Melihat Biaya Perawatan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra Mana yang Termurah?

Toyota Calya dan Daihatsu Sigra merupakan dua mobil yang bermain di segmen yang sama. Sebagai mobil yang diplot sebagai mobil murah ramah lingkungan, keduanya punya banderol yang tidak terlalu mahal. Dan, keduanya merupakan produk kerjasama antara Toyota dan Daihatsu Indonesia dalam program mobil low cost green car (LCGC).

Daihatsu Sigra dan Toyota Calya bermain di segmen MPV kecil. Status keduanya sama-sama memiliki panggilan mobil murah sejuta umat. Kami akan mencoba membahas biaya perawatan dari kedua mobil tersebut.

Kira-kira mana yang termurah? Kami akan membahas Toyota Calya terlebih dahulu ya. Untuk melakukan perawatan Toyota Calya, sebaiknya mengikuti anjuran yang sudah diberikan oleh bengkel resmi. Pihak bengkel resmi biasanya memberikan patokan untuk melakukan perawatan pada 6 bulan atau jarak tempuh 1.000 km bagi mobil baru.

Biaya Servis Toyota Calya

Selanjutnya periode servis bisa dilakukan pada interval 12 bulan, 18 bulan, 24 bulan, 30 bulan, 36 bulan dan seterusnya setiap kelipatan 6 bulan. Kami pun mencoba melakukan penelusuran mengenai kisaran biaya perawatannya. Untuk jarak tempuh hingga 1.000 km masih dibebaskan biaya servis. Sedangkan pada saat memasuki jarak 10.000 km atau 6 bulan, Anda bisa mengeluarkan uang di kisaran Rp500 ribuan.

Biaya tersebut untuk penggantian oli mesin, filter oli dan timah balance pada bagian roda. Lalu jarak tempuh 20.000 km atau 12 bulan biaya yang dikeluarkan mencapai Rp550 ribu. Penggantian yang dilakukan sama dengan perawatan di jarak 10.000 km.

Biaya yang sama seperti sebelumnya juga terjadi pada perawatan di jarak tempuh 30.000 km. Pada saat memasuki jarak tempuh 40.000 km atau 24 bulan, uang yang dikeluarkan akan lebih besar mencapai kisaran Rp1 juta. 

Komponen yang diganti meliputi oli mesin, filter oli, timah balance pada roda, filter udara, minyak rem dan oli transmisi. Pada jarak tempuh 50.000 km, komponen yang diganti sama dengan jarak tempuh 10.000 km dengan biaya yang juga sama.

Sedangkan untuk servis besar, akan terjadi pada saat mobil mencapai jarak tempuh 80.000 km atau setara dengan 48 bulan. Komponen yang diganti juga lebih banyak seperti oli mesin, filter oli, timah balance roda, kanvas rem, filter bensin, oli transmisi dan fanbelt.

Kisaran biaya yang harus dikeluarkan mencapai Rp2,2 juta. Sedangkan pada saat melebihi jarak 100.000 km, akan dikenakan biaya jasa Rp415 ribu dengan penggantian komponen mencapai Rp890 ribu.

Biaya tersebut merupakan biaya perawatan berkala Toyota Calya yang direkomendasikan. Jika ada keluhan lain, tentunya penggantian bisa saja terjadi dan di luar biaya yang sudah disebutkan. Walaupun demikian, harga biaya perawatan Toyota Calya ini dirasa masih cukup murah dan tak memberatkan.

Biaya Servis Daihatsu Sigra

Lalu, bagaimana dengan Daihatsu Sigra? Daihatsu Sigra juga termasuk ke dalam mobil dengan biaya perawatan yang cukup murah. Untuk jarak tempuh 10 ribu kilometer pertama, konsumen akan mengeluarkan biaya komponen meliputi oli mesin, filter oli, gasket oli dan balancing roda. Biaya yang harus dikeluarkan mencapai Rp766 ribu.

Pada 20 ribu kilometer, penggantian komponennya masih sama dengan jarak tempuh 10 ribu kilometer. Hanya saja terdapat penambahan busi sebanyak 4 buah untuk mesin 1.200 cc. Biaya yang harus dikeluarkan mencapai Rp874 ribu.

Memasuki interval 40 ribu kilometer, penggantian komponen juga masih sama dengan jarak tempuh 10 ribu km. Hanya saja terdapat penambahan penggantian minyak rem. Biaya yang dikeluarkan pada servis ini mencapai Rp924 ribu. Tak heran jika mobil ini 

Untuk mobil dengan transmisi manual biayanya lebih mahal, untuk mengganti oli transmisi seharga Rp138 ribu. Sehingga biaya yang harus dikeluarkan untuk tipe manual mencapai Rp1.062.000. Untuk servis 60 ribu kilometer, biaya servis sudah termasuk dengan biaya jasa.

Sehingga biaya perawatan yang harus dikeluarkan juga akan lebih mahal. Penggantian komponen pada level ini mencapai Rp1,2 juta. Dengan komponen yang diganti oli mesin, filter oli, gasket oli, balancing roda, busi 4 buah dan biaya jasa mekanik.

Jika melihat data dari biaya perawatan kedua mobil di atas, rasanya Daihatsu Sigra dan Toyota Calya sama-sama memiliki biaya perawatan yang sama-sama murah. Bahkan tidak terpaut terlalu jauh jika melihat dari data biaya perawatan keduanya. Kedua mobil tersebut sama-sama dipasarkan dengan penawaran gratis biaya jasa servis hingga 50 ribu kilometer.

Konsumsi bahan bakar kedua mobil tersebut juga sama-sama baik, mencapai 1 banding 13 kilometer per liter jika diambil angka rata-rata. Kebiasaan gaya berkendara dan rute berbeda-beda setiap orang pastinya menghasilkan angka konsumsi bahan bakar yang akan berbeda juga.

Akan tetapi, kedua mobil ini masih termasuk ke dalam kategori mobil dengan konsumsi bahan bakar yang sangat irit. Sehingga sangat layak dan sangat cocok untuk digunakan mobil untuk beraktifitas sehari-hari. Soal selera, tentunya kedua mobil ini memiliki desain yang berbeda.

Jika ingin mobil 7 penumpang dengan merek Toyota, kamu bisa memilih Calya sebagai mobil harian. Namun jika ingin mobil 7 penumpang dengan desain yang lebih kalem dan manis, Daihatsu Sigra lah jawabannya.

Sehingga perawatannya pun juga bisa dibilang sama. Hanya saja, kedua mobil tersebut memiliki perbedaan pada harga barunya. Daihatsu Sigra ditawarkan mulai dari harga Rp114 jutaan untuk tipe terendah, dan Rp156 jutaan untuk tipe tertingginya.

Sedangkan Toyota Calya memiliki banderol yang sedikit lebih mahal. Tipe terendahnya dibanderol Rp147 jutaan dan tipe tertingginya dibanderol Rp166 jutaan. Secara harga, memang perbedaannya cukup jauh. Sekarang tinggal waktunya Anda memilih. Mau Daihatsu Sigra atau Toyota Calya?

 

↓ ↓ ↓ Ayok Para Miliuner, Sukai dan Bagikan!

Berita Terbaru

Indonesia Bakal Jadi Negara Penting Bagi Mobil Listrik? Berita
Indonesia Bakal Jadi Negara Penting Bagi Mobil Listrik? Mobil listrik pastinya membutuhkan baterai lithium sebagai unsur utama sumder daya penggeraknya. Walau trend mobil listrik belum heboh, namun menariknya Indonesia disebut punya potensi sebagai produsen baterai lithium yang cukup besar di dunia.Hal itu dikatakan langsung oleh Luhut Binsar Pandjaitan selaku Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi pada sebuah webinar pada Minggu (28/6) kemarin. Dikutip dari Detik, Luhut mengatakan bahwa Indonesia akan memproduksi baterai lithium pada 2
Komparasi Spesifikasi Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga, Mana yang Lebih Baik?
Komparasi Spesifikasi Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga, Mana yang Lebih Baik? Berbicara mengenai mobil keluarga atau MPV, rasanya ada dua mobil yang patut masuk ke dalam daftar pembelian. Keduanya adalah Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga. Kedua mobil ini bisa menjadi alternatif lain bagi mereka yang bosan dengan mobil keluarga seperti Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.Suzuki Ertiga punya harga Rp205 juta tipe terendah hingga Rp249 juta untuk tipe tertinggi. Sedangkan Honda Mobilio memiliki banderol Rp203 juta tipe terendah dan Rp259 juta tipe tertingginya. Kedua mo
Melihat Biaya Servis Toyota Agya dan Honda Brio, Mana yang Lebih Mahal?
Melihat Biaya Servis Toyota Agya dan Honda Brio, Mana yang Lebih Mahal? Mobil berukuran kecil dan kompak di Indonesia lebih memiliki banyak peminat. Hal tersebut dikarenakan mobilitas masyarakatnya yang tinggi dan jalanan yang kerap macet menjadi alasan utama. Alasan lain adalah, konsumsi bahan bakar dari mobil berukuran kecil juga terpantau sangat irit. Sehingga bisa memangkas pengeluaran. Toyota Agya dan Honda Brio menjadi dua mobil yang cukup laris di Indonesia. Keduanya merupakan pesaing terdekat untuk segmen mobil hatchback berukuran kecil dan kompak di Indones
Komparasi Spesifikasi Renault Triber Melawan Datsun Cross
Komparasi Spesifikasi Renault Triber Melawan Datsun Cross Renault Triber merupakan sebuah mobil baru yang cukup menarik. Dengan range harga Rp 166,9 juta hingga Rp 184,9 juta, Triber harusnya bisa mengganggu model LCGC maupun low hatchback seperti Datsun Cross.Triber sendiri saat ini tercatat sebagai mobil merek Eropa paling murah yang dijual di Indonesia. Triber sendiri masuk ke Tanah Air dengan status impor utuh (CBU) dari pabrik Renault di India.Mobil ini secara kapasitas, mampu untuk mengangkut 7 orang penumpang. Namun seolah membaca tren dan
Mau Beli Honda Civic Hatchback? Ketahui Dahulu Fakta-fakta ini
Mau Beli Honda Civic Hatchback? Ketahui Dahulu Fakta-fakta ini Honda Civic Hatchback merupakan salah satu model yang cukup menarik. Mobil ini sekarang hanya dijual dalam satu varian saja dengan harga Rp 499.000.000,0 on the road Jakarta.Mengusung nama besar Civic, generasi kesepuluh untuk pasar Indonesia ini memang tergolong mahal. Namun karena di kelasnya sepi pesaing, Civic Hatchback pun jadi bersinar dengan berbagai kelebihannya.PT Honda Prospect Motor memberikan penyegaran pada mobil ini beberapa bulan lalu. Bersamaan dengan itu, varian Civic Hatchback

Lebih

Rekomendasi Mobil

Terbaru Populer
Mazda CX 8
Rp 664,80 - 746,80 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mercedes-Benz A-Class Sedan
Rp 899,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Avanza
Rp 191,10 - 221,25 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Brio
Rp 147,00 - 199,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Kijang Innova
Rp 312,05 - 414,75 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Jazz
Rp 249,50 - 292,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Civic
Rp 527,90 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Agya
Rp 138,20 - 158,60 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Nissan Livina
Rp 205,30 - 269,10 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Mobilio
Rp 203,00 - 258,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik