window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mengemudi Nissan Livina Apakah Berbeda dengan Mitsubishi Xpander?

Alex · 30 Apr, 2020 15:00

Mengemudi Nissan Livina Apakah Berbeda dengan Mitsubishi Xpander? 01

Nissan Livina merupakan Low MPV generasi kedua yang bersaing dengan banyak produk. Jika membicarakan Livina generasi kedua ini maka sulit untuk tidak menyebut Mitsubishi Xpander.

Bagaimana tidak, Livina baru merupakan hasil rebadge dari Xpander. Low MPV Nissan tersebut menggunakan sasis dan mesin yang sama dengan Xpander. Namun tentu secara penjualan, keduanya tetap bersaing satu sama lain.

Untuk mobil Xpander sendiri tersedia 4 varian yang bisa dipilih dengan mobil Xpander GLX sebagai varian tertinggi, sementara Nissan Livina baru 4 varian juga namun tipenya tak sebanyak kembarannya itu.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

New Nissan Livina memiliki total 5 tipe. Harga Nissan Livina terbaru berkisar dari Rp 208 juta hingga Rp 272 jutaan. Ini merupakan harga Livina baru di tahun 2020. Sedangkan mobil Mitsubishi Xpander memiliki total 8 tipe. Harga Mitsubshi Xpander 2020 berkisar dari Rp 243 juta hingga Rp 275 jutaan. Harga mobil Xpander ini tidak beda jauh dengan charga expander 2019.

Mesin sama, sasis sama, lantas bagaimana rasa berkendara dari kedua mobil ini?

Mengemudi Nissan Livina Apakah Berbeda dengan Mitsubishi Xpander? 01

Saat kita sudah berada di balik kemudinya, feelnya tak ada bedanya. Bangku sangat baik menopang punggung dengan beberapa support yang empuk, tak ada beda di keduanya. Enaknya pada kedua mobil ini pada semua varian sudah bisa melakukan penyetelan setir secara tilt dan teleskopik. Maka dengan demikian keasyikan mengemudi lebih mudah didapat.

Mesin Mitsubishi Xpander mobil maupun Nissan Livina baru berkapasitas 1.500 cc MIVEC berteknologi DOHC dengan 16 katup, sama-sama 1.499 cc dengan torsi 141 Nm. Rasa perpindahan giginya dengan transmisi otomatis 4 percepatan juga tak berbeda, sama-sama memberikan impresi perpindahan gigi yang halus, kurang pas dibawa dengan gaya agresif. 

Kaki-kaki New Nissan Livina pun sama racikannya, plus ground clearance setinggi 205 mm maka otomatis bantingan mobil ini sama dengan mobil Xpander. Tapi hal itu bukan jadi kabar negatif, sebab Xpander mobil ini memang terkenal akan pengendaliannya yang baik.

Mengemudi Nissan Livina Apakah Berbeda dengan Mitsubishi Xpander? 02

Walau gejala limbung masih sama-sama terasa, namun untuk urusan menerjang genangan maupun masuk ke permukaan jalan tidak rata, bekal ground clearance 205 mm membuat Nissan All New Livina mudah melibasnya.

Sampai di situ rasa mengemudi keduanya masih sama. Jadi sebenarnya masih adakah perbedaan tersebut? Jawabannya tentunya ada. Bisa dikatakan perbedaannya hadir karena fitur.

Perbedaan pertama adalah saat manuver parkir mundur. Pasalnya memarkirkan Nissan Livina baru tipe tertinggi lebih mudah karena adanya kamera yang menampilkan kondisi belakang dan dikawal pula oleh sensor parkir. 

Mengemudi Nissan Livina Apakah Berbeda dengan Mitsubishi Xpander? 03

Hal itu tidak bisa dirasakan pada Xpander mobil. Sebabnya adalah, mobil Xpander tipe tertinggi, yakni Ultimate, memang sudah dapat kamera parkir tapi tidak ada tanpa sensor parkirnya. Kebalikannya di mobil Xpander tipe Sport, tidak ada kamera belakang tapi ada sensor parkir. Mengemudi mobil Xpander dalam manuver parkir pun agak lebih susah ketimbang Livina.

Perbedaan kedua adalah dikarenakan fitur cruise control. Nissan Livina baru sayangnya tak punya fitur tersebut. Jadi, mengemudi di jalan bebas hambatan dengan kondisi lancar memang lebih enak pakai Xpander mobil tipe tertinggi yang sudah dibekali cruise control.

Alex

Seorang mantan product planner and researcher, sangat menyukai data dan semua yang berbau kutu buku. Mobil-mobil favoritnya adalah mobil analog dengan enam silinder

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Nissan Livina E MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil