window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Komparasi Ruang Kepraktisan Toyota Agya dan Honda Brio, Mana yang Terbaik?

Mark Jacob · 1 Jul, 2020 09:00

Komparasi Ruang Kepraktisan Toyota Agya dan Honda Brio, Mana yang Terbaik? 01

Toyota Agya dan Honda Brio merupakan mobil berdimensi kecil yang cukup laris di Indonesia. Keduanya menjadi mobil yang cukup bisa diandalkan untuk mobilitas sehari-hari, terutama di kota besar seperti Jakarta. Harga mobil Agya dibanderol Rp143,8 juta hingga Rp149,2 juta. Sedangkan harga Honda Brio baru berkisar dari Rp146 juta hingga Rp199 juta.

Honda Brio Toyota Agya
Harga terendah Rp146 juta Harga terendah Rp143,8 juta
Harga tertinggi Rp199 juta Harga tertinggi Rp149,2 juta
Harga OTR Jakarta Harga OTR Jakarta

Di atas merupakan tabel perbandingan harga mobil Agya dan Honda Brio baru.

Diantara kedua mobil tersebut, manakah yang memiliki ruang kepraktisan lebih baik?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Ruang Kepraktisan Toyota Agya

Toyota Agya memiliki ruang kepraktisan yang cukup baik. Di bagian depan mobil Agya baru memiliki banyak ruang. Di pintu pengemudi, terdapat laci yang bisa dimasukkan botol.

Di pintu penumpang depan juga tersedia laci yang bisa dimasukkan oleh botol. Di tengah, terdapat konsol yang dapat memuat 2 buah botol. Konsol tengah ini terletak di dekat tuas transmisi yang juga mudah untuk diakses.

Komparasi Ruang Kepraktisan Toyota Agya dan Honda Brio, Mana yang Terbaik? 01

Di pintu penumpang bagian kiri dan kanan juga terdapat ruang yang juga bisa digunakan untuk menaruh botol. Hal ini tentunya menjadi kelebihan yang dimiliki oleh Toyota Agya pada ruang penyimpanan yang ada di dalam kabin.

Ruang penyimpanan yang banyak ini mampu menjadi pilihan utama sebagian konsumen. Di bagian dashboard sebelah kiri Toyota Agya terdapat laci berukuran sedang yang bisa digunakan untuk menaruh barang. Letak penyimpanan ini biasanya digunakan untuk menaruh barang berukuran sedang seperti buku servis, lap chamois, kertas-kertas hingga beberapa peralatan milik pengemudi.

Selain itu, ada juga kotak berukuran kecil di dekat dashboard bagian bawah setir. Kotak ini bisa difungsikan sebagai tempat menaruh uang koin, kartu atau benda kecil lainnya. Selain banyaknya ruang penyimpanan yang ada pada Toyota Agya, kelegaan kabin juga dinilai memadai untuk keluarga kecil.

Komparasi Ruang Kepraktisan Toyota Agya dan Honda Brio, Mana yang Terbaik? 02

Ruang Kaki dan Ruang Kepala Toyota Agya

Ruang kaki dan ruang kepala dari Toyota Agya ini tergolong cukup oke. Penumpang yang duduk di bagian depan dan belakang masih mampu bergerak leluasa karena kabin mobil agya yang tidak terlalu sempit. Jarak antara kaki dengan kursi di bagian depan juga cukup luas untuk penumpang belakang dengan tinggi 170 cm. Ruang kepala New Agya yang di belakang juga masih dapat bergerak dengan bebas.

Di bagian belakang, Toyota Agya memiliki kapasitas bagasi yang cukup besar. Kapasitas bagasi dari Toyota Agya ini bisa menampung 4 buah koper besar atau setara dengan memuat beberapa galon. Bagi keluarga muda, tentu hal ini menjadi salah satu bagian positif. Mengingat banyak keluarga muda yang kerap membawa banyak barang saat bepergian. Untuk membawa stroller bayi bagaimana? Masih bisa muat juga kok.

Ruang Kepraktisan Honda Brio

Lalu, bagaimana dengan ruang kepraktisan dari Honda Brio yang menjadi kompetitornya? Jika melihat ruang kepraktisannya, mobil Honda Brio terbaru tidak jauh berbeda dengan generasi pendahulunya. Sebelum membahas ruang kepraktisannya, kami akan membahas sedikit ubahan mengenai desainnya. Desain dashboard Honda Brio terbaru dan generasi sebelumnya cukup berbeda. Yang paling membedakan adalah bagian lubang ac.

Komparasi Ruang Kepraktisan Toyota Agya dan Honda Brio, Mana yang Terbaik? 03

Honda Brio juga dibekali dengan cup holder atau penyimpanan botol sejumlah 4 buah yang tersebar di dalam mobil. Cup holder ini berjumlah 2 buah di bagian depan sisi pintu, dan 2 di bagian belakang sisi pintu. kompartemen terbuka yang ada di dekat transmisi juga masih ada dan dapat digunakan untuk membawa barang berukuran kecil.

Mobil Honda Brio terbaru, yakni Honda Brio RS terbaru yang kini sedang populer di kalangan masyarakat dengan penampilannya yang gagah dan juga sangat keren.

Ruang Kaki dan Ruang Kepala Honda Brio

Bagi penumpang dengan tinggi 170 cm, rasanya tak akan menjadi masalah jika duduk di bagian depan maupun belakang. Karena ruang kaki dan ruang kepala dari Honda Brio ini sangat baik. Jarak antara kaki dengan dashboard saat duduk di depan masih sangat leluasa. Begitu juga pada saat duduk di belakang, ruang kaki dan ruang kepala masih dapat bergerak bebas.

Sandaran di bagian depan dan belakang juga dapat diatur ketinggiannya. Berbeda dengan Toyota Agya yang hanya dapat diatur sandaran di bagian belakangnya saja. Ini menjadi kelebihan bagi para pemilik Honda Brio generasi terbaru.

Salah satu ubahan yang cukup signifikan adalah cara membuka pintu pada bagasi. Jika generasi Honda Brio pertama harus memakai kunci untuk membuka bagasi, kini tak perlu lagi. Untuk membukanya kini hanya perlu menarik tuas mekanis yang ada di dekat bagian kaki dari sisi pengemudi. Penggunaan tombol atau tuas ini jelas sangat memudahkan dan praktis.

Ubahan lain adalah adanya tuas penarik untuk melipat jok belakang pada Honda Brio baru. Jika pada generasi sebelumnya pemilik harus menarik ke atas tuas tersebut untuk melipat, kini hal tersebut tak ada lagi. Pada generasi terbaru ini pemilik hanya perlu menarik tuas dengan memasukkan jari ke dalam tuas. Penarikan untuk melipat jok belakang akan menjadi semakin mudah dan cepat. Di bagian dasbor depan juga terdapat laci kecil yang bisa digunakan untuk menaruh barang kecil.

Komparasi Ruang Kepraktisan Toyota Agya dan Honda Brio, Mana yang Terbaik? 04

Laci ini memang cukup kecil, tetapi cukup bisa digunakan untuk menaruh benda tak terlalu besar seperti buku servis. Untuk ruang kepala dan kaki, jelas generasi baru Honda Brio ini juga menjadi lebih luas dan lega. Ruang kaki bagi penumpang depan cukup lega sehingga mampu memberikan kenyamanan pada saat berkendara.

Lalu di bagian bagasi, Honda Brio memiliki kapasitas bagasi yang lebih besar dibandingkan dengan Agya. Jika diibaratkan, mobil ini mampu memuat koper berukuran besar berjumlah 2 buah. Selain itu, kapasitas bagasi juga bisa digunakan untuk membawa galon sebanyak 4 buah.

Komparasi Ruang Kepraktisan Toyota Agya dan Honda Brio, Mana yang Terbaik? 05

Kesimpulan

Honda Brio dan Toyota Agya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika dibandingkan dari harga, Toyota Agya memiliki keunggulan dengan harga yang lebih terjangkau. Sedangkan dari sisi desain dan kenyamanan, Honda Brio memiliki keunggulan yang lebih baik.

Dari ukuran luarnya bisa ditarik kesimpulan bahwa luas kabin mobil Honda Brio terbaru lebih lapang dibandingkan Toyota Agya. Dengan predikat sebagai mobil perkotaan yang kompak berdimensi mungil, tentu ini jadi keunggulan tersendiri terutama dalam menghadirkan kenyamanan berkendara.

Selain itu, mobil Honda Brio terbaru juga diklaim memiliki kapasitas bagasi yang lebih besar dibandingkan Toyota Agya. Kendati sama-sama memiliki kekurangan dan kelebihan, keduanya tetap layak direkomendasikan sebagai mobil perkotaan.

Konsumsi bahan bakar yang irit, desain yang stylish, bagasi luas, dan kenyamanan dalam kabin yang mumpuni membuat kedua mobil tersebut menjadi salah satu mobil kompak terlaris di Indonesia. Tak heran banyak masyarakat Indonesia yang membeli kedua mobil tersebut untuk dijadikan kendaraan mobilitas tinggi di perkotaan.

Lalu, manakah yang layak dijadikan mobil harian diantara keduanya? Jawaban kami terletak kepada mobil Honda Brio. Honda Brio terbaru memiliki desain yang lebih keren, stylish. Konsumsi bahan bakar dari mobil tersebut juga sangat baik, sehingga cocok dijadikan mobil beraktifitas sehari-hari. Namun pilihan semua kembali di tangan Anda. Mau pilih mobil Honda Brio atau Toyota Agya?

Komparasi Ruang Kepraktisan Toyota Agya dan Honda Brio, Mana yang Terbaik? 06

Mark Jacob

Tergila-gila dengan mobil tua, apalagi buatan Eropa. Pastinya suka berteman dengan mobil yang boros, dan pintunya cuma dua.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil