh jarak 14 km untuk setiap satu liter bensinnya. 

  • Performa Mesin Cukup Baik

Dalam segmen MPV, Daihatsu Luxio tipe X dengan transmisi otomatis bersaing ketat dengan Suzuki APV Arena SGX yang juga menggunakan mesin berkapasitas 1,5 liter dengan sistem transmisi otomatis 4 percepatan. Jika bicara soal keluaran tenaganya, Daihatsu Luxio diklaim mampu menghasilkan tenaga keluaran sebesar 95 Hp dan torsi mencapai 134 Nm. Sementara itu, Suzuki APV Arena SGX hanya menghasilkan tenaga sebesar 92,5 Hp dan torsi 126 Nm. 

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Luxio 02

Dilihat dari tenaga maupun torsi yang dihasilkan, kedua mobil ini memang bisa dibilang hanya berbeda tipis. Kendati demikian, Daihatsu Luxio tetap unggul dibandingkan dengan Suzuki APV Arena SGX. 

Kekurangan Daihatsu Luxio

  • Minim Fitur Teknologi dan Keselamatan 

Daihatsu Luxio bisa dibilang minim fitur teknologi, semisal tidak memiliki pilihan mode berkendara seperti Eco Driving. Meskipun sudah termasuk irit bahan bakar, tetapi adanya mode berkendara Eco Driving pada mobil Luxio tentu dapat menambah efisiensi bahan bakar menjadi lebih baik lagi. 

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Luxio 03

Fitur keselamatan yang dimiliki Daihatsu Luxio ini juga cukup minim, meskipun memiliki fitur-fitur keselamatan dasar seperti airbags dan sabuk pengaman. Mobil ini hanya mengandalkan mengandalkan rem cakram berventilasi dengan Booster dan Drum, serta Leading dan Trailings di bagian belakang sebagai sistem pengereman.

  • Cup Holder dan Arm Rest Mengurangi Kapasitas Penumpang

Interior Daihatsu Luxio memang dirancang cukup nyaman dan luas sehingga mampu mengangkut hingga 8 orang penumpang. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bagian bantalan kursinya juga mendapat penambahan cup holder pada arm rest baris kedua.

Tetapi sayangnya, saat kita menurunkan cup holder dan arm rest, daya angkut mobil ini akan menurun menjadi menjadi 6 orang penumpang saja.

  • Fitur Tipe D Tidak Selengkap Tipe X

Tipe X merupakan tipe tertinggi dari Daihatsu Luxio. Pada tipe tertinggi ini bisa dipastikan fitur yang dimiliki lebih lengkap. Daihatsu Luxio Tipe X telah dibekali sistem stereo layar sentuh yang dilengkapi pemutar CD, MP3, dan DVD dan juga input USB dan AUX. Bukan itu saja, Daihatsu Luxio Tipe X juga dilengkapi dengan AC double blower. 

Sayangnya, beragam fitur menarik tersebut belum bisa kita temukan pada Daihatsu Luxio Tipe D. Tipe terendah dari Daihatsu Luxio ini hanya memiliki pemutar audio 2-DIN dan tidak memiliki AC double blower.

Anissa

Baik mobil maupun kebudayaan, perkembangan keduanya bergantung pada hal yang sama: pemikiran manusia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Daihatsu Luxio 1.5 D M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil