window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Melihat Biaya Perawatan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra Mana yang Termurah?

Mark Jacob · 29 Jun, 2020 12:00

Melihat Biaya Perawatan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra Mana yang Termurah? 01

Toyota Calya dan Daihatsu Sigra merupakan dua mobil yang bermain di segmen yang sama. Sebagai mobil yang diplot sebagai mobil murah ramah lingkungan, keduanya punya banderol yang tidak terlalu mahal. Dan, keduanya merupakan produk kerjasama antara Toyota dan Daihatsu Indonesia dalam program mobil low cost green car (LCGC).

Mobil Daihatsu Sigra dan Toyota Calya terbaru bermain di segmen MPV kecil. Status keduanya sama-sama memiliki panggilan mobil murah sejuta umat. Kami akan mencoba membahas biaya perawatan dari kedua mobil tersebut.

Kira-kira mana yang termurah? Kami akan membahas Toyota Calya terbaru terlebih dahulu ya. Untuk melakukan perawatan mobil Toyota Calya terbaru, sebaiknya mengikuti anjuran yang sudah diberikan oleh bengkel resmi. Pihak bengkel resmi biasanya memberikan patokan untuk melakukan perawatan pada 6 bulan atau jarak tempuh 1.000 km bagi mobil baru.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Biaya Servis Toyota Calya

Selanjutnya periode servis Toyota Calya bisa dilakukan pada interval 12 bulan, 18 bulan, 24 bulan, 30 bulan, 36 bulan dan seterusnya setiap kelipatan 6 bulan. Kami pun mencoba melakukan penelusuran mengenai kisaran biaya perawatannya. Untuk jarak tempuh hingga 1.000 km masih dibebaskan biaya servis. Sedangkan pada saat memasuki jarak 10.000 km atau 6 bulan, Anda bisa mengeluarkan uang di kisaran Rp500 ribuan.

Biaya tersebut untuk penggantian oli mesin, filter oli dan timah balance pada bagian roda. Lalu jarak tempuh 20.000 km atau 12 bulan biaya yang dikeluarkan mencapai Rp550 ribu. Penggantian yang dilakukan sama dengan perawatan di jarak 10.000 km.

Biaya yang sama seperti sebelumnya juga terjadi pada perawatan di jarak tempuh 30.000 km. Pada saat memasuki jarak tempuh 40.000 km atau 24 bulan, uang yang dikeluarkan akan lebih besar mencapai kisaran Rp1 juta. 

Melihat Biaya Perawatan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra Mana yang Termurah? 01

Komponen pada mobil Toyota Calya yang diganti meliputi oli mesin, filter oli, timah balance pada roda, filter udara, minyak rem dan oli transmisi. Pada jarak tempuh 50.000 km, komponen yang diganti sama dengan jarak tempuh 10.000 km dengan biaya yang juga sama.

Sedangkan untuk servis besar, akan terjadi pada saat mobil mencapai jarak tempuh 80.000 km atau setara dengan 48 bulan. Komponen yang diganti juga lebih banyak seperti oli mesin, filter oli, timah balance roda, kanvas rem, filter bensin, oli transmisi dan fanbelt.

Kisaran biaya yang harus dikeluarkan mencapai Rp2,2 juta. Sedangkan pada saat melebihi jarak 100.000 km, akan dikenakan biaya jasa Rp415 ribu dengan penggantian komponen mencapai Rp890 ribu.

Melihat Biaya Perawatan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra Mana yang Termurah? 02

Biaya tersebut merupakan biaya perawatan berkala Toyota Calya terbaru yang direkomendasikan. Jika ada keluhan lain, tentunya penggantian bisa saja terjadi dan di luar biaya yang sudah disebutkan. Walaupun demikian, harga biaya perawatan Toyota Calya ini dirasa masih cukup murah dan tak memberatkan.

Biaya Servis Daihatsu Sigra

Lalu, bagaimana dengan mobil Daihatsu Sigra? Daihatsu Siegra juga termasuk ke dalam mobil dengan biaya perawatan yang cukup murah. Untuk jarak tempuh 10 ribu kilometer pertama, konsumen akan mengeluarkan biaya komponen meliputi oli mesin, filter oli, gasket oli dan balancing roda. Biaya yang harus dikeluarkan mencapai Rp766 ribu.

Pada 20 ribu kilometer, penggantian komponennya masih sama dengan jarak tempuh 10 ribu kilometer. Hanya saja terdapat penambahan busi sebanyak 4 buah untuk mesin 1.200 cc. Biaya yang harus dikeluarkan mencapai Rp874 ribu.

Memasuki interval 40 ribu kilometer, penggantian komponen pada tipe Daihatsu Sigra baru juga masih sama dengan jarak tempuh 10 ribu km. Hanya saja terdapat penambahan penggantian minyak rem. Biaya yang dikeluarkan pada servis ini mencapai Rp924 ribu. Tak heran jika mobil Daihatsu Sigra ini menjadi impian keluarga.

Melihat Biaya Perawatan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra Mana yang Termurah? 03

Untuk mobil dengan transmisi manual biayanya lebih mahal, untuk mengganti oli transmisi seharga Rp138 ribu. Sehingga biaya yang harus dikeluarkan untuk tipe manual mencapai Rp1.062.000. Untuk servis 60 ribu kilometer, biaya servis sudah termasuk dengan biaya jasa.

Sehingga biaya perawatan yang harus dikeluarkan juga akan lebih mahal. Penggantian komponen pada level ini mencapai Rp1,2 juta. Dengan komponen yang diganti oli mesin, filter oli, gasket oli, balancing roda, busi 4 buah dan biaya jasa mekanik.

Jika melihat data dari biaya perawatan kedua mobil di atas, rasanya mobil Daihatsu Sigra dan Toyota Calya terbaru sama-sama memiliki biaya perawatan yang sama-sama murah. Bahkan tidak terpaut terlalu jauh jika melihat dari data biaya perawatan keduanya. Kedua mobil tersebut sama-sama dipasarkan dengan penawaran gratis biaya jasa servis hingga 50 ribu kilometer.

Konsumsi bahan bakar mobil Calya terbaru dan Siegra tersebut juga sama-sama baik, mencapai 1 banding 13 kilometer per liter jika diambil angka rata-rata. Kebiasaan gaya berkendara dan rute berbeda-beda setiap orang pastinya menghasilkan angka konsumsi bahan bakar yang akan berbeda juga.

Melihat Biaya Perawatan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra Mana yang Termurah? 04

Akan tetapi, mobil Calya Toyota dan Daihatsu Sigra masih termasuk ke dalam kategori mobil dengan konsumsi bahan bakar yang sangat irit. Sehingga sangat layak dan sangat cocok untuk digunakan mobil untuk beraktifitas sehari-hari. Soal selera, tentunya kedua mobil ini memiliki desain yang berbeda.

Jika ingin mobil 7 penumpang dengan merek Toyota, kamu bisa memilih Toyota Calya terbaru sebagai mobil harian. Namun jika ingin mobil 7 penumpang dengan desain yang lebih kalem dan manis, mobil Daihatsu Sigra lah jawabannya.

Sehingga perawatannya pun juga bisa dibilang sama. Hanya saja, kedua mobil tersebut memiliki perbedaan pada harga barunya. Harga yang termasuk tipe Daihatsu Sigra matic dan manual ditawarkan mulai dari harga Rp114 jutaan untuk tipe terendah, dan Rp156 jutaan untuk tipe tertingginya.

Sedangkan Toyota Calya memiliki banderol yang sedikit lebih mahal. Tipe mobil Toyota Calya terbaru berjumlah 3 saja. Tipe terendah Toyota Calya dibanderol Rp147 jutaan dan tipe tertingginya dibanderol Rp166 jutaan. Secara harga, memang perbedaannya cukup jauh. Sekarang tinggal waktunya Anda memilih. Mau mobil Daihatsu Sigra atau Toyota Calya terbaru?

 

Mark Jacob

Tergila-gila dengan mobil tua, apalagi buatan Eropa. Pastinya suka berteman dengan mobil yang boros, dan pintunya cuma dua.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil