window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mana yang Lebih Irit, Konsumsi BBM Antara Honda BR-V atau Daihatsu Terios?

Yongki Sanjaya · 16 Agu, 2020 13:00

Mana yang Lebih Irit, Konsumsi BBM Antara Honda BR-V atau Daihatsu Terios? 01

New Honda BR-V menjadi model ketiga yang lahir dari pengembangan Honda Research and Development (R&D) Asia Pasifik Co Ltd (HRAP), Thailand serta divisi R&D Honda Indonesia. Fasia depan Honda BR-V merefleksikan karakter tangguh dan aksen premium sebuah SUV.

New Honda BRV tersedia dalam 4 varian. Harga mobil Honda BRV berkisar dari Rp 251 juta hingga Rp 294 jutaan. Ini merupakan harga Honda BRV 2020.

New Honda BRV memakai mesin berkapasitas sama seperti saat pertama diluncurkan, yaitu 1,5 liter. Untuk SUV ini dibekali transmisi otomatis berjenis CVT (Continuous Variable Transmission) yang punya karakter pengendaraan halus.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Honda BR-V masih dibekali mesin 1.5 liter i-VTEC yang menghasilkan tenaga maksimal 118 hp pada 6.600 rpm, serta torsi maksimal 145 Nm pada 4.600 rpm. Dengan High Ground Clearance 201 mm membuat pengendara New Honda BRV semakin percaya diri berkendara di berbagai kondisi jalan.

Konsumsi BBM Honda BR-V

Mana yang Lebih Irit, Konsumsi BBM Antara Honda BR-V atau Daihatsu Terios? 01

Beberapa media otomotif nasional telah menguji Honda BR V dalam sesi test drive. Kompas.com pernah menguji mobil ini sejauh 236 kilometer dari Cirebon menuju Pekalongan. Hasilnya konsumsi rata-rata 9,8 km/liter.

Pada kesempatan lain, pengujian mengambil jalur Jakarta menuju Garut menghasilkan konsumsi BBM rata-rata 11,4 km/liter. Sedangkan tim Detik Oto berhasil mencatat 13 km/liter untuk rute yang sama.

Sebagai perbandingan lain, Otodriver mencatatkan konsumsi BBM 8,8 km/liter dalam perjalanan dari Semarang ke Jepara sejauh 112 kilometer. Pengujian beberapa media ini sulit dijadikan patokan pasti bagaimana gambaran konsumsi BBM dari Honda BR-V di kondisi pegunungan atau jalan bebas hambatan.

Semestinya, perjalanan dari Jakarta menuju Pekalongan menjadi perjalanan paling irit karena didominasi jalur tol dan jalan mendatar. Namun, New Honda BRV malah terbukti iritnya saat lewat jalanan berliku khas jalur selatan menuju Garut.

Membandingkan Konsumsi BBM Honda BR-V dengan Daihatsu Terios

Mana yang Lebih Irit, Konsumsi BBM Antara Honda BR-V atau Daihatsu Terios? 02

Daihatsu All New Terios menjadi penyempurnaan untuk SUV 4X2 yang menggabungkan kemampuan melibas jalanan yang rusak dan nyaman untuk dipakai harian. Bicara soal ketangguhan, Daihatsu selama ini selalu membuktikan kemampuan Terios di ajang Daihatsu Seven Wonders yang menyiksa Terios hingga ke pelosok Indonesia.

Mobil Daihatsu Terios ini memiliki total 7 varian. Harga Daihatsu New Terios terbaru ini dibanderol dengan biaya berkisar dari Rp 212 juta hingga Rp 265 jutaan. Ini merupakan harga mobil Terios terbaru di tahun 2020.

Mobil Terios baru memiliki kembaran yang berasal dari induk yang berbeda, yakni Toyota Rush. Mobil Toyota Rush Indonesia memiliki total 4 varian. Harga Toyota Rush Indonesia terbaru berkisar dari Rp 255 juta hingga Rp 275 jutaan. Ini merupakan harga Rush terbaru 2020.

Daihatsu membekali mobil Terios baru dengan mesin anyar 2NR-VE Dual VVT-i berkapasitas 1,5 liter. Mesin itu juga digunakan pada Daihatsu Xenia ataupun Toyota Avanza dan Toyota Rush, yaitu berkonfigurasi 4-silinder DOHC.

Mesin All New Terios ini sebetulnya menghasilkan output yang lebih kecil dibanding sebelumnya, yaitu sebesar 103 hp dengan torsi puncak 136 Nm. Padahal New Terios generasi sebelumnya lebih bertenaga, yakni 105 hp dengan torsi puncak 141 Nm.

Mana yang Lebih Irit, Konsumsi BBM Antara Honda BR-V atau Daihatsu Terios? 03

​Menurut Daihatsu, penurunan tenaga sebagai akibat dari mesin terbarunya yang diklaim lebih irit bahan bakar 20 persen sampai 30 persen. Hasil pengujian beberapa otomotif nasional saat media drive di Sumatra Barat awal 2018 lalu mencatatkan konsumsi BBM rata-rata sekitar 9,3 sampai dengan 11,2 km/liter untuk tipe bertransmisi otomatis.

Tidak seperti Honda BR-V, mobil Terios baru masih didukung dengan sistem penggerak roda belakang. Spesifikasi jadul ini dipertahankan Daihatsu karena sudah terbukti ketangguhannya. Penggerak roda belakang dinilai Daihatsu lebih mampu melahap jalan tanjakan yang cukup sulit daripada penggerak roda belakang.

Berikut ini perbandingan konsumsi BBM antara Honda BR-V dan Daihatsu Terios baru:

Model Konsumsi BBM
Honda BR-V 8,8 sampai 13 km/liter
Daihatsu Terios 9,3 sampai 11,2 km/liter

Kesimpulan

Mana yang Lebih Irit, Konsumsi BBM Antara Honda BR-V atau Daihatsu Terios? 04

Baik Honda BR-V maupun Daihatsu Terios ideal untuk digunakan sebagai kendaraan harian, dan cukup tangguh bila diajak keluar kota. Dari kedua model ini, Honda BR-V sedikit lebih irit daripada Daihatsu Terios All New.

Tapi perlu diingat, catatan di atas tidak bisa dijadikan acuan resmi. Sebab pengujian dilakukan di medan berbeda dengan karakter berkendara pengemudi yang berbeda pula.

Uniknya konsumsi bahan bakar BR-V bahkan lebih irit ketika mobil melewati jalan pegunungan daripada jalan mendatar atau tol. Konsumsi bahan bakar SUV andalan Honda itu selisihnya cukup jauh antara jalur mendatar dan berliku pegunungan.

Mana yang Lebih Irit, Konsumsi BBM Antara Honda BR-V atau Daihatsu Terios? 05

Berbeda halnya dengan Daihatsu Terios All New, konsumsi BBM SUV ini tergolong standar untuk mobil bermesin 1.500 cc. Selisihnya tidak cukup jauh dan cukup menggambarkan kinerja mesin di jalan yang bervariasi.

Perhitungan konsumsi bahan bakar tersebut diukur berdasarkan informasi MID (Multi Information Display). Pengujian juga mungkin menggunakan jenis bahan bakar yang berbeda dengan kondisi bobot kendaraan yang berbeda pula.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Daihatsu Terios X M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil