Komparasi Kenyamanan Berkendara Toyota 86 vs BMW 320i, Mana yang Lebih Bagus?

Pada tahun 2012, Toyota 86 pertama kali diperkenalkan di Indonesia oleh PT Toyota Astra Indonesia. Perilisan tersebut membuat angin segar di segmen mobil sport sedan di Indonesia. Toyota 86 hadir dengan tiga varian yaitu M/T, A/T, dan TRD A/T. Ketiganya tentu memiliki harga yang berbeda, dengan harga terendah yaitu pada tipe M/T yang dibanderol dengan harga Rp 775 jutaan.

Daftar Harga Toyota 86

MODEL

Harga Toyota 86 Baru

Harga Toyota 86 Bekas

Toyota 86 M/T

Rp 775,75 juta

Rp 650 juta

Toyota 86 A/T

Rp 782,15 juta

Rp 685 juta

Toyota 86 TRD A/T

Rp 816,95 juta

Rp 725 juta

Kompetitor Toyota 86, yaitu BMW 320i juga menawarkan berbagai hal di segmen mobil sport sedan di Tanah Air. Pada tahun 2019, BMW meluncurkan sebuah mobil yang digadang-gadang menjadi penerus dari kesuksesan BMW 330i yang laris di pasar. Soal harga, BMW 320i Sport hadir dengan banderol Rp 849 jutaan. Ini artinya perbedaan harga bisa mencapai Rp 100 jutaan dari sang “kakak”, BMW 330i.

Daftar Harga BMW 320i

MODEL

Harga BMW 320i Baru

Harga BMW 320i Bekas

BMW 320i Sport

Rp 849 jutaan

Rp 650 jutaan

Jangan khawatir jika Anda belum dapat membeli mobil Toyota 86 dan BMW 320i di harga tersebut. Karena terdapat mobil Toyota 86 bekas dan BMW 320i bekas yang dapat Anda pilih untuk menikmati mobil Sport ini. Namun, kami mengingatkan untuk memeriksa beberapa hal seperti mesin, fitur-fitur, dan hal lain sebelum membeli kedua mobil bekas tersebut.

Setelah melihat daftar harga kedua mobil tersebut, lalu apa perbedaan dari kedua mobil ini? Apalagi kedua mobil ini berkompetisi cukup ketat.

Tentu saja banyak perbedaan yang dapat Anda jadikan pertimbangan sebelum membeli kedua mobil tersebut. Simak beberapa perbedaan dalam hal kenyamanan berkendara dari mobil Toyota 86 dan BMW 320i.

Perbandingan Kenyamanan Berkendara Toyota 86 Vs BMW 320i

Tidak dipungkiri kedua mobil ini memang berkompetisi di segmen mobil sedan sport. Kedua mobil ini sama-sama dibanderol dengan harga di bawah Rp 1 miliar dan juga dibekali dengan mesin yang cukup mirip. Kedua mobil ini sama-sama menggunakan mesin berkapasitas 1.998 cc.

Untuk dimensi dari kedua mobil ini juga tidak terlalu beda jauh. Toyota 86 memiliki dimensi panjang 4.240 mm, lebar 1.775 mm, tinggi 1.285 mm, dan wheelbase selebar 2.570 mm.

Sedangkan untuk BMW 320i memiliki panjang mobil 4.709 mm, lebar 1.827 mm, tinggi 1.442 mm, dan wheelbase 2.750 mm. Untuk bagian ini, memang BMW 320i mempunyai dimensi mobil yang sedikit lebih lebar daripada Toyota 86.

Kurang puas dengan penjelasan di atas? Tenang saja. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas secara lengkap dan singkat mengenai perbandingan kenyamanan berkendara dari mobil Toyota 86 dan mobil BMW 320i.

Kenyamanan Berkendara Toyota 86

Pertama-tama, kami akan membahas mengenai kenyamanan berkendara Toyota 86. Bagaimana kenyamanan berkendaraannya? Apakah membuat pengemudi menjadi gusar? Jika Anda mempertanyakan hal tersebut, simak beberapa penjelasan secara singkat dan lengkap mengenai kenyamanan berkendara Toyota 86 di bawah ini.

1. Performa Mesin Toyota 86

Untuk ukuran mobil Sport sedan di bawah 1 miliar, Toyota 86 menawarkan mesin yang tidak main-main dan membuat pengguna merasa sedang mengendarai mobil Sport mewah. Toyota 86 menggunakan tipe mesin D4-5 4 silinder Boxer DOCH dengan kapasitas 1.998 cc. Dengan kapasitas sebesar itu, mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimum 198 Hp pada 7.000 Rpm dan torsi maksimum 204 Nm pada 6.600 Rpm.

Tampilan mesin mobil Toyota 86

2. Kenyamanan Transmisi Toyota 86

Toyota 86 dibekali dengan dua sistem transmisi yaitu manual dan otomatis. Anda dapat memilih jenis yang sesuai dengan kebutuhan. Jika ingin melaju dengan bebas, versi transmisi otomatis dapat menjadi pilihan Anda. Sebaliknya, jika masih ingin memperhatikan kecepatan, versi manual adalah pilihannya.

Jangan khawatir, karena kedua sistem transmisi ini sama-sama dilengkapi dengan sistem transmisi 6 percepatan. Dapat dirasakan ketika pergantian gigi saat berkendara, Anda akan merasakan sensasi tenang dan halus.

Terdapat dua sistem transmisi Toyota 86 yaitu manual dan otomatis

3. Body Roll Toyota 86

Dalam kecepatan tinggi, mobil Sport sedan besutan Jepang ini memang tidak dirasakan adanya goyangan yang dapat mengganggu kenyamanan. Apalagi di saat melewati polisi tidur, tidak sedikitpun merasakan goncangan.

Namun sayangnya, untuk masalah kedap suara masih kurang. Karena masih dapat terdengar suara lingkungan luar dan mesin knalpot yang meraung. Tetapi, untuk masalah knalpot, Anda dapat memodifikasinya untuk memperhalus suara dan membuat kenyamanan.

Penampilan eksterior Toyota 86

4. Fitur Praktis Toyota 86

Toyota 86 menyimpan banyak fitur praktis di dalamnya. Di lingkaran kemudi terdapat Steering Switch Audio yang dapat mengatur volume tanpa melepaskan lingkar kemudi. Toyota 86 juga sudah dilengkapi dengan fitur Cruise Control yang berfungsi mengatur kecepatan mesin tanpa pijakan pedal gas.

Tidak lupa, di sekitar layar Head Unit terdapat fitur One Push Ignition System yang mampu menghidupkan mesin dengan satu tekanan. Toyota 86 juga mempunyai fitur Rear Parking Camera yang dapat membantu untuk kemudahan parkir mundur.

Toyota 86 menawarkan fitur yang makin membuat nyaman pengemudi

Kenyamanan Berkendara BMW 320i

Setelah puas membahas kenyamanan berkendara Toyota 86. Selanjutnya kami akan membahas kenyamanan berkendara BMW 320i. Simak penjelasan singkat dan lengkap di bawah ini, ya!

1. Performa Mesin BMW 320i

BMW 320i menggunakan mesin 2.0 liter BMQ TwinPower Turbo 4 silinder with Twin-Scroll Turbocharger, Valvetronic, Double VANOS, dan High Precision Injection dengan kapasitas yang sama dengan kompetitornya, Toyota 86, yaitu sebesar 1.998 cc.

Dengan mesin tersebut dapat menghasilkan daya maksimum sebesar 300 hp / 5.800 rpm dan torsi maksimum sebesar 406 Nm / 1.200 rpm. BMW 320i juga bisa mencapai 0-100 km/jam dengan waktu 7.3 detik.

Mesin BMW 320i yang berkapasitas 1.998 cc

2. Kenyamanan Transmisi BMW 320i

Pada BMW 320i menggunakan sistem transmisi 8-Speed Steptronic yang membuat mobil ini nyaman untuk dikendarai. Karena di saat pergantian gigi tidak macet sama sekali, Anda akan merasakan sensasi Smooth dan Effortless.

Inilah tampilan kabin interior BMW 320i

3. Body Roll BMW 320i

Sama halnya Toyota 86, BMW 320i juga menawarkan kenyamanan berkendara yang baik. Di saat kecepatan tertinggi, Anda tidak akan merasakan goncangan yang mengganggu. Jika Toyota 86 dinilai kurang dalam hal kedap suara, BMW 320i mempunyai nilai yang bagus karena suara lingkungan luar tidak terlalu terdengar di dalam. Memang Toyota 86 harus mengakui hal ini.

Penampilan eksterior mewah dan sporty BMW 320i

4. Fitur Praktis BMW 320i

Fitur praktis yang terdapat dalam BMW 320i adalah adanya Reversing Assistant di mana mobil dapat mengingat dan berjalan secara otomatis ke 50 m jalur sebelumnya. Fitur ini tidak terdapat di Toyota 86.

Tidak ketinggalan fitur parkir otomatis di mobil ini. Di dekat tuas transmisi juga terdapat tombol yang dapat mengubah mode kendaraan dari normal ke Sport.

BMW 320i menyimpan berbagai fitur praktis di dalamnya

Kesimpulan

Dari beberapa penjelasan di atas, kedua mobil Sport sedan ini memang mempunyai beberapa kemiripan dan perbedaan. Namun, jika membahas perbedaan dan keunggulan, tidak dapat dipungkiri BMW 320i lebih juara di bagian kelegaan dan fitur-fitur yang menarik.

Tetapi, apakah berarti Toyota 86 tidak layak dibeli?

Jangan salah, mobil ini juga menawarkan kenyamanan berkendara yang cukup mirip dengan BMW 320i. Toyota 86 menang di bagian harga yaitu harga yang lebih murah namun menawarkan beberapa hal yang cukup mirip dengan BMW 320i dengan perbedaan harga hampir Rp 100 jutaan.

Keputusan akhir tetap berada di tangan Anda. Di antara kedua mobil tersebut, manakah yang lebih mencuri hatimu?

↓ ↓ ↓ Ayok Para Miliuner, Sukai dan Bagikan!

Berita Terbaru

Sensasi Berkendara Toyota C-HR, Apakah Lebih Asyik daripada Honda HR-V? Reviews
Sensasi Berkendara Toyota C-HR, Apakah Lebih Asyik daripada Honda HR-V? Toyota C-HR mungkin kalah pamor dengan beberapa crossover merek lain yang ada di Indonesia. Mungkin bagi banyak orang, mobil seharga Rp509 jutaan ini kemahalan. Untuk model yang lebih valuable, masih ada Honda HR-V yang tak kalah keren.Sekalipun mahal, Toyota C-HR bukan berarti tidak menarik. Mobil ini menawarkan suatu kenikmatan fun to drive ala Toyota. Penampilannya lebih agresif dengan sudut-sudut tegas.Sebelum membahas soal impresi berkendara, kita harus tahu juga spesifikasi Toyota C-HR yan
 Toyota Corolla Cross Resmi Debut di Thailand! Bukan Sedan apalagi Hatchback Berita
Toyota Corolla Cross Resmi Debut di Thailand! Bukan Sedan apalagi Hatchback Toyota Corolla Cross akhirnya resmi meluncur di Thailand. Belakangan ini kabar mengenai calon mobil baru Toyota ini memang cukup menghebohkan dunia maya. Selain menjadi mobil dengan model baru, produk SUV ini juga heboh karena menggunakan sebuah nama yang sudah eksis dan sukses akan model sedan Toyota. Nyaris tak ada DNA Corolla sedan pada mobil ini. Wajar saja karena mobil baru ini adalah SUV. Hanya saja, kesamaannya adalah rancang bangun yang menganut Toyota New Global Architecture (
Mercedes-Benz S-Class Generasi Baru Pakai MBUX yang Semakin Humanis Berita
Mercedes-Benz S-Class Generasi Baru Pakai MBUX yang Semakin Humanis Mercedes-Benz S-Class yang merupakan sedan flagship merek three pointed star ini memiliki infotainment canggih. Bernama Mercedes-Benz User Experience atau disingkat MBUX, fitur ini sudah menjadi gebrakan saat pertama kali diperkenalkan saat 2018 silam.Nah, baru saja Mercedes-Benz memperkenalkan generasi terbaru dari MBUX. Walau teknologi MBUX generasi pertama masih jauh dari kata usang atau bahkan ketinggalan zaman, namun pabrikan asal Jerman ini tetap memberikan peningkatan kemampuan infotainmn
Perbandingan Spesifikasi Wuling Confero S dan Suzuki Ertiga, MPV Keluarga Masa Kini Panduan Membeli
Perbandingan Spesifikasi Wuling Confero S dan Suzuki Ertiga, MPV Keluarga Masa Kini Sejak Wuling Confero diperkenalkan pada 2017 silam, kehadirannya langsung menggebrak segmen MPV keluarga Tanah Air. Bersaing dengan Ertiga dengan harga mulai dari Rp205 jutaan, spesifikasi Wuling Confero S yang dibanderol Rp197 jutaan hampir sama baiknya.DimensiMobil Wuling Confero masuk ke dalam segmen Low MPV dengan dimensi yang hampir sama dengan Ertiga. Tapi kabin Confero cukup lapang dengan wheelbase 2.720 mm. Namun keunggulan Confero S adalah kapasitas bagasi yang terbaik dibandingkan segm
Toyota Land Cruiser VX 200 vs VX 100, Mana yang Lebih Pantas Dibeli? Panduan Membeli
Toyota Land Cruiser VX 200 vs VX 100, Mana yang Lebih Pantas Dibeli? Sebagai SUV legendaris Toyota di Indonesia, Land Cruiser hadir dengan generasi kesembilan yang tangguh dan bertenaga. Harga Toyota Land Cruiser VX 200 mulai dari Rp2,1 miliar, memang lebih mahal dibanding generasi terdahulu, VX 100. Tapi keduanya masih layak untuk dipertimbangkan.Toyota Land Cruiser VX 200KelebihanLand Cruiser VX 200 terus mendapatkan pembaruan fitur untuk mempermudah pengendaraan. Selain sistem infotainment yang mendapatkan head unit layar sentuh, sistem penggerak empat roda le

Lebih

Rekomendasi Mobil

Terbaru Populer
Mazda CX 8
Rp 664,80 - 746,80 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mercedes-Benz A-Class Sedan
Rp 899,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Avanza
Rp 191,10 - 221,25 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Brio
Rp 147,00 - 199,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Kijang Innova
Rp 312,05 - 414,75 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Jazz
Rp 249,50 - 292,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Civic
Rp 527,90 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Agya
Rp 138,20 - 158,60 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Nissan Livina
Rp 205,30 - 269,10 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Mobilio
Rp 203,00 - 258,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik