LSUV Penggerak Roda Belakang, Toyota Rush 2021 Bisa Tetap Menjadi Idol?

Enda · 4 Des 2020 20:00

Tampilan Toyota Rush 2021

Toyota Rush merupakan salah satu produk dari PT Toyota Astra Motor yang mendominasi penjualan Low Sport Utility Vehicle (LSUV) di Indonesia.

Bisa dilihat, hingga kuartal ketiga tahun ini tepatnya di bulan ke-10, Toyota Rush menempati posisi LSUV terlaris di atas Mitsubishi Xpander Cross berdasarkan data penjualan mobil dari pabrik ke diler. Data yang didapat bersumber dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Sebanyak 19.086 unitnya berhasil diantar ke diler. Ini artinya, Toyota Rush tetap menjadi idola hingga kini.

Lantas faktor apa yang membuat Toyota Rush terus menduduki singgasana kejayaan LSUV Tanah Air? Berikut jawabannya.

Sebagai LSUV, Toyota Rush 2021 tampil paling berbeda?

Tampilan belakang Toyota Rush 2021

Bersama dengan saudara kembarnya, Daihatsu All New Terios, Toyota All New Rush (sebutan generasinya saat ini), pertama kali diluncurkan akhir 2017. Saat itu juga, Toyota All New Rush hadir dengan tampilan model terbaru secara keseluruhan.

Wajahnya kini lebih atraktif dengan menampilkan kesan SUV yang bengis, velg berukuran 16 inci model kipas two tone, serta buritan model bokong mengangkat tanpa konde di belakangnya.

Model generasi ini tampaknya akan masih dipertahankan untuk Toyota Rush 2021. Mengingat tampilannya masih sangat disukai dan tidak membosankan.

Oiya, bicara dimensi Toyota Rush 2021 ini mempunyai panjang 4435 mm, lebar 1695 mm dan tinggi 1706 mm. Sedangkan jarak antara kabin luar dengan permukaan aspal setinggi 220 mm.

Ketika berada di dalamnya, interiornya kini juga terkesan lebih baik. Dashboardnya kini lebih landai dan ergonomis. Tidak hanya itu, desain ornament terbarunya serta peletakan beberapa kompartemen sekarang ini terasa lebih friendly.

Tidak seperti Toyota Rush sebelumnya, kini Toyota Rush 2021 dihadirkan konfigurasi tiga baris yang dapat dimuati hingga 7 penumpang.

Penggerak roda belakang, membuat Toyota Rush 2021 jadi idola?

Menggunakan peletakan struktur mesin secara longitudinal, tenaga dari mesin Toyota Rush 2021 ini disalurkan ke penggerak roda belakang melalui tiang kopel yang dihubungkan dengan differential.

Sistem penggerak RWD seperti ini dianggap sangat cocok digunakan oleh sebagian besar masyarakat Tanah Air. Mengingat Toyota Rush 2021 dapat dengan mudah melahap medan berkontur tanpa khawatir kehilangan traksi pada roda.

Tidak seperti LSUV kebanyakan, yang sebagian besarnya menggunakan roda depan sebagai penggerak utama. Maka seringkali terlihat LSUV jenis ini kehilangan traksi ketika diharuskan melewati jalan menanjak dan berkontur.

Mesin Toyota Rush 2021 dipilih karena kebandelannya?

Mesin Toyota Rush 2021

Sama seperti beberapa produk Toyota dan Daihatsu lainnya, Toyota Rush 2021 mendapatkan mesin 2NR-VE, 4 Cylinder In Line, 16 Valves, DOHC, Dual VVT-i.

Mesin ini terbukti memiliki tingkat durabilitas yang baik. Tak heran jika kerusakan secara vital pada dapur pacu ini jarang sekali ditemukan.

Bicara soal tenaga, mesin ini sangat bisa diandalkan. Secara data di atas kertas, jantung mekaniknya mampu merilis 104 PS @6.000 Rpm serta torsi maksimal 13.9 Kgm @4.200 Rpm.

Transmisi Toyota Rush 2021 dapat diandalkan?

Tidak hanya mesin, transmisi yang disematkan pada Toyota Rush 2021 juga bisa diandalkan. Terbukti varian manual serta otomatis konvensionalnya tidak merasa repot ketika diharuskan melahap jalur yang menanjak dan menurun.

Berikut perbandingan rasio gearnya

Perbandingan transmisi Toyota All New Rush
Tingkat percepatan Manual 5-percepatan Otomatis 4-percepatan
I 4,059 2,731
II 2,045 1,526
III 1,376 1,000
IV 1,000 0,696
V 0,742 -
Gigi Mundur 4,128 2,290
Rasio Gigi Akhir 5,571 5,857

Toyota Rush 2021 hadir dengan fitur lebih baik?

Fitur Toyota Rush 2021

Demi menunjang keselamatan berkendara, Toyota Rush 2021 dilengkapi 6 Airbag (dua di depan dan empat di samping), Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA) dan Emergency Brake Signal (EBS).

Tidak ingin ketinggalan, vehicle stability control (VSC) dan hill start assist (HSA) juga bisa kalian temukan di Toyota Rush 2021.

Dijual di bawah Rp300 juta?

Melansir dari situs resminya, untuk harga On The Road Jakarta LSUV berlogo tiga oval ini dijual di bawah Rp300 juta.

Harga Toyota All New Rush
Model Harga
Toyota All New Rush 1.5 G M/T Rp255.200.000
Toyota All New Rush 1.5 G A/T Rp265.200.000
Toyota All New Rush 1.5 S M/T TRD Rp266.600.000
Toyota All New Rush 1.5 S A/T TRD Rp276.600.000

Kesimpulan

Melihat spesifikasi yang dimilikinya, hingga kini Toyota All New Rush masih menjadi idola. Sebagian besar pilihan datang dari sistem penggerak roda, layanan after sales, harga suku cadang yang terjangkau, dapur pacu, serta fitur pendukungnya.

Tak hanya itu, sebagai LSUV masa kini yang bisa diandalkan, Toyota All New Rush dijual dengan harga terbilang masih cukup terjangkau di bawah Rp300 juta.

Komentar

Mobil Terbaru