Kelebihan dan Kekurangan Mobil Honda WRV

Honda WR-V adalah mobil crossover berukuran compact, yang awalnya ditujukan khusus untuk pasar Brazil dan India. Sebelum Honda WRV hadir di Indonesia pada tahun 2020, yuk kita simak dulu kelebihan dan kekurangan Honda WRV di luar negeri!

Apa Fitur-fitur yang Dihadirkan pada Honda WRV di Indonesia?

Mobil ini berbasis Honda Jazz generasi ketiga, alias yang sedang dipasarkan saat ini, dengan ground clearance yang lebih tinggi.

Selain platformnya yang sama dengan Jazz, WR-V juga sama-sama menggunakan panel body serupa, namun mengalami perubahan pada kap mesin dan pintu bagasi, yang kini dilengkapi garnish yang tersambung ke lampu rem.

Di samping itu, ditambahkan pula ornamen yang semakin menambah kesan sebuah crossover. MIsalnya over fender dan roof rail. Di balik kap mesin, lagi-lagi terpasang jantung mekanis L15 yang serupa Jazz/City. 

Kelebihan Mobil WRV

Eksterior Honda WRV

Penampilan WR-V lebih terinspirasi oleh Honda BR-V daripada Jazz. Kap mesinnya kini lebih tinggi dengan lampu utama persegi yang mengapit slat tebal yang terlihat seperti kumis. Bumpernya tampak berkontur, dengan lipatan-lipatan serta plat yang menegaskan tampilan SUV yang garang.

Bagian sampingnya, terutama setelah pilar A, menampilkan atap Jazz sampai ke bagian ekornya. Dilengkapi cladding dan roof rail yang memperkuat tampilan sebuah SUV.

Interior Honda WRV

Di bagian dalamnya, WR-V tampak menyerupai Jazz, dengan tata letak dasbor, tombol telepon, konsol pusat dan setir yang sangat mirip.

Walaupun perlengkapannya juga sama dengan Jazz, Honda WR-V dilengkapi sunroof yang digerakkan secara elektrik untuk mobil dengan spesifikasi tinggi, sehingga fitur-fitur yang disematkan untuknya mendekati fitur-fitur pada Honda City.

Di bagian keamanan, mobil ini dilengkapi dua buah airbag di depan dan ABS yang disertai EBD yang sudah standar di semua variannya.

Mesin dan Transmisi

Dari segi dapur pacunya, mobil ini menawarkan pilihan mesin yang sama dengan Jazz – mesin i-Vtec berbasis bensin dengan kapasitas 1,2 liter dan mesin i-Dtec berbasis diesel dengan kapasitas 1,5 liter.

Mesin bensinnya yang berkekuatan 91 PS ditawarkan dengan transmisi manual lima percepatan, sedangkan mesin diesel dengan 100 PS tersedia dengan transmisi manual enam percepatan.

Performa

Beranjak ke bagian lain dari mobil ini, Honda tetap mempertahankan mesin bensin dan dieselnya, dengan pilihan transmisi manual 5 dan 6 percepatan. Diawali dengan yang lebih populer di antara kedua pilihan ini, mesin tipe dieselnya menyemburkan daya 1498cc, dengan unit turbo 4 silinder, sehingga dihasilkan tenaga 100 PS dan torsi maksimal sebesar 200Nm.

Walau begitu, mobil Honda WR-V tetap mampu bersaing dengan adanya daya yang cukup linier. Terlepas dari gempuran kuat dari mobil-mobil lain di kisaran menengah. Lebih baiknya lagi, transmisi manual 6 percepatannya terasa nyaman digunakan – perpindahan gigi terasa sangat mulus serta pedal kopling yang tekanannya pas.

Selain mesin diesel 1,5 liter, mesin bensin 1,2 liter yang diusungnya juga terasa nyaman, walaupun menurut kami mesin ini sendiri cukup mantap. Dengan kekuatan mesin sebesar 89 PS dan torsi maksimal 110Nm, WR-V yang bermesin bensin bisa bergerak lincah di perkotaan.

Respons mesin secara keseluruhan terasa ‘tenang’, dan meskipun tidak ada kendala saat berpindah kecepatan, performa WR-V sudah sesuai spesifikasinya, hanya saja sedikit agak kasual.

Lagi-lagi, transmisi 5 percepatannya (dengan rasio berkendara yang lebih rendah dibandingkan dengan Jazz) terasa menyenangkan – karena mesinnya tidak sekeras pesaing-pesaingnya, versi perbaikan ini memanfaatkan daya yang ada dengan transmisi yang mulus. Crossover berbasis hatchback biasanya memanfaatkan suspensi yang sama dengan kendaraan yang menjadi basisnya.

Tapi WR-V sedikit berbeda. Untuk pemula, dia dilengkapi wheelbase yang lebih panjang dan roda yang berukuran lebih besar daripada Jazz. Sesuai perkiraan, ground clearance-nya juga lebih tinggi.

Dengan semua kelebihan yang dimilikinya, performa Honda WR-V saat dikendarai jelas terlihat lebih baik dibandingkan Jazz – kualitas berkendaranya lebih baik saat melewati jalan berlubang yang pinggirannya tajam, dan juga tidak terlalu kaku.

Walaupun jalanan di tepi pantai termasuk jalanan paling enak di negara ini, kami tetap menemukan bagian jalan yang kurang bagus, tapi kualitas berkendara dengan mobil ini tetap konsisten dan nyaman, meskipun sedikit melonjak-lonjak.

Kekurangan Mobil WRV

Mesin dan Transmisi

Transmisinya keras, pedal koplingnya juga bikin kaki sakit karena kerasnya, konsumsi BBM tidak pernah sesuai klaimnya, katanya mesin 1,2 itu yang paling jelek di kelasnya, nggak bisa pakai gigi 2 di tanjakan atau bahkan di tengah kota

Suara mesinnya terlalu keras dan mengganggu. Digipak-nya yang udah ketinggalan zaman terus-terusan restart. Baru 30 ribu km tapi jendelanya sudah berisik. Spionnya juga bergetar.

Performa

Kata Honda, level NVH-nya secara umum sudah mereka kurangi. Apa memang sudah berkurang? Tidak sepenuhnya. Walaupun suara berisik mesin di kabin sudah berkurang dibandingkan Jazz, WR-V tidak lebih baik dari pesaingnya dan suara berisik di mesin dieselnya hampir selalu jelas terdengar.

Secara umum

Dengan teknologi, ada benda-benda yang ukurannya jadi lebih kecil. Anda sekarang bisa punya komputer di pergelangan tangan yang kemampuannya melebihi apa yang dilakukan komputer desktop Anda lima tahun lalu. Sedangkan mobil malah tambah besar. Setiap hatchback kini punya SUV crossover yang ukurannya membesar dan Honda Jazz adalah mobil terbaru di daftar mobil yang ukurannya meningkat.

Honda WR-V diperkirakan akan meluncur bulan Januari 2020 di Indonesia. Menurut perkiraan juga, harganya dibanderol mulai dari Rp 208 Juta (berdasarkan harga Honda WRV facelift di India, yang mulai dari Rp178 jutaan hingga Rp242 jutaan).

↓ ↓ ↓ Ayok Para Miliuner, Sukai dan Bagikan!

Berita Terbaru

Review Honda Civic Hatchback RS: Desain Agresif, Mesin Bandel Reviews
Review Honda Civic Hatchback RS: Desain Agresif, Mesin Bandel Setelah resmi dirilis di Indonesia, Honda Civic Hatchback RS 2020 masuk ke dalam line-up RS Honda. Pengubahan yang dilakukan Honda pada mobil ini memang bisa dibilang cukup minim, tetapi hal ini bukan berarti mobil hatchback medium ini bisa dipandang sebelah mata.Sejak pertama kali dipasarkan pada tahun 2017 lalu, pihak Honda di Indonesia memang belum pernah melakukan facelift pada model ini. Hingga akhirnya, Honda Civic Hatchback RS ini pun hadir, berbekal nuansa sporty khas Honda Civic.Sayangn
Ayo Cari Tahu Fitur Menarik Dari Honda Odyssey Reviews
Ayo Cari Tahu Fitur Menarik Dari Honda Odyssey Honda Odyssey adalah sebuah mobil MPV yang masuk ke dalam segmen MPV premium. Mobil ini sendiri pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 di Jepang. Di Indonesia, hanya tersedia satu varian dari mobil berkapasitas 7 penumpang ini, yaitu varian Honda Odyssey 2.5L Prestige. Banderol harganya sendiri berada pada angka Rp 776 jutaan.Pada segmen MPV premium di Indonesia, Honda Odyssey memiliki banyak pesaing. Sebut saja Toyota Alphard dan Nissan Elgrand. Harga di bawah angka 1 miliar membuat mobil i
Perhatikan 4 Alasan Mengapa Harus Membeli Honda Civic Hatchback RS, Berikut Ini ! Panduan Membeli
Perhatikan 4 Alasan Mengapa Harus Membeli Honda Civic Hatchback RS, Berikut Ini ! Honda Civic Hatchback RS, unit keluaran produsen mobil PT. Astra Honda Motor ini mengusung tema Sporty untuk unit mereka yang satu ini. Dibekali desain eksterior yang agresif dan menawan, siap menerjang pasar mobil di Indonesia. Untuk mendapatkan kendaraan sporty nan agresif ini Anda perlu menyiapkan uang sebesar Rp. 499 jutaan, harga yang lumayan bersaing di kelasnya.Berikut ini adalah tabel spesifikasi dari unit Honda Civic Hatchback RS yang kami sediakan untuk membantu Anda menelisik unit ber
MG HS Penantang Honda CR-V Bakal Dirilis Besok, Intip Dulu Fitur dan Spesifikasinya Berita
MG HS Penantang Honda CR-V Bakal Dirilis Besok, Intip Dulu Fitur dan Spesifikasinya MG HS Penantang Honda CR-V Bakal Dirilis Besok, Intip Dulu Fitur dan SpesifikasinyaMorris Garage (MG) Motor Indonesia telah menyiapkan produk terbaru mereka MG HS untuk melengkapi line up produknya di Indonesia.MG HS sendiri akan mengisi line up SUV dari Morris Garage Indonesia bersanding dengan MG ZS yang sebelumnya sudah diluncurkan.Kedatangan MG HS ini sebenarnya bukan hal yang mengagetkan.Pasalnya Morris Garage sempat membocorkan kedatangan MG HS pada peluncuran MG ZS.Public Relation and Mar
Vespa Hadirkan Warna Baru Untuk Sprint 150, Tampil Makin Ngejreng Sepeda Motor
Vespa Hadirkan Warna Baru Untuk Sprint 150, Tampil Makin Ngejreng Vespa Hadirkan Warna Baru Untuk Sprint 150, Tampil Makin NgejrengVespa Indonesia memberikan penyegaran dengan menambah pilihan warna baru pada model Sprint 150.Warna baru pada Vespa Sprint 150 ini diberi nama Red Scarlatto yang cukup menarik perhatian.Meski warna baru dari Vespa Sprint 150 ini cukup mencolok, namun tak menghilangkan kesan stylish dan elegannya.Hal tersebut berkat adanya akse-aksen krom pada sejumlah bagian seperti di area headlamp dan sayap depan yang memanjang hingga ke area pi

Lebih

Rekomendasi Mobil

Terbaru Populer
Toyota Corolla Cross
RM 457,80 - 497,80 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
MINI 3 Door
Rp 0,74 - 15,00 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
Mitsubishi Pajero Sport
Rp 486,50 - 697,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
BMW 8 Series Coupe
Rp 2,41 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
DFSK Glory i-Auto
Rp 329,70 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
BMW X3 M
RM 2,49 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
BMW X4 M
RM 2,53 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
Wuling Cortez
Rp 208,80 - 282,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Lexus LM
RM 239,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Lamborghini Huracan
Rp 8,90 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
Audi Q3
RM 875,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
BMW 3 Series Touring
RM 1,46 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
Suzuki Ignis
Rp 171,00 - 200,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
BMW X6
Rp 1,79 - 2,16 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
Renault Kwid
Rp 134,00 - 149,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mercedes-Benz GLS-Class
Rp 2,15 - 5,23 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
MG ZS
RM 258,00 - 289,80 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mazda CX 3
Rp 399,90 - 464,40 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mazda CX 9
Rp 846,80 - 954,90 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Civic Hatchback
Rp 433,60 - 474,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mazda CX 30
Rp 479,90 - 519,90 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
BMW M5
Rp 3,76 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
Peugeot 5008
Rp 745,00 - 820,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Agya
Rp 138,20 - 158,60 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Peugeot 3008
Rp 690,00 - 730,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mercedes-Benz A-Class Sedan
Rp 899,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mazda CX 8
Rp 664,80 - 746,80 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Avanza
Rp 191,10 - 221,25 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Brio
Rp 147,00 - 199,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Kijang Innova
Rp 312,05 - 414,75 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Jazz
Rp 249,50 - 292,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Civic
Rp 527,90 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Agya
Rp 138,20 - 158,60 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Nissan Livina
Rp 205,30 - 269,10 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Mobilio
Rp 203,00 - 258,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik