Komparasi Spesifikasi Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga, Mana yang Lebih Baik?

Berbicara mengenai mobil keluarga atau MPV, rasanya ada dua mobil yang patut masuk ke dalam daftar pembelian. Keduanya adalah Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga. Kedua mobil ini bisa menjadi alternatif lain bagi mereka yang bosan dengan mobil keluarga seperti Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Suzuki Ertiga punya harga Rp205 juta tipe terendah hingga Rp249 juta untuk tipe tertinggi. Sedangkan Honda Mobilio memiliki banderol Rp203 juta tipe terendah dan Rp259 juta tipe tertingginya. 

Kedua mobil ini juga sebenarnya memiliki spesifikasi yang cukup baik untuk ukuran mobil 7 penumpang yang kerap digunakan untuk bepergian bersama keluarga. Akan tetapi, banyak dari calon konsumen belum terlalu mengetahui spesifikasi detailnya. Kami akan mencoba membahas komparasi spesifikasi antara Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga. Kira-kira, mana yang terbaik?

Spesifikasi Suzuki Ertiga

Suzuki Ertiga merupakan salah satu kompetitor terdekat bagi Honda Mobilio. Secara desain, mobil ini memiliki tampilan yang lebih kalem dan elegan. Suzuki Ertiga yang ada di Indonesia saat ini merupakan generasi ketiga dengan tampilan yang lebih modern dan keren.

Dimensi 

Suzuki Ertiga sendiri memiliki dimensi dengan spesifikasi panjang 4.395 mm, lebar 1.735 mm dan tinggi 1.690 mm. Sedangkan ground clearance dari mobil ini mencapai 180 mm. Kabin dari Suzuki Ertiga bisa dibilang lebih lapang dibandingkan dengan Honda Mobilio.

Mesin  

Untuk bagian mesin, Suzuki Ertiga memakai dapur pacu berkode K15B dengan kapasitas 1.462 cc, 4 silinder, DOHC, VVT. Mesin ini juga sama dengan kepunyaan Suzuki Jimny yang namanya saat ini menjadi trend di Indonesia. Tenaga yang dapat diraih dari mesin tersebut mencapai 104 hp dengan torsi maksimal 130 Nm.

Mesin ini dapat mencatatkan angka konsumsi bahan bakar yang sangat irit. Rekan jurnalis pernah mengujinya di pulau Bali sesaat setelah generasi ketiga Suzuki Ertiga ini diluncurkan. Bahkan konsumsi bahan bakarnya mampu mencapai 1 banding 25 kilometer per liter. Angka ini cukup luar biasa untuk mobil keluarga. 

Suspensi

Suspensi dari Suzuki Ertiga juga terbilang sangat nyaman. Bantingan suspensinya empuk, tetapi tidak membuat mobil menjadi limbung. Ketika dibawa untuk melibas jalanan berlubang, mobil keluarga ini mampu memberikan peredaman yang baik dengan kenyamanan yang luar biasa. 

Karakter suspensinya bagi sebagian orang akan dirasa terlalu empuk di bagian depan dan belakang. Akan tetapi bagi mereka yang suka dengan lembutnya suspensi tersebut, hal itu menjadi nilai lebih. 

Paduan antara suspensi depan dan belakang benar-benar sempurna untuk kelas mobil keluarga yang ada di Indonesia. Mengapa bisa demikian? Apa rahasianya?

Mari kita bahas. Suzuki Ertiga dibekali dengan suspensi MacPherson Strut dengan paduan coil spring di bagian depan. Sedangkan di bagian belakang memakai Torsionbeam dengan paduan coil spring. Coil spring inilah yang bertugas memberikan kenyamanan pada saat mobil sedang melaju. Kombinasi suspensi depan dan belakang mampu memberikan kenyamanan saat berkendara.

Lalu, bagaimana dengan Honda Mobilio?

Spesifikasi Honda Mobilio

Dimensi 

Honda Mobilio memiliki dimensi yang cukup panjang. Dimensi panjang mobil ini mencapai 4.386 mm, lebar 1.683 mm, dan tinggi 1.603 mm. Ground clearance dari mobil ini mencapai 189 mm sehingga bisa dibilang memiliki ground clearance yang tidak terlalu tinggi, namun bagi sebagian orang ini masih dianggap cukup rendah.

Jika melihat bentuknya, mobil ini memiliki desain yang cukup stylish. Sehingga banyak orang tertarik untuk menjadikannya sebagai mobil keluarga. Akan tetapi, Suzuki Ertiga lebih panjang sedikit sekitar 10 mm. Hal ini menandakan kelegaan kabin  pada Suzuki Ertiga menjadi lebih baik dibanding Honda Mobilio. 

Mesin

Soal mesin, Honda Mobilio dibekali oleh dapur pacu dengan kode L15Z berkapasitas 1.496 cc, 4 silinder. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 116 hp dengan torsi maksimal yang dapat diraih mencapai 145 Nm. Tenaga yang mampu dihasilkan oleh mesin akan disalurkan ke penggerak roda depan, sama seperti Suzuki Ertiga yang menjadi kompetitornya.

Sedangkan transmisi yang ditawarkan terdiri dari manual 5 percepatan dan otomatis CVT. Demikian pula dengan Suzuki Ertiga yang menawarkan dua pilihan transmisi, yakni 5 percepatan manual dan otomatis CVT. Karakter transmisi diantara keduanya pun hampir sama, alias mirip-mirip.

Suspensi

Lalu, bagaimana dengan suspensi dari Mobilio? Sebagai mobil keluarga, hal utama yang harus diperhatikan adalah kenyamanan. Suspensi dari Honda Mobilio terbilang cukup keras dengan bantingan yang masih tergolong ke dalam batas wajar yang masih dapat ditoleransi.

Ketika saat melahap jalan rusak, suspensi Honda Mobilio terasa cukup keras, terutama di bagian suspensi belakang. Jika dibandingkan dengan Suzuki Ertiga, suspensi dari Mobilio ini memang kurang nyaman untuk meredam kejut dari jalan berlubang maupun jalan bergelombang. 

Jika dikendarai sendiri, mobil ini akan terasa sedikit memiliki suspensi yang lebih keras. Namun jika diisi penuh oleh penumpang, suspensi tersebut akan terasa cukup nyaman dengan bantingan yang pas. Kerasnya suspensi tersebut berimbas kepada handling yang lebih baik pada saat menikung. 

Honda meracik suspensi Honda Mobilio dengan model MacPherson Strut di bagian depan, dan H-Shape Torsion Beam di bagian belakang. Karakter torsion beam yang cenderung keras membuat mobil memiliki handling yang cukup baik. Tak heran jika karakter suspensi antara Mobilio dan Ertiga berbeda. 

Kesimpulan

Jika menarik kesimpulan, Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Bagi mereka yang ingin desain elegan, mewah dan modern Honda Mobilio akan lebih cocok. Sedangkan bagi mereka yang suka desain dinamis dan sporty, Suzuki Ertiga akan menjadi pilihan menarik.

Soal kenyamanan, suspensi Suzuki Ertiga jauh lebih baik dibanding Honda Mobilio. Karakter suspensinya yang empuk, membuat penumpang akan menjadi lebih nyaman dan betah saat di perjalanan. Konsumsi bahan bakar keduanya pun sama-sama irit. Tak heran kedua mobil ini menjadi mobil yang cocok untuk diboyong. 

Walaupun begitu, kedua mobil di atas layak untuk dibeli sebagai mobil keluarga pilihan di Indonesia. Kedua mobil tersebut tetaplah memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Saran kami, Suzuki Ertiga akan lebih nyaman dikendarai dibanding Honda Mobilio. 

Anda sebagai pembeli harus lebih bijak dalam menentukan pilihan agar tidak menyesal di kemudian hari. Selamat memilih mobil keluarga yang terbaik bagi keluarga Anda.

↓ ↓ ↓ Ayok Para Miliuner, Sukai dan Bagikan!

Berita Terbaru

Indonesia Bakal Jadi Negara Penting Bagi Mobil Listrik? Berita
Indonesia Bakal Jadi Negara Penting Bagi Mobil Listrik? Mobil listrik pastinya membutuhkan baterai lithium sebagai unsur utama sumder daya penggeraknya. Walau trend mobil listrik belum heboh, namun menariknya Indonesia disebut punya potensi sebagai produsen baterai lithium yang cukup besar di dunia.Hal itu dikatakan langsung oleh Luhut Binsar Pandjaitan selaku Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi pada sebuah webinar pada Minggu (28/6) kemarin. Dikutip dari Detik, Luhut mengatakan bahwa Indonesia akan memproduksi baterai lithium pada 2
Melihat Biaya Perawatan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra Mana yang Termurah?
Melihat Biaya Perawatan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra Mana yang Termurah? Toyota Calya dan Daihatsu Sigra merupakan dua mobil yang bermain di segmen yang sama. Sebagai mobil yang diplot sebagai mobil murah ramah lingkungan, keduanya punya banderol yang tidak terlalu mahal. Dan, keduanya merupakan produk kerjasama antara Toyota dan Daihatsu Indonesia dalam program mobil low cost green car (LCGC).Daihatsu Sigra dan Toyota Calya bermain di segmen MPV kecil. Status keduanya sama-sama memiliki panggilan mobil murah sejuta umat. Kami akan mencoba membahas biaya perawat
Melihat Biaya Servis Toyota Agya dan Honda Brio, Mana yang Lebih Mahal?
Melihat Biaya Servis Toyota Agya dan Honda Brio, Mana yang Lebih Mahal? Mobil berukuran kecil dan kompak di Indonesia lebih memiliki banyak peminat. Hal tersebut dikarenakan mobilitas masyarakatnya yang tinggi dan jalanan yang kerap macet menjadi alasan utama. Alasan lain adalah, konsumsi bahan bakar dari mobil berukuran kecil juga terpantau sangat irit. Sehingga bisa memangkas pengeluaran. Toyota Agya dan Honda Brio menjadi dua mobil yang cukup laris di Indonesia. Keduanya merupakan pesaing terdekat untuk segmen mobil hatchback berukuran kecil dan kompak di Indones
Komparasi Spesifikasi Renault Triber Melawan Datsun Cross
Komparasi Spesifikasi Renault Triber Melawan Datsun Cross Renault Triber merupakan sebuah mobil baru yang cukup menarik. Dengan range harga Rp 166,9 juta hingga Rp 184,9 juta, Triber harusnya bisa mengganggu model LCGC maupun low hatchback seperti Datsun Cross.Triber sendiri saat ini tercatat sebagai mobil merek Eropa paling murah yang dijual di Indonesia. Triber sendiri masuk ke Tanah Air dengan status impor utuh (CBU) dari pabrik Renault di India.Mobil ini secara kapasitas, mampu untuk mengangkut 7 orang penumpang. Namun seolah membaca tren dan
Mau Beli Honda Civic Hatchback? Ketahui Dahulu Fakta-fakta ini
Mau Beli Honda Civic Hatchback? Ketahui Dahulu Fakta-fakta ini Honda Civic Hatchback merupakan salah satu model yang cukup menarik. Mobil ini sekarang hanya dijual dalam satu varian saja dengan harga Rp 499.000.000,0 on the road Jakarta.Mengusung nama besar Civic, generasi kesepuluh untuk pasar Indonesia ini memang tergolong mahal. Namun karena di kelasnya sepi pesaing, Civic Hatchback pun jadi bersinar dengan berbagai kelebihannya.PT Honda Prospect Motor memberikan penyegaran pada mobil ini beberapa bulan lalu. Bersamaan dengan itu, varian Civic Hatchback

Lebih

Rekomendasi Mobil

Terbaru Populer
Mazda CX 8
Rp 664,80 - 746,80 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mercedes-Benz A-Class Sedan
Rp 899,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Avanza
Rp 191,10 - 221,25 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Brio
Rp 147,00 - 199,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Kijang Innova
Rp 312,05 - 414,75 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Jazz
Rp 249,50 - 292,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Civic
Rp 527,90 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Agya
Rp 138,20 - 158,60 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Nissan Livina
Rp 205,30 - 269,10 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Mobilio
Rp 203,00 - 258,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik