window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Ketahui Poin Penting Sebelum Membeli Honda Mobilio, MPV Terlaris Honda di Indonesia

Yongki Sanjaya · 24 Jul, 2020 10:00

Ketahui Poin Penting Sebelum Membeli Honda Mobilio, MPV Terlaris Honda di Indonesia 01

New Honda Mobilio hadir pada 2019 lalu dengan berbagai penyegaran pada eksterior serta beberapa fitur baru pada interior. Ubahan yang dilakukan oleh PT Honda Prospect Motor ini ditawarkan tanpa kenaikan harga dibandingkan model sebelumnya.

New Honda Mobilio masih mengusung berbagai fitur yang menjadi keunggulan dari model ini. Dari sisi performa, New Honda Mobilio didukung mesin 1.5L i-VTEC yang menghasilkan tenaga 116 hp pada 6.600 rpm sebagai yang terbesar di kelasnya. Ada beberapa poin yang harus kalian ketahui soal New Honda Mobilio ini.

Fakta Honda Mobilio

1. Belum Ganti Generasi

Mobil Honda Mobilio ini termasuk salah satu model yang cukup awet. Sebab hingga lebih dari lima tahun, MPV ini belum mengalami ubahan menyeluruh. Ubahan yang dilakukan sifatnya minor sehingga Mobilio masih bertahan di generasi pertama.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

2. Mesin Tidak Berubah

Ketahui Poin Penting Sebelum Membeli Honda Mobilio, MPV Terlaris Honda di Indonesia 01

Masih berkaitan dengan poin pertama, PT Honda Prospect Motor juga mempertahankan mesin New Mobilio sejak awal diluncurkan di tahun 2013. Mesin 1.5L i-VTEC yang menghasilkan tenaga 116 hp pada 6.600 rpm, merupakan yang terbesar di kelasnya.

3. Berpenggerak Roda Depan

Avanza-Xenia senantiasa digemari karena merupakan MPV dengan penggerak roda belakang. Namun, mobil Honda All New Mobilio bersama dengan beberapa MPV lain lantas mengubah pandangan miring terhadap minibus berpenggerak roda depan. Dengan penggerak roda depan, kabin mobil Honda Mobilio jadi lebih lega karena tidak ada tonjolan gardan.

4. Ground Clearance Agak Pendek

Ketahui Poin Penting Sebelum Membeli Honda Mobilio, MPV Terlaris Honda di Indonesia 02

Melihat sosok mobil Honda Mobilio terutama pada generasi awal tidak seperti MPV pada umumnya karena ground clearance yang pendek. Penampilan mobil Honda Mobilio pun jadi mirip seperti mobil estate atau wagon karena memang basisnya adalah Brio baru yang diperbesar. Jaraknya ke tanah yang lebih pendek dibandingkan para pesaing, membuat New mobilio tak terlalu limbung ketika dipacu dengan kecepatan tinggi.

5. Kabin Lega

Mobil Honda Mobilio berkonsep mobil keluarga yang mampu menampung hingga 7 penumpang. Area kabinnya cukup lapang, baik di baris kedua dan ketiga. Selain itu, bagasinya juga sangat luas, konon lebih luas dari Toyota Kijang Innova.

Kelebihan Honda Mobilio, Poin Penting Sebelum Membeli

Ketahui Poin Penting Sebelum Membeli Honda Mobilio, MPV Terlaris Honda di Indonesia 03

Mobil Honda Mobilio menjadi alternatif model yang cukup meyakinkan dari sisi desain, fitur, dan layanan purna jual. HPM bisa membuktikan bila mobil Honda Mobilio sanggup bertahan hingga tujuh tahun tanpa harus melakukan pembaharuan menyeluruh. Lantas, apa kelebihan dari New Mobilio yang meluncur tahun lalu?

Pada bagian eksterior, All New Honda Mobilio termasuk tipe RS kini dilengkapi dengan New Projector Headlamp with LED Daytime Running Light untuk visibilitas pengendara yang lebih baik. Fitur ini sayangnya tidak tersedia pada tipe S M/T sebagai varian terbawah.

New Honda Mobilio kini dilengkapi dengan New 6,2” Resistive Touchscreen Display Audio yang mendukung berbagai fitur seperti Hands Free Telephone, Bluetooth Connection, Rear Camera serta pemutar CD & DVD. Sedangkan New Honda Mobilio RS dilengkapi New Advanced 8” Capacitive Touchscreen Display Audio yang canggih dan modern.

Ketahui Poin Penting Sebelum Membeli Honda Mobilio, MPV Terlaris Honda di Indonesia 04

Mesin mobil Honda Mobilio juga iritnya kebangetan. Konsumsi bahan bakarnya mencapai 28 km/liter dari hasil lomba adu hemat yang digelar oleh HPM. Efisiensi bahan bakar yang baik mungkin dicapai dengan cara berkendara yang benar, perawatan mobil yang baik, sekaligus didukung performa mesin yang bertenaga sekaligus efisien.

Poin terakhir yang cukup penting dan menjadi kelebihan mobil Honda Mobilio yaitu fitur keselamatan yang cukup lengkap di tipe RS CVT. Fitur ABS+EBD menjadi standar di seluruh tipe sedangkan varian New Honda Mobilio RS mendapatkan tambahan fitur Vehicle Stability Assist (VSA) dan Hill Start Assist (HSA).

Kelemahan Honda Mobilio, Ketahui Sebelum Membelinya

Ketahui Poin Penting Sebelum Membeli Honda Mobilio, MPV Terlaris Honda di Indonesia 05

Ada beberapa poin penting yang cukup mengecewakan dari mobil Honda Mobilio. Supaya kalian tidak kecewa sebaiknya ketahui dahulu beberapa kelemahan dari mobil small MPV lansiran Honda ini.

Hal yang kadang tidak kita sadari yaitu kualitas pengerjaan yang terkesan asal-asalan dan material yang digunakan kualitasnya terbilang cukup buruk. Ini bisa kita ketahui dari pemilihan material interiornya yang dominan plastik. Kualitas plat body juga tipis, ini bisa kita lihat dari pintu belakang yang mudah penyok.

Untuk transmisi CVT, tak sanggup menyalurkan tenaga mesin sepenuhnya dibandingkan versi manual. Dengan kata lain, kurang responsif untuk generasi awal. Sebenarnya, karakter transmisi seperti ini dirancang supaya akselerasi halus dan tidak menghentak.

Ketahui Poin Penting Sebelum Membeli Honda Mobilio, MPV Terlaris Honda di Indonesia 06

Kelemahan mobil Honda Mobilio generasi pertama yaitu tidak dibekali filter kabin dari pabrik. Pemilik terpaksa harus membeli dan memasangnya sendiri secara terpisah. Kelemahan ini yang membuat Honda Mobilio dihujani kritik oleh masyarakat.

Kabin New Mobilio tak cukup kedap, karena suara mesin masih masuk ke area kabin. Kebisingan ini bisa dirasakan saat melaju dengan kecepatan lebih dari 80 km/jam, dimana suara mesin, angin dan ban sangat mengganggu penumpang atau pengemudi.

Suspensi keras juga menjadi poin penting yang harus kalian ketahui dari mobil Honda Mobilio. Ini jelas mengurangi rasa nyaman jika pengemudi mengendarai dengan tidak hati-hati. Kelebihannya, karakter suspensi ini membuat body roll minim.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Mobilio S MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil