Melihat Biaya Servis Toyota Agya dan Honda Brio, Mana yang Lebih Mahal?

Mobil berukuran kecil dan kompak di Indonesia lebih memiliki banyak peminat. Hal tersebut dikarenakan mobilitas masyarakatnya yang tinggi dan jalanan yang kerap macet menjadi alasan utama. Alasan lain adalah, konsumsi bahan bakar dari mobil berukuran kecil juga terpantau sangat irit. Sehingga bisa memangkas pengeluaran. Toyota Agya dan Honda Brio menjadi dua mobil yang cukup laris di Indonesia.

Keduanya merupakan pesaing terdekat untuk segmen mobil hatchback berukuran kecil dan kompak di Indonesia. Yang sering menjadi pertanyaan bagi calon pembeli kedua mobil tersebut adalah, soal biaya perawatan. Toyota Agya dan Honda Brio sebenarnya sama-sama memiliki biaya perawatan yang cukup murah. Lantas, siapakah yang lebih murah? Apakah Toyota Agya ataukah Honda Brio yang memiliki biaya perawatan lebih murah? Yuk, kita cari tahu jawaban tersebut.

Biaya Perawatan Honda Brio

Mobil yang dijual oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) ini bisa dibilang menawarkan bebas biaya jasa servis hingga jarak tempuh 50 ribu kilometer. Jarak tempuh tersebut setara dengan waktu penggunaan selama 4 tahun, atau mana yang dicapai terlebih dahulu. Jadi, selama pemakaian 4 tahun, konsumen akan dibebankan kepada penggantian biaya suku cadangnya saja. Sehingga biaya jasa akan digratiskan oleh pihak diler.

Komponen yang akan diganti pada jarak tempuh 10 ribu kilometer pertama terdiri dari beberapa bagian. Mulai dari oli mesin, washer drain dan brake grease. Total biaya yang harus dikeluarkan mencapai Rp348 ribu. Pada jarak tempuh hingga 20 ribu kilometer, komponen yang diganti masih sama dengan jarak 10 ribu kilometer. Bedanya hanya terdapat penambahan penggantian filter oli. Total pengeluaran yang dihasilkan mencapai Rp385 ribu. Lalu pada jarak 30 ribu kilometer, komponen yang akan diganti juga bertambah.

Penambahan terjadi pada bagian filter udara, sisanya sama dengan penggantian komponen di jarak tempuh 10 ribu km dengan total biaya penggantian Rp483 ribu. Selanjutnya pada servis 40 ribu kilometer, komponen yang diganti terbilang cukup banyak. Selain harus mengganti oli mesin, washer drain, dan brake degrease, konsumen juga harus mengganti filter oli, busi, oli transmisi untuk transmisi CVT, serta washer drain transmisi untuk transmisi CVT.

Biaya yang harus disiapkan pada servis 40 ribu kilometer tersebut, yaitu Rp 473 ribu. Sementara untuk servis 50 ribu kilometer, komponen suku cadang yang diganti serupa seperti saat servis 10 ribu kilometer. Begitupun dengan biaya servisnya, yang hanya Rp 348 ribu. Harga suku cadang fast moving dari Honda Brio juga tergolong murah. Sehingga tak heran jika Honda Brio kerap dipilih menjadi mobil untuk beraktivitas sehari-hari.

Biaya Perawatan Toyota Agya

Setelah mengetahui mengenai biaya perawatan Honda Brio, selanjutnya kita akan membahas mengenai biaya perawatan Toyota Agya. Toyota Agya bisa dibilang juga memiliki biaya perawatan yang cukup murah. Untuk jarak tempuh 10 ribu kilometer pertama, konsumen akan mengeluarkan biaya komponen meliputi oli mesin, filter oli, gasket oli dan balancing roda. Biaya yang harus dikeluarkan mencapai Rp766 ribu.

Pada 20 ribu kilometer, penggantian komponennya masih sama dengan jarak tempuh 10 ribu kilometer. Hanya saja terdapat penambahan busi sebanyak 4 buah untuk mesin 1.200 cc. Biaya yang harus dikeluarkan mencapai Rp874 ribu.

Memasuki interval 40 ribu kilometer, penggantian komponen juga masih sama dengan jarak tempuh 10 ribu km. Hanya saja terdapat penambahan penggantian minyak rem. Biaya yang dikeluarkan pada servis ini mencapai Rp924 ribu.

Untuk mobil dengan transmisi manual biayanya lebih mahal, untuk mengganti oli transmisi seharga Rp138 ribu. Sehingga biaya yang harus dikeluarkan untuk tipe manual mencapai Rp1.062.000. Untuk servis 60 ribu kilometer, biaya servis sudah termasuk dengan biaya jasa.

Sehingga biaya perawatan yang harus dikeluarkan juga akan lebih mahal. Penggantian komponen pada level ini mencapai Rp1,2 juta. Dengan komponen yang diganti oli mesin, filter oli, gasket oli, balancing roda, busi 4 buah dan biaya jasa mekanik.

Jika melihat secara data di atas, tentunya akan lebih mahal biaya perawatan dari Toyota Agya. Namun, jika melihat secara seimbang, sebenarnya kedua mobil tersebut sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan.

Honda Brio memiliki harga baru atau harga jual yang lebih mahal jika dibandingkan dengan Toyota Agya. Namun, biaya perawatannya akan lebih murah Honda Brio. Sebaliknya, Toyota Agya memiliki harga baru yang lebih murah dibanding Honda Brio. Akan tetapi, biaya perawatannya sedikit lebih mahal dibandingkan Honda Brio.

Dengan biaya perawatan yang sudah kami beberkan di atas, tentunya kedua mobil tersebut sama-sama memiliki biaya perawatan yang terjangkau. Bagi sebagian orang, memiliki mobil dengan harga terjangkau dan biaya perawatan yang tidak mencekik adalah suatu kenikmatan tersendiri. Hal ini lebih baik dibanding membeli mobil dengan harga yang murah tetapi biaya perawatannya sangat mahal.

Jika kamu ingin mobil dengan tampilan yang lebih sporty, Toyota Agya bisa menjadi pilihannya. Namun jika kamu ingin mencari mobil yang punya tampilan lebih mewah dan elegan, Honda Brio lah pilihannya. Ingat, kedua mobil tersebut tetaplah punya kekurangan dan kelebihan masing-masing. Jadi, tentukan pilihanmu dengan baik, agar tidak menyesal di kemudian hari ya.

↓ ↓ ↓ Ayok Para Miliuner, Sukai dan Bagikan!

Berita Terbaru

Sensasi Berkendara Toyota C-HR, Apakah Lebih Asyik daripada Honda HR-V? Reviews
Sensasi Berkendara Toyota C-HR, Apakah Lebih Asyik daripada Honda HR-V? Toyota C-HR mungkin kalah pamor dengan beberapa crossover merek lain yang ada di Indonesia. Mungkin bagi banyak orang, mobil seharga Rp509 jutaan ini kemahalan. Untuk model yang lebih valuable, masih ada Honda HR-V yang tak kalah keren.Sekalipun mahal, Toyota C-HR bukan berarti tidak menarik. Mobil ini menawarkan suatu kenikmatan fun to drive ala Toyota. Penampilannya lebih agresif dengan sudut-sudut tegas.Sebelum membahas soal impresi berkendara, kita harus tahu juga spesifikasi Toyota C-HR yan
 Toyota Corolla Cross Resmi Debut di Thailand! Bukan Sedan apalagi Hatchback Berita
Toyota Corolla Cross Resmi Debut di Thailand! Bukan Sedan apalagi Hatchback Toyota Corolla Cross akhirnya resmi meluncur di Thailand. Belakangan ini kabar mengenai calon mobil baru Toyota ini memang cukup menghebohkan dunia maya. Selain menjadi mobil dengan model baru, produk SUV ini juga heboh karena menggunakan sebuah nama yang sudah eksis dan sukses akan model sedan Toyota. Nyaris tak ada DNA Corolla sedan pada mobil ini. Wajar saja karena mobil baru ini adalah SUV. Hanya saja, kesamaannya adalah rancang bangun yang menganut Toyota New Global Architecture (
Mercedes-Benz S-Class Generasi Baru Pakai MBUX yang Semakin Humanis Berita
Mercedes-Benz S-Class Generasi Baru Pakai MBUX yang Semakin Humanis Mercedes-Benz S-Class yang merupakan sedan flagship merek three pointed star ini memiliki infotainment canggih. Bernama Mercedes-Benz User Experience atau disingkat MBUX, fitur ini sudah menjadi gebrakan saat pertama kali diperkenalkan saat 2018 silam.Nah, baru saja Mercedes-Benz memperkenalkan generasi terbaru dari MBUX. Walau teknologi MBUX generasi pertama masih jauh dari kata usang atau bahkan ketinggalan zaman, namun pabrikan asal Jerman ini tetap memberikan peningkatan kemampuan infotainmn
Perbandingan Spesifikasi Wuling Confero S dan Suzuki Ertiga, MPV Keluarga Masa Kini Panduan Membeli
Perbandingan Spesifikasi Wuling Confero S dan Suzuki Ertiga, MPV Keluarga Masa Kini Sejak Wuling Confero diperkenalkan pada 2017 silam, kehadirannya langsung menggebrak segmen MPV keluarga Tanah Air. Bersaing dengan Ertiga dengan harga mulai dari Rp205 jutaan, spesifikasi Wuling Confero S yang dibanderol Rp197 jutaan hampir sama baiknya.DimensiMobil Wuling Confero masuk ke dalam segmen Low MPV dengan dimensi yang hampir sama dengan Ertiga. Tapi kabin Confero cukup lapang dengan wheelbase 2.720 mm. Namun keunggulan Confero S adalah kapasitas bagasi yang terbaik dibandingkan segm
Toyota Land Cruiser VX 200 vs VX 100, Mana yang Lebih Pantas Dibeli? Panduan Membeli
Toyota Land Cruiser VX 200 vs VX 100, Mana yang Lebih Pantas Dibeli? Sebagai SUV legendaris Toyota di Indonesia, Land Cruiser hadir dengan generasi kesembilan yang tangguh dan bertenaga. Harga Toyota Land Cruiser VX 200 mulai dari Rp2,1 miliar, memang lebih mahal dibanding generasi terdahulu, VX 100. Tapi keduanya masih layak untuk dipertimbangkan.Toyota Land Cruiser VX 200KelebihanLand Cruiser VX 200 terus mendapatkan pembaruan fitur untuk mempermudah pengendaraan. Selain sistem infotainment yang mendapatkan head unit layar sentuh, sistem penggerak empat roda le

Lebih

Rekomendasi Mobil

Terbaru Populer
Mazda CX 8
Rp 664,80 - 746,80 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mercedes-Benz A-Class Sedan
Rp 899,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Avanza
Rp 191,10 - 221,25 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Brio
Rp 147,00 - 199,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Kijang Innova
Rp 312,05 - 414,75 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Jazz
Rp 249,50 - 292,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Civic
Rp 527,90 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Agya
Rp 138,20 - 158,60 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Nissan Livina
Rp 205,30 - 269,10 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Mobilio
Rp 203,00 - 258,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik