Mau Beli Honda Civic Hatchback? Ketahui Dahulu Fakta-fakta ini

Honda Civic Hatchback merupakan salah satu model yang cukup menarik. Mobil ini sekarang hanya dijual dalam satu varian saja dengan harga Rp 499.000.000,0 on the road Jakarta.

Mengusung nama besar Civic, generasi kesepuluh untuk pasar Indonesia ini memang tergolong mahal. Namun karena di kelasnya sepi pesaing, Civic Hatchback pun jadi bersinar dengan berbagai kelebihannya.

PT Honda Prospect Motor memberikan penyegaran pada mobil ini beberapa bulan lalu. Bersamaan dengan itu, varian Civic Hatchback dipangkas jadi tinggal "RS" saja.

Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda tahu sebelum memutuskan membeli Honda Civic Hathcback.

1. Berada di kelas Medium Hatchback

Dalam jajaran model hatchback Honda Indonesia, Civic Hatchback tentu berada di atas Jazz secara kasta. Ia menghuni kelas Medium Hatchback yang cukup sepi pesaing. Dari merek Jepang ia menghadapi Mazda 3 Hatchback dan dari brand Eropa ia bersaing dengan Volkswagen Golf.

2. Terakhir facelift 2020

Mengawali tahun 2020 ini Honda Indonesia meluncurkan produk penyegaran, yaitu Civic Turbo Hatchback ini. Dalam penyegaran bulan Februari lalu itu, mobil ini mendapati pembaruan di sektor eksterior yang semakin sporty.

3. Generasi 10

Kemunculan Civic generasi ke-sepuluh beberapa tahun lalu ini cukup menghebohkan para penggemarnya. Sebab, sudah sangat lama Honda Indonesia tidak menjual Civic varian hatchback. Varian tanpa bagasi dari Civic terakhir dijual Honda Indonesia adalah Civic Estilo yang eksis di era tahun 1990an.

4. Mesin sama dengan sedan

Ada dua varian dalam line up Civic yang tengah dijual di Indonesia, sedan dan hatchback. Keduanya pakai mesin yang sama saja. Unit 1.500 cc dengan turbo jadi Andalan mobil ini.

5. Buatan Thailand

Honda menghadirkan Civic Hatchback ini dengan mengimpornya dari Thailand. Walau buatan Thailand namun Civic Hatchback telah disesuaikan untuk pasar Indonesia. Misal dari segi fitur, ada beberapa perbedaanya dengan versi Thailand.

5 Alasan mengapa Civic Hatchback layak dibeli

1. Mesin powerful

Dapur pacu mobil ini berkapasitas bersih 1.498 cc dan mampu merilis daya maksimum mencapai 173 Hp pada 5.500 Rpm dan torsi maksimal mencapai 220 Nm. Selain berkat adanya turbo, teknologi VTEC kebanggaan Honda pada mesin tersebut juga punya peran besar. Daya yang bisa tersembur menjadi lebih tinggi dibanding mesin Mazda 3 yang hanya bisa merilis daya maksimum 145 Hp.

2. Irit bensin

Turbocharger memainkan peran vital dalam membuat klaim konsumsi bahan bakar mobil ini. Mesin berpenggerak depan tersebut juga didukung oleh transmisi CVT yang terkenal halus dan mampu membuat konsumsi BBM optimal. Ditambah lagi adanya fitur ECON Mode mampu membuat kehematan semakin baik. Berdasarkan pengetesan pada 2017, Civic Hatchback bisa mengukir kehematan 20,8 km/L untuk rute tol.

3. Banyak fitur keselamatan

Penumpang mobil ini mendapat perlindungan dari 6 titik kantung udara. Untuk meyakinkan tingkat keselamatannya, mobil ini juga memiliki hasil tes tabrak 5 bintang dari Euro NCAP 2017.

4. Menyalakan  mesin dari luar

Dengan fitur bernama Remote Engine Start, memungkinkan Anda untuk menyalakan mesin mobil dari jarak beberapa meter. Keuntungannya, kabin mobil jadi sudah sejuk begitu Anda masuk.

5. Desain sporty

Tampang keseluruhan Civic Hatchback sangat kental akan tema sporty yang diusungnya. Bahkan diperkuat dengan sejumlah detail seperti aerokit di bumper depan, desain bumper belakang sangar dengan ornamen diffuser dan penempatan ujung knalpot di bagian tengah.

5 Alasan mengapa mobil ini tidak layak dibeli
1. Mahal 

Saat ini Honda menjual mobil ini seharga nyaris setengah miliar Rupiah atau lebih tepatnya Rp 499.000.000,0 on the road Jakarta. Memang, saat ini Mazda 3 hatchback sedikit lebih mahal, yakni seharga Rp. 508,800,000. Namun dengan harga tersebut tentu sudah cukup membuat hatchback ini layak disebut sebagai mobil mahal. Statusnya sebagai mobil impor dari Thailand mungkin salah satu alasan harganya tinggi.

2. Hanya 1 varian

Pada awal kemunculannya, Civic Hatchback sebenarnya hadir dalam 2 tipe, yakni E dan S. Keduanya kini telah disuntik mati. Pada awal tahun ini, Civic Hatchback RS pun lahir dan Honda Indonesia hanya menawarkan tipe itu saja. Ini tentu jadi kelemahan dalam pembeli menentukan pilihan. Tak ada pilihan lain selain mengambil tipe RS.

3. Ada Ventilasi palsu

Sesuai namanya yang punya embel-embel "RS", maka Civic Hatchback ini punya sejumlah body kit yang dilengkapi lubang-lubang ventilasi. Sayangnya, ventilasi tersebut tak berguna untuk menangkap udara maupun perangkat aerodinamika. Jadi hanya semata-mata untuk tujuan penunjang ketampanan eksterior saja.

4. Hanya ada transmisi otomatis

Agak ironis untuk sebuah mobil yang berkiblat pada unsur sporty, namun tak ada opsi transmisi manual dalam line up-nya. Namun memang sejak awal kemunculan Civic Turbo sedan generasi 10 di Indonesia sampai muncul versi hatchbacknya-nya, tak pernah ada opsi transmisi manual.

5. Fitur dipangkas

Jika di Civic Hatchback di Thailand memiliki fitur keselamatan canggih bernama Honda Sensing, jangan harap menemukannya di versi Indonesia. Mungkin demi memangkas harga maka fitur tersebut tak dibawa oleh Honda.

↓ ↓ ↓ Ayok Para Miliuner, Sukai dan Bagikan!

Berita Terbaru

Indonesia Bakal Jadi Negara Penting Bagi Mobil Listrik? Berita
Indonesia Bakal Jadi Negara Penting Bagi Mobil Listrik? Mobil listrik pastinya membutuhkan baterai lithium sebagai unsur utama sumder daya penggeraknya. Walau trend mobil listrik belum heboh, namun menariknya Indonesia disebut punya potensi sebagai produsen baterai lithium yang cukup besar di dunia.Hal itu dikatakan langsung oleh Luhut Binsar Pandjaitan selaku Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi pada sebuah webinar pada Minggu (28/6) kemarin. Dikutip dari Detik, Luhut mengatakan bahwa Indonesia akan memproduksi baterai lithium pada 2
Melihat Biaya Perawatan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra Mana yang Termurah?
Melihat Biaya Perawatan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra Mana yang Termurah? Toyota Calya dan Daihatsu Sigra merupakan dua mobil yang bermain di segmen yang sama. Sebagai mobil yang diplot sebagai mobil murah ramah lingkungan, keduanya punya banderol yang tidak terlalu mahal. Dan, keduanya merupakan produk kerjasama antara Toyota dan Daihatsu Indonesia dalam program mobil low cost green car (LCGC).Daihatsu Sigra dan Toyota Calya bermain di segmen MPV kecil. Status keduanya sama-sama memiliki panggilan mobil murah sejuta umat. Kami akan mencoba membahas biaya perawat
Komparasi Spesifikasi Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga, Mana yang Lebih Baik?
Komparasi Spesifikasi Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga, Mana yang Lebih Baik? Berbicara mengenai mobil keluarga atau MPV, rasanya ada dua mobil yang patut masuk ke dalam daftar pembelian. Keduanya adalah Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga. Kedua mobil ini bisa menjadi alternatif lain bagi mereka yang bosan dengan mobil keluarga seperti Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.Suzuki Ertiga punya harga Rp205 juta tipe terendah hingga Rp249 juta untuk tipe tertinggi. Sedangkan Honda Mobilio memiliki banderol Rp203 juta tipe terendah dan Rp259 juta tipe tertingginya. Kedua mo
Melihat Biaya Servis Toyota Agya dan Honda Brio, Mana yang Lebih Mahal?
Melihat Biaya Servis Toyota Agya dan Honda Brio, Mana yang Lebih Mahal? Mobil berukuran kecil dan kompak di Indonesia lebih memiliki banyak peminat. Hal tersebut dikarenakan mobilitas masyarakatnya yang tinggi dan jalanan yang kerap macet menjadi alasan utama. Alasan lain adalah, konsumsi bahan bakar dari mobil berukuran kecil juga terpantau sangat irit. Sehingga bisa memangkas pengeluaran. Toyota Agya dan Honda Brio menjadi dua mobil yang cukup laris di Indonesia. Keduanya merupakan pesaing terdekat untuk segmen mobil hatchback berukuran kecil dan kompak di Indones
Komparasi Spesifikasi Renault Triber Melawan Datsun Cross
Komparasi Spesifikasi Renault Triber Melawan Datsun Cross Renault Triber merupakan sebuah mobil baru yang cukup menarik. Dengan range harga Rp 166,9 juta hingga Rp 184,9 juta, Triber harusnya bisa mengganggu model LCGC maupun low hatchback seperti Datsun Cross.Triber sendiri saat ini tercatat sebagai mobil merek Eropa paling murah yang dijual di Indonesia. Triber sendiri masuk ke Tanah Air dengan status impor utuh (CBU) dari pabrik Renault di India.Mobil ini secara kapasitas, mampu untuk mengangkut 7 orang penumpang. Namun seolah membaca tren dan

Lebih

Rekomendasi Mobil

Terbaru Populer
Mazda CX 8
Rp 664,80 - 746,80 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mercedes-Benz A-Class Sedan
Rp 899,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Avanza
Rp 191,10 - 221,25 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Brio
Rp 147,00 - 199,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Kijang Innova
Rp 312,05 - 414,75 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Jazz
Rp 249,50 - 292,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Civic
Rp 527,90 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Agya
Rp 138,20 - 158,60 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Nissan Livina
Rp 205,30 - 269,10 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Mobilio
Rp 203,00 - 258,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik