window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Jimny

Anissa · 19 Mei, 2020 20:00

Suzuki Jimny terbaru kembali hadir meramaikan dunia otomotif Tanah Air dengan meluncurkan generasi terbarunya. Model yang sudah diluncurkan pada tahun 2019 lalu ini berhasil menarik perhatian para pecinta otomotif.

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Jimny 01

Tidak heran, karena mobil 4x4 yang satu ini memang memiliki segudang fitur dan kelebihan yang membedakannya dari mobil-mobil pesaingnya yang lain. Permintaan mobil Jimny Suzuki ini juga bisa dibilang cukup tinggi, mengingat Suzuki Indonesia hanya mendapatkan jatah 40-50 unit saja setiap bulannya.

Dari data yang tercatat oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), diketahui bahwa angka penjualan Suzuki Jimny di Indonesia telah mencapai 546 unit pada tahun 2019. Padahal, seperti yang kita tahu, mobil ini baru dirilis di bulan Juli pada tahun yang sama. Angka penjualan ini juga diperkirakan akan terus naik di tahun 2020.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Kendati memiliki banyak peminat, hal ini bukan berarti Suzuki Jimny Indonesia tidak memiliki kekurangannya sendiri. Maka itu, untuk tahu lebih dalam tentang kekurangan dan kelebihan dari mobil yang satu ini, kita akan bahas satu per satu, dimulai dari harganya. 

Harga

Suzuki menawarkan empat varian berbeda dari Suzuki New Jimny dan menawarkan dua variasi warna, yaitu Single-Tone Colours dan Two-Tone Colours. Keempat varian mobil Jimny ini memiliki range harga mulai dari Rp 327,5 juta untuk varian termurah, hingga Rp 388 juta untuk varian termahal. Berikut ini adalah daftar harga Suzuki Jimny di Indonesia.

Harga Mobil Suzuki Jimny
Suzuki Jimny MT Rp 327,5 Juta
Suzuki Jimny AT Rp 385 Juta
Suzuki Jimny MT (Two Tone) Rp 375,5 Juta
Suzuki Jimny AT (Two Tone) Rp 388 Juta

Banyak yang menilai bahwa banderol harga yang ditawarkan cukup mahal. Selisih harga antara satu varian dengan varian lainnya juga cukup tinggi, terlebih jika mengingat perbedaan varian di antara Suzuki Jimny MT dan Suzuki Jimny AT hanya terletak pada bagian transmisinya.

Eksterior

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika Suzuki Jimny merupakan salah satu model mobil yang cukup populer di kalangan pecinta mobil off-road. Selain karena kemampuan off-road yang dimilikinya, salah satu hal yang menarik dari mobil ini tentu saja adalah desain eksteriornya yang unik.

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Jimny 01

Mobil Suzuki Jimny generasi terbaru ini memiliki bahasa desain yang kental dengan kesan maskulinnya, tetapi di saat yang sama masih memancarkan karakter retro khas Jimny. Mobil yang satu ini memang sangat cocok untuk konsumen pecinta mobil off-road yang menginginkan sentuhan retro. 

Semua lampunya berbentuk bundar, di mana Head Lamp LED-nya memiliki ukuran yang lebih besar dan lampu seinnya memiliki ukuran yang lebih kecil. Yang menarik dan menjadi kelebihan dari mobil ini adalah lampu depan LED-nya yang dilengkapi dengan washer sendiri. 

Baik varian MT maupun AT, kedua varian Suzuki Jimny ini memiliki dimensi yang sama, yakni dimensi panjang 3.625 mm, dimensi lebar 1.645 mm, dan dimensi tinggi 1.720 mm. Sedangkan untuk jarak sumbu roda atau wheelbase-nya sendiri adalah 2.250 mm. 

Interior

Jika pada bagian eksteriornya mobil Suzuki Jimny ini kental dengan kesan retro yang maskulin, maka pada bagian interiornya mobil lebih menampilkan kesan modern. Bagian dashboardnya tampak rapi dengan desain driver-oriented yang lebih memprioritaskan kemudahan pengendara saat akan mengakses fiturnya.

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Jimny 02

Bicara soal fitur, mobil ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur hiburan dan fitur keselamatan aktif. Mobil ini memiliki Infotainment System berteknologi Touchscreen 7 inci, dan fitur keselamatan seperti DSBS dan High Beam Assist. Selain itu, yang menjadi fitur andalan dari mobil ini ialah fitur Cruise Control yang menjaga kenyamanan pengendara ketika melewati medan off-road.

Interior mobil Suzuki Jimny dibalut dengan material kain berkualitas dan didominasi dengan warna hitam yang semakin menampilkan sisi maskulin dari mobil ini. Sayangnya, kompartemen yang dimiliki mobil ini terhitung sedikit. Untuk mendapatkan ruang bagasi yang lebih lega, kita diharuskan untuk melipat kursi bagian belakang. Tetapi jika dilihat dari sisi fleksibilitasnya, tentu hal ini bisa menjadi salah satu kelebihan.

Mesin

Rasanya tentu belum lengkap jika kita bicara soal kelebihan dan kekurangan sebuah mobil tanpa membahas soal mesinnya. Baik dilihat dari spesifikasi mesin maupun performanya, varian Suzuki Jimny MT maupun AT tidak memiliki perbedaan. Kedua varian ini sama-sama mengandalkan mesin bensin empat silinder berkapasitas 1.462 cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 102 PS pada putaran 6.000 rpm, dan torsi sebesar 130 Nm pada putaran 4.000 rpm. 

Satu-satunya perbedaan yang ada pada kedua varian ini terletak pada bagian konfigurasi transmisinya. Varian Suzuki Jimny MT memiliki konfigurasi transmisi manual enam percepatan. Sedangkan pada varian Suzuki Jimny AT, konfigurasi transmisi yang digunakan adalah transmisi otomatis empat percepatan.

Soal mana konfigurasi transmisi yang lebih baik, tentu masing-masing konfigurasi transmisi ini memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Jika mengacu pada kemudahan pengendaraan, transmisi otomatis yang dimiliki Suzuki Jimny tentu lebih unggul. Hanya saja, transmisi otomatis membutuhkan perawatan yang lebih intensif dan rutin. Biaya perawatannya juga lebih mahal dibandingkan dengan mobil bertransmisi manual.

Konfigurasi transmisi manual akan memberikan pengalaman berkendara yang lebih responsif. Karena kita bisa mengatur sendiri kecepatan laju kendaraan dan persnelingnya, maka akselerasinya juga akan semakin baik. Biaya perawatannya juga tidak terlalu mahal. Tetapi kekurangan dari transmisi manual adalah pengendaraannya yang lebih berat, sehingga pengemudi akan lebih cepat lelah dibandingkan ketika mengendarai mobil dengan transmisi otomatis.

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Jimny 03

Suzuki Jimny memang merupakan mobil SUV yang cocok bagi mereka yang menginginkan kendaraan andal untuk dibawa bertualang ke medan off-road, tetapi masih menginginkan kenyamanan yang diberikan oleh sebuah mobil SUV pada umumnya. Kendati memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan berbeda dari masing-masing variannya, hal ini akan kembali lagi pada selera dan kebutuhan konsumennya masing-masing. 

Anissa

Baik mobil maupun kebudayaan, perkembangan keduanya bergantung pada hal yang sama: pemikiran manusia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Suzuki Jimny MT Single Tone 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil