window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mengupas Harga Nissan Livina Terbaru dan Bekas, Dapat Apa Aja?

Bent Aulia · 29 Okt, 2020 17:40

Mengupas Harga Nissan Livina Terbaru dan Bekas, Dapat Apa Aja? 01

Apa yang membuat harga Nissan Livina terbaru lebih mahal dibandingkan pesaingnya di segmen yang sama? Padahal MPV andalan Nissan ini tak mendapatkan fitur unggulan layaknya MPV premium lainnya. Tapi tenang saja, ada berbagai varian Nissan Livina yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan konsumen di Indonesia. Simak perbedaan masing-masing harga pada varian di bawah ini.

1. Nissan Livina 1.5 E MT

Masuk ke jajaran entry level adalah Nissan Livina 1.5 E MT. Sesuai dengan namanya, varian ini mengandalkan transmisi manual 5-percepatan saja, tanpa transmisi otomatis. Livina 1.5 E MT menawarkan berbagai teknologi terbaru Nissan, walaupun ada beberapa fitur yang dihilangkan.

Mengupas Harga Nissan Livina Terbaru dan Bekas, Dapat Apa Aja? 02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Kelebihan

Meski berada dalam varian entry level, namun Livina 1.5 E MT tak kalah jika dibandingkan dengan edisi lain di kelasnya. Ada banyak fitur yang disematkan pada varian entry level All New Nissan Livina terbaru ini.

kabin Nissan Livina

Sama seperti varian di atasnya, Livina kali ini sudah mendapatkan mesin 1.5L 4-silinder 16 katup berteknologi DOHC dan twin VTC (Variable-valve Timing Control) yang mampu menghasilkan tenaga hingga 104 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 141 Nm pada putaran 4.000 rpm. Berbagai perlengkapan standar yang ditawarkan pada model ini termasuk,

  • 4 Cylinder inline, 16 valve, DOHC and twin VTC (Variable-valve Timing Control)
  • Halogen Headlamp with Auto - Off Headlight
  • Dual Line LED: Positioning Lamp & Daytime Running Light
  • Seat Material Black-Beige (Fabric)
  • Multi Information Display with Eco Indicator - Monotone
  • 3rd Row Seat Seatback + Cushion (Split) & Full Flat Floor

Kekurangan

Layaknya model entry level, harga yang ditawarkan memang sangat terjangkau dan lebih banyak berkurang dibandingkan varian yang di atasnya. Perbedaan yang diberikan pun cukup tinggi, mencapai Rp22 jutaan.

cupholder Nissan Livina

Karena itu, beberapa teknologi juga masih belum ditawarkan. Mulai dari teknologi teleskopik yang masih belum ada, hingga kualitas material jok yang masih berbahan fabric.

Harga Nissan Livina 1.5 E MT yang harga menawarkan pilihan transmisi manual ini dibanderol Rp208 jutaan. Harga yang ditawarkan ini memang lebih besar dibandingkan harga Toyota Avanza varian E bermesin 1.3L.

ruang penyimpanan Nissan Livina

Belum ada kejelasan tentang berapa harga Nissan Livina 2021 dalam varian entry level ini. Mengingat harga yang ditawarkan tak begitu jauh berbeda, besar kemungkinan Nissan masih memberikan peningkatan pada harga tahun depan sesuai dengan inflasi yang berlangsung.

2. Nissan Livina 1.5 EL MT

Varian kedua yang dipasarkan di Indonesia merupakan Nissan Livina 1.5 EL MT. Varian yang juga hanya ditawarkan dalam transmisi manual 5-percepatan ini memiliki beberapa teknologi tambahan yang tak ditemukan pada varian entry level.

transmisi otomatis Nissan Livina

Kelebihan

Beberapa kelebihan dari teknologi yang ditawarkan seperti material jok yang lebih menawan walaupun sama-sama menggunakan material fabric.
Tapi tampilan dan kenyamanan fabric yang ditawarkan kali ini sudah cukup baik memberikan rasa nyaman berkendara dalam perjalanan jarak jauh.
Beberapa fitur unggulan varian 1.5 VL diantaranya yaitu,

  • Dual Line LED: Positioning Lamp & Daytime Running Light
  • Courtesy Light Before & After Driving
  • Steering Adjustment: Tilt & Telescopic
  • Halogen Headlamp with Auto - Off Headlight
  • Seat Material Black-Brown (Upper Fabric)
  • 3rd Row Seat Seatback + Cushion (Split) & Full Flat Floor

Kekurangan

Sama seperti sebelumnya, beberapa teknologi masih belum ditemukan pada mobil ini. Apalagi jika dibandingkan dengan harga yang ditawarkan. Begitu pula dengan transmisi manual yang seringkali menyusahkan ketika dibawa di jalanan yang penuh dengan kemacetan.

dashboard Nissan Livina

Harga Nissan Livina 2020 varian 1.5 EL MT dibanderol Rp231 jutaan. Varian menengah yang cukup menyita kantong, tapi memberikan kenyamanan yang lebih baik dibandingkan varian entry level 1.5 E.

3. Nissan Livina 1.5 EL AT

Varian menengah Nissan Livina juga mendapatkan transmisi otomatis. Inilah yang bisa didapatkan dari Livina 1.5 EL AT yang memiliki perbedaan harga Rp11 juta dibandingkan varian bertransmisi manualnya.

bagasi Nissan Livina

Kelebihan

Tak banyak perbedaan antara dua versi varian VE yang ditawarkan. Perbedaan paling mendasar tentu saja kenyamanan dan kepraktisan yang diberikan bagi pengemudi dengan transmisi otomatis 4-percepatan yang lebih kemudahan digunakan.

dashboard Nissan Livina

Kemudahan yang diberikan bagi transmisi otomatis yaitu tidak membuat kaki pegal ketika harus berkendara di jalanan perkotaan yang seringkali dipenuhi kemacetan. Penggunaan transmisi otomatis juga cukup mudah dikendarai oleh pengemudi pemula. Fitur milik Livina 1.5 EL AT termasuk,

  • Halogen Headlamp with Auto - Off Headlight
  • Dual Line LED: Positioning Lamp & Daytime Running Light
  • Courtesy Light Before & After Driving
  • Door Mirrors Electric Adjustment
  • Multi Information Display with Eco Indicator - Monotone
  • Air Conditioning Front Manual + Rear Air Conditioning Blower

Kekurangan

Teknologi yang ditawarkan pada kedua varian ini tak jauh berbeda. Tapi banyak yang menyebutkan bahwa konsumsi bahan bakar dari transmisi otomatis lebih boros dibandingkan transmisi manual. Harga Livina 2020 dalam versi 1.5 EL AT saat ini dihargai mulai dari Rp242 jutaan.

4. Nissan Livina 1.5 VE AT

Bukannya yang termewah, tapi Livina 1.5 VE sudah mendapatkan berbagai teknologi terbaru Livina. Perubahannya terlihat pada transmisi yang digunakan. Dimana varian ini hanya ditawarkan dalam transmisi otomatis saja.

head unit Nissan Livina

Kelebihan

Kesan mewah sudah bisa dirasakan, walaupun model ini bukanlah yang termewah dari jajarannya. Terlihat dari aksen panel kayu yang disematkan serta beberapa pilihan teknologi anyar untuk memberikan kemudahan berkendara bersama mobil ini.

  • Halogen Headlamp with Auto - Off Headlight
  • LED Rear Combination Lamp (Body & Back Door)
  • Door Mirrors Electric Adjustment
  • 3rd Row Seat Seatback + Cushion (Split) & Full Flat Floor
  • Ip Panel - Wooden Ornament
  • Multi Information Display with Eco Indicator - Monotone

Kekurangan

Tidak adanya transmisi manual juga menjadi masalah tersendiri. Apalagi bagi mereka yang menginginkan rasa berkendara yang sporty. Ditambah dengan anggapan bahwa transmisi otomatis lebih boros bahan bakar dibandingkan transmisi manual.

fitur Nissan Livina

Harga Livina 2020 untuk varian 1.5 VE AT saat ini bisa didapatkan dengan merogoh kocek mulai dari Rp259 jutaan. Atau lebih mahal Rp51 jutaan dibandingkan harga Nissan Livina varian entry level.

5. Nissan Livina 1.5 VL AT

Sebagai varian paling tinggi yang dipasarkan Nissan untuk Livina, model 1.5 VT AT merupakan model dengan semua kelengkapan teknologi yang ditawarkan pada salah satu MPV terbaik Nissan ini.

fitur Hill Start Assist

Kelebihan

Tampilan yang sporty dengan berbagai kelengkapan aksen chrome dan desain yang maskulin layaknya Mitsubishi Xpander pada generasi terbaru Livina ini masih menjadi salah satu keunggulan tersendiri bagi mobil ini.

fitur start-stop engine

Bagian dalam juga dibuat lebih mewah dengan kehadiran aksen kayu pada panel dashboard. Menghadirkan tampilan yang premium, hingga fitur start-stop button. Berikut beberapa fitur unggulan Livina 1.5 VL AT sebagai varian tertinggi Livina saat ini.

  • Halogen Headlamp with Auto - Off Headlight
  • Door Mirrors Auto Folding Outside Mirrors
  • I-Key + Push Start and Stop Button
  • Window Chrome Belt Line
  • Seat Material Black Leather

Kekurangan

Jika dilihat dari harga yang ditawarkan, tentu saja varian tertinggi ini memiliki rentang harga yang lebih tinggi. Namun semuanya terbayarkan dengan teknologi yang paling lengkap diantara semua varian Livina lainnya.

fitur Nissan Livina

Berbeda Rp64 jutaan dengan varian entry level, harga Livina 2020 untuk varian 1.5 VL AT saat ini mulai dari Rp272 jutaan.

Spesifikasi umum Nissan Livina

Nissan Grand Livina maupun Nissan Livina sama-sama mengandalkan ruang kabin yang lapang dan suspensi yang empuk untuk kenyamanan penumpang di dalam mobil. Inilah yang membuat Livina masih banyak dicari di pasar mobil baru maupun bekas Tanah Air.

harga Nissan Livina 2020

Sudah dua generasi diperkenalkan, tak banyak yang berubah dari model yang ditawarkan Nissan. Termasuk dimensi yang diperkenalkan saat ini. Meski sebelumnya Nissan pernah membawa model hatchback 5 kursi dengan dimensi yang lebih kecil.

MPV berukuran panjang 4.5 meter ini diketahui memiliki ruang kabin yang cukup luas untuk 7 orang penumpang. Ground clearance 200 mm bisa dibilang cukup baik untuk pengendaraan perkotaan. Ditambah dengan radius putar 5.5 m, tak begitu kecil, tapi cukup praktis untuk membawa mobil ini berbelok di jalanan yang sempit.

Dimensi All New Nissan Livina 2020
Panjang x lebar x tinggi 4.510 x 1.750 x 1.695 mm
Jarak poros roda 2.775 mm
Ground clearance 200 mm
Radius putar 5.5 m
Bobot mobil 1.240 kg
Kapasitas tangki 45L
Transmisi 5-percepatan manual dan 4-percepatan otomatis
Tipe ban 185/65 R15
Velg 15 inci alloy
Suspensi depan Macpherson strut with Stabilizer
Suspensi belakang Torsion Beam with Stabilizer
Rem depan Ventilated Disc
Rem belakang Drum

Begitu juga dalam hal mesin yang ditawarkan. Nissan mempercayakan mesin 1.5L berteknologi DOHC dan twin TVC untuk membawa pengemudi dan penumpang melaju dengan tenang di jalanan perkotaan.

mesin Nissan Livina

Tenaga dan torsi yang digunakan memang tak lebih besar dibandingkan pesaingnya, semisal Toyota Avanza maupun Mitsubishi Xpander. Tapi kelebihan Nissan Livina tentu saja terletak pada pengendaraan yang empuk dan efisiensi bahan bakar yang lebih irit.

Mesin All New Nissan Livina 2020
Tipe Mesin 1.5L 4-silinder 16 katup DOHC dan twin VTC (Variable-valve Timing Control)
Isi Silinder 1.499 cc
Daya maksimal 104 PS/ 6.000 rpm
Torsi maksimal 141 Nm/ 4.000 rpm
Teknologi mesin Electronic Concentrate-engine Control System (ECCS)
Diameter dan langkah 78.0 mm x 78.4 mm

Harga mobil Grand Livina bekas

Salah satu kekurangan paling signifikan bagi Nissan Livina tentu saja karena harga jual kembali Nissan Grand Livina bekas yang cukup jatuh di pasaran. Tapi hal ini tentu saja berdampak pada harga mobil Grand Livina bekas yang sangat terjangkau.

harga Nissan Grand Livina

Padahal Livina memiliki mesin yang bandel dan daya tahan yang lama. Meski berumur lebih dari 5 tahun, namun masih banyak model Livina bekas yang masih menyenangkan untuk dibawa di jalanan perkotaan tanpa perlu banyak perawatan.

Ketika pertama kali diperkenalkan pada tahun 2007, harga mobil Grand Livina mencapai Rp210 jutaan untuk varian tertinggi. harga yang cukup kompetitif jika dibandingkan dengan model MPV lainnya semisal Suzuki Ertiga maupun Honda Mobilio.

interior Nissan Grand Livina

Namun saat ini, generasi pertama Livina ini memiliki harga bekas yang cukup jatuh di pasaran. Mengingat nama Nissan yang tak sekuat Toyota maupun Mitsubishi. Contohnya saja harga mobil Grand Livina bekas mulai dari Rp60 jutaan untuk keluaran tahun 2010-an.

Namun untuk varian yang lebih tinggi, harga mobil Grand Livina keluaran tahun 2013 ke atas bisa didapatkan mulai dari Rp115 jutaan. Padahal model tertinggi tahun ini dipasarkan dengan harga mulai dari Rp260 jutaan.

harga mobil Grand Livina

Berbeda dengan mobil bekasnya, Nissan Livina saat ini masih menggunakan generasi kedua yang baru diperkenalkan tahun lalu. Oleh karena itu, Nissan Livina 2021 kemungkinan besar masih menggunakan spesifikasi yang sama dengan model kali ini.

Oleh karena itu, besar kemungkinan harga Livina 2021 tak jauh berbeda dengan harga saat ini. Jika pun ada penambahan harga Livina 2021, kemungkinan besar karena masalah inflasi yang mengakibatkan harga naik beberapa persen.

Nissan Livina 2020

Tapi di tengah masa pandemi dan ketidakstabilan ekonomi saat ini, sedikit kemungkinan Nissan akan meningkatkan harga Livina 2021 tahun depan. Belum lagi dengan promo Nissan Livina yang ditawarkan, konsumen bisa mendapatkan harga Livina 2021 yang lebih terjangkau.

Kesimpulan

Harga Livina 2020 dari lima varian yang terjangkau membuat mobil ini memberikan alternatif baru kendaraan keluarga perkotaan yang nyaman. Sedangkan harga Grand Livina bekas yang cukup turun bisa menjadi pilihan tersendiri bagi konsumen yang menginginkan model yang nyaman meski beberapa kelemahan yang masih terdapat pada mobil ini. Jika ya, pilihan apa yang akan Anda buat?

Bent Aulia

Penyuka sejarah dan film, di belakang laptop sebagai penulis baru di ranah otomotif.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Nissan Livina E MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil