window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mengupas Lebih Dalam 8 Fitur Keselamatan Suzuki Ignis 2020

Bent Aulia · 25 Mei, 2020 10:00

Bulan lalu, PT Suzuki Indomobil Indonesia memperkenalkan tampilan baru dari Suzuki Ignis. Desainnya dibuat lebih sporty dengan beberapa penambahan aksesoris pada eksterior dan tambahan fitur di dalam mobil untuk kenyamanan berkendara.

Mobil Suzuki Ignis memiliki total 4 tipe. Harga mobil Suzuki Ignis Indonesia terbaru berkisar dari Rp 170 juta hingga Rp 200 juta. Ini merupakan harga Ignis 2020.

Untuk masalah keselamatan, mobil Suzuki Ignis bisa dibilang mampu menghadirkan kenyamanan di dalam mobil. Dalam pengujian Euro NCAP beberapa waktu lalu, Suzuki Ignis mampu meraih peringkat keselamatan lima bintang. Mari kita simak apa saja fitur keselamatan Suzuki Ignis yang memberikan kenyamanan selama di jalan.

1. Fitur Electronic Brake Distribution (EBD)

Dibandingkan pesaingnya yang berada di segmen yang sama, seperti Honda Brio atau Kia Picanto, mobil Ignis Suzuki Indonesia termasuk memiliki sistem keselamatan yang terlengkap. Salah satunya dengan hadirnya sistem pengereman EBD.

Mengupas Lebih Dalam 8 Fitur Keselamatan Suzuki Ignis 2020 01

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Secara garis besar, sistem EBD Suzuki Ignis merupakan teknologi rem mobil yang secara otomatis memvariasikan jumlah gaya yang diterapkan pada setiap roda berdasarkan kondisi jalan, kecepatan, muatan, dan lainnya. Sistem EBD akan memaksimalkan daya henti sambil tetap mempertahankan kontrol kendaraan.

2. Fitur Anti-lock Braking System (ABS)

Fitur keselamatan yang digunakan oleh sebagian besar mobil modern saat ini. Fitur ABS akan membuat pengereman menjadi lebih efektif dan mengurangi resiko roda mobil slip ketika berkendara di jalanan yang licin setelah hujan.

3. Fitur Brake Assist (BA)

Brake Assist adalah fitur keselamatan aktif mobil yang dirancang untuk membantu pengemudi berhenti lebih cepat ketika terjadi pengereman darurat. Fitur ini biasanya dikombinasikan dengan sistem pengereman ABS untuk membuat pengereman menjadi lebih efektif.

Mengupas Lebih Dalam 8 Fitur Keselamatan Suzuki Ignis 2020 01

Perbedaan fitur ABS dan BA terletak pada penggunaannya. Tujuan utama fitur ABS pada mobil Suzuki Ignis adalah memungkinkan pengereman kendaraan untuk menghindari slip pada roda. Sedangkan fitur Brake Assist meningkatkan kinerja ABS untuk menghentikan mobil menjadi lebih efektif dan mencegah penguncian roda.

4. Dual SRS Airbag

Dikenal juga dengan nama Dual Supplemental Restraint System (SRS) Airbag, fitur ini merupakan fitur keselamatan wajib yang bisa Anda temukan pada setiap varian mobil Suzuki Ignis di Indonesia.

Mengupas Lebih Dalam 8 Fitur Keselamatan Suzuki Ignis 2020 02

Dual SRS Airbag akan memberikan perlindungan tambahan ketika sabuk pengaman dirasa tidak cukup untuk menahan pengemudi pada saat mengalami benturan. Seberapa cepat dan kapan airbag mengembang ditentukan oleh sensor pada mobil yang bertugas mengkalkulasi benturan.

5. Pretensioner seat belt

Mobil Suzuki Ignis menghadirkan pretensioner seat belt bagi pengemudi di depan yang bertugas mengunci sabuk pengaman ketika terjadi kecelakaan. Pretensioner menggunakan bahan peledak untuk mengaktifkan piston ketika sensor mendeteksi terjadinya kecelakaan pada kendaraan.

Dibanding sabuk pengaman biasa, sabuk pengaman dengan pretensioner akan membantu Anda menghadapi benturan atau pengereman mendadak lebih baik dan terbukti mengurangi cedera dan kematian akibat kecelakaan.

6. ISOFIX

Fitur dalam mobil yang sangat berguna jika Anda memiliki bayi atau anak-anak berusia di bawah lima tahun. Dengan fitur ISOFIX, Anda bisa mengaitkan kursi bayi pada bangku baris kedua untuk memastikan keselamatan berkendara anak-anak sepanjang perjalanan.

Mengupas Lebih Dalam 8 Fitur Keselamatan Suzuki Ignis 2020 03

7. Side Impact Beam

Dalam pernyataan resminya, Suzuki Indonesia mengungkapkan bahwa Side Impact Beam merupakan salah satu sistem keselamatan mobil Suzuki Ignis Indonesia yang berupa kerangka baja yang dipasang pada pintu. Tujuannya adalah untuk menjaga pintu samping bisa tetap dibuka pada saat terjadi benturan. Gunanya adalah untuk memudahkan evakuasi dan tindakan penyelamatan bagi penumpang di dalam.

8. New Platform Heartech

Perubahan terbaru yang digunakan pada mobil Suzuki Ignis Indonesia adalah platform Heartech yang bisa meningkatkan sistem keselamatan selama berkendara, membuat bodi mobil lebih ringan sehingga mampu menghasilkan konsumsi bahan bakar yang lebih irit di jalanan.

Selain fitur di atas, mobil Ignis juga memiliki fungsi retractable mirror, pengatur ketinggian pada lampu depan, dan Daytime Running Light (DRL) yang akan memberikan perlindungan tambahan untuk memastikan kenyamanan Anda selama berkendara.

Mengupas Lebih Dalam 8 Fitur Keselamatan Suzuki Ignis 2020 04

Tapi karena mobil Suzuki Ignis masih menyasar segmen menengah, beberapa fitur keselamatan lanjutan belum bisa ditemukan pada mobil ini. Contohnya saja Electronic Stability Program (ESP) yang sudah bisa Anda temukan pada All New Suzuki Ertiga, atau fitur yang lebih modern seperti kontrol traksi.

Menggunakan tagline The New Breed of Urban SUV, mobil Suzuki Ignis tetap mengandalkan mesin K12M 1.2L 4-silinder yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 82 daya kuda pada 6.000 rpm serta torsi 113 Nm pada putaran 4.200 rpm. Sunggu merupakan peseona tersendiri dari mobil Ignis.

Bent Aulia

Penyuka sejarah dan film, di belakang laptop sebagai penulis baru di ranah otomotif.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Suzuki Ignis GX MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil