window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kenyamanan Berkendara Mitsubishi Xpander vs Suzuki All New Ertiga, Mana Yang Lebih Unggul?

Franky · 19 Mei, 2020 16:00

Kenyamanan Berkendara Mitsubishi Xpander vs Suzuki All New Ertiga, Mana Yang Lebih Unggul? 01

Bagi yang memiliki hobi traveling dengan berkendara menggunakan mobil pribadi memang harus siap menanggung resiko. Ada dua jenis mobil yang cocok menjadi pilihan mobil pribadi, yakni mobil Mitsubishi Xpander dan Suzuki Ertiga terbaru. Kedua mobil ini termasuk mobil yang sedang populer dan sering dibanding-bandingkan. Di atas ada Xpander dan Suzuki, gambar mobil Suzuki dan Xpander terlihat hampir sama.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat ingin menggunakan ataupun membeli mobil, yakni kenyamanan, keamanan, dan keselamatan. Tapi kalau soal perjalanan jauh dan performa mobil, tentu kenyamanan adalah hal yang paling penting dan menentukan bagi pengendara mobil. Hal ini dapat dilihat dari dua mobil yang populer, yaitu mobil Expander Suzuki.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Perbandingan Mitsubishi Xpander dengan Suzuki All New Ertiga

Hal ini membuat pertarungan mobil di kelas Low MPV semakin seru. Terutama bagi mobil  Xpander yang sedang “di atas angin”. Akan tak mudah mengalahkan anak kesayangan terbaru Mitsubishi. Karena Xpander tercipta berdasarkan segala kekurangan yang dimiliki kompetitor sekelasnya. Namun Suzuki Ertiga tidak mau kalah dengan merilis keluaran terbarunya yaitu Suzuki All New Ertiga.

Mitsubishi Xpander

Kenyamanan Berkendara Mitsubishi Xpander vs Suzuki All New Ertiga, Mana Yang Lebih Unggul? 01

Tampak Depan, samping, dan belakang mobil Mitsubishi Xpander

PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sebagai distributor resmi kendaraan penumpang serta niaga ringan Mitsubishi di Indonesia dari Mitsubishi Motor Corporation (MMC), sejak tahun 2017 sudah menghadirkan Mitsubishi Xpander sebagai Small MPV yang dilengkapi dengan kelengkapan fitur dan kenyamanan berkendara yang dilengkapi dengan kualitas yang lebih dari sekedar mobil keluarga biasa dengan tenaga mesin yang besar.

Tidak hanya muncul sebagai mobil keluarga biasa, dengan berbagai peningkatan dan juga beberapa fitur khusus yang ditambahkan, Mitsubishi Xpander charga Expander kini menjadi lebih lengkap dengan ruang kabin yang luas serta kedap suara, performa mesin yang optimal dan kestabilan suspensi yang diberikan membuat masyarakat Indonesia semakin nyaman untuk melakukan perjalanan dengan mobil ini.

Suzuki All New Ertiga

Kenyamanan Berkendara Mitsubishi Xpander vs Suzuki All New Ertiga, Mana Yang Lebih Unggul? 02

Penampakan Suzuki All New Ertiga, dari atas warna abu-abu, bawah warna Burgundy

Memasuki awal 2020, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) ternyata diam-diam memperbarui tampilan All New Suzuki Ertiga tipe GL, GX, dan Suzuki Sport. Ketiganya mendapat ubahan tanpa ada seremoni apapun. Donny Saputra, Marketing Direktur PT SIS mengatakan ada alasan tersendiri mengapa All New Ertiga GX diperbarui.

“Perubahan ini sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Jadi dengan perubahan ini kami optimis Suzuki All New Ertiga yang merupakan mobil Suzuki terbaru akan semakin jadi yang terdepan dan menjadi kebanggaan keluarga Indonesia,” ujarnya.

  • Prestasi Mitsubishi Xpander dan All New Suzuki Ertiga

Dalam menyabet penghargaan, tahun ini Mitsubishi Xpander 2020 lebih unggul dibandingkan dengan Suzuki Indonesia mobil Suzuki All New Ertiga terbaru. Penghargaan yang digelar oleh Kompas Media Group untuk produk otomotif terbaik pada tahun ini, berhasil disabet oleh Mitsubishi Xpander.

Di tahun 2020, Mitsubishi kembali mendapat penghargaan dengan gelar Low MPV (multi purpose vehicle) terbaik 2020, yang tahun lalu jadi milik Suzuki Ertiga terbaru. Persaingan ketat pun terus dirasakan dan dilakukan oleh keduanya.

Otomotif Award 2020 yang digelar oleh Otomotif Group Kompas Gramedia pada hari Kamis, 16 April 2020 lalu menobatkan Mitsubishi Xpander sebagai “Best Low MPV 2020.”

Ini bukan penghargaan pertama bagi Mitsubishi Xpander, sebelumnya LMPV ini telah meraih penghargaan yang sama di tahun 2018. Berkat penyegaran tampilan eksterior, interior dan penambahan fitur sejak November 2019 lalu, Mobil Xpander mendapat penghargaan Low MPV Terbaik 2020. Selain itu, hal ini juga dikarenakan oleh keunggulan yang sejak awal telah dimiliki mobil ini.

Hal ini dituturkan oleh penyelenggara Otomotif Award, “Setelah meraih Car of The Year 2018, Mitsubishi Xpander layak untuk kembali mendapatkan penghargaan The Best Low MPV tahun 2020 karena Xpander mengalami penyegaran di sektor eksterior dan interior serta penambahan fitur-fitur baru yang dibutuhkan untuk menambah kenyamanan konsumen,” ujar Panji Maulana, Editor in Chief Tabloid OTOMOTIF.

Maka dari itu, Suzuki coba menggoda calon konsumen mobil eXpander. Strategi harga Suzuki Ertiga baru terbilang jitu. Varian tertinggi saat ini, Suzuki Indonesia mobil Suzuki Ertiga GX ESP AT dilabeli Rp 238,5 juta. Cukup jauh ketimbang Xpander Ultimate AT yang dilabeli dengan harga Rp 272,1 juta. Tapi manakah yang lebih hebat dalam fitur kenyamanan berkendara? Nah, disini kami coba membandingkannya.

Komparasi Mitsubishi Xpander Vs Suzuki All New Ertiga

Di bawah ini adalah komparasi mobil secara mendetail, berdasarkan harga, spesifikasi dan fitur untuk Mitsubishi Xpander dan Suzuki Ertiga terbaru. Semua aspek yang disebutkan disini sudah pasti mendukung kenyamanan berkendara dua mobil ini.

Soal harga, banyak yang mencari harga mobil Xpander promo dikarenakan mobil ini terbilang cukup populer. Mitsubishi Xpander memiliki total 8 tipe dengan Mitsubishi Xpander GLX yang merupakan varian terendahnya. Pada tahun 2019, daftar harga Mitsubishi Xpander terbilang tidak jauh beda dengan tahun 2020. Harga Mitsubishi Xpander 2020 berkisar antara Rp 215,8 - Rp 272,1 Juta. Harga mobil Xpander ini tidak beda jauh dengan charga expander 2019.

Sementara itu, di Indonesia price list Suzuki juga tidak kalah dari Mitsubishi. Mobil Suzuki Ertiga terbaru memiliki total 7 tipe. Daftar harga mobil Suzuki Ertiga 2020 dihargai Rp 205 - Rp 260,5 Juta. Ini merupakan harga mobil Suzuki terbaru di tahun 2020. Secara spesifikasi, Mitsubishi Xpander GLX M/T, memiliki mesin 1499 cc, sementara mobil Suzuki Ertiga GA MT memiliki mesin berkapasitas 1462 cc.

1. Desain Dan Dimensi Mobil

Berdasarkan selera yang paling berpengaruh dan mendasar perihal desain mobil, Mitsubishi Xpander sudah paling keren diantara yang lain. Hadir dengan tampak futuristik berkat bahasa dynamic shield-nya, ditambah elemen SUV yang begitu kental, memberi kesan gagah dan tangguh.

Sementara Ertiga terbaru jadi tampak biasa saja, meski sudah mengalami ubahan secara total. Ada kemiripan di buritan keduanya, yang membuat Suzuki Ertiga yang merupakan mobil Suzuki terbaru jadi seperti mencontek sebab Xpander lahir duluan. Tapi pihak Suzuki Indonesia menegaskan jati diri Ertiga terbaru, desain murni MPV tanpa terpengaruh SUV.

Kenyamanan Berkendara Mitsubishi Xpander vs Suzuki All New Ertiga, Mana Yang Lebih Unggul? 03

Desain interior Suzuki All New Ertiga kabin depan

Dimensi Suzuki All New Ertiga masih sedikit lebih kecil dari Mitsubishi Xpander, meski sudah semakin besar dari model sebelumnya. Hal Ini berpengaruh pada kelapangan kabin All New Ertiga yang terlihat lebih sempit. Karena dimensi Xpander yang lebih besar pula, membuat kabin depan Mitsubishi Xpander terlihat lebih lapang, mewah dan memberikan kesan nyaman.

Kenyamanan Berkendara Mitsubishi Xpander vs Suzuki All New Ertiga, Mana Yang Lebih Unggul? 04

Desain interior kabin depan Mitsubishi Xpander

Meski tak terlampau banyak, tempat duduk di baris kedua dan ketiga Xpander terasa lebih lega dari mobil Suzuki Indonesia, Suzuki Ertiga terbaru. Soal ground clearance, mobil X pander sangat mencirikan SUV. Ditambah pelek berukuran 16-inci, jarak terendah dengan tanah bisa setinggi 205 mm.

Kenyamanan Berkendara Mitsubishi Xpander vs Suzuki All New Ertiga, Mana Yang Lebih Unggul? 05

Desain interior Mitsubishi Xpander 2020 dengan kapasitas 7 orang dewasa

Suzuki All New Ertiga malah bertolak belakang. Model lama mobil Suzuki memiliki ground clearance 185 mm, sekarang malah turun ke 180 mm.

2. Performa Dan Kenyamanan Berkendara

Sekarang, mari kita menuju ke aspek terpenting yang ditawarkan oleh dua mobil ini. Berdasarkan data spesifikasi, kemampuan mesinnya bisa dikatakan berimbang. Transmisi dan suspensi Mitsubishi Xpander dan Suzuki Ertiga terbaru serupa. Karakter berkendara kedua LMPV ini kami anggap yang terbaik di antara lainnya. Adapun konsumsi BBM mobil Xpander kami dapatkan lebih irit. Dalam menjelajah dengan kecepatan konstan cukup tinggi di jalan tol, Mitsubishi Xpander terbaru mampu menorehkan 17 km/liter. Sedangkan Ertiga hanya 14 km/liter.

Khususnya dalam hal kenyamanan, mobil Xpander lebih baik dari Ertiga terbaru dengan bantingan suspensi empuk. Ertiga masih tetap nyaman seperti generasi pertama, tapi redamannya sedikit lebih kasar ketimbang Xpander. Lebar ban ukuran 205 milik Xpander turut menambah kestabilan di kecepatan tinggi. Rasanya lebih menjejak aspal.

Kesimpulan

Sesuai dengan uraian yang telah kami jabarkan diatas, Mitsubishi Xpander menjadi opsi yang sangat menarik, sebab pilihan desainnya yang begitu menggoda. Ditambah lagi kekuatannya yang lain, seperti fitur performa, kenyamanan, dan akomodasi yang mampu menjadi daya tarik bagi mobil di kelas Low MPV ini.

Suzuki All New Ertiga merupakan mobil terbaru Suzuki Indonesia. Jika hanya mempertimbangkan kebutuhan dasar atas sebuah mobil keluarga, Ertiga GX ESP sudah sangat mencukupi dan bisa menghemat anggaran sebesar Rp 15 juta, mengingat selisih harga mobil Suzuki Ertiga terbaru yang bisa terbilang lumayan bisa diperhitungkan. Dari sini terlihat Ertiga GX ESP menawarkan value for money yang lebih tinggi dan lebih ramah di kantong ketimbang mobil Xpander Ultimate.

Melihat sedikitnya kenaikan harga All New Ertiga dari model terdahulu, sepertinya bakal ada varian lebih tinggi yang lebih pas untuk melawan Xpander Ultimate. Tapi untuk sekarang, tipe GX ESP saja sudah cukup.

Nah, dari penjabaran mobil Xpander Suzuki Ertiga terbaru diatas, sudahkah anda memutuskan untuk membeli mobil yang mana?

Franky

Berhati-hatilah dalam membuat keputusan yang benar di hadapan semua orang

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Suzuki Ertiga GA MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil