Komparasi Spesifikasi Renault Triber Melawan Datsun Cross

Renault Triber merupakan sebuah mobil baru yang cukup menarik. Dengan range harga Rp 166,9 juta hingga Rp 184,9 juta, Triber harusnya bisa mengganggu model LCGC maupun low hatchback seperti Datsun Cross.

Triber sendiri saat ini tercatat sebagai mobil merek Eropa paling murah yang dijual di Indonesia. Triber sendiri masuk ke Tanah Air dengan status impor utuh (CBU) dari pabrik Renault di India.

Mobil ini secara kapasitas, mampu untuk mengangkut 7 orang penumpang. Namun seolah membaca tren dan kemauan pasar Indonesia, mobil ekonomis ini mengusung desain khas SUV. 

Maka dari situ, memang cukup tepat membandingkan Renault Triber dengan Datsun Cross. Selain karena desainnya sama-sama bergaya SUV atau crossover, kisaran harganya pun juga serupa dengan Triber.

Untuk itu dalam kesempatan kali ini kita akan bahas perbandingan spesifikasi mesin mobil ini. Pertama yang paling menarik tentu adalah mesin keduanya. Setelah itu, akan kita bandingkan pula daya yang dihasilkan dari mesin masing-masing.

Selain mesin, dimensi kedua mobil ini juga perlu untuk dibandingkan. Tentu Anda penasaran, siapa yang ukurannya lebih besar antara keduanya? Untuk itu langsung saja kita mulai.

Perbandingan Spesifikasi Mesin

Renault Triber mengandalkan mesin berkapasitas 1.000 cc dengan konfigurasi tiga silinder segaris. Mesin yang tergolong kecil untuk ukuran mobil 7 penumpang itu diklaim mampu menghasilkan daya 71 Hp dengan torsi maksimum di angka 96 Nm.

Walau tergolong berkapasitas ringkas, namun Renault cukup oke dalam pemberian teknologi. Dapur pacu tersebut sudah dilengkapi dengan teknologi dual VVT.

Lantas bagaimana dengan Datsun Cross?

Di atas kertas, mesin Cross berkapasitas lebih besar, yakni 1.200 cc namun sama-sama berkonfigurasi tiga silinder. Ternyata dapur pacu tersebut tenaganya sampai 77 Hp pada transmisi otomatis. Namun jika Anda pilih Datsun Cross bertransmisi manual, tenaganya hanya 67 Hp.

Perbandingan Transmisi

Pada sektor transmisi memainkan peran penting untuk pertimbangan memilih dua mobil ini. Keduanya memang sama-sama tersedia opsi transmisi manual. Tidak ada catatan penting dalam opsi transmisi tiga pedal tersebut.

Nah, untuk transmisi otomatis keduanya jauh berbeda. Triber mengusung jenis Automated Manual Transmission (AMT). Transmisi satu ini tak bisa sepenuhnya disebut punya transmisi otomatis. Sebab, kendati pedalnya hanya dua namun karakteristik pengoperasiannya tak murni seperti transmisi otomatis konvensional. 

Lain halnya pada Datsun Cross. Model satu ini sudah dibekali penerus daya berteknologi CVT alias continuously variable transmission. Tentunya bukan cuma praktis, namun transmisi otomatis jenis ini menjanjikan perpindahan gigi yang lebih halus ketimbang AMT.

Persamaan kedua mobil ini adalah menganut sistem penggerak depan alias front wheel drive (FWD). Keuntungan mobil FWD tentu harusnya adalah akselerasi yang baik dan lebih efisien dalam hal konsumsi bahan bakar.

Perlu Anda ketahui pula, hingga artikel ini disusun, Renault belum menyediakan tipe transmisi AMT di Indonesia walau pemesanan akan Trimber 2 pedal ini sudah membludak. Pabrikan asal Prancis ini namun berjanji tahun ini sudah bisa memenuhi permintaan Triber transmisi AMT.

Komparasi Dimensi

Urusan dimensi rasanya cukup penting bagi mobil yang di kabinnya punya tiga baris bangku. Semakin besar dimensinya tentu harusnya semakin lega kabinnya. 

Dalam lembar spesifikasi, Triber punya panjang total 3.990 mm, lebarnya hanya 1.547 mm dan tingginya 1.662 mm. Dari data dimensi tersebut membuatnya lebih compact dibanding Datsun Cross.

Lantas berapa ukuran dimensi andalan Datsun tersebut? Di lembar spesifikasi tertulis panjangnya 3.995 mm, lebarnya 1.670 mm dan tingginya lebih rendah dari Triber, yakni 1.560 mm. 

Kesimpulan

Sebagai pendatang baru, Triber memang menarik untuk dijadikan alternatif bagi yang mencari mobil ekonomis 7 seater. Namun Anda harus siap menerima kenyataan bahwa opsi varian dua pedalnya bukan murni transmisi otomatis. Tentu ini akan jadi penting bagi yang mengagungkan kenikmatan berkendara. 

Dari segi transmisi memang Datsun Cross juaranya. Namun kelemahannya dibanding Triber justru ada di jumlah variannya yang hanya ada dua, sementara Triber ada 3 varian pilihan.

↓ ↓ ↓ Ayok Para Miliuner, Sukai dan Bagikan!

Berita Terbaru

Sensasi Berkendara Toyota C-HR, Apakah Lebih Asyik daripada Honda HR-V? Reviews
Sensasi Berkendara Toyota C-HR, Apakah Lebih Asyik daripada Honda HR-V? Toyota C-HR mungkin kalah pamor dengan beberapa crossover merek lain yang ada di Indonesia. Mungkin bagi banyak orang, mobil seharga Rp509 jutaan ini kemahalan. Untuk model yang lebih valuable, masih ada Honda HR-V yang tak kalah keren.Sekalipun mahal, Toyota C-HR bukan berarti tidak menarik. Mobil ini menawarkan suatu kenikmatan fun to drive ala Toyota. Penampilannya lebih agresif dengan sudut-sudut tegas.Sebelum membahas soal impresi berkendara, kita harus tahu juga spesifikasi Toyota C-HR yan
 Toyota Corolla Cross Resmi Debut di Thailand! Bukan Sedan apalagi Hatchback Berita
Toyota Corolla Cross Resmi Debut di Thailand! Bukan Sedan apalagi Hatchback Toyota Corolla Cross akhirnya resmi meluncur di Thailand. Belakangan ini kabar mengenai calon mobil baru Toyota ini memang cukup menghebohkan dunia maya. Selain menjadi mobil dengan model baru, produk SUV ini juga heboh karena menggunakan sebuah nama yang sudah eksis dan sukses akan model sedan Toyota. Nyaris tak ada DNA Corolla sedan pada mobil ini. Wajar saja karena mobil baru ini adalah SUV. Hanya saja, kesamaannya adalah rancang bangun yang menganut Toyota New Global Architecture (
Mercedes-Benz S-Class Generasi Baru Pakai MBUX yang Semakin Humanis Berita
Mercedes-Benz S-Class Generasi Baru Pakai MBUX yang Semakin Humanis Mercedes-Benz S-Class yang merupakan sedan flagship merek three pointed star ini memiliki infotainment canggih. Bernama Mercedes-Benz User Experience atau disingkat MBUX, fitur ini sudah menjadi gebrakan saat pertama kali diperkenalkan saat 2018 silam.Nah, baru saja Mercedes-Benz memperkenalkan generasi terbaru dari MBUX. Walau teknologi MBUX generasi pertama masih jauh dari kata usang atau bahkan ketinggalan zaman, namun pabrikan asal Jerman ini tetap memberikan peningkatan kemampuan infotainmn
Perbandingan Spesifikasi Wuling Confero S dan Suzuki Ertiga, MPV Keluarga Masa Kini Panduan Membeli
Perbandingan Spesifikasi Wuling Confero S dan Suzuki Ertiga, MPV Keluarga Masa Kini Sejak Wuling Confero diperkenalkan pada 2017 silam, kehadirannya langsung menggebrak segmen MPV keluarga Tanah Air. Bersaing dengan Ertiga dengan harga mulai dari Rp205 jutaan, spesifikasi Wuling Confero S yang dibanderol Rp197 jutaan hampir sama baiknya.DimensiMobil Wuling Confero masuk ke dalam segmen Low MPV dengan dimensi yang hampir sama dengan Ertiga. Tapi kabin Confero cukup lapang dengan wheelbase 2.720 mm. Namun keunggulan Confero S adalah kapasitas bagasi yang terbaik dibandingkan segm
Toyota Land Cruiser VX 200 vs VX 100, Mana yang Lebih Pantas Dibeli? Panduan Membeli
Toyota Land Cruiser VX 200 vs VX 100, Mana yang Lebih Pantas Dibeli? Sebagai SUV legendaris Toyota di Indonesia, Land Cruiser hadir dengan generasi kesembilan yang tangguh dan bertenaga. Harga Toyota Land Cruiser VX 200 mulai dari Rp2,1 miliar, memang lebih mahal dibanding generasi terdahulu, VX 100. Tapi keduanya masih layak untuk dipertimbangkan.Toyota Land Cruiser VX 200KelebihanLand Cruiser VX 200 terus mendapatkan pembaruan fitur untuk mempermudah pengendaraan. Selain sistem infotainment yang mendapatkan head unit layar sentuh, sistem penggerak empat roda le

Lebih

Rekomendasi Mobil

Terbaru Populer
Mazda CX 8
Rp 664,80 - 746,80 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mercedes-Benz A-Class Sedan
Rp 899,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Avanza
Rp 191,10 - 221,25 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Brio
Rp 147,00 - 199,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Kijang Innova
Rp 312,05 - 414,75 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Jazz
Rp 249,50 - 292,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Civic
Rp 527,90 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Agya
Rp 138,20 - 158,60 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Nissan Livina
Rp 205,30 - 269,10 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Mobilio
Rp 203,00 - 258,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik