window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kelebihan dan Kekurangan sang Legenda Toyota Supra GR

Dhoni · 14 Agu, 2020 13:00

Kembali dibangkitkannya 'Sang Legenda' dari tidur panjangnya, lalu apa saja kelebihan hingga kekurangan Toyota Supra teranyar ini.

Kemasyuran Toyota Supra tentu sudah tidak diragukan lagi sejak 1987 dengan model Mark I atau lebih dikenal MKI. Secara berturut – turut, para insinyur Toyota membangun Toyota Supra hingga tipe MK IV atau generasi keempat. Dan generasi keempat ini dianggap sebagai tipe tersukses sebagai sedan sport.

Kelebihan dan Kekurangan sang Legenda Toyota Supra GR 01

Bukan tanpa sebab, Toyota Supra MK IV dengan sasis berkode A80 yang mengusung mesin 2JZ-GTE (bertenaga 320 dk dan torsi 427 Nm) dan mesin 2JZ-GE (menghasilkan tenaga 220 dk dan torsi 284 Nm). Hasilnya mesin berkapasitas 2.997 cc twin turbo dapat membuat Toyota Supra MK4 melesat dengan waktu dibawah lima detik dari 0 – 100 km/jam dan mampu menyentuh kecepatan 300 km/jam.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Namun Toyota Supra hasil rancangan Isao Tsuzuki hanya diproduksi hingga tahun 2002. Beragam hal menjadi penyebabnya, salah satunya biaya produksi yang semakin meningkat. Ujungnya harga jual makin meroket sehingga berimbas pada menurunnya daya beli dan akhirnya pabrik Motomachi di Toyota City, Jepang harus ditutup.

Memasuki tahun 2014, tersiar kabar Toyota Supra berkeinginan menghidupkan kembali legenda sedan sport dengan prototype FT-1. Namun justru tahun 2018 melalui ajang Geneva Motor Show Supra diperkenalkan dengan nama GR Supra Racing Concept. Memang saat itu, Toyota Supra versi balap hasil kerja sama dengan BMW masih merahasiakan mesin yang digunakan.

Di tahun 2019, Toyota Astra Motor (TAM) menghadirkan Toyota Supra GR pada GIIAS 2019 untuk masyarakat Indonesia. Saat itu Toyota Supra dibanderol Rp 1,995 milyar on the road (OTR) untuk di Jakarta. Saat ini, harga Toyota Supra GR dibanderol dengan biaya sebesar Rp 2,15 Milyar. Ini merupakan harga Toyota Supra GR 2020.

Kelebihan Toyota Supra GR

Ditawarkan lebih dari 2 milyar, Toyota Supra tentunya memiliki beragam kelebihan demi mengalahkan pesaingnya dalam kompetisi GTE seperti BMW M8, Ferrari 488 dan New Aston Martin Vantage. Mulai dari segi Ekterior, Interior hingga performa mesin.

Disain Sport dan Modern

Dengan disain lekuk body dari konsep Condensed Extreme L6 FR Toyota Sport menjadikan aerodinamis dari Toyota Supra GR makin kokoh sebagai sedan sport yang modern. Begitu pula dengan penggunaan bumper depan yang terbagi dalam tiga bagian dengan perpaduan lampu depan jenis Projection berfitur DRL (daytime running light) membuat penampilan Toyota Supra makin garang dan agresif.

Kelebihan dan Kekurangan sang Legenda Toyota Supra GR 01

Begitu pula dengan bagian belakang Toyota Supra 2020 yang menggunakan lampu LED menjadikan tampilannya terlihat makin modern. Walau tidak bisa memungkiri unsur generasi sebelumnya masih terlihat pada penggunaan fender yang menambah unsur aerodinamis.

Manuver Makin Responsive

Secara bobot keseluruhan mencapai 1,520 kilogram, Toyota Supra GR memiliki wheelbase 2,470 mm membuat performa maneuver makin presisi. Terlebih dengan pembagian beban mencapai 50:50 antara bagian belakang dan depan yang bertujuan cornering makin responsive. Sementara bagian atap Toyota Supra GR terlihat ‘rendah’ layaknya pada tipe Toyota 2000GT yang merupakan disain ‘Double Bubble Roof’ diklaim dapat mengurangi gesekan dengan udara sehingga dapat meningkatkan akselerasi.

Kabin Sporty yang Nyaman

Toyota Supra GR yang hanya menyediakan dua bangku, sedan sport berkonsep Driver Oriented ternyata memiliki kabin yang cukup luas demi kenyamanan. Tempat duduk pun dapat diatur berkat fitur jok Electric dengan lumbar support dan memory seats. Begitu pula fitur yang terdapat di bagian dashboard, pengemudi dapat dengan mudah mengakses beragam tombol untuk mengatur AC, Start/stop engine dan lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan sang Legenda Toyota Supra GR 02

Piranti Hiburan dan Informasi

Head unit touch screen berukuran 6,5 inci dengan pengontrolan yang dapat dilakukan melalui kemudi. Fitur Wireless Charging pun telah tersedia dalam Toyota Supra GR untuk mempermudah pengisian smartphone.

Fitur display digital untuk mengetahui segala informasi seputar mobil seperti kecepatan, konsumsi bahan bakar hingga detail lainnya melalui layar berukuran 8,8 inci di balik kemudi. Beragam fitur yang tersedia dalam Toyota Supra GR untuk versi Indonesia sesuai dengan versi yang diproduksi di Austria.

Kelebihan dan Kekurangan sang Legenda Toyota Supra GR 03

Perfoma Tanpa 2JZ

Perfoma mesin menjadi unggulan dari Toyota Supra GR yang mengadopsi mesin B58, walau rumor yang berkembang mesin legendaris 2JZ akan dijejalkan kembali.

Mesin B58 dengan 6 silinder Turbocharger memiliki kapasitas mesin 3L dengan kemampuan daya maksimal yang dihasilkan adalah 5,000 – 6,500 rpm dan torsi maksimal yang dapat dihasilkan adalah 1,600 – 4,500 rpm.

Mesin tersebut terpadu dengan sistem transmisi 8 speed AT hasilnya performa dipastikan dapat dihandalkan. Sementara sistem bahan bakar yang digunakan adalah Direct Injection, sehingga konsumsi bahan bakar Toyota Supra ini akan cukup irit.

Kelebihan dan Kekurangan sang Legenda Toyota Supra GR 04

Kekurangan Toyota Supra GR

Bangkit dari tidur panjangnya, tentu pihak R&D Toyota memiliki panjang pertimbagan untuk menghadirkan Toyota Supra. Beragam fitur berteknologi tinggi telah disematkan, namun tentu ada hal yang masih dianggap kurang sebagai penerus kejayaan sedan sport ini.

Tanpa Foglamp

Mulai dari bagian lampu, tidak adanya fog lamp membuat sistem pencahayaan saat melalui jalan berkabut hanya mengandalkan lampu utama saja. Memang bukan hal yang harus dikhawatirkan bagi pemilik mobil seharga 2 milar lebih ini. Namun hanya terasa kurang saja.

Lupakan Barang Bawaan

Sebagai sedan sport, tentunya membawa barang berlebih harus dilupakan. Apalagi ruang bagasi yang tersedia pada Toyota Supra GR sangat berukuran kecil. Hal ini tentunya dengan disain utama dari sedan sport yang mengutamakan perfoma hingga maneuver dalam membelah angin di jalan raya.

Harga Melambung Tinggi

Secara harga, Toyota Supra GR termasuk kendaraan dengan harga yang cepat melambungnya. Buktinya pertama kali diperkenalkan pasca kembalinya ‘ sang legenda’ masih di bawah 2 milyar, namun kini telah melebih 2,1 milyar. Pastinya hanya segelintir orang yang dapat memiliki mobil ini, apalagi nilai pajak harus merogoh koceng bagi sang pemiliknya.

Kesimpulan Toyota Supra GR

Secara kesimpulan, Toyota Supra GR masuk dalam mobil yang sempurna dari segi eksterior, interior hingga fitur berteknologi.

Beragam Fitur Berteknologi

Terlebih dengan Airbag sistem yang melindungi dari pada bagian depan, samping hingga lutut untuk pengemudi maupun penumpang.

Begitu pula dengan fitur ABS, Brake Assist, Electronic Brake Distribution, Sensor parkir, kamera belakang, VSC sistem hingga Uphill & downhill Assist control membuat Toyota Supra GR.

Dhoni

Reporter

Telah menjadi jurnalis sejak 2008 dengan mengkhususkan diri ke dunia sepeda, namun mulai 2015 mulai menjalani karir sebagai wartawan di dunia otomotif. Namun lebih memilih motorsports sebagai prioritas. Dia tertarik pada teknologi mobil - mobil 4WD. Instagram: dhoni_bima

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Toyota Supra 3.0L

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil