window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kelebihan dan Kekurangan Honda City yang Harus Anda Tahu Sebelum Membelinya

Alex · 21 Jun, 2020 09:00

Kelebihan dan Kekurangan Honda City yang Harus Anda Tahu Sebelum Membelinya 01

Honda City merupakan satu dari sedikit small sedan yang eksis di Indonesia. Walau kelasnya adalah small sedan atau kerap disebut small sedan, namun harga Honda City kini sudah menyentuh Rp350 jutaan. Lalu apa sih kelebihan dan kekurangan Honda City Z?

Musuh dari Toyota Vios ini sudah eksis sejak lama di tanah air dan yang dijual saat ini merupakan generasi ke-enam. Honda Indonesia nampaknya tak terlalu memfokuskan strategi penjualannya pada City, sebab kelas low sedan memang kurang menjanjikan.

Mobil Toyota Vios tersedia dalam 3 varian. Harga Toyota Vios terbaru berkisar dari Rp 322 juta hingga Rp 344 jutaan. Ini merupakan harga Vios di tahun 2020 dan tidak beda jauh dengan harga Toyota Vios 2019.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Tidak hanya mobil barunya saja, bahkan Honda City bekas atau  sering dikatakan sebagai Honda City second pun banyak peminatnya. Misalnya saja Honda City Z 2000 bekas dan Honda City Vtec 2010 yang dijual dengan harga bervarian tergantung dengan kondisi mobilnya. Anda bisa mencari di Honda City bekas di salah satu situs penjualan mobil bekas, dimana Anda akan mendapatkan harga Honda City Z 2000 dan Honda City 2010 yang bervarian.

Mobil Honda ini terakhir mendapatkan penyegaran pada tahun 2017 silam. Dalam penyegaran minor tersebut, menjadikan Honda City kian keren, bahkan bisa dibilang lebh tampan dari Vios.

Baca juga : Memilih Sedan Perkotaan, Lebih Enak Rasa Berkendara Toyota Vios atau Honda City?

Kelebihan dan Kekurangan Honda City yang Harus Anda Tahu Sebelum Membelinya 01

Penyegaran pada tahun 2017 itu meliputi bagian eksterior, terutama perubahan bentuk lampu depan, tatanan grill dan adanya fitur auto-retracable pada spion. 

Untuk bagian mesin belum banyak perubahan. City masih pakai dapur pacu berkapasitas 1.500 cc dengan konfigurasi 4 silinder. Tenaga sedan satu ini pun tenaganya juga tetap paling impresif. 

Selain punya mesin yang oke dan desain semakin keren, ada sejumlah kelebihan lain dari Honda City 2020. Tapi bukan berarti mobil  ini tak punya kelemahan. 

Untuk itu jika Anda punya rencana untuk membeli Honda City 2020, maka berikut adalah sejumlah kelemahan dan kekurangannya. Simak lengkapnya di bawah ini.

Baca juga : Catatan Konsumsi Bahan Bakar Honda City di Dalam dan Luar Kota

Kelemahan

1. Harganya Mahal

Jika dibanding Vios, harga City sudah pasti jauh lebih mahal. Selisih dengan Vios tipe tertinggi adalah sekitar Rp 9 jutaan. Saat ini harga Honda City 2020 adalah Rp 352,6 jutaan untuk kondisi on the road Jakarta. Harga tersebut bisa melambung pada daerah lain di luar Jakarta dan sekitarnya.

2. Tidak Ada Pilihan Varian

Saat ini PT Honda Prospect Motor hanya menjual mobil ini hanya dalam satu varian saja, yakni New City E CVT. Tak ada opsi varian transmisi manual, tak ada alternatif lain dalam memilih saat membeli City.

Kelebihan dan Kekurangan Honda City yang Harus Anda Tahu Sebelum Membelinya 02

Baca juga : Membandingkan Honda City dan Toyota Corolla Altis, Mana Yang Lebih Irit BBM?

3. Belum Buatan Indonesia

Dalam memasarkan Honda City 2020, PT Honda Prospect Indonesia mendatangkan mobil tersebut dengan mengimpornya dari Thailand secara utuh alias CBU (completly built up). Mungkin karena statusnya yang CBU inilah harganya jadi kurang kompetitif dengan Toyota Vios yang dibuat di Indonesia.

4. Tak Ada Peredam Mesin

Jangan kaget saat Anda membuka kap mesin dan tak mendapati lapisan peredam. Padahal dengan harga Honda City 2020 mencapai Rp 350,6 jutaan agak disayangkan jika tak ada peredam panas mesin yang sebenarnya cukup sederhana dan tak mahal.

5. Layar Sentuh Kurang Praktis

Dalam facelift yang didapat City pada 2017 silam ini menjadikan ia memiliki layar sentuh 8 inci baru model floating. Sayangnya dengan model floating tersebut membuat slot USB dan akses CD jadi tidak praktis.

Keunggulan

1. Mesin Impresif

Dengan kapasitas mesin berkubikasi 1.497 cc 4 silinder tanpa turbo, menjadikan mesin City superior di kelasnya. Tenaga mobil ini mencapai 120 HP pada putaran mesin 6.600 Rpm dan torsi 145 Nm pada 4.600 Rpm. Toyota Vios tak bisa menyamai angka tersebut karena hanya 107 HP dan torsi 141 Nm.

2. Punya Paddle Shift

Jika keasyikan mengemudi alias fun to drive adalah asas utama Anda memilih small sedan, maka Honda City menjawabnya dengan baik. Dengan fitur paddle shift Anda akan mendapati pengalaman mengemudi layaknya mengendarai mobil balap.

Kelebihan dan Kekurangan Honda City yang Harus Anda Tahu Sebelum Membelinya 03

Baca juga : Resmi Mengaspal Honda City Hatchback 1.5L RS, Harganya Tak sampai Rp 300 juta

3. Desain Sporty

Kelebihan dan kekurangan Honda City Z dan generasi-generasi berikutnya adalah dari sisi desain. Saat mengalami facelift beberapa tahun lalu, desain lampu dan grillnya sekilas jadi mirip Honda Civic. Semua lampu pada mobil ini pun juga sudah pakai teknologi LED. Tentu hal itu adalah hal positif bagi yang berekspektasi kecanggihan dan unsur sporty pada small sedan.

4. Fleksibilitas Baik

Bagi Anda yang kerap membawa banyak barang, bagasi Honda City 2020 bisa mengakomodir dengan sangat baik. Bahkan Anda bisa melipat bangku belakang untuk menambah ruang bagasi dengan lantai rata. Menariknya pelipatan bangku belakang bisa dilakukan dengan tuas di bagasi. Untuk kapasitas bagasi mobil ini sendiri mencapai 485 liter.

5. Fitur Shift Release

Ada satu fitur sederhana yang berguna saat City harus parkir pararel dan mewajibkan mobil bisa didorong maju-mundur. Anda hanya perlu memasukkan anak kunci ke lubang di samping tuas transmisi dan mobil pun bisa didorong maju-mundur saat parkir pararel.

Kelebihan dan Kekurangan Honda City yang Harus Anda Tahu Sebelum Membelinya 04

Kesimpulan

Honda City memang masih dikategorikan sebagai small sedan. Namun tentu harganya sudah tidak lagi "small". Namun bagi Anda yang fanatik akan merek Honda dan mau mendapatkan unsur fun to drive dari sedan maka mobil inilah yang paling terjangkau.

Di samping harganya yang tak murah dan minim jumlah varian, kelebihan dan kekurangan Honda City Z dan varian lainnya adalah kehadiran teknologi VTEC dan transmisi CVT mobil ini yang juga menjanjikan efisiensi bahan bakar yang baik.

Baca juga : Harga Lebih Murah dari Honda City Hatchback, Suzuki Baleno 2021 Alternatif Paling Layak Sebagai Mobil Harian?

Alex

Seorang mantan product planner and researcher, sangat menyukai data dan semua yang berbau kutu buku. Mobil-mobil favoritnya adalah mobil analog dengan enam silinder

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda City Sedan 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil