Kelebihan dan Kekurangan sang Legenda Toyota Supra GR

Kembali dibangkitkannya 'Sang Legenda' dari tidur panjangnya, lalu apa saja kelebihan hingga kekurangan Toyota Supra teranyar ini.

Kemasyuran Toyota Supra tentu sudah tidak diragukan lagi sejak 1987 dengan model Mark I atau lebih dikenal MKI. Secara berturut – turut, para insinyur Toyota membangun Toyota Supra hingga tipe MK IV atau generasi keempat. Dan generasi keempat ini dianggap sebagai tipe tersukses sebagai sedan sport.

Bukan tanpa sebab, Toyota Supra MK IV dengan sasis berkode A80 yang mengusung mesin 2JZ-GTE (bertenaga 320 dk dan torsi 427 Nm) dan mesin 2JZ-GE (menghasilkan tenaga 220 dk dan torsi 284 Nm). Hasilnya mesin berkapasitas 2.997 cc twin turbo dapat membuat Toyota Supra MK IV melesat dengan waktu dibawah lima detik dari 0 – 100 km/jam dan mampu menyentuh kecepatan 300 km/jam.

Namun Toyota Supra hasil rancangan Isao Tsuzuki hanya diproduksi hingga tahun 2002. Beragam hal menjadi penyebabnya, salah satunya biaya produksi yang semakin meningkat. Ujungnya harga jual makin meroket sehingga berimbas pada menurunnya daya beli dan akhirnya pabrik Motomachi di Toyota City, Jepang harus ditutup.

Memasuki tahun 2014, tersiar kabar Toyota Supra berkeinginan menghidupkan kembali legenda sedan sport dengan prototype FT-1. Namun justru tahun 2018 melalui ajang Geneva Motor Show Supra diperkenalkan dengan nama GR Supra Racing Concept. Memang saat itu, Toyota Supra versi balap hasil kerja sama dengan BMW masih merahasiakan mesin yang digunakan.

Di tahun 2019, Toyota Astra Motor (TAM) menghadirkan Toyota Supra GR pada GIIAS 2019 untuk masyarakat Indonesia. Saat itu Toyota Supra dibanderol Rp 1,995 milyar on the road (OTR) untuk di Jakarta. Sedangkan harga di tahun 2020 untuk versi teranyar dari Toyota Supra GR ditawarkan seharga Rp 2,147 milyar.

Kelebihan Toyota Supra GR

Ditawarkan lebih dari 2 milyar, Toyota Supra tentunya memiliki beragam kelebihan demi mengalahkan pesaingnya dalam kompetisi GTE seperti BMW M8, Ferrari 488 dan New Aston Martin Vantage. Mulai dari segi Ekterior, Interior hingga performa mesin.

Disain Sport dan Modern

Dengan disain lekuk body dari konsep Condensed Extreme L6 FR Toyota Sport menjadikan aerodinamis dari Toyota Supra GR makin kokoh sebagai sedan sport yang modern. Begitu pula dengan penggunaan bumper depan yang terbagi dalam tiga bagian dengan perpaduan lampu depan jenis Projection berfitur DRL (daytime running light) membuat penampilan Toyota Supra makin garang dan agresif.

Begitu pula dengan bagian belakang Toyota Supra 2020 yang menggunakan lampu LED menjadikan tampilannya terlihat makin modern. Walau tidak bisa memungkiri unsur generasi sebelumnya masih terlihat pada penggunaan fender yang menambah unsur aerodinamis.

Manuver Makin Responsive

Secara bobot keseluruhan mencapai 1,520 kilogram, Toyota Supra GR memiliki wheelbase 2,470 mm membuat performa maneuver makin presisi. Terlebih dengan pembagian beban mencapai 50:50 antara bagian belakang dan depan yang bertujuan cornering makin responsive. Sementara bagian atap Toyota Supra GR terlihat ‘rendah’ layaknya pada tipe Toyota 2000GT yang merupakan disain ‘Double Bubble Roof’ diklaim dapat mengurangi gesekan dengan udara sehingga dapat meningkatkan akselerasi.

Kabin Sporty yang Nyaman

Toyota Supra GR yang hanya menyediakan dua bangku, sedan sport berkonsep Driver Oriented ternyata memiliki kabin yang cukup luas demi kenyamanan. Tempat duduk pun dapat diatur berkat fitur jok Electric dengan lumbar support dan memory seats. Begitu pula fitur yang terdapat di bagian dashboard, pengemudi dapat dengan mudah mengakses beragam tombol untuk mengatur AC, Start/stop engine dan lainnya.

Piranti Hiburan dan Informasi

Head unit touch screen berukuran 6,5 inci dengan pengontrolan yang dapat dilakukan melalui kemudi. Fitur Wireless Charging pun telah tersedia dalam Toyota Supra GR untuk mempermudah pengisian smartphone.

Fitur display digital untuk mengetahui segala informasi seputar mobil seperti kecepatan, konsumsi bahan bakar hingga detail lainnya melalui layar berukuran 8,8 inci di balik kemudi. Beragam fitur yang tersedia dalam Toyota Supra GR untuk versi Indonesia sesuai dengan versi yang diproduksi di Austria.

Perfoma Tanpa 2JZ

Perfoma mesin menjadi unggulan dari Toyota Supra GR yang mengadopsi mesin B58, walau rumor yang berkembang mesin legendaris 2JZ akan dijejalkan kembali.

Mesin B58 dengan 6 silinder Turbocharger memiliki kapasitas mesin 3L dengan kemampuan daya maksimal yang dihasilkan adalah 5,000 – 6,500 rpm dan torsi maksimal yang dapat dihasilkan adalah 1,600 – 4,500 rpm.

Mesin tersebut terpadu dengan sistem transmisi 8 speed AT hasilnya performa dipastikan dapat dihandalkan. Sementara sistem bahan bakar yang digunakan adalah Direct Injection, sehingga konsumsi bahan bakar Toyota Supra ini akan cukup irit.

Kekurangan Toyota Supra GR

Bangkit dari tidur panjangnya, tentu pihak R&D Toyota memiliki panjang pertimbagan untuk menghadirkan Toyota Supra. Beragam fitur berteknologi tinggi telah disematkan, namun tentu ada hal yang masih dianggap kurang sebagai penerus kejayaan sedan sport ini.

Tanpa Foglamp

Mulai dari bagian lampu, tidak adanya fog lamp membuat sistem pencahayaan saat melalui jalan berkabut hanya mengandalkan lampu utama saja. Memang bukan hal yang harus dikhawatirkan bagi pemilik mobil seharga 2 milar lebih ini. Namun hanya terasa kurang saja.

Lupakan Barang Bawaan

Sebagai sedan sport, tentunya membawa barang berlebih harus dilupakan. Apalagi ruang bagasi yang tersedia pada Toyota Supra GR sangat berukuran kecil. Hal ini tentunya dengan disain utama dari sedan sport yang mengutamakan perfoma hingga maneuver dalam membelah angin di jalan raya.

Harga Melambung Tinggi

Secara harga, Toyota Supra GR termasuk kendaraan dengan harga yang cepat melambungnya. Buktinya pertama kali diperkenalkan pasca kembalinya ‘ sang legenda’ masih di bawah 2 milyar, namun kini telah melebih 2,1 milyar. Pastinya hanya segelintir orang yang dapat memiliki mobil ini, apalagi nilai pajak harus merogoh koceng bagi sang pemiliknya.

Kesimpulan Toyota Supra GR

Secara kesimpulan, Toyota Supra GR masuk dalam mobil yang sempurna dari segi eksterior, interior hingga fitur berteknologi.

Beragam Fitur Berteknologi

Terlebih dengan Airbag sistem yang melindungi dari pada bagian depan, samping hingga lutut untuk pengemudi maupun penumpang.

Begitu pula dengan fitur ABS, Brake Assist, Electronic Brake Distribution, Sensor parkir, kamera belakang, VSC sistem hingga Uphill & downhill Assist control membuat Toyota Supra GR.

↓ ↓ ↓ Ayok Para Miliuner, Sukai dan Bagikan!

Berita Terbaru

Perbandingan Kenyamanan Berkendara Suzuki Ertiga Vs Honda Mobilio, Mana Juaranya? Panduan Membeli
Perbandingan Kenyamanan Berkendara Suzuki Ertiga Vs Honda Mobilio, Mana Juaranya? Diproduksi sejak tahun 2012, Suzuki Ertiga adalah mobil berjenis Low MPV dengan 7 tempat duduk yang dirilis pada pertengahan Februari 2020 lalu. All New Suzuki Ertiga merupakan perpaduan MPV dan Sedan dengan platform Suzuki Swift generasi ketiga. Harga Suzuki Ertiga dibanderol mulai dari Rp 205 jutaan sampai Rp 249 jutaan. All New Suzuki Ertiga 2020 hadir dengan 5 tipe. Di kesempatan kali ini, perbandingan kenyamanan berkendara Suzuki Ertiga Vs Honda Mobilio. DAFTAR HARGA ALL NEW SUZUKI ERT
Review Wuling Confero - SEO Content Reviews
Review Wuling Confero - SEO Content Confero adalah produk pertama Wuling yang diluncurkan di Indonesia. Wuling Confero adalah hasil dari manifestasi nyata dari pengamatan suatu kebutuhan masyarakat untuk memperlancar mobilitas, dengan fitur dan teknologi dari suatu mobil keluarga. Sejalan dengan namanya yang diambil dari bahasa Latin yang berarti 'untuk bersatu', Confero adalah mobil terbaik untuk menyatukan keluarga.Wuling Confero tersedia dalam empat varian dengan mesin bensin 1.500 cc. Harga on the road Jakarta per Juli
Cermati Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic Hatchback Sebelum Membeli Panduan Membeli
Cermati Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic Hatchback Sebelum Membeli Honda Civic Hatchback saat diperkenalkan pada 2017 silam telah jadi bagian dari keluarga model Honda Civic yang legendaris di Indonesia. Sejarahnya model Civic sendiri telah dipasarkan di Indonesia sejak tahun 1976 dan saat ini terdiri dari sedan Honda Civic, Honda Civic Hatchback, dan Honda Civic Type R.Di tahun 2020 Honda Civic Hatchback di Indonesia mendapatkan penyegaran dan penambahan emblem RS. Diklaim pihak pabrikan, mobil ini jadi tahapan berikutnya para pemilik Honda Jazz yang ingin nai
Toyota Akan Launching Corolla Cross Hybrid di Indonesia Secara Online pada 6 Agustus Berita
Toyota Akan Launching Corolla Cross Hybrid di Indonesia Secara Online pada 6 Agustus Toyota Akan Launching Corolla Cross Hybrid di Indonesia Secara Online pada 6 AgustusBeberapa waktu lalu PT Toyota Astra Motor (TAM) dikabarkan akan meluncurkan Sport Utility Vehicle (SUV) Crossover terbarunya, All New Toyota Corolla Cross dengan mesin hybrid di Indonesia.Hal tersebut menyusul pengenalan secara global yang dilakukan Toyota di Thailand beberapa waktu lalu.Anton Jimmi Suwandy, selaku Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor pun mengiyakan kabar tersebut.Dan sekarang tanggal pasti k
Cegah Penumpukan Arus Balik Libur Idul Adha, Korlantas Berlakukan Contraflow Arah Jakarta Berita
Cegah Penumpukan Arus Balik Libur Idul Adha, Korlantas Berlakukan Contraflow Arah Jakarta Cegah Penumpukan Arus Balik, Korlantas Berlakukan Contraflow Arah Jakarta Korlantas Polri telah memprediksi puncak arus balik lebaran Idul Adha terjadi pada Minggu (2/8). Diperkirakan sekitar 300 ribu kendaraan akan menuju Jakarta dari arah Jawa Tengah.Kakorlantas Polri, Irjen Istiono menyebutkan, arus balik memasuki wilayah Jakarta dari dua jalur utama.“Arus balik diprediksi ada sekitar 160 ribu kendaraan yang kembali ke Jakarta melalui gerbang tol Cikatama dan 140 ribu melalui

Lebih

Rekomendasi Mobil

Terbaru Populer
MINI 3 Door
Rp 0,74 - 15,00 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
Mitsubishi Pajero Sport
Rp 486,50 - 697,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
BMW 8 Series Coupe
Rp 2,41 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
DFSK Glory i-Auto
Rp 329,70 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
BMW X3 M
RM 2,49 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
BMW X4 M
RM 2,53 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
Wuling Cortez
Rp 208,80 - 282,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Lexus LM
RM 239,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Lamborghini Huracan
Rp 8,90 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
Audi Q3
RM 875,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
BMW 3 Series Touring
RM 1,46 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
Suzuki Ignis
Rp 171,00 - 200,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
BMW X6
Rp 1,79 - 2,16 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
Renault Kwid
Rp 134,00 - 149,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mercedes-Benz GLS-Class
Rp 2,15 - 5,23 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
MG ZS
RM 258,00 - 289,80 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mazda CX 3
Rp 399,90 - 464,40 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mazda CX 9
Rp 846,80 - 954,90 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Civic Hatchback
Rp 433,60 - 474,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mazda CX 30
Rp 479,90 - 519,90 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
BMW M5
Rp 3,76 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
Peugeot 5008
Rp 745,00 - 820,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Agya
Rp 138,20 - 158,60 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Peugeot 3008
Rp 690,00 - 730,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mercedes-Benz A-Class Sedan
Rp 899,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mazda CX 8
Rp 664,80 - 746,80 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Avanza
Rp 191,10 - 221,25 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Brio
Rp 147,00 - 199,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Kijang Innova
Rp 312,05 - 414,75 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Jazz
Rp 249,50 - 292,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Civic
Rp 527,90 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Agya
Rp 138,20 - 158,60 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Nissan Livina
Rp 205,30 - 269,10 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Mobilio
Rp 203,00 - 258,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik