window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Komparasi Mengemudi Daihatsu Luxio dan Gran Max

Alex · 22 Jun, 2020 10:00

Komparasi Mengemudi Daihatsu Luxio dan Gran Max 01

Daihatsu Luxio merupakan sebuah MPV ekonomis. Harga Daihatsu Luxio berkisar dari Rp 203 jutaan sampai Rp 232,9 jutaan. Ini merupakan harga Luxio 2020. Mobil Daihatsu Luxio tersedia dalam 3 varian dimana Daihatsu Luxio 1.5 X A/T sebagai varian tertinggi merupakan mobil Daihatsu matic. Ada juga beberapa konsumen yang mencari mobil Luxio bekas, harga mobil bekas Luxio 2011 bervarian tergantung dengan kondisi mobil. Mobil ini merupakan saudara kandung dari Daihatsu Gran Max.

Hal itu bisa terlihat dari desain keseluruhan mobil ini yang boxy layaknya Gran Max. Hanya saja jika Gran Max disasar sebagai mobil niaga ringan maka Luxio ditujukan sebagai mobil penumpang.

Namun kedua mobil ini mengusung mesin yang sama. Walau pada Gran Max tersedia mesin dengan opsi 1.300 cc tipe bensin, namun pada varian 1.500 cc sama seperti dengan Luxio.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Lantas bagaimana dengan perbedaan Luxio dan Gran Max dalam hal sensai mengemudi serta kenyamanan bangku penumpang? Apakah sama saja? Atau berbeda jauh? Langsung saja kita bahas.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Luxio

Perbedaan Luxio dan Gran Max dari Segi Mesin

Komparasi Mengemudi Daihatsu Luxio dan Gran Max 01

Dari data mesin yang disajikan, keduanya tak ada perbedaan karakteristik tenaga. Hanya saja, jika Anda memilih Gran Max untuk tunggangan sehari-hari akan kurang nyaman, sebab tak ada pilihan transmisi otomatis. Sedangkan Luxio tersdia versi otomatis.

Dari situ, pengalaman mengemudi yang lebih nyaman tentu hanya bisa didapat oleh Luxio dengan transmisi otomatisnya. Yang perlu diketahui jika Anda belum pernah mengemudikan kedua mobil ini adalah, tuas transmisinya berada di dasbor.

Karena posisi tuas tersebut yang jarang ditemukan pada mobil pada umumnya di tanah air maka Anda perlu membiasakan diri. Keuntungannya adalah ada space kaki lebih lega di bagian tengah antara pengemudi dan penumpang.

Kedua mobil ini menganut mesin berkapasitas bersih 1.495 cc. Dapur pacu berkode 3SZ-VE itu mampu merilis tenaga 95 HP pada 6.000 Rpm dan torsi maksimal di angka 134 Nm di putaran 4.400 Rpm. Tak ada perbedaan antara Daihatsu Luxio dan Gran Max.

Baca juga : Daihatsu Luxio MPV Harga Ekonomis, Bensin Relatif Irit

Perbedaan Luxio dan Gran Max dari Segi Mengemudi

Komparasi Mengemudi Daihatsu Luxio dan Gran Max 02

Yang perlu diketahui dari perbedaan Luxio dan Gran Max adalah karakter saat menjalankannya. Gran Max yang bertransmisi manual 5 percepatan tentu lebih responsif. Anda juga bisa mengatur ritme putaran mesinnya, mau selalu ngebut dalam putaran tinggi atau jalan santai dapat mudah diakomodir.

Sedangkan pada Luxio, transmisi otomatisnya bisa dibilang bukan yang paling nyaman dan enak pada kelas MPV 1.500 cc seharga Rp 200 juta. Memang, pada putaran bawah Anda akan merasakan tarikan cukup galak karena torsinnya cukup besar.

Namun jika Anda tak sedang mengangkut penumpang penuh, gas sedikit saja Luxio akan memberi kejutan tenaga besar. Mungkin bagi beberapa orang hal itu akan membuat kurang nyaman.

Sedangkan karakter yang sama, torsi besar pada putaran awal juga dimiliki Gran Max. Wajar saja, mungkin karena diset sebagai mobil niaga maka akselerasi yang baik di putaran awal penting dimilikinya.

Steering kedua mobil ini sebenarnya sama saja rasanya. Namun putaran setir Luxio Daihatsu sedikit lebih halus ketika manuver parkir. 

Baca juga : Suzuki New Carry Facelift Vs Daihatsu Gran Max, Mampukah Carry Mempertahankan Posisi ‘Rajanya Pick Up’?

Perbedaan Luxio dan Gran Max dalam Hal Kenyamanan

Komparasi Mengemudi Daihatsu Luxio dan Gran Max 03

Bicara penunjang kenyamanan, perbedaan Luxio dan Gran Max juga hampir sama saja. Hanya saja di Daihatsu Luxio sang pengemudi sedikit dimanjakan dengan jok fabric sedikit lebih empuk dibanding Gran Max.

Soal bantingan suspensi, Daihatsu Luxio tentu lebih baik. Walau kedua mobil ini juga pakai basis suspensi yang mirip. Namun dengan ban berukuran 15 inic, sedangkan Gran Max hanya 13 inci, maka saat melintasi medan jelek Luxio lebih baik.

Suspensi depan Daihatsu Luxio dan Gran Max sama-sama pakai tipe Mac Pherson Struts dengan per keong. Namun pada Luxio, Daihatsu menambahkan stabilizer, maka saat menikung jadi lebih baik ketimbang Gran Max. Untuk di bagian belakang, keduanya juga sama-sama 5 link dengan per keong.

Kesimpulan

Cukup sulit menyebut kata "nyaman" dalam perbandingan kedua mobil ini. Basis serupa mobil boxy ini rasanya memang lebih difokuskan untuk keperluan angkutan komersial ketimbang penggunaan pribadi. 

Maka dari itu Daihatsu Luxio yang lebih ditujukan sebagai angkutan pribadi, memang lebih mengasyikkan dan impresif ketimbang Gran Max. Walau keunggulannya tidak jauh, rasa mengemudi Gran Max masih cukup mendominasi saat Anda pindah ke Daihatsu Luxio.

Baca juga : Daihatsu Gran Max di Malaysia Sudah Pakai Mesin Terbaru. Berapa Lama Indonesia Akan Menunggu?

Alex

Seorang mantan product planner and researcher, sangat menyukai data dan semua yang berbau kutu buku. Mobil-mobil favoritnya adalah mobil analog dengan enam silinder

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Daihatsu Luxio 1.5 D M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil