Kelebihan dan Kekurangan Honda HR-V

Honda HR-V merupakan crossover SUV yang pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2014 yang lalu, dan resmi mengaspal pada tahun 2015. Di Indonesia, mobil ini dibanderol dengan kisaran harga Rp297 jutaan hingga Rp415,7 jutaan. Tentu saja, mobil ini memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Honda HR-V telah mendapatkan pembaruan (facelift) pada tahun 2018. Meski hanya memiliki sedikit perubahan dari versi sebelumnya Honda HR-V generasi terbaru ini memiliki banyak kelebihan berbagai aspek, tetapi sama seperti mobil lainnya, Honda HR-V juga masih memiliki kekurangan.

Kelebihan Honda HR-V

1. Desain Eksterior Semakin Gagah

Honda HR-V generasi terbaru memiliki desain yang tampak lebih gagah dan terkesan sporty. Garis bodinya menegaskan karakter aerodinamis dan modern dari mobil ini.

Pada bagian depannya disematkan lampu full LED tanpa projector. Sementara untuk varian Honda HR-V 1.5L E CVT Special Edition dan Honda HR-V 1.8L Prestige, keduanya dilengkapi dengan lampu Full LED Headlight dengan lampu DRL.

Generasi terbaru dari crossover SUV ini memiliki grille yang terlihat lebih tebal, sehingga desain bumpernya juga terlihat lebih sporty. Selain itu, pada varian Honda HR-V 1.8L Prestige disematkan velg 17 inci model baru, bumper bawah sesuai warna bodi, panoramic sunroof, dan chrome exhaust finisher.

2. Kaya Akan Fitur Canggih

Tidak hanya memiliki eksterior yang menawan, Honda HR-V ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur canggih. Untuk fitur keselamatannya, Honda HR-V dibekali dengan Dual SRS Airbag di semua varian, dan 6 Airbag untuk varian Prestige. Ada pula fitur Electronic Parking Brake, Auto Brake Hold, Side Impact Beam, Hill Start Assist, dan Brake Override System.

Tidak hanya itu, pada bagian belakang mobil ini juga disematkan fitur Emergency Stop Signal. Untuk mengurangi oversteer dan understeer, Honda HR-V juga memiliki fitur Motion Adaptive EPS (Electronic Power Steering) dan VSA (Vehicle Stability Assist). Selain itu, Honda HR-V juga memiliki fitur alarm system, kunci immobilizer, smart key (untuk varian 1.5 E dan 1.8L Prestige), serta wave key dan keyless entry (untuk varian 1.5L S).

Fitur hiburan yang dimiliki oleh mobil Honda HR-V ini juga tidak kalah menarik. Mobil ini memiliki layar New Advanced 8 inch Floating Capacitive Touchscreen Display Audio yang merupakan sistem audio video touchscreen 8 inci dengan desain floating yang mampu memutar berbagai format musik seperti AM/FM Radio, MP3/WMA, iPod/iPhone.

Fitur konektivitas juga tak luput disematkan dengan hadirnya port USB, AUX, Bluetooth, dan Smartphone connection. Ada pula fitur canggih lain, di antaranya multi angle rear view camera, 6 speaker, wide flow AC, dan juga tilt and telescopic steering.

3. Menawarkan Dua Pilihan Mesin

Terdapat dua varian mesin yang ditawarkan oleh Honda HR-V. Yang pertama adalah mesin dengan kapasitas 1.5 liter, dan pilihan lainnya ialah mesin berkapasitas 1,8 liter. Adapun unit mesin yang digunakannya ialah mesin 4-silinder segaris, 16 katup + DBW, SOHC, iVTEC.

Sementara itu, untuk sistem transmisinya sendiri, Honda HR-V juga menyediakan dua varian berbeda. Varian manualnya menggunakan sistem transmisi manual 6 percepatan, sedangkan varian otomatisnya menggunakan transmisi CVT dengan Earth Dream Technology.

Penggunaan transmisi CVT dengan Earth Dream Technology ini dinilai mampu menghasilkan perpindahan gigi yang lebih halus dan performa mesin yang lebih optimal. Fitur Paddle Shift yang dimiliki crossover SUV ini memungkinkan mobil bertransmisi manual memiliki handling selayaknya mobil transmisi otomatis. Pengemudi bisa berpindah ke transmisi manual dengan menekan tuas yang ada di bagian roda kemudi.

4. Mesin 1,8 L Yang Tangguh

Kini kita bicara soal performa mesinnya. Mesin yang digunakan pada Honda HR-V generasi terbaru ini memang tidak memiliki ubahan dari generasi sebelumnya. Tetapi performa mesin ini tidak perlu diragukan.
Honda HR-V dengan varian mesin berkapasitas 1,8L memang memiliki performa yang tangguh. Tidak tanggung-tanggung, mesin ini bisa menghasilkan tenaga sebesar 137 HP pada putaran 6.500 rpm dan torsi yang menyentuh angka 169 Nm pada putaran 4.300 rpm.

Kekurangan Honda HR-V

1. Harga Relatif Mahal

Persoalan harga memang seringkali menjadi pertimbangan utama bagi para konsumen di Indonesia sebelum membeli sebuah mobil. Meskipun dipenuhi dengan fitur canggih, sayangnya harga Honda HR-V ini masih terbilang mahal. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Honda HR-V dibanderol dengan kisaran harga Rp297 jutaan hingga Rp415,7 jutaan.

Pada segmen yang sama, Honda HR-V harus bersaing dengan banyak mobil lainnya, dan salah satunya adalah Kia Seltos. Jika kita bandingkan kedua model mobil ini, kisaran harga yang ditawarkan Kia Seltos masih lebih murah, yakni Rp259 jutaan hingga Rp355 jutaan saja.

2. Performa Mesin 1,5 L Biasa Saja

Meskipun performa Honda HR-V dengan varian mesin 1,8 liternya terbilang tangguh, tetapi performa varian mesin berkapasitas 1,5 liternya bisa dibilang biasa-biasa saja.

Mesin yang satu ini bisa menghasilkan tenaga sebesar 118 HP pada putaran 6.600 rpm dan torsi 145 Nm pada putaran 4.600 rpm. Meskipun tidak buruk, tetapi dengan banderol harga yang cukup tinggi, Honda HR-V diharapkan dapat memberikan keluaran tenaga yang lebih.

Kesimpulan

Keunggulan utama dari Honda HR-V memang terletak pada fitur-fiturnya yang canggih. Dengan fitur keselamatan dan hiburan yang dimilikinya, Honda HR-V dijamin dapat memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan kepada para konsumennya.

Meskipun harganya sedikit mahal, tetapi mobil ini layak untuk dibeli, mengingat ada banyak fitur canggih yang belum tentu bisa kita temukan pada mobil-mobil lain di kelasnya.

↓ ↓ ↓ Ayok Para Miliuner, Sukai dan Bagikan!

Berita Terbaru

Perbandingan Kenyamanan Berkendara Suzuki Ertiga Vs Honda Mobilio, Mana Juaranya? Panduan Membeli
Perbandingan Kenyamanan Berkendara Suzuki Ertiga Vs Honda Mobilio, Mana Juaranya? Diproduksi sejak tahun 2012, Suzuki Ertiga adalah mobil berjenis Low MPV dengan 7 tempat duduk yang dirilis pada pertengahan Februari 2020 lalu. All New Suzuki Ertiga merupakan perpaduan MPV dan Sedan dengan platform Suzuki Swift generasi ketiga. Harga Suzuki Ertiga dibanderol mulai dari Rp 205 jutaan sampai Rp 249 jutaan. All New Suzuki Ertiga 2020 hadir dengan 5 tipe. Di kesempatan kali ini, perbandingan kenyamanan berkendara Suzuki Ertiga Vs Honda Mobilio. DAFTAR HARGA ALL NEW SUZUKI ERT
Review Wuling Confero - SEO Content Reviews
Review Wuling Confero - SEO Content Confero adalah produk pertama Wuling yang diluncurkan di Indonesia. Wuling Confero adalah hasil dari manifestasi nyata dari pengamatan suatu kebutuhan masyarakat untuk memperlancar mobilitas, dengan fitur dan teknologi dari suatu mobil keluarga. Sejalan dengan namanya yang diambil dari bahasa Latin yang berarti 'untuk bersatu', Confero adalah mobil terbaik untuk menyatukan keluarga.Wuling Confero tersedia dalam empat varian dengan mesin bensin 1.500 cc. Harga on the road Jakarta per Juli
Cermati Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic Hatchback Sebelum Membeli Panduan Membeli
Cermati Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic Hatchback Sebelum Membeli Honda Civic Hatchback saat diperkenalkan pada 2017 silam telah jadi bagian dari keluarga model Honda Civic yang legendaris di Indonesia. Sejarahnya model Civic sendiri telah dipasarkan di Indonesia sejak tahun 1976 dan saat ini terdiri dari sedan Honda Civic, Honda Civic Hatchback, dan Honda Civic Type R.Di tahun 2020 Honda Civic Hatchback di Indonesia mendapatkan penyegaran dan penambahan emblem RS. Diklaim pihak pabrikan, mobil ini jadi tahapan berikutnya para pemilik Honda Jazz yang ingin nai
Toyota Akan Launching Corolla Cross Hybrid di Indonesia Secara Online pada 6 Agustus Berita
Toyota Akan Launching Corolla Cross Hybrid di Indonesia Secara Online pada 6 Agustus Toyota Akan Launching Corolla Cross Hybrid di Indonesia Secara Online pada 6 AgustusBeberapa waktu lalu PT Toyota Astra Motor (TAM) dikabarkan akan meluncurkan Sport Utility Vehicle (SUV) Crossover terbarunya, All New Toyota Corolla Cross dengan mesin hybrid di Indonesia.Hal tersebut menyusul pengenalan secara global yang dilakukan Toyota di Thailand beberapa waktu lalu.Anton Jimmi Suwandy, selaku Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor pun mengiyakan kabar tersebut.Dan sekarang tanggal pasti k
Cegah Penumpukan Arus Balik Libur Idul Adha, Korlantas Berlakukan Contraflow Arah Jakarta Berita
Cegah Penumpukan Arus Balik Libur Idul Adha, Korlantas Berlakukan Contraflow Arah Jakarta Cegah Penumpukan Arus Balik, Korlantas Berlakukan Contraflow Arah Jakarta Korlantas Polri telah memprediksi puncak arus balik lebaran Idul Adha terjadi pada Minggu (2/8). Diperkirakan sekitar 300 ribu kendaraan akan menuju Jakarta dari arah Jawa Tengah.Kakorlantas Polri, Irjen Istiono menyebutkan, arus balik memasuki wilayah Jakarta dari dua jalur utama.“Arus balik diprediksi ada sekitar 160 ribu kendaraan yang kembali ke Jakarta melalui gerbang tol Cikatama dan 140 ribu melalui

Lebih

Rekomendasi Mobil

Terbaru Populer
MINI 3 Door
Rp 0,74 - 15,00 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
Mitsubishi Pajero Sport
Rp 486,50 - 697,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
BMW 8 Series Coupe
Rp 2,41 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
DFSK Glory i-Auto
Rp 329,70 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
BMW X3 M
RM 2,49 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
BMW X4 M
RM 2,53 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
Wuling Cortez
Rp 208,80 - 282,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Lexus LM
RM 239,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Lamborghini Huracan
Rp 8,90 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
Audi Q3
RM 875,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
BMW 3 Series Touring
RM 1,46 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
Suzuki Ignis
Rp 171,00 - 200,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
BMW X6
Rp 1,79 - 2,16 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
Renault Kwid
Rp 134,00 - 149,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mercedes-Benz GLS-Class
Rp 2,15 - 5,23 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
MG ZS
RM 258,00 - 289,80 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mazda CX 3
Rp 399,90 - 464,40 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mazda CX 9
Rp 846,80 - 954,90 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Civic Hatchback
Rp 433,60 - 474,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mazda CX 30
Rp 479,90 - 519,90 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
BMW M5
Rp 3,76 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
Peugeot 5008
Rp 745,00 - 820,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Agya
Rp 138,20 - 158,60 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Peugeot 3008
Rp 690,00 - 730,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mercedes-Benz A-Class Sedan
Rp 899,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mazda CX 8
Rp 664,80 - 746,80 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Avanza
Rp 191,10 - 221,25 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Brio
Rp 147,00 - 199,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Kijang Innova
Rp 312,05 - 414,75 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Jazz
Rp 249,50 - 292,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Civic
Rp 527,90 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Agya
Rp 138,20 - 158,60 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Nissan Livina
Rp 205,30 - 269,10 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Mobilio
Rp 203,00 - 258,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik