window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kelebihan dan Kekurangan Honda HR-V

Anissa · 27 Jul, 2020 18:00

Kelebihan dan Kekurangan Honda HR-V 01

Honda HR-V merupakan crossover SUV yang pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2014 yang lalu, dan resmi mengaspal pada tahun 2015. Di Indonesia, mobil ini dibanderol dengan kisaran harga Rp297 jutaan hingga Rp415,7 jutaan. Tentu saja, mobil ini memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

New Honda HR-V telah mendapatkan pembaruan (facelift) pada tahun 2018. Meski hanya memiliki sedikit perubahan dari versi sebelumnya Honda HR-V generasi terbaru ini memiliki banyak kelebihan berbagai aspek, tetapi sama seperti mobil lainnya, Honda HR-V juga masih memiliki kekurangan.

Kelebihan Honda HR-V

1. Desain Eksterior Semakin Gagah

New Honda HR-V generasi terbaru memiliki desain yang tampak lebih gagah dan terkesan sporty. Garis bodinya menegaskan karakter aerodinamis dan modern dari mobil ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Pada bagian depan mobil HRV disematkan lampu full LED tanpa projector. Sementara untuk varian Honda HR-V 1.5L E CVT Special Edition dan Honda HR-V 1.8L Prestige, keduanya dilengkapi dengan lampu Full LED Headlight dengan lampu DRL.

Generasi terbaru dari crossover SUV ini memiliki grille yang terlihat lebih tebal, sehingga desain bumpernya juga terlihat lebih sporty. Selain itu, pada varian New Honda HR-V 1.8L Prestige disematkan velg 17 inci model baru, bumper bawah sesuai warna bodi, panoramic sunroof, dan chrome exhaust finisher.

2. Kaya Akan Fitur Canggih

Tidak hanya memiliki eksterior yang menawan, New Honda HR-V ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur canggih. Untuk fitur keselamatannya, Honda HR-V dibekali dengan Dual SRS Airbag di semua varian, dan 6 Airbag untuk varian Prestige. Ada pula fitur Electronic Parking Brake, Auto Brake Hold, Side Impact Beam, Hill Start Assist, dan Brake Override System.

Tidak hanya itu, pada bagian belakang mobil ini juga disematkan fitur Emergency Stop Signal. Untuk mengurangi oversteer dan understeer, New Honda HR-V juga memiliki fitur Motion Adaptive EPS (Electronic Power Steering) dan VSA (Vehicle Stability Assist). Selain itu, Honda New HR-V juga memiliki fitur alarm system, kunci immobilizer, smart key (untuk varian 1.5 E dan 1.8L Prestige), serta wave key dan keyless entry (untuk varian 1.5L S).

Kelebihan dan Kekurangan Honda HR-V 01

Fitur hiburan yang dimiliki oleh mobil Honda HR-V ini juga tidak kalah menarik. Mobil ini memiliki layar New Advanced 8 inch Floating Capacitive Touchscreen Display Audio yang merupakan sistem audio video touchscreen 8 inci dengan desain floating yang mampu memutar berbagai format musik seperti AM/FM Radio, MP3/WMA, iPod/iPhone.

Fitur konektivitas juga tak luput disematkan dengan hadirnya port USB, AUX, Bluetooth, dan Smartphone connection. Ada pula fitur canggih lain, di antaranya multi angle rear view camera, 6 speaker, wide flow AC, dan juga tilt and telescopic steering.

3. Menawarkan Dua Pilihan Mesin

Terdapat dua varian mesin yang ditawarkan oleh Honda HR-V. Yang pertama adalah mesin dengan kapasitas 1.5 liter, dan pilihan lainnya ialah mesin berkapasitas 1,8 liter. Adapun unit mesin yang digunakannya ialah mesin 4-silinder segaris, 16 katup + DBW, SOHC, iVTEC.

Sementara itu, untuk sistem transmisinya sendiri, New Honda HR-V juga menyediakan dua varian berbeda. Varian manualnya menggunakan sistem transmisi manual 6 percepatan, sedangkan varian otomatisnya menggunakan transmisi CVT dengan Earth Dream Technology.

Penggunaan transmisi CVT dengan Earth Dream Technology ini dinilai mampu menghasilkan perpindahan gigi yang lebih halus dan performa mesin yang lebih optimal. Fitur Paddle Shift yang dimiliki crossover SUV ini memungkinkan mobil bertransmisi manual memiliki handling selayaknya mobil transmisi otomatis. Pengemudi bisa berpindah ke transmisi manual dengan menekan tuas yang ada di bagian roda kemudi.

4. Mesin 1,8 L Yang Tangguh

Kini kita bicara soal performa mesinnya. Mesin yang digunakan pada New Honda HR-V generasi terbaru ini memang tidak memiliki ubahan dari generasi sebelumnya. Tetapi performa mesin ini tidak perlu diragukan.

Mobil HR-V dengan varian mesin berkapasitas 1,8L memang memiliki performa yang tangguh. Tidak tanggung-tanggung, mesin ini bisa menghasilkan tenaga sebesar 137 HP pada putaran 6.500 rpm dan torsi yang menyentuh angka 169 Nm pada putaran 4.300 rpm.

Kekurangan Honda HR-V

1. Harga Relatif Mahal

Persoalan harga memang seringkali menjadi pertimbangan utama bagi para konsumen di Indonesia sebelum membeli sebuah mobil. Meskipun dipenuhi dengan fitur canggih, sayangnya harga mobil Honda HR-V ini masih terbilang mahal. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Honda HR-V dibanderol dengan kisaran harga Rp297 jutaan hingga Rp415,7 jutaan.

Kelebihan dan Kekurangan Honda HR-V 02

Pada segmen yang sama, Honda HR-V harus bersaing dengan banyak mobil lainnya, dan salah satunya adalah Kia Seltos. Jika kita bandingkan kedua model mobil ini, kisaran harga yang ditawarkan Kia Seltos masih lebih murah, yakni Rp259 jutaan hingga Rp355 jutaan saja.

2. Performa Mesin 1,5 L Biasa Saja

Meskipun performa New Honda HR-V dengan varian mesin 1,8 liternya terbilang tangguh, tetapi performa varian mesin berkapasitas 1,5 liternya bisa dibilang biasa-biasa saja.

Mesin yang satu ini bisa menghasilkan tenaga sebesar 118 HP pada putaran 6.600 rpm dan torsi 145 Nm pada putaran 4.600 rpm. Meskipun tidak buruk, tetapi dengan banderol harga yang cukup tinggi, Honda HR-V diharapkan dapat memberikan keluaran tenaga yang lebih.

Kesimpulan

Keunggulan utama dari Honda HR-V memang terletak pada fitur-fiturnya yang canggih. Dengan fitur keselamatan dan hiburan yang dimilikinya, New Honda HR-V dijamin dapat memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan kepada para konsumennya.

Meskipun harganya sedikit mahal, tetapi mobil ini layak untuk dibeli, mengingat ada banyak fitur canggih yang belum tentu bisa kita temukan pada mobil-mobil lain di kelasnya.

Anissa

Baik mobil maupun kebudayaan, perkembangan keduanya bergantung pada hal yang sama: pemikiran manusia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda HR-V 1.5L S 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil