window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Honda HR-V, Mobil Ini Cocok untuk Dimiliki?

Enda · 20 Agu, 2020 18:00

Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Honda HR-V, Mobil Ini Cocok untuk Dimiliki? 01

Hi-rider Revolutionary - Vehicle (HR-V) merupakan salah satu Sport Utility Vehicle (SUV) kompak dua baris keluaran Honda, yang dibandrol mulai dari Rp297 juta. Jika kalian berniat membeli SUV ini, baiknya ketahui kelebihan dan kekurangan Honda HR-V.

Sebelum mengetahui kelebihan dan kekurangan Honda HR-V, mobil ini pertama kali diperkenalkan pada September 2014 di pagelaran Indonesia International Motor Show (IIMS). Tidak sampai lima tahun, Honda kemudian memberikan penyegaran terhadap New HR-V Indonesia.

Berketepatan dengan diadakannya ajang otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada Agustus 2018 lalu, kesempatan emas bagi Honda dengan sekaligus memperkelankan Facelift pertama HR-V.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Saat HR-V mendapatkan Facelift, faktor yang sangat mencolok bisa kalian temukan pada sektor eksterior.

Ingin tahu lebih mengenai kelebihan dan kekurangan Honda HR-V? simak terus ulasannya.

Kelebihan Honda HR-V

Tampilan sporty dengan lampu utama LED

Sejak dua tahun lalu mendapatkan penyegaran, SUV kompak ini kini memiliki tampil Fascia depan yang mampu menampilkan kesan sporty dan elegan.

Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Honda HR-V, Mobil Ini Cocok untuk Dimiliki? 01

Menganut bahasa desain Stand Out Design, mobil HR-V kini memiliki garis-garis tegas yang membuatnya terlihat lebih berotot. Honda juga sepenuhnya merubah sistem pencahayaan depan New HRV dengan menggunakan Full LED Headlight With LED DRL, serta LED pada Fog Lamp. Dengan begitu visibilitas pengemudi saat berkendara pada malam hari akan sangat terbantu dengan adanya sistem pencahayaan ini.

Interior mewah dengan kualitas yang baik

Kesan mewah pada mobil Honda HR-V langsung terpancar saat beranjak masuk ke dalam kabin. Di beberapa bagian pada interior, Honda HR-V dibalut dengan kombinasi material kulit, yang semakin memperkuat kesan sporty dan mewah.

Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Honda HR-V, Mobil Ini Cocok untuk Dimiliki? 02

Jok bagian depan New Honda HR-V facelift mendapatkan desain baru yang terkesan lebih sporty. Selain itu adanya kombinasi warna hitam dan krem membuat mobil HR-V semakin memancarkan kesan mewah, sehingga baik penumpang dan pengemudi akan merasa lebih nyaman saat berkendara. Tidak hanya mewah, kelebihan New Honda HRV Indonesia lainnya yakni fitur keselamatan.

Fitur keselamatan raih lima bintang

SUV 5-seater yang tipe teratasnya kini menyentuh harga di atas Rp400 juta, sukses meraih lima bintang menurut uji keselamatan berkendara Aseancap. Dari total maksimal 16.00 point, New Honda HR-V sukses mencatat 15.21 point untuk keselamatan penumpang dewasa. Sedangkan keselamatan untuk penumpang anak-anak meraih empat bintang, dengan tingkatan keselamatan mencapai 73 persen.

Faktor keselamatan terbaik didukung adanya 6 titik Airbags yang disematkan pada tipe Prestige. Selain itu struktur bangunan rangka pada mobil HR-V sama seperti beberapa produk Honda terkini yang menganut teknologi G-CON + ACE With Side Impact Beam.

Dimana kekuatan pada pilar dan struktur sasis diperkokoh, serta beberapa bagian dibuat melunak untuk dapat menyerap energi benturan. Sehingga menjaga penumpang dan pengemudi di dalam kabin dari cidera yang serius.

Sistem kendali yang canggih Motion Adaptive EPS + VSA

Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Honda HR-V, Mobil Ini Cocok untuk Dimiliki? 03

Teknologi keselamatan terdepan dilahirkan Honda yang disematkan pada HR-V, menggabungkan teknologi VSA (Vehicle Stability Assist) untuk mengurangi gejala oversteer dan understeer saat bermanuver dan terintegrasi dengan EPS (Electronic Power Steering).

VSA mampu mengurangi gejala oversteering, EPS memberi bantuan tenaga ke arah berlawanan untuk mencegah pemutaran kemudi yang berlebihan. VSA juga mampu mengurangi gejala understeering, EPS mencegah pemutaran roda kemudi yang berlebih sehingga mencegah slip pada roda depan.

VSA memberikan pengereman pada keempat roda secara bergantian, EPS memberikan bantuan tenaga putar roda kemudi ke arah yang berlawanan saat terjadi gejala slip. EPS memberikan tenaga putar roda kemudi ke arah sebaliknya dari penyimpangan kendaraan.

Terdapat 2 varian mesin

Tidak seperti kompetitornya, salah satu kelebihan HR-V lainnya yakni mesin. Ditawarkan dalam lima model, diantaranya S MT, S CVT, E CVT, E CVT Special edition, dan 1.8 Prestige. New Honda HR-V juga ditawarkan dengan dua pilihan mesin, 1.5L dan 1.8L.

Mengusung teknologi SOHC i-VTEC + DBW, mesin berkubikasi 1.5L empat silinder segaris ini mampu menghasilkan tenaga hingga 120 PS @6.600 Rpm serta torsi maksimalnya mencapai 145 Nm @4.600 Rpm.

Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Honda HR-V, Mobil Ini Cocok untuk Dimiliki? 04

Sedangkan versi 1.8L SOHC i-VTEC + DBW mampu melecutkan tenaga mencapai 139 PS @6.500 Rpm diangka torsi 169 Nm @4.300 Rpm.

Kekurangan Honda HR-V

Suspensinya yang keras

Terpaan isu mengenai kerasnya suspensi pada HR-V ternyata benar adanya. Menggunakan suspensi McPherson Strut di bagian depan dan Torsion Beam pada bagian belakang, tidak semata-mata membuat HR-V terasa nyaman saat melewati medan yang tidak rata.

Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Honda HR-V, Mobil Ini Cocok untuk Dimiliki? 05

Jika dibandingkan dengan pesaingnya yang pernah ‘Head to Head’ Chevrolet Trax, New Honda HR-V cinderung memiliki suspensi yang lebih keras. Hal ini yang hingga kini masih dikeluhkan pemiliknya. Namun begitu saat melewati garis kejut maupun kontur jalan yang tidak begitu parah, bantingan suspensi pada mobil HR-V masih terbilang nyaman.

Warna interior mudah kotor

Kombinasi antara warna hitam dan krem pada interior mampu meningkatkan kesan kemwahan. Namun begitu warna krem yang disematkan pada interior HR-V Indonesia akan lebih mudah kotor, terlebih jika penggunannya jarang ingin membersihkan.

Kerap timbul masalah pada kaki-kaki

Bergerak menggunakan penggerak roda depan, kekurangan New Honda HR-V lainnya terdapat pada sektor kaki-kaki. Kerap kali masalah ditimbulkan akibat dari bunyi yang cukup mengganggu ini.

Kesimpulan

Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Honda HR-V, Mobil Ini Cocok untuk Dimiliki? 06

Ditawarkan mulai dari Rp297-Rp415,7 juta, untuk sebuah SUV berkonfigurasi 5-seater ini terbilang mahal, jika dibandingkan dengan kompetitornya yang pernah ada, Chevrolet Trax. Namun harga yang ditawarkan dengan apa yang didapat bisa jadi jawaban mengapa harus memilih Honda HR-V. Di atas tadi sekelumit kelebihan dan kekurang Honda HR-V yang bisa jadi pertimbangan Anda sebelum membelinya.

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda HR-V 1.5L S 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil