Mazda2 2019 mendapatkan facelift di akhir tahun dan secara resmi dipasarkan sejak awal tahun 2020. Peningkatan yang dilakukan menawarkan berbagai kenyamanan dan handling yang lebih baik. Dibanderol mulai dari Rp285 jutaan, mari kita simak bagaimana rasa berkendara Mazda yang dipasarkan saat ini.
Mesin Mazda2
Layaknya pesaing di segmen hatchback seperti Toyota Yaris dan Honda Jazz, mesin Mazda2 baru menggunakan mesin 1.5L 4-silinder. Tapi keunggulannya terdapat dari teknologi Skyactiv khas Mazda dan sistem SOHC dengan Dual S-VT dan ETC.
Mobil Mazda 2 tersedia dalam 2 varian. Harga Mazda 2 2020 berkisar dari Rp 285 juta hingga Rp 304 jutaan. Ini tidak beda jauh dengan harga Mazda 2 2019.
Mesin Skyactiv yang digunakan lebih bertenaga dan efisiensi di jalanan perkotaan. Keluaran tenaga Mazda2 mencapai 109 hp pada putaran 6.000 rpm serta torsi maksimal 144 Nm pada 4.400 rpm yang menawarkan performa tinggi.
Menyalurkan tenaga ke roda depan tanpa ada hambatan, mobil Mazda2 baru menggunakan transmisi 6-percepatan otomatis Skyactiv-Drive dengan manual shift i-stop standard dengan perpindahan yang mulus serta efisiensi yang lebih baik dibandingkan versi sebelum facelift.
Spesifikasi Mesin Mazda2 |
Tipe Mesin |
SKYACTIV 1.5L 4-silinder segaris DOHC with Dual S-VT (Sequential Valve Timing) dan ETC (Electronic Throttle Control) |
Kapasitas Silinder |
1.496 cc |
Tenaga Maksimal |
109 hp/6.000 rpm |
Torsi Maksimal |
144 Nm/4.000 rpm |
Transmisi |
Otomatis |
Sistem Penggerak
|
Front-wheel Drive |
Rasa Berkendara
Mesin SKYACTIV yang digunakan pada New Mazda 2 menawarkan performa yang membantu memberikan kenyamanan berkendara, bahkan pada kecepatan tinggi. Tenaga yang dihasilkan lebih besar dari Honda Jazz, tapi sama dengan Toyota Yaris.
Namun Mazda2 2020 unggul dalam torsi puncak yang diberikan. Sehingga mobil ini mampu memberikan kenyamanan pada putaran bawah. Keunggulan yang diperlukan bagi sebuah mobil perkotaan yang sering menghadapi kemacetan di jalan.
Dilengkapi dengan transmisi SKYACTIV-DRIVE yang baru dari Mazda diklaim menggabungkan semua keunggulan transmisi otomatis konvensional, CVT, dan Dual Clutch. Rentang penguncian dibuat lebih lebar sehingga mengingkatkan transfer torsi seefisien mungkin.
Seperti lini mobil Mazda baru lainnya, sistem transmisi baru memberikan rasa berkendara yang menyenangkan dengan perpindahan yang mulus. Mazda sendiri menyebutkan transmisi baru meningkatkan ekonomi bahan abkar 4% hingga 7% dibandingkan generasi sebelumnya.
Posisi mengemudi bisa diatur secara manual. Ada pula setir multi fungsi berlapis kulit pada mobil Mazda baru yang nyaman untuk digenggam serta paddle shift untuk gaya berkendara yang sporty. Ada sistem kemudi Rack & Pinion ditambah Electric Power Assist Steering (EPAS) yang membuat berbelok menjadi lebih mudah.
Meski berada di lini entry level dari seluruh model Mazda di Indonesia, mobil ini sudah mendapatkan sistem i-Activsense yang membantu pengendaraan menjadi lebih baik. Beberapa fitur yang bisa Anda dapatkan seperti sistem pengereman ABS+EBD+BA, Hill Launch Assist, Dynamic Stability Control dan Traction Control System.
Namun ada fitur yang dihilangkan pada versi facelift ini. Yaitu fitur Smart City Brake System yang pada awalnya masuk dalam sistem i-Activsense. Mazda menyebutkan pengurangan fitur ini karena jarang digunakan konsumen Indonesia. Padahal fitur ini sangat membantu ketika melaju di jalanan perkotaan.
Kenyamanan Kabin
Kualitas kabin yang cukup baik akan menemani penghuni. Meski sebagian ulasan mengakui interior Mazda 2 tak begitu baik jika dibandingkan dengan model Mazda yang lebih tinggi. Tapi sekelas hatchback perkotaan, kabin masih nyaman ditempati.
Penyesuaian yang dilakukan pada versi facelift adalah jok. Mazda 2 GT sebagai varian tertinggi saat ini menggunakan bahan fabric, bukan detail kulit. Ubahan yang tentu berpengaruh pada harga Mazda 2 yang lebih murah. Pengaturan jok pengemudi dan penumpang depan masih manual.
Untuk keselamatan di dalam kabin, ada Airbag Dual Front yang menjaga pengemudi dan penumpang dari risiko cedera pada saat terjadi benturan. Struktur bodi dari SKYACTIV-BODY dibuat lebih kokoh dan lebih aman melindungi kabin ketika mengalami kecelakaan.
Kepraktisan kabin masih baik, mengingat Mazda memberikan beberapa cup holder serta saku-saku yang tersebar di kabin. Tak ketinggalan MZD Connect layar sentuh 7 inci untuk sistem hiburan dengan 6 speaker yang akan menemani penghuni sepanjang perjalanan.
Kesimpulan
Mazda dikenal memilki handling yang luar biasa dan terlihat dari hatchback mobil Mazda2 baru ini. Meskipun beberapa sistem dan fitur berkendara dikurangi dibandingkan edisi New Mazda sebelum facelift, kualitas pengendaraan yang mengesankan membuatnya terasa superior dibandingkan pesaingnya.
Harga Mazda2 2020 |
Mazda2 R |
Rp285 jutaan |
Mazda2 GT |
Rp302 jutaan |