MPV Murah Berfitur Lengkap, Ini Kelengkapan Fitur Keselamatan Toyota Calya

Toyota Calya merupakan salah satu MPV perkotaan termurah saat ini. Dikembangkan bersamaan dengan Daihatsu Sigra, keduanya masuk ke segmen Low Cost Green Car (LCGC) di Tanah Air dengan harga yang sangat terjangkau.

Tapi jika dibandingkan dengan saudara kembarnya, Toyota Calya memiliki beberapa fitur yang lebih lengkap, salah satunya dalam hal keselamatan. Dibanderol dengan harga mulai dari Rp147 jutaan, berikut fitur keselamatan Toyota Calya yang akan menemani Anda selama berkendara.

1. Fitur Anti-Lock Braking System

Sebelumnya, fitur Anti-lock Braking System hanya digunakan oleh mobil premium dan menjadi salah satu fitur yang signifikan dalam keselamatan berkendara. Dan Toyota Calya terbaru sudah dilengkapi dengan fitur pengereman ABS ini.

Bagi yang belum tahu, fitur ABS akan memastikan roda tidak tergelincir ketika Anda mengerem di jalanan yang licin atau basah setelah turun hujan. Fitur ini sangat berguna terlebih ketika berkendara cukup cepat di jalanan perkotaan dan harus mengerem secara tiba-tiba.

2. Fitur Electronic-force Brake Distribution

Rasa berkendara menjadi lebih aman dengan tambahan fitur Electronic-force Brake Distribution pada sistem pengereman mobil ini. Sistem EBD akan mengatur pengereman dengan mempertimbangkan berbagai faktor untuk mendistribusikan berat pada roda secara seimbang.

Sistem pengereman EBD memang sangat pas jika disandingkan dengan fitur ABS. Keduanya memberikan rasa berkendara yang lebih aman. Sayangnya ada yang hilang pada fitur pengeremannya; yaitu tidak adanya fitur Brake Assist untuk membantu pengereman menjadi lebih akurat dan jarak penghentian lebih pendek.

3. Sensor parkir

Seperti Toyota Agya atau mobil Toyota lainnya, Calya mendapatkan sensor parkir yang akan membantu Anda dalam memasukkan mobil ke tempat parkir. Sayangnya fitur keselamatan Toyota Calya terasa kurang kamera parkir belakang. Mengingat bodi mobil yang cukup kekar, kehadiran kamera parkir pasti akan lebih membantu pengemudi dalam perjalanan.

4. Dual SRS Airbag

Keselamatan berkendara menjadi lebih baik setelah hadirnya Dual SRS Airbag bagi penghuni baris pertama. Pasalnya, sebelum tahun 2016, hanya varian tertinggi Calya saja yang sudah mendapatkan airbag. Sekarang, Dual SRS Airbag bisa ditemukan pada seluruh tipe Calya.

5. 3-point seatbelt

Untuk menjaga keselamatan ketika terjadi benturan, Toyota Calya sudah memberikan 3-point seatbelt yang terdapat pada semua baris di dalam mobil. Ada 7 buah 3-point seatbelt beserta pretensioner dan force limiter bagi pengemudi dan penumpang.

6. ISOFIX

Kendaraan keluarga sepertinya tidak lengkap jika tanpa menggunakan fitur satu ini. Fitur ISOFIX akan memberikan rasa aman ketika Anda membawa anak-anak di dalam mobil. Kursi baris kedua dari Calya memiliki pengait yang bisa dikaitkan dengan kursi bayi.

7. Immobilizer

Memberikan kenyamanan ketika meninggalkan kendaraan, Calya dilengkapi dengan Immobilizer. Fitur yang bisa didapatkan pada seluruh tipe Calya ini merupakan sistem enkripsi elektronik yang menjaga agar hanya kunci asli kendaraan yang bisa menghidupkan mobil.

8. Anti-theft system

Semua tipe Calya juga sudah mendapatkan fitur anti-theft system yang akan melindungi kendaraan ketika terjadi pencurian. Sistem ini termasuk perangkat lunak seperti kunci dan sistem pelacak GPS.

Untuk membantu Anda selama berkendara di malam hari atau di jalanan berkabut, Calya tipe G sudah mendapatkan lampu kabut. Toyota Calya juga sudah dilengkapi dengan 2 wiper pada jendela depan dan 1 wiper di jendela belakang untuk visibilitas yang lebih baik ketika hujan.

Walaupun bisa dibilang cukup lengkap untuk mobil dengan harga yang miring, ada beberapa sistem yang tak ditemukan pada fitur keselamatan Toyota Calya. Salah satunya adalah kontrol traksi yang memberikan cengkraman yang lebih kuat ketika berkendara.

Memang fitur keselamatan yang digunakan masih sama dengan edisi sebelum facelift. Pihak Toyota sendiri mengungkapkan bahwa hal ini terjadi karena mereka menganggap fitur keselamatan Calya sudah baik, sehingga tidak perlu adanya penambahan yang tentu saja membuat harganya lebih tinggi.

Toyota Calya saat ini dipasarkan menggunakan mesin 3NR-VE DOHC dan berteknologi Dual VVT-i dengan keluaran tenaga maksimal 87 daya kuda serta torsi puncak 108 Nm. Tenaga disalurkan ke roda belakang melalui pilihan transmisi 5-percepatan manual dan 4-percepatan otomatis

↓ ↓ ↓ Ayok Para Miliuner, Sukai dan Bagikan!

Berita Terbaru

Indonesia Bakal Jadi Negara Penting Bagi Mobil Listrik? Berita
Indonesia Bakal Jadi Negara Penting Bagi Mobil Listrik? Mobil listrik pastinya membutuhkan baterai lithium sebagai unsur utama sumder daya penggeraknya. Walau trend mobil listrik belum heboh, namun menariknya Indonesia disebut punya potensi sebagai produsen baterai lithium yang cukup besar di dunia.Hal itu dikatakan langsung oleh Luhut Binsar Pandjaitan selaku Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi pada sebuah webinar pada Minggu (28/6) kemarin. Dikutip dari Detik, Luhut mengatakan bahwa Indonesia akan memproduksi baterai lithium pada 2
Melihat Biaya Perawatan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra Mana yang Termurah?
Melihat Biaya Perawatan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra Mana yang Termurah? Toyota Calya dan Daihatsu Sigra merupakan dua mobil yang bermain di segmen yang sama. Sebagai mobil yang diplot sebagai mobil murah ramah lingkungan, keduanya punya banderol yang tidak terlalu mahal. Dan, keduanya merupakan produk kerjasama antara Toyota dan Daihatsu Indonesia dalam program mobil low cost green car (LCGC).Daihatsu Sigra dan Toyota Calya bermain di segmen MPV kecil. Status keduanya sama-sama memiliki panggilan mobil murah sejuta umat. Kami akan mencoba membahas biaya perawat
Komparasi Spesifikasi Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga, Mana yang Lebih Baik?
Komparasi Spesifikasi Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga, Mana yang Lebih Baik? Berbicara mengenai mobil keluarga atau MPV, rasanya ada dua mobil yang patut masuk ke dalam daftar pembelian. Keduanya adalah Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga. Kedua mobil ini bisa menjadi alternatif lain bagi mereka yang bosan dengan mobil keluarga seperti Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.Suzuki Ertiga punya harga Rp205 juta tipe terendah hingga Rp249 juta untuk tipe tertinggi. Sedangkan Honda Mobilio memiliki banderol Rp203 juta tipe terendah dan Rp259 juta tipe tertingginya. Kedua mo
Melihat Biaya Servis Toyota Agya dan Honda Brio, Mana yang Lebih Mahal?
Melihat Biaya Servis Toyota Agya dan Honda Brio, Mana yang Lebih Mahal? Mobil berukuran kecil dan kompak di Indonesia lebih memiliki banyak peminat. Hal tersebut dikarenakan mobilitas masyarakatnya yang tinggi dan jalanan yang kerap macet menjadi alasan utama. Alasan lain adalah, konsumsi bahan bakar dari mobil berukuran kecil juga terpantau sangat irit. Sehingga bisa memangkas pengeluaran. Toyota Agya dan Honda Brio menjadi dua mobil yang cukup laris di Indonesia. Keduanya merupakan pesaing terdekat untuk segmen mobil hatchback berukuran kecil dan kompak di Indones
Komparasi Spesifikasi Renault Triber Melawan Datsun Cross
Komparasi Spesifikasi Renault Triber Melawan Datsun Cross Renault Triber merupakan sebuah mobil baru yang cukup menarik. Dengan range harga Rp 166,9 juta hingga Rp 184,9 juta, Triber harusnya bisa mengganggu model LCGC maupun low hatchback seperti Datsun Cross.Triber sendiri saat ini tercatat sebagai mobil merek Eropa paling murah yang dijual di Indonesia. Triber sendiri masuk ke Tanah Air dengan status impor utuh (CBU) dari pabrik Renault di India.Mobil ini secara kapasitas, mampu untuk mengangkut 7 orang penumpang. Namun seolah membaca tren dan

Lebih

Rekomendasi Mobil

Terbaru Populer
Mazda CX 8
Rp 664,80 - 746,80 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mercedes-Benz A-Class Sedan
Rp 899,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Avanza
Rp 191,10 - 221,25 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Brio
Rp 147,00 - 199,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Kijang Innova
Rp 312,05 - 414,75 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Jazz
Rp 249,50 - 292,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Civic
Rp 527,90 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Agya
Rp 138,20 - 158,60 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Nissan Livina
Rp 205,30 - 269,10 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Mobilio
Rp 203,00 - 258,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik