Komparasi Mengemudi Daihatsu Luxio dan Gran Max

Daihatsu Luxio merupakan sebuah MPV ekonomis yang kini punya range harga Rp 203 jutaan sampai Rp 232,9 jutaan. Mobil ini merupakan saudara kandung dari Daihatsu Gran Max.

Hal itu bisa terlihat dari desain keseluruhan mobil ini yang boxy layaknya Gran Max. Hanya saja jika Gran Max disasar sebagai mobil niaga ringan maka Luxio ditujukan sebagai mobil penumpang.

Namun kedua mobil ini mengusung mesin yang sama. Walau pada Gran Max tersedia mesin dengan opsi 1.300 cc tipe bensin, namun pada varian 1.500 cc sama seperti dengan Luxio.

Lantas bagaimana dengan perbandingan mengemudi antara Luxio dan Gran Max 1.5? Apakah sama saja? Atau berbeda jauh? Langsung saja kita bahas.

Komparasi Mesin

Dari data mesin yang disajikan, keduanya tak ada perbedaan karakteristik tenaga. Hanya saja, jika Anda memilih Gran Max untuk tunggangan sehari-hari akan kurang nyaman, sebab tak ada pilihan transmisi otomatis. Sedangkan Luxio tersdia versi otomatis.

Dari situ, pengalaman mengemudi yang lebih nyaman tentu hanya bisa didapat oleh Luxio dengan transmisi otomatisnya. Yang perlu diketahui jika Anda belum pernah mengemudikan kedua mobil ini adalah, tuas transmisinya berada di dasbor.

Karena posisi tuas tersebut yang jarang ditemukan pada mobil pada umumnya di tanah air maka Anda perlu membiasakan diri. Keuntungannya adalah ada space kaki lebih lega di bagian tengah antara pengemudi dan penumpang.

Kedua mobil ini menganut mesin berkapasitas bersih 1.495 cc. Dapur pacu berkode 3SZ-VE itu mampu merilis tenaga 95 HP pada 6.000 Rpm dan torsi maksimal di angka 134 Nm di putaran 4.400 Rpm. Tak ada perbedaan antara Luxio dan Gran Max.

Komparasi Mengemudi

Yang perlu diketahui adalah karakter saat menjalankannya. Gran Max yang bertransmisi manual 5 percepatan tentu lebih responsif. Anda juga bisa mengatur ritme putaran mesinnya, mau selalu ngebut dalam putaran tinggi atau jalan santai dapat mudah diakomodir.

Sedangkan pada Luxio, transmisi otomatisnya bisa dibilang bukan yang paling nyaman dan enak pada kelas MPV 1.500 cc seharga Rp 200 juta. Memang, pada putaran bawah Anda akan merasakan tarikan cukup galak karena torsinnya cukup besar.

Namun jika Anda tak sedang mengangkut penumpang penuh, gas sedikit saja Luxio akan memberi kejutan tenaga besar. Mungkin bagi beberapa orang hal itu akan membuat kurang nyaman.

Sedangkan karakter yang sama, torsi besar pada putaran awal juga dimiliki Gran Max. Wajar saja, mungkin karena diset sebagai mobil niaga maka akselerasi yang baik di putaran awal penting dimilikinya.

Steering kedua mobil ini sebenarnya sama saja rasanya. Namun putaran setir Luxio sedikit lebih halus ketika manuver parkir.  

Komparasi Suspensi dan Kenyamanan Mengemudi

Bicara penunjang kenyamanan, keduanya juga hampir sama saja. Hanya saja di Luxio sang pengemudi sedikit dimanjakan dengan jok fabric sedikit lebih empuk dibanding Gran Max.

Soal bantingan suspensi, Luxio tentu lebih baik. Walau kedua mobil ini juga pakai basis suspensi yang mirip. Namun dengan ban berukuran 15 inic, sedangkan Gran Max hanya 13 inci, maka saat melintasi medan jelek Luxio lebih baik.

Suspensi depan Luxio dan Gran Max sama-sama pakai tipe Mac Pherson Struts dengan per keong. Namun pada Luxio, Daihatsu menambahkan stabilizer, maka saat menikung jadi lebih baik ketimbang Gran Max. Untuk di bagian belakang, keduanya juga sama-sama 5 link dengan per keong.

Kesimpulan

Cukup sulit menyebut kata "nyaman" dalam perbandingan kedua mobil ini. Basis serupa mobil boxy ini rasanya memang lebih difokuskan untuk keperluan angkutan komersial ketimbang penggunaan pribadi. 

Maka dari itu Luxio yang lebih ditujukan sebagai angkutan pribadi, memang lebih mengasyikkan dan impresif ketimbang Gran Max. Walau keunggulannya tidak jauh, rasa mengemudi Gran Max masih cukup mendominasi saat Anda pindah ke Luxio.

↓ ↓ ↓ Ayok Para Miliuner, Sukai dan Bagikan!

Berita Terbaru

Sensasi Berkendara Toyota C-HR, Apakah Lebih Asyik daripada Honda HR-V? Reviews
Sensasi Berkendara Toyota C-HR, Apakah Lebih Asyik daripada Honda HR-V? Toyota C-HR mungkin kalah pamor dengan beberapa crossover merek lain yang ada di Indonesia. Mungkin bagi banyak orang, mobil seharga Rp509 jutaan ini kemahalan. Untuk model yang lebih valuable, masih ada Honda HR-V yang tak kalah keren.Sekalipun mahal, Toyota C-HR bukan berarti tidak menarik. Mobil ini menawarkan suatu kenikmatan fun to drive ala Toyota. Penampilannya lebih agresif dengan sudut-sudut tegas.Sebelum membahas soal impresi berkendara, kita harus tahu juga spesifikasi Toyota C-HR yan
 Toyota Corolla Cross Resmi Debut di Thailand! Bukan Sedan apalagi Hatchback Berita
Toyota Corolla Cross Resmi Debut di Thailand! Bukan Sedan apalagi Hatchback Toyota Corolla Cross akhirnya resmi meluncur di Thailand. Belakangan ini kabar mengenai calon mobil baru Toyota ini memang cukup menghebohkan dunia maya. Selain menjadi mobil dengan model baru, produk SUV ini juga heboh karena menggunakan sebuah nama yang sudah eksis dan sukses akan model sedan Toyota. Nyaris tak ada DNA Corolla sedan pada mobil ini. Wajar saja karena mobil baru ini adalah SUV. Hanya saja, kesamaannya adalah rancang bangun yang menganut Toyota New Global Architecture (
Mercedes-Benz S-Class Generasi Baru Pakai MBUX yang Semakin Humanis Berita
Mercedes-Benz S-Class Generasi Baru Pakai MBUX yang Semakin Humanis Mercedes-Benz S-Class yang merupakan sedan flagship merek three pointed star ini memiliki infotainment canggih. Bernama Mercedes-Benz User Experience atau disingkat MBUX, fitur ini sudah menjadi gebrakan saat pertama kali diperkenalkan saat 2018 silam.Nah, baru saja Mercedes-Benz memperkenalkan generasi terbaru dari MBUX. Walau teknologi MBUX generasi pertama masih jauh dari kata usang atau bahkan ketinggalan zaman, namun pabrikan asal Jerman ini tetap memberikan peningkatan kemampuan infotainmn
Perbandingan Spesifikasi Wuling Confero S dan Suzuki Ertiga, MPV Keluarga Masa Kini Panduan Membeli
Perbandingan Spesifikasi Wuling Confero S dan Suzuki Ertiga, MPV Keluarga Masa Kini Sejak Wuling Confero diperkenalkan pada 2017 silam, kehadirannya langsung menggebrak segmen MPV keluarga Tanah Air. Bersaing dengan Ertiga dengan harga mulai dari Rp205 jutaan, spesifikasi Wuling Confero S yang dibanderol Rp197 jutaan hampir sama baiknya.DimensiMobil Wuling Confero masuk ke dalam segmen Low MPV dengan dimensi yang hampir sama dengan Ertiga. Tapi kabin Confero cukup lapang dengan wheelbase 2.720 mm. Namun keunggulan Confero S adalah kapasitas bagasi yang terbaik dibandingkan segm
Toyota Land Cruiser VX 200 vs VX 100, Mana yang Lebih Pantas Dibeli? Panduan Membeli
Toyota Land Cruiser VX 200 vs VX 100, Mana yang Lebih Pantas Dibeli? Sebagai SUV legendaris Toyota di Indonesia, Land Cruiser hadir dengan generasi kesembilan yang tangguh dan bertenaga. Harga Toyota Land Cruiser VX 200 mulai dari Rp2,1 miliar, memang lebih mahal dibanding generasi terdahulu, VX 100. Tapi keduanya masih layak untuk dipertimbangkan.Toyota Land Cruiser VX 200KelebihanLand Cruiser VX 200 terus mendapatkan pembaruan fitur untuk mempermudah pengendaraan. Selain sistem infotainment yang mendapatkan head unit layar sentuh, sistem penggerak empat roda le

Lebih

Rekomendasi Mobil

Terbaru Populer
Mazda CX 8
Rp 664,80 - 746,80 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mercedes-Benz A-Class Sedan
Rp 899,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Avanza
Rp 191,10 - 221,25 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Brio
Rp 147,00 - 199,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Kijang Innova
Rp 312,05 - 414,75 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Jazz
Rp 249,50 - 292,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Civic
Rp 527,90 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Agya
Rp 138,20 - 158,60 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Nissan Livina
Rp 205,30 - 269,10 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Mobilio
Rp 203,00 - 258,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik