Keren! Toyota Rush 2020 Bisa Tempuh 16,4 Km Dengan 1 Liter Bensin, Ini Rahasianya!

Anissa · 7 Des 2020 17:00

Toyota Rush 2020 memiliki sebuah teknologi sistem bahan bakar yang disebut dengan Electronic Fuel Injection. Teknologi yang satu ini disematkan oleh Toyota pada mobil ini untuk meningkatkan efisiensi bahan bakarnya.

Kita tentu akan bertanya, berapa konsumsi BBM Toyota Rush 2020? Tidak bisa dipungkiri bahwa konsumsi BBM memang telah menjadi salah satu tolak ukur dan bahan pertimbangan banyak masyarakat Indonesia ketika akan membeli sebuah mobil. Dan untungnya, Toyota Rush 2020 memiliki keunggulan dalam hal ini. Berikut ini adalah konsumsi BBM Toyota Rush 2020

  • Konsumsi Dalam Kota : 12,1 km/liter
  • Konsumsi Luar Kota : 16,4 km/liter

Tentang Toyota Rush 2020

Toyota Rush adalah salah satu mobil andalan pabrikan Toyota. Toyota Rush ini pertama kali hadir pada tahun 2006 dan sudah mengalami beberapa kali ubahan atau facelift sejak pertama kali diluncurkan.

Untuk versi tahun 2020, Toyota Rush ini mengusung desain eksterior yang terkesan lebih sporty dan bergaya. Tidak hanya itu, Toyota Rush 2020 juga dibekali dengan desain interior yang mewah dan dilengkapi dengan berbagai fitur canggih.

Toyota Rush merupakan kembaran dari Daihatsu Terios. Kedua mobil ini dikembangkan oleh engineer serta desainer asal Indonesia dan Jepang, yang dalam pembuatannya dipimpin oleh Eiji Fujibayashi selaku Chief Engineer Toyota Rush.

Toyota Rush generasi pertama memiliki model tampilan belakang dengan ban serep di pintu belakangnya, sehingga oleh masyarakat Indonesia seringkali disebut konde. Desain Toyota Rush yang satu inilah yang kemudian menjadi tren sekaligus ciri khas dari mobil SUV pada tahun 1980-an hingga tahun 2000-an.

Pada generasi terbarunya, Toyota Rush sudah tidak lagi menggunakan desain konde ini. Ban serepnya dipindahkan ke bagaian bawah belakang mobil. Memang sudah banyak ubahan yang dilakukan Toyota pada Toyota Rush dari tahun ke tahunnya untuk memenuhi selera pasar yang semakin berkembang.

Mari Kita Bahas Dulu Soal Spesifikasi Toyota Rush 2020

Sebelum bicara soal mesinnya, mari kita bahas dulu soal spesifikasi Toyota Rush 2020 secara umum. Toyota Rush 2020 yang dipasarkan dengan kisaran harga di bawah Rp300 jutaan untuk semua variannya ini memang memiliki bodi yang cukup besar, mengingat statusnya sebagai sebuah mobil SUV. Untuk spesifikasi lengkapnya, mari kita lihat poin-poin berikut.

  • Panjang : 4.435 mm
  • Lebar : 1.695 mm
  • Tinggi : 1.705 mm
  • Wheelbase : 2.685 mm
  • Ukuran Ban : R16 (16 inci)
  • Material Velg : Alloy Wheels
  • Suspensi Depan : MacPherson Strut with Coil Spring and Stabilizer
  • Suspensi Belakang : 5 Link Lateral Rod with Coil Spring and Stabilizer
  • Rem Depan : Drum Brake
  • Rem Belakang : Drum Brake

Toyota Rush 2020 memiliki tampilan eksterior yang terkesan elegan, tetapi kental dengan aura sporty. Untuk dimensinya sendiri, mobil ini memiliki ukuran panjang 4.435 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.705 mm, serta wheelbase atau jarak sumbu roda 2.685 mm.

Pada bagian wajah Toyota Rush 2020, terdapat headlamp berbentuk meruncing yang menampilkan kesan modern. Headlamp ini juga sudah dibekali dengan teknologi Advanced Tech LED Headlamp yang dinilai dapat memberikan pencahayaan yang lebih optimal, bahkan saat melalui jalanan yang gelap maupun berkabut sekalipun.

Bukan itu saja, pada bagian wajah Toyota Rush 2020 juga terpampang jelas grille berdesain dashing dark yang dilapisi dengan aksen chrome sehingga wajahnya semakin maskulin. Ada pula Tough Front TRD Underguard dengan fog lamp atau lampu kabut pada bagian atasnya.

Kemudian dilihat dari bagian sampingnya, Toyota Rush 2020 ini memiliki Striking Side Moulding sehingga tampilannya terkesan berotot. Di bagian samping ini, terdapat pula door handle yang sudah dilengkapi teknologi Smart Entry sehingga pengguna bisa membuka dan mengunci mobilnya dengan lebih mudah.

Lampu baru juga disematkan pada bagian belakang Toyota Rush 2020. Lampu belakangnya kini menggunakan lampu Integrated LED Rear Combination berdesain cutting edge, serta stop lamp atau lampu rem yang berdesain senada. Tidak lupa, fitur Sturdy Rear TRD Underguard juga disematkan untuk memberikan perlindungan pada bodi mobil bagian belakang.

Beralih ke bagian interiornya, Toyota Rush 2020 juga masih menggunakan bahasa desain yang senada dengan bagian eksteriornya. Bagian dashboard-nya mengadopsi konsep ‘Distinctive Soft Touch’, yang menekankan kesan premium, modern, serta dinamis.

Pada bagian dashboard Toyota Rush 2020 ini juga sudah dibekali dengan berbagai fitur canggih. Salah satunya adalah head unit berukuran 7 inci yang dilengkapi dengan DVD AVX with internet, Multitasking Support (Miracast/Weblink with Radio/USB/CD), Ipod and iPhone Connectivity, Smartphone Remote App, Waze Support, serta fitur Bluetooth.

Toyota Rush 2020 ini juga sudah dilengkapi dengan Stunning Combination Meter pada bagian speedometer. Informasi penting dari mobil, seperti rpm meter, tachometer, jarak tempuh, kapasitas bahan bakar, serta beberapa lampu indikator ditampilkan dalam bentuk digital dengan tatanan yang enak dipandang sehingga mempermudah pengemudi mengetahui kondisi mobil ketika berkendara.

Lalu pada bagian joknya, Toyota Rush 2020 mendapatkan penempatan jok yang diatur ulang, sehingga bisa menambah ruang kaki atau legroom agar ruang terasa lebih leluasa. Dengan kabin yang lebih leluasa ini, tentu akan menambah kenyamanan bagi para penumpangnya.

Mesin Toyota Rush 2020

Sekarang kita beralih ke bagian mesin Toyota Rush 2020. Bicara soal konsumsi bahan bakar memang tidak akan lepas dari mesinnya, karena kedua hal ini saling berkaitan. Dan untuk lebih jelasnya, berikut adalah spesifikasi mesin Toyota Rush 2020.

  • Mesin : 2NR-VE 4 silinder 16 katup, DOHC Dual VVT-i.
  • Kapasitas : 1,5 Liter (1.496 cc)
  • Transmisi : Manual 5 Percepatan / Otomatis 4 Percepatan
  • Tenaga : 102,5 HP / 6.000 rpm
  • Torsi : 136,3 Nm / 4.200 rpm
  • Sistem Penggerak : Rear Wheel Drive
  • Sistem Bahan Bakar : Electronic Fuel Injection
  • Bahan Bakar : Bensin

Seperti yang bisa kita lihat pada poin-poin di atas, Toyota Rush 2020 ini menggunakan mesin 4 silinder berkode 2NR-VE dengan 16 katup, DOHC Dual VVT-i. Mesin yang digendong Toyota Rush 2020 ini memiliki kapasitas 1,5 liter (1.496 cc) dan dikawinkan dengan dua jenis sistem transmisi, yakni manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

Di atas kertas, mesin yang digendong oleh Toyota Rush 2020 ini bisa menghasilkan tenaga keluaran sebesar 102,5 HP pada putaran mesin 6.000 rpm, dan torsi 136,3 Nm pada putaran mesin 4.200 rpm. Mobil berpenggerak roda belakang ini juga dilengkapi dengan teknologi Electronic Fuel Injection. Teknologi inilah yang kabarnya membuat Toyota Rush 2020 menghasilkan efisiensi bahan bakar yang tinggi serta menjadikannya lebih ramah lingkungan.

Kesimpulan

Setelah melihat semua uraian tentang Toyota Rush 2020, bisa kita simpulkan bahwa mobil ini memang merupakan mobil yang memiliki efisiensi bahan bakar yang cukup baik. Selain efisiensi bahan bakarnya, mobil ini juga dibekali dengan desain yang atraktif serta fitur-fitur dan teknologi yang canggih, sehingga patut dipertimbangkan jika Anda menginginkan mobil SUV dengan berbagai kelebihan.

Komentar

Mobil Terbaru