window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Membedah Fitur Keselamatan Mazda2, Lebih Aman di Perkotaan

Bent Aulia · 7 Jul, 2020 10:00

Membedah Fitur Keselamatan Mazda2, Lebih Aman di Perkotaan 01

New Mazda2 mendapatkan ubahan dan peningkatan pada tahun 2019. Sedikit ubahan kosmetik, fitur keselamatan Mazda2 dibuat lebih lengkap dan mulai dipasarkan sejak 2020. Apa saja teknologi milik hatchback seharga Rp285 jutaan milik Mazda ini?

Fitur Keselamatan Aktif Mazda2

Mobil Mazda 2 tersedia dalam 2 varian. Harga Mazda 2 2020 berkisar dari Rp 287 juta hingga Rp 304 jutaan. Ini tidak beda jauh dengan harga Mazda 2 2019. Bisa dibilang harga Mazda2 lebih tinggi dibandingkan dengan pesaingnya di segmen hatchback. Tetapi hal tersebut didukung oleh rangkaian sistem dan fitur keselamatan baru milik Mazda. Untuk sistem keselamatan aktif, fiturnya termasuk,

1. Sistem pengereman ABS+EBD+BA

Hatchback satu-satunya Mazda ini sudah mendapatkan sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) yang jamak ditemukan pada hatchback lainnya yang ada di Indonesia, seperti Honda Jazz atau Toyota Yaris. Fitur ABS sangat berguna ketika berkendara di jalanan licin.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Membedah Fitur Keselamatan Mazda2, Lebih Aman di Perkotaan 01

Namun tambahan bagi New Mazda2 baru adalah kehadiran sistem pengereman yang lebih lengkap dengan sistem Electronic Brake-force Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA) yang meningkatkan kemampuan mengerem. Terutama ketika sedang berkendara di jalanan yang licin sesudah hujan.

2. Dynamic Stability Control (DSC)

Mazda dikenal memiliki rasa berkendara yang menyenangkan dengan handling yang responsif. Mobil Mazda2 barujuga sudah mendapatkan Dynamic Stability Control yang memudahkan pengemudi ketika berbelok dan menawarkan kestabilan sepanjang perjalanan.

Membedah Fitur Keselamatan Mazda2, Lebih Aman di Perkotaan 02

3. Traction Control System (TCS)

Bersanding dengan sistem DSC, Traction Control System pada New Mazda akan memberikan daya cengkram yang lebih baik ketika kendaraan sedang berkendara di jalanan basah. Fitur ini akan mencegah dan meminimalisir ban mobil kehilangan traksi ketika sedang berkendara.

4. Hill Launch Assist

Ingin membawa hatchback ini berkendara ke luar kota dengan jalanan perbukitan? Mazda sudah mempersiapkan Hill Launch Assist. Fitur mobil Mazda baru ini akan sangat membantu ketika sedang berhenti di jalanan mendaki dan mempermudah pengendaraan tanpa takut mobil bergerak mundur.

Membedah Fitur Keselamatan Mazda2, Lebih Aman di Perkotaan 03

5. Rear Parking Sensor

Untuk memudahkan pengemudi ketika sedang memarkirkan kendaraan, ada sensor parkir di belakang yang akan berbunyi semakin keras ketika Anda semakin dekat dengan halangan. Hanya saja New Mazda2 baru belum mendapatkan sensor parkir depan.

6. Backup camera (with static line)

Jika sensor parkir saja tak cukup, ada kamera belakang yang dilengkapi dengan garis bantu. Tambahan garis bantu atau static line akan sangat memudahkan bagi pengemudi pemula ketika memundurkan kendaraan di jalanan yang sempit.

Membedah Fitur Keselamatan Mazda2, Lebih Aman di Perkotaan 04

7. Safety i-Activsense

Varian tertinggi New Mazda2 GT bahkan mendapatkan teknologi anyar milik Mazda, yaitu safety i-Activesense. Termasuk diantaranya Blind Spot Monitoring (BSM) untuk mengurangi titik buta selama berkendara serta Rear Cross-Traffic Alert (RCTA) yang memudahkan Anda ketika keluar dari tempat parkir.

Membedah Fitur Keselamatan Mazda2, Lebih Aman di Perkotaan 05

Pada edisi sebelum facelift, Mazda2 baru mendapatkan teknologi Smart City Brake Support yang merupakan bagian iActivsense. Pihak Mazda menghilangkannya karena, berdasarkan riset, kebanyakan konsumen tidak sepenuhnya menggunakan fitur ini.

Fitur Keselamatan Pasif Mazda2

Bukan hanya kumpulan teknologi terbaru yang menemani penghuni kabin sepanjang perjalanan, New Mazda2 2020 juga mendapatkan banyak fitur keselamatan pasif yang siap membantu untuk menghindari cedera parah ketika mobil mengalami kecelakaan, diantaranya

1. Dual Airbag

Komponen paling standar dan paling berguna ketika terjadi tabrakan. Penghuni baris kedua sudah mendapatkan airbag depan. Sayangnya, Mazda2 2020 masih belum mendapatkan airbag samping atau airbag lutut layaknya lini produk yang lebih tinggi dari Mazda.

Membedah Fitur Keselamatan Mazda2, Lebih Aman di Perkotaan 06

2. Side impact door beams

Sebagai pengaman untuk benturan dari samping, Mazda menawarkan side impact door beams berupa rangka baja yang kuat untuk menghindari cedera berlebih. Sistem ini juga sudah diaplikasikan ke semua model Mazda di Indonesia.

3. Neck injury mitigation

Kedua varian mobil Mazda2 baru sudah mendapatkan sistem bernama neck injury mitigation untuk pengemudi dan penumpang di baris pertama. Seperti namanya, teknologi ini akan menjaga badan, terlebih leher, dari cedera parah ketika mengalami benturan atau tabrakan.

Membedah Fitur Keselamatan Mazda2, Lebih Aman di Perkotaan 07

4. Ring structure unibody construction

Mazda menyebut rangkaian bodi yang lebih kokoh dan tegap ini dengan nama Skyactiv-Body. Desain dan komponen rangka dari New Mazda2 baru akan menjadikan pengendaraan lebih aman dan kokoh meskipun mengalami benturan untuk menjaga penghuni di dalam kabin.

Membedah Fitur Keselamatan Mazda2, Lebih Aman di Perkotaan 08

Kesimpulan

Fitur keselamatan New Mazda2 bisa dibilang lebih lengkap dibandingkan pesaingnya di segmen hatchback Tanah Air. Baik sistem keselamatan aktif dan pasif menawarkan kenyamanan, terlebih ketika berkendara di jalanan perkotaan yang menjadi habitat asli mobil ini.

Harga Mazda2 2020

Tipe Harga
Mazda2 R Rp 285 jutaan
Mazda2 GT Rp 302 jutaan

Bent Aulia

Penyuka sejarah dan film, di belakang laptop sebagai penulis baru di ranah otomotif.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Mazda 2 GT AT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil