window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Menguji Kasta Tertinggi Suzuki All New Ertiga Teranyar

Dhoni · 3 Sep, 2020 08:00

Pasti anda telah mengetahui kehadiran All Suzuki New Ertiga tipe Sport menjadi varian atau kasta tertinggi dengan beragam fitur tambahan sebagai andalannya. Tampilan yang lebih sporty, bukan sekedar hadir untuk memenuhi kebutuhan bagi para konsumen tanpa perlu menambahkan body kit secara terpisah.

Menguji Kasta Tertinggi Suzuki All New Ertiga Teranyar 01

Dengan penambahan fitur yang tidak tersedia pada varian lainnya dari Suzuki All New Ertiga, kini telah dihadirkan pada mobil seharga 260 juta untuk versi transmisi automatic. Strategi pada Suzuki All New Ertiga Sport tentu mengkukuhkan diri semakin siap bersaing pada segmen LMVP.

Walau yang masih sangat  disayangkan pada Suzuki All New Ertiga Sport adalah urusan dapur pacu yang tetap mengandalkan performa mesin dari K15B. Harapan bagi sebagian orang tentang arti 'Sport' memiliki tenaga yang lebih besar dari 1500cc atau paling tidak berhubungan dengan adrenaline.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Tapi bukan kendala besar, paling tidak Kasta Tertinggi dari Suzuki All New Ertiga memiliki banyak kelebihan sebagai pembedanya. Dan tim Autofun.co.id pun berkesempatan mencicipi kendaraan keluarga tipe transmisi matic dengan beragam fitur andalannya pada awal Agustus 2020.

Menguji Kasta Tertinggi Suzuki All New Ertiga Teranyar 01

Merasakan Sensasi Suzuki All New Ertiga Sport

Godaan untuk merasakan sensasi Suzuki All New Ertiga Sport langsung dirasakan saat memulai perjalanan Test Drive. Bukan untuk menguji dengan menempuh jarak jauh yang kami lakukan, tetapi lebih kepada respon mesin hingga manuver dari mobil dengan Ground Clearance 180mm ini. Dan berikut hasil yang kami rasakan.

Eksterior - Sporty nan Elegan

Suzuki All New Ertiga Sport tampil berbeda dibanding varian lainnya, penambahan body kit terlihat makin memperkuat unsur sporty dan tetap elagan untuk kendaraan LMVP. Mulai dari bagian depan dengan grill ala 'HoneyComb' plus list berwarna silver dibagian bawahnya. Terdapat add on spoiler memberikan karakter gagah. Terlebih lagi dengan DRL tersemat membingkai foglamp sebagai pembeda dengan tipe dibawahnya.

Menguji Kasta Tertinggi Suzuki All New Ertiga Teranyar 02

Selanjutnya, pada sisi samping mobil telah terpasang side skirt dengan tulisan Suzuki apa ujung belakangnya. Terpasang juga Apron hingga Spoiler bagasi di bagian belakang Suzuki All New Ertiga Sport.

Menguji Kasta Tertinggi Suzuki All New Ertiga Teranyar 03

Bicara tentang pemasangan dari body kit pada Suzuki All New Ertiga Sport, sebenarnya dapat dipasangkan pada Suzuki All New Ertiga tipe GX. Jadi memang secara tampilan pemilik tipe lainnya dapat mengubahnya dengan body kit lansiran Suzuki. Dan tentunya dapat meningkatkan 'tongkrongan' mobil ini saat melalui jalan raya.

Pencahayaan Tanpa Perbedaan

Untuk lampu depan, DRL LED berhasil memberikan kesan sport. Walau pada headlamp Suzuki All New Ertiga Sport masih menggunakan model lama yakni projector, namun masih menggunakan model lampu halogen dengan lampu jauh yang mengandalkan multi-reflector. Begitu pula pada lampu belakang yang tidak mengalami perubahan.

Menguji Kasta Tertinggi Suzuki All New Ertiga Teranyar 04

Alhasil, saat malam hari sistem pencahayaan yang dihasilkan oleh Suzuki All New Ertiga Sport 2020 tidak meningkat secara signifikan. Hanya unsur DRL yang menambah kesan elegan dari mobil yang bersaing melawan Mitsubishi Xpander dan Nissan Livina ini. Jujur saja, bicara tentang pencahayaan, kami masih merasa Xpander lebih unggul.

Menguji Kasta Tertinggi Suzuki All New Ertiga Teranyar 05

Roda yang digunakan pada Suzuki All New Ertiga Sport, Dual Tone Alloy Wheel berukuran 15 Inci dengan ban 185/65-R15. Untuk menghentikan laju roda, telah mengadopsi model rem Ventilated Disc pada rem depan sedangkan rem belakang tromol leading & trailing. Sistem Anti Lock Breaking System (ABS) dan fitur Electronic Brake-Force Distribution yang membagi kekuatan pengereman ke semua roda agar sistem pengereman bekerja secara sempurna di berbagai kondisi.

Suzuki All New Ertiga Sport memiliki ground clerance 180 mm dan didukung radius putar maksimum 5.2 meter untuk body berdimensi panjang 4.470 mm dan lebar 1.735 mm. Sedangkan untuk tinggi keseluruhannya mencapai 1.690 mm dengan jarak poros roda 2.750 mm.

Menguji Kasta Tertinggi Suzuki All New Ertiga Teranyar 06

Interior - Luas & nyaman

Tetapi begitu masuk dalam area pengemudi Suzuki Ertiga, kesan elegan terasa. Perpaduan dasboard kulit berwarna hitam dan panel kayu menjadi alasan paling utama. Khusus panel kayu memang terbuat dari bahan kayu. Pada dashboard juga terpasang Head Unit berlayar sentuh untuk menampilkan kamera parkir serta sebagai sistem entertainment.

Menguji Kasta Tertinggi Suzuki All New Ertiga Teranyar 07

Pada bagian bawah head unit layar sentuh berukuran 8 inci, terdapat beragam tombol untuk mengatur kebutuhan A/C maupun Heater Digital yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan di dalam kabin Suzuki All New Ertiga Sport 2020. Akses pengaturan A/C terasa mudah dilakukan tanpa mengganggu konsentrasi pengendara.

Menguji Kasta Tertinggi Suzuki All New Ertiga Teranyar 08

Model stir flat bottom membuat tampilan sporty terasa kokoh dengan terdapat tombol untuk fitiur ‘Tilt Steering dan Audio Steering Switch. Tombol start / stop engine berada di sisi kanan kemudi dan dibawahnya terdapat tombol untuk menghidupkan fitur DRL dan ESC. Pada area speedometer menggunakan desain intrument meter modern (speedometer dan tachometer) yang membuat mobil ini makin terasa layaknya mobil sport.

Dengan kapasitas kabin yang dapat menampung 7 orang penumpang, Suzuki All New Ertiga Sport memang masuk sebagai kendaraan keluarga dengan tiga baris kursi. Pada setiap baris kursi memiliki leg room yang lega, terlebih bangku baris kedua yang dapat diatur posisinya sesuai kebutuhan (2nd Row Seats Sliding and Reclining). Perjalanan panjang dengan 7 penumang tentu bukan kendala.

Menguji Kasta Tertinggi Suzuki All New Ertiga Teranyar 09

Sederet fitur fungsional pada All New Ertiga Sport seperti ventilated cup holder, USB charging port, double blower dan lainnya menjadi tambahan tersendiri. Begitu pula dengan ruang bagasi yang tersedia pada All New Ertiga Sport cukup lapang dan terdapat kompartement sehingga dapat menyembunyikan tas maupun barang bawaan lainnya saat berlibur.

Performa Mesin Tanpa Perubahan

Masih mengandalkan mesin DOHC 4 Silinder 16 Katup dengan kode K15B, tentu tidkak ada perubahan yang terjadi pada Suzuki All New Ertiga Sport 2020. Dengan kapasitas mesin 1,462 cc dapat menghasilkan tenaga 104.7 PS pada putaran mesin 6.000 rpm. Sedangkan torsi maksimalnya menembus 138 Nm pada putaran 4.400 rpm.

Menguji Kasta Tertinggi Suzuki All New Ertiga Teranyar 10

Mesin K15B telah mengadopsi teknologi VVT yang menjadikan performa Suzuki All New Ertiga Sport semakin responsif dan hemat bahan bakar. Apalagi dengan menggunakan teknologi Multipoint Injection yang dapat mengoptimalkan sistem pembakaran sehingga konsumsi bahan bakar yang irit dan semakin ramah lingkungan.

Di atas kertas, tenaga hingga torsi dari Suzuki All New Ertiga Sport sebenarnya memiliki tenaga sedikit lebih besar dibanding Mitsubishi Xpander yang hanya mengeluarkan tenaga 104 PS dan torsi 141 Nm.

Menguji Kasta Tertinggi Suzuki All New Ertiga Teranyar 11

Bagi yang pernah merasakan Suzuki Ertiga tipe GX, mungkin tidak terlalu merasakan perbedaannya. Terlebih jika hanya melihatnya, hanya bagian eksterior sebagai perbedaan paling utama. Namun jika dilihat secara detail, bagian interior pun terlihat perbedaannya, termasuk fitur yang telah diadopsinya.

Sebagai tipe tertinggi, Suzuki All New Ertiga tipe Sport layaknya Toyota Avanza Veloz yang memiliki tempat berbeda di banding varian dari line up nya. Beragam kelebihan sebagai pembeda utama.

Saat pengujian Suzuki All New Ertiga tipe Sport yang menggunakan transmisi matic 4-percepatan, tenaga tidak perlu diragukan lagi. Beberapa kali melakukan pengujian, mesin dapat merespon dengan baik ketika melakukan ‘kick down’ pedal gas sehingga performa Suzuki All New Ertiga Sport memang tidak perlu diragukan lagi.

Menguji Kasta Tertinggi Suzuki All New Ertiga Teranyar 12

Dengan Fitur Hill Hold Control yang akan mencegah All New Ertiga Sport tidak perlu takut mundur ketika menginjak gas saat berhenti di tanjakan. Dan juga terdapat fitur Electronic Stability Programme yang berguna untuk menjaga kestabilan ketika melalui tikungan, sehingga berkendara bisa semakin aman dan nyaman.

Menguji Kasta Tertinggi Suzuki All New Ertiga Teranyar 13

Handling saat melakukan maneuver yang cukup baik dalam melalui medan jalan tentu berkat kaki yang menggunakan MacPherson Strut pada suspense depan dan Coil Spring di suspense belakang memakai Torsion Beam model Coil Spring. Walau secara bantingan, jujur saja masih cukup keras bila dibandingkan dari varian Ertiga yang lama.

Menguji Kasta Tertinggi Suzuki All New Ertiga Teranyar 14

Suzuki All New Ertiga Sport pun telah mengadopsi fitur keselamatan yang menjadi standar sebuah kendaraan yakni berupa Dual SRS Airbag. Begitu pula dengan fitur ISOFIX yang tentunya membantu menjaga keamanan dan kenyamanan sang buah hati Anda.

Konsumsi Bahan Bakar – Sangat Hemat

Konsumsi bahan bakar Suzuki All New Ertiga Sport membutuhkan asupan bahan bakar sebanyak satu liter untuk menempuh jarak sejauh 29,34 kilometer. Tentu hasil 29,34 km/liter kembali mengukuhkan Suzuki All New Ertiga Sport masuk dalam deretan kendaraan MVP yang irit dalam mengkonsumsi bahan bakar.

Menguji Kasta Tertinggi Suzuki All New Ertiga Teranyar 15

Dengan kapasitas tanki untuk bahan bakar sebanyak 45 liter, Suzuki All New Ertiga Sport tentu tidak mengkhawatirkan dalam melakukan perjalanan keluar kota. Apalagi dengan konsumsi bahan bakar yang tergolong irit di kelasnya.

Kesimpulan

Saat perebutan pasar LMVP yang menggunakan velg berdiameter 16 inci, Suzuki All New Ertiga Sport justru memilih ukuran velg 1 inci lebih kecil. Memang mudah menggantinya dengan menaikan ukurannya tetapi tentu harus merogoh kocek kembali untuk membeli velg hingga ban.

Memang sebagai kendaraan LMVP telah tersedia fitur sensor belakang, namun dengan tambahan kamera parkir yang menampilkan area belakang mobil  pada Head Unit menjadi poin lebih bagi Suzuki All New Ertiga tipe Sport.

Sebagai kendaraan tipe FWD (Gerak roda depan) yang tidak dapat dilupakan adalah penggunaan ‘New Generation Platform Heartect’ pada Suzuki All New Ertiga. Bagian tersebut merupakan rangka bodi yang kokoh dan ringan dengan tujuan membuat performa mesin lebih stabil sehingga menunjang penggunaan bahan bakar lebih irit dan efisien.

Menguji Kasta Tertinggi Suzuki All New Ertiga Teranyar 16

Secara keseluruhan, Suzuki All New Ertiga Sport memang paling tinggi harganya dari variannya. Tetapi jika di adu banding, tentu value for money dari berbagai fitur hingga kenyamanan, handling dan kelincahan masih sangat baik dibanding para competitor Jepang di pasar LMVP.

Bagi yang telah memilik Suzuki All New Ertiga tipe GX dan jika ingin mengubah tampilan menjadi tipe Sport , anda cukup membeli body kit yang disediakan oleh Suzuki. Memang secara tampilan dapat diubah tetapi fitur lainnya tetap harus melakukan modifikasi.

 

Dhoni

Reporter

Telah menjadi jurnalis sejak 2008 dengan mengkhususkan diri ke dunia sepeda, namun mulai 2015 mulai menjalani karir sebagai wartawan di dunia otomotif. Namun lebih memilih motorsports sebagai prioritas. Dia tertarik pada teknologi mobil - mobil 4WD. Instagram: dhoni_bima

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Suzuki Ertiga GA MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil