Konsumsi BBM Wuling Confero Hemat atau Boros? Yuk disimak!

Kurnia Soemarno · 17 Feb 2020 12:00

Tanpa adanya perangkat tambahan dan juga modifikasi berlebihan, konsumsi bahan bakar Wuling Confero S mampu mencapai 22 hingga 25 km/liter. 

Pabrik Wuling di China dikabarkan tengah membuat versi elektrik dari Hongguang S. Di Indonesia, model ini masih termasuk bersaudaraan dengan Confero S yang terkenal sebagai kendaraan keluarga. 

Informasi mengenai produk ini tertera di Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi China. Wuling Hongguang S EV alias Wuling Confero dibekali dengan motor penggerak yang memiliki daya maksimum 60 kW dengan kecepatan 100 km/jam. 

Baterai yang dipakai untuk mobil ini berjenis lithium iron phosphate yang dipasok oleh Hefei Guoxuan Gaoke Power Energy Co., Ltd. Tampilan Wuling Confero S EV terlihat hampir sama dengan model reguler, kecuali di beberapa panel dan logo EV di buritan. 

Dikabarkan bahwa mobil Wuling Confero ini memiliki dua versi elektrik. Yang pertama adalah Low MPV untuk penggunaan pribadi. Dan yang satunya lagi adalah jenis kendaraan niaga di fleet market.

Dalam hal ruang dan jok penumpang, Wuling Hongguang S EV (LMPV) mendapat pembaharuan menjadi tujuh kursi dan juga fitur lainnya seperti lampo kabut, roof rail, rak bagasi, multireflektor dan juga wiper belakang. Tampilan dari Wuling Hongguang S EV pada dasarnya menggunakan rangka beserta struktur reguler. 

Desain garis tajam juga terlihat pada sisi bodi mobil. Sedangkan pada versi niaga, semua yang tersedia serba biasa. Seperti pelek kaleng dengan ban yang berukuran 175/70 14 inci dan juga tidak terdapat fog lamp. 

Untuk tempat duduk, versi niaga hanya memiliki dua tempat duduk di barisan pertama, selebihnya kosong dengan papan pemisah di tengah. Perbedaan yang paling kontras hanyalah logo EV kecil di atas tutup bagasi.

Spesifikasi Wuling Confero

Eksterior 

Pada bagian eksteriornya, Wuling Confero memiliki garis lekuk minimalis tanpa mengurangi kesan elegannya. Pada bagian depan mobil ini telah mendapatkan pembaruan yang lebih stylish dan fresh. 

Penerangan yang optimal dengan headlamp yang bertipe Adjustable Projector Headlight disertai dengan fog lamp yang sudah menggunakan fitur Daytime Running Light (DRL) di kedua ujung bumper dan tidak ada perubahan yang drastis pada bagian samping mobil ini. 

Handle pintu telah di desain dengan garis tipis dan dibawahnya telah dibuat side skirt bergaya Luxury Side Body Moulding. Spion juga telah menggunakan teknologi Electronic Door Mirror.

Bagian belakang Wuling Confero terlihat simple dan sederhana namun elegan dengan ukuran yang cukup besar.

Interior 

Interior Wuling Confero memiliki kabin yang terbilang cukup besar dan luas, sehingga mobil ini layak disebut sebagai mobil keluarga. Material dari mobil ini merupakan yang terbaik di kelasnya dan fiturnya dinilai futuristik.

Pada bagian dasbor dengan head unit layar berukuran 8 inci. Untuk ukuran Low MPV, head unitnya terbilang cukup lengkap dengan Usb port dan bluetooth.

AC yang sudah dilengfkapi teknologi Electromotion dan dual blower yang memberi kesejukan yang puas di dalam kabin. Ada juga sensor kamera yang membantu pengemudi untuk memarkirkan mobilnya.

Setir dari Wuling Confero ini mendapat fitur switching button. Ada juga MID Luxury Cluster yang bermanfaat sebagai pemberi informasi angka kecepatan, jarak tempuh dan juga konsumsi bahan bakar. Wuling Confero juga memiliki fitur Tire Pressure Monitoring System (TPMS).

Keamanan dan Keselamatan

Berikut ini adalah beberapa fitur keselamatan yang dimiliki Wuling Confero:

Child Safety Locks 

Sabuk Pengaman Belakang

Pengingat Pemakaian Sabuk Pengaman  

Sabuk Pengaman Depan dengan Penyesuai ketinggian

Pelindung Benturan Depan

Pelindung Benturan Samping

Pengingat Pintu Terbuka 

Konsumsi BBM Wuling Confero

Masalah efisiensi BBM jelas menjadi hal yang utama dalam peperangan dunia otomotif. Segmen Low MPV mengutamakan keiritan konsumsi BBM. Kehadiran Wuling Confero cukup menarik perhatian dan juga mendapat respon positif dari oleh pasar.  

Dengan dilengkapi fitur lengkap dan juga harga yang lebih murah, mesin Wuling Confero dikabarkan memiliki teknologi yang menghasilkan konsumsi bahan bakar yang irit dan efisiensi. 

Dari hasil test drive dari beberapa pemilik Confero secara full-to-full, konsumsi BBM Wuling Confero berkisar di 11 kpl (dalam kota) dan 14 kpl (luar kota)

Apakah Pengalaman Pengemudi Wuling Confero?

Meskipun dituding dengan berbagai berita negatif dan cerita miring, namun setelah memakai Wuling Confero dalam waktu satu tahun, kualitas mobil Confero ini ok banget. 

Mulai dari mesin yang handal dan kuat di tanjakan, fitur safety yang melimpah membuatnya semakin menarik. Belum lagi dengan biaya yang dibanderol cukup terjangkau, dimana fiturnya hampir sama dengan mobil LCGC. 

Jaringan Dealer resminya juga banyak di Indonesia dan biaya servis dan spare yang nyaman di kantong. Interior kursinya tebal dan jahitan kulit pada dashboard juga asli. 

Mobil Wuling Confero ini bukan kaleng-kalengan. Tidak akan menyesal milih Wuling Confero. Kualitasnya yang baik dan juga harga yang mudah dijangkau.

Komentar

Mobil Terbaru