window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Minat Beli Honda CR-V? Tahu Dulu Kelebihan dan Kekurangannya Ini!

Anissa · 27 Jul, 2020 19:00

Minat Beli Honda CR-V? Tahu Dulu Kelebihan dan Kekurangannya Ini! 01

Honda CR-V merupakan salah satu model compact SUV dari Honda yang pertama kali diperkenalkan di Jepang pada tahun 1995. Di Indonesia sendiri, Honda CR-V debut pada tahun 2000 dan langsung mendapatkan respons yang sangat baik. Mobil Honda CRV tersedia dalam 3 varian. Saat ini, mobil yang disebut sebagai "Compact Recreational Vehicle" ini dibanderol dengan kisaran harga Rp463,9 jutaan hingga Rp539,4 jutaan. Ini merupakan harga mobil CRV 2020 di Indonesia.

Sejak pertama kali kehadirannya di Tanah Air, Honda CR-V telah mendapatkan beberapa kali facelift, yakni pada tahun 2001, 2007, 2013, dan yang terakhir pada tahun 2017 lalu. Kabarnya, mobil ini akan kembali mendapatkan facelift pada akhir tahun 2020 mendatang.

Sama seperti mobil lainnya, Honda CR-V ini memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan tersendiri. Kira-kira apa saja kelebihan dan kekurangan dari mobil ini? Berikut informasinya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Kelebihan Honda HR-V

1. Menawarkan Dua Pilihan Mesin

Honda CR-V tersedia dalam tiga varian, yakni Honda CR-V 2.0L CVT, Honda CR-V 1.5L Turbo CVT, serta Honda CR-V 1.5L Prestige Turbo CVT. Untuk varian mesinnya, Honda CR-V menawarkan dua pilihan mesin, yakni mesin 1.5L VTEC Turbo dan mesin 2.0L i-VTEC.

Seluruh varian Honda CR-V menggunakan transmisi otomatis CVT with Earth Dream Technology. Penggunaan sistem transmisi CVT ini dipilih karena dinilai mampu menghasilkan perpindahan gigi yang lebih halus, performa mesin yang lebih optimal, serta efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

2. Desain Eksterior Menawan

Urusan eksterior, Honda CR-V tidak kalah dengan para pesaingnya. Mobil ini terlihat gagah sekaligus minimalis berkat desain grille yang menyambung ke lampu utamanya. Seluruh sistem pencahayaan Honda CR-V terbaru menggunakan teknologi LED. Mobil CRV ini juga dilengkapi dengan LED Daytime Running Light (DRL) untuk meningkatkan visibilitas, baik pada siang maupun malam hari.

Minat Beli Honda CR-V? Tahu Dulu Kelebihan dan Kekurangannya Ini! 01

Eksterior belakangnya juga tampak maskulin dengan kehadiran Rear Combi Lamp with LED Light Bars. Yang lebih menarik, pada bagian atapnya terdapat Panoramic Sunroof sehingga penumpang bisa melihat pemandangan ke atas atap. Velg baru berukuran 18 inci juga disematkan untuk menambah kesan sporty pada mobil ini.

3. Mesin Bertenaga

Bicara soal tenaganya, Honda CR-V memang memiliki mesin dengan tenaga yang mumpuni. Honda CR-V 1.5L Turbo dan Honda CR-V 1.5 Prestige Turbo dibekali mesin 4-silinder segaris, DOHC, VTEC Turbo, 16 katup berkapasitasn 1.498 cc yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 187 HP pada putaran 5.600 rpm dan torsi mencapai 240 Nm pada putaran 2.000-5.000 rpm. Performa tinggi yang dihasilkan oleh mesin berkapasitas 1,5 liternya ini tentu saja berkat dukungan teknologi Turbocharger yang dapat meningkatkan performa mesin.

Sementara itu, untuk varian Honda CR-V 2.0L i-VTEC yang menggendong mesin 4-silinder segaris, SOHC, i-VTEC, 16 katup dengan kapasitas 1.997 cc, tenaga yang dihasilkan justru lebih kecil, yakni 152 HP pada putaran 6.500 rpm. Torsinya sendiri hanya mencapai 189 Nm pada putaran 4.300 rpm.

4. Interior Luas dan Mewah

Interior Honda CR-V generasi terbaru menggunakan bahasa desain yang kental dengan kesan mewah. Bodinya yang besar juga membuat interiornya terasa lebih luas dan nyaman.

Honda CR-V 1.5L Turbo dan Honda CR-V 1.5 Prestige Turbo bisa mengangkut hingga 7 orang penumpang, sedangkan Honda CR-V 2.0L i-VTEC hanya bisa menampung 5 orang penumpang saja.

Penggunaan aksen wood panel pada konsol tengah Honda CR-V menambah kesan mewah sekaligus elegan pada mobil ini. Setirnya yang menggunakan teknologi tilt and teleskopic steering juga membuat interior mobil ini semakin berkelas.

5. Fitur Lengkap

Bicara soal fitur, mobil besutan Honda memang tidak pernah mengecewakan. Honda CR-V sendiri memiliki fitur yang cukup lengkap. Untuk fitur keselamatan dan pengendaraannya, ada fitur Brake Hold, fitur ECON Mode, fitur Vehicle Stability Assist (VSA), serta fitur Hill Start Assist (HSA).

Tidak lupa mobil ini juga dibekali dengan 6 Airbags, yang terdiri dari Dual SRS Airbags, Side Airbags, dan Side Curtains Airbags. Ada pula beberapa fitur keselamatan lain seperti sabuk keselamatan di semua baris kursi, seatbelt reminder untuk pengemudi dan penumpang baris pertama, pretensioner with load limiter seatbelt, fitur Isofix, fitur Brake Override System, alarm system, auto lock door by speed, serta immobilizer.

Minat Beli Honda CR-V? Tahu Dulu Kelebihan dan Kekurangannya Ini! 02

Khusus untuk Honda CR-V varian 1.5L Turbo, mobil ini sudah dilengkapi dengan fitur audio steering swittch. Mobil ini juga mengandalkan head unit Touchscreen 9 inci, A/V system yang cocok dengan berbagai format musik mulai radio, MP3/WMA, Bluetooth Audio, HDMI port, USB dan juga mendukung Nanoe technology.

Perlu diketahui bahwa fitur Nanoe technology ini berfungsi untuk menjaga udara di dalam kabin agar lebih sehat dan bebas dari virus. Sayangnya, fitur yang satu ini baru tersedia untuk varian tertinggi Honda CR-V.

Kekurangan Honda CR-V

1. Harga Relatif Mahal

Mengisi segmen SUV menengah di Indonesia, Honda CR-V harus bersaing dengan berbagai mobil lainnya. Salah satu kompetitor utamanya adalah Nissan X-Trail yang memiliki dimensi yang tidak jauh berbeda.

Meskipun Honda CR-V disebut lebih bertenaga, tetapi harganya masih relatif lebih mahal dibandingkan dengan Nissan X-Trail. Seperti yang sudah disebutkan, Honda CR-V dipasarkan dengan kisaran harga Rp463,9 jutaan hingga Rp539,4 jutaan. Sedangkan Nissan X-Trail relatif lebih murah dengan harga Rp421 jutaan untuk varian terendahnya.

2. Dimensi Besar, Kurang Gesit di Jalan Sempit

Honda CR-V memiliki dimensi panjang 4.584 mm, lebar 1.855, dan tingginya 1679 mm. Jarak sumbu rodanya sendiri mencapai 2.660 mm.
Kendati dimensinya yang besar bisa menjamin kabin yang lebih leluasa dan nyaman, ternyata hal ini juga bisa menjadi kelemahan. Bodinya yang besar menjadikan mobil ini kurang gesit ketika dikendarai di jalan sempit.

Kesimpulan

Tidak hanya fiturnya yang lengkap, mesinnya yang bertenaga merupakan beberapa kelebihan utama yang dimiliki oleh mobil Honda CR-V ini. Bodinya yang besar juga membuat interiornya terasa lebih leluasa dan dapat meningkatkan kenyamanan penumpang ketika berkendara.

Minat Beli Honda CR-V? Tahu Dulu Kelebihan dan Kekurangannya Ini! 03

Tetapi sayangnya, bodi yang besar ini justru akan menjadi hambatan ketika mobil Honda SUV yang satu ini dibawa berkendara ke jalan yang sempit. Selain itu, harganya yang relatif lebih mahal dibandingkan dengan kompetitornya juga menjadi salah satu kekurangan dari Honda CR-V.

Anissa

Baik mobil maupun kebudayaan, perkembangan keduanya bergantung pada hal yang sama: pemikiran manusia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda CR-V 2023 Upcoming

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil