window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mana Lebih Irit, Renault Triber atau Daihatsu Sigra?

Anissa · 1 Agu, 2020 10:00

Mana Lebih Irit, Renault Triber atau Daihatsu Sigra? 01

Renault Triber merupakan salah satu mobil MPV pendatang baru di Indonesia. Mobil ini merupakan mobil besutan perusahaan asal Prancis.

Renault Triber sudah diperkenalkan kepada masyarakat Indonesia sejak bulan Juli 2019 lalu melalui ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang dihelat di BSD, Tangerang Selatan. Saat diperkenalkan, respons masyarakat terhadap mobil MPV baru ini ternyata cukup baik.

Melalui ajang tersebut, tercatat bahwa jumlah pemesanan mobil Renault Triber melebihi angka 1.500 unit. Renault Triber mulai mengaspal di Indonesia sekitar pertengahan Maret 2020 dan mulai didistribusikan ke seluruh dealer di Indonesia pada bulan April 2020.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mobil Renault Triber telah diluncurkan dari tahun 2019. Harga Renault Triber 2019 di saat itu adalah Rp 133 juta untuk Renault Triber RXE MT sebagai varian termurahnya dan Rp 179,9 juta untuk Triber RXZ sebagai varian tertingginya.

Renault Triber disebut-sebut memiliki efisiensi bahan bakar yang sangat tinggi. Tetapi di dalam segmen yang sama juga bisa kita jumpai beberapa mobil lainnya yang telah lebih dulu hadir, salah satunya adalah Daihatsu Sigra.

Mengapa Renault Triber banyak dibandingkan dengan Daihatsu Sigra? Hal ini karena kedua mobil ini memiliki mesin dengan kapasitas yang hampir sama. Tenaga yang dihasilkan oleh masing-masing mesin mobil ini juga tidak jauh berbeda.

Selain itu, baik Renault Triber maupun Daihatsu Sigra, keduanya dikenal hemat jika bicara soal konsumsi bahan bakar. Kali ini, kita akan membandingkan kedua model mobil ini dan mencari tahu mobil mana yang lebih hemat bahan bakar.

Konsumsi Bahan Bakar Renault Triber

Sebelum membahas tentang konsumsi bahan bakarnya, tidak sah rasanya kalau kita tidak bahas terlebih dahulu soal mesin dari Renault Triber. Renault Triber dibekali dengan mesin bensin 3 silinder Naturally Aspirated dengan kapasitas mesin 1,0 liter atau lebih tepatnya 999 cc. Kapasitas tangkinya sendiri mencapai 40 liter.

Mana Lebih Irit, Renault Triber atau Daihatsu Sigra? 01

Karena memiliki kubikasi yang kecil, mesin Renault Triber 2019 ini memang tidak bisa diharapkan untuk menghasilkan tenaga yang besar. Mesin ini hanya bisa menghasilkan tenaga sebesar 72 HP dan torsi 96 Nm.

Tenaga tersebut kemudian disalurkan ke sistem penggerak Front Wheel Drive dengan dua pilihan transmisi, yaitu transmisi manual atau Automated Manual Transmission (AMT) lima percepatan. Berkat penggunaan sistem VVT ganda yang melengkapi konfigurasi mesinnya, mobil ini pun menjadi semakin responsif.

Renault Triber 2019 ternyata sengaja menggunakan mesin berkubikasi kecil tersebut. Hal ini didorong oleh semakin banyaknya mobil yang menawarkan efisiensi bahan bakar tinggi dan mulai dilirik oleh para pecinta otomotif Tanah Air.

Untuk konsumsi bahan bakarnya, mobil Renault Triber bisa mencapai jarak dari 20 hingga 20,5 km dengan satu liter bensinnya. Hasilnya bisa bervariasi, tergantung dari kondisi dan kecepatan berkendara. Angka ini tentu bisa menunjukkan seberapa tinggi efisiensi bahan bakar dari Renault Triber.

Mana Lebih Irit, Renault Triber atau Daihatsu Sigra? 02

Bukan itu saja, efisiensi bahan bakar Renault Triber yang tinggi ini ternyata juga bisa didapatkan berkat disematkannya teknologi air scoop pada mobil berkapasitas tujuh penumpang ini. Teknologi yang satu ini diklaim bisa memaksimalkan efisiensi bahan bakar.

Konsumsi Bahan Bakar Daihatsu Sigra

Dari Renault Triber, kini kita beralih ke salah satu pesaingnya, yakni Daihatsu Sigra. Daihatsu Sigra memang telah lebih dulu hadir di pasar otomotif Tanah Air.

Sama seperti Renault Triber, Daihatsu Sigra ini ternyata juga menggunakan mesin dengan kubikasi yang hampir sama. Mobil ini mengandalkan mesin bensin 3 silinder 1KR-VE, DOHC VVT-i sebagai jantung mekanisnya. Mesin ini sendiri memiliki kapasitas 998 cc.

Mesin yang dimiliki Daihatsu Sigra dipadukan dengan sistem transmisi manual 5 percepatan. Konfigurasi seperti ini bisa menghasilkan tenaga sebesar 65 HP pada putaran 6.000 rpm, serta torsi mencapai 89 Nm pada putaran 4.200 rpm.

Keluaran tenaga dan torsi ini tentu lebih kecil jika dibandingkan dengan keluaran tenaga yang dihasilkan oleh mesin Renault Triber, meskipun tidak signifikan. Tetapi hal ini tidak mengherankan, mengingat mesin Renault Triber dan Daihatsu Sigra memiliki kubikasi yang kurang lebih sama.

Mana Lebih Irit, Renault Triber atau Daihatsu Sigra? 03

Bicara soal konsumsi bahan bakarnya, Daihatsu Sigra ternyata bersaing sangat ketat dengan Renault Triber. Pasalnya, mobil MPV buatan Jepang ini juga memiliki tingkat efisiensi bahan bakar yang hampir sama dengan Renault Triber. Daihatsu Sigra bisa menempuh jarak sejauh sekitar 20 km dengan satu liter bensinnya.

Baik Renault Triber maupun Daihatsu Sigra, keduanya terbukti sama iritnya. Tetapi jika kita bandingkan harga mobilnya, kita bisa melihat bahwa Daihatsu Sigra lebih unggul. Dengan efisiensi bahan bakar yang sama, Daihatsu Sigra hanya dibanderol dengan kisaran harga Rp119,5 juta hingga Rp162,25 jutaan. Sementara Renault Triber masih berada di kisaran harga Rp133 juta hingga Rp179,9 jutaan.

Anissa

Baik mobil maupun kebudayaan, perkembangan keduanya bergantung pada hal yang sama: pemikiran manusia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Renault Triber RXE MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil