Membandingkan Spesifikasi Facelift Daihatsu Ayla dan Suzuki Karimun Wagon R

Bent Aulia · 9 Sep 2020 12:00

Daihatsu Ayla mendapatkan facelift sehingga terasa lebih stylish dan modern dibandingkan sebelumnya. Sebagai yang termurah dari model Low Cost Green Car (LCGC), harga Daihatsu Ayla mulai dari Rp102 jutaan bersaing dengan Suzuki Karimun Wagon R, termasuk dalam spesifikasinya.

Spesifikasi Daihatsu Ayla

Facelift Daihatsu Ayla sebagian besar menambahkan fitur dan teknologi di dalam mobil. Sehingga dimensi mobil masih tetap sama dengan edisi sebelumnya. Dengan panjang kurang dari 4 meter, Ayla lebih panjang dan lebih lebar dibandingkan Karimun Wagon R.

Interior Daihatsu Ayla terasa lebih stylish dengan tampilan head unit layar sentuh 7 inci serta pengaturan AC digital. Tampilannya terasa modern dengan meninggalkan kenop putar gaya konvensional yang terdapat pada edisi sebelum facelift.

Tambahan fitur dari Daihatsu Ayla terbaru termasuk sensor parkir, kamera belakang, dan retractable mirror. Ayla varian tertinggi bahkan sudah menggunakan sistem pengereman ABS dan EBD yang membantu ketika berkendara di jalanan licin.

Daihatsu Ayla mendapatkan dua pilihan mesin. Ada mesin 1.0L bertenaga 65 PS dengan torsi maksimal 86 Nm, serta mesin 1.2L yang lebih bertenaga dengan 88 PS beserta torsi puncak 108 Nm. Masih kurang bertenaga, tapi sudah cukup untuk membawa Ayla berkeliling perkotaan dengan lancar.

Spesifikasi Suzuki Karimun Wagon R

Suzuki Karimun Wagon R memang sudah lama tanpa pembaruan sejak perkenalan generasi terbarunya pda 2013 silam. Secara dimensi, Wagon R memiliki dimensi layaknya kei car di Jepang. Bertubuh kotak, Wagon R lebih tinggi 150 mm dibanding Ayla untuk ruang kepala yang lebih lapang.

Fitur interior bukanlah daya tarik Karimun Wagon R daripada pesaingnya di segmen city car. Mengingat mobil ini hanya mengandalkan head unit 2DIN bergaya lama yang hanya menawarkan fitur audio standar, seperti radio maupun pemutar MP3.

Dari segi keselamatan, fitur Karimun Wagon R tak begitu mengesankan. Hanya ada 1 airbag di depan serta tambahan keamanan berupa child proof door lock pada pintu belakang. Selain itu, Wagon R praktis tanpa fitur keselamatan modern.

Mesin Karimun Wagon R masih sama, K10B 1.0L 3-slinder berteknologi DOHC. Tenaganya menghasilkan 68 PS dengan torsi maksimal 90 Nm. Tenaga yang hampir sama dengan Ayla, namun Wagon R dikenal dengan efisiensi bahan bakarnya yang sangat irit.

Kedua mobil masuk ke dalam pilihan mobil paling terjangkau untuk jalanan perkotaan. Namun Ayla terasa lebih menawan dengan pilihan mesin yang lebih bertenaga. Apalagi Ayla sudah mendapatkan facelift yang membuat tampilannya lebih stylish dibandingkan pendahulunya.

Komentar

Mobil Terbaru