Minat Beli Honda CR-V? Tahu Dulu Kelebihan dan Kekurangannya Ini!

Honda CR-V merupakan salah satu model compact SUV dari Honda yang pertama kali diperkenalkan di Jepang pada tahun 1995. Di Indonesia sendiri, Honda CR-V debut pada tahun 2000 dan langsung mendapatkan respons yang sangat baik. Saat ini, mobil yang disebut sebagai "Compact Recreational Vehicle" ini dibanderol dengan kisaran harga Rp463,9 jutaan hingga Rp539,4 jutaan.

Sejak pertama kali kehadirannya di Tanah Air, Honda CR-V telah mendapatkan beberapa kali facelift, yakni pada tahun 2001, 2007, 2013, dan yang terakhir pada tahun 2017 lalu. Kabarnya, mobil ini akan kembali mendapatkan facelift pada akhir tahun 2020 mendatang.

Sama seperti mobil lainnya, Honda CR-V ini memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan tersendiri. Kira-kira apa saja kelebihan dan kekurangan dari mobil ini? Berikut informasinya.

Kelebihan Honda HR-V

1. Menawarkan Dua Pilihan Mesin

Honda CR-V tersedia dalam tiga varian, yakni Honda CR-V 2.0L CVT, Honda CR-V 1.5L Turbo CVT, serta Honda CR-V 1.5L Prestige Turbo CVT. Untuk varian mesinnya, Honda CR-V menawarkan dua pilihan mesin, yakni mesin 1.5L VTEC Turbo dan mesin 2.0L i-VTEC.

Seluruh varian Honda CR-V menggunakan transmisi otomatis CVT with Earth Dream Technology. Penggunaan sistem transmisi CVT ini dipilih karena dinilai mampu menghasilkan perpindahan gigi yang lebih halus, performa mesin yang lebih optimal, serta efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

2. Desain Eksterior Menawan

Urusan eksterior, Honda CR-V tidak kalah dengan para pesaingnya. Mobil ini terlihat gagah sekaligus minimalis berkat desain grille yang menyambung ke lampu utamanya. Seluruh sistem pencahayaan Honda CR-V terbaru menggunakan teknologi LED. Mobil ini juga dilengkapi dengan LED Daytime Running Light (DRL) untuk meningkatkan visibilitas, baik pada siang maupun malam hari.

Eksterior belakangnya juga tampak maskulin dengan kehadiran Rear Combi Lamp with LED Light Bars. Yang lebih menarik, pada bagian atapnya terdapat Panoramic Sunroof sehingga penumpang bisa melihat pemandangan ke atas atap. Velg baru berukuran 18 inci juga disematkan untuk menambah kesan sporty pada mobil ini.

3. Mesin Bertenaga

Bicara soal tenaganya, Honda CR-V memang memiliki mesin dengan tenaga yang mumpuni. Honda CR-V 1.5L Turbo dan Honda CR-V 1.5 Prestige Turbo dibekali mesin 4-silinder segaris, DOHC, VTEC Turbo, 16 katup berkapasitasn 1.498 cc yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 187 HP pada putaran 5.600 rpm dan torsi mencapai 240 Nm pada putaran 2.000-5.000 rpm. Performa tinggi yang dihasilkan oleh mesin berkapasitas 1,5 liternya ini tentu saja berkat dukungan teknologi Turbocharger yang dapat meningkatkan performa mesin.

Sementara itu, untuk varian Honda CR-V 2.0L i-VTEC yang menggendong mesin 4-silinder segaris, SOHC, i-VTEC, 16 katup dengan kapasitas 1.997 cc, tenaga yang dihasilkan justru lebih kecil, yakni 152 HP pada putaran 6.500 rpm. Torsinya sendiri hanya mencapai 189 Nm pada putaran 4.300 rpm.

4. Interior Luas dan Mewah

Interior Honda CR-V generasi terbaru menggunakan bahasa desain yang kental dengan kesan mewah. Bodinya yang besar juga membuat interiornya terasa lebih luas dan nyaman.

Honda CR-V 1.5L Turbo dan Honda CR-V 1.5 Prestige Turbo bisa mengangkut hingga 7 orang penumpang, sedangkan Honda CR-V 2.0L i-VTEC hanya bisa menampung 5 orang penumpang saja.

Penggunaan aksen wood panel pada konsol tengah Honda CR-V menambah kesan mewah sekaligus elegan pada mobil ini. Setirnya yang menggunakan teknologi tilt and teleskopic steering juga membuat interior mobil ini semakin berkelas.

5. Fitur Lengkap

Bicara soal fitur, mobil besutan Honda memang tidak pernah mengecewakan. Honda CR-V sendiri memiliki fitur yang cukup lengkap. Untuk fitur keselamatan dan pengendaraannya, ada fitur Brake Hold, fitur ECON Mode, fitur Vehicle Stability Assist (VSA), serta fitur Hill Start Assist (HSA).

Tidak lupa mobil ini juga dibekali dengan 6 Airbags, yang terdiri dari Dual SRS Airbags, Side Airbags, dan Side Curtains Airbags. Ada pula beberapa fitur keselamatan lain seperti sabuk keselamatan di semua baris kursi, seatbelt reminder untuk pengemudi dan penumpang baris pertama, pretensioner with load limiter seatbelt, fitur Isofix, fitur Brake Override System, alarm system, auto lock door by speed, serta immobilizer.

Khusus untuk Honda CR-V varian 1.5L Turbo, mobil ini sudah dilengkapi dengan fitur audio steering swittch. Mobil ini juga mengandalkan head unit Touchscreen 9 inci, A/V system yang cocok dengan berbagai format musik mulai radio, MP3/WMA, Bluetooth Audio, HDMI port, USB dan juga mendukung Nanoe technology.

Perlu diketahui bahwa fitur Nanoe technology ini berfungsi untuk menjaga udara di dalam kabin agar lebih sehat dan bebas dari virus. Sayangnya, fitur yang satu ini baru tersedia untuk varian tertinggi Honda CR-V.

Kekurangan Honda CR-V

1. Harga Relatif Mahal

Mengisi segmen SUV menengah di Indonesia, Honda CR-V harus bersaing dengan berbagai mobil lainnya. Salah satu kompetitor utamanya adalah Nissan X-Trail yang memiliki dimensi yang tidak jauh berbeda.

Meskipun Honda CR-V disebut lebih bertenaga, tetapi harganya masih relatif lebih mahal dibandingkan dengan Nissan X-Trail. Seperti yang sudah disebutkan, Honda CR-V dipasarkan dengan kisaran harga Rp463,9 jutaan hingga Rp539,4 jutaan. Sedangkan Nissan X-Trail relatif lebih murah dengan harga Rp421 jutaan untuk varian terendahnya.

2. Dimensi Besar, Kurang Gesit di Jalan Sempit

Honda CR-V memiliki dimensi panjang 4.584 mm, lebar 1.855, dan tingginya 1679 mm. Jarak sumbu rodanya sendiri mencapai 2.660 mm.
Kendati dimensinya yang besar bisa menjamin kabin yang lebih leluasa dan nyaman, ternyata hal ini juga bisa menjadi kelemahan. Bodinya yang besar menjadikan mobil ini kurang gesit ketika dikendarai di jalan sempit.

Kesimpulan

Tidak hanya fiturnya yang lengkap, mesinnya yang bertenaga merupakan beberapa kelebihan utama yang dimiliki oleh mobil Honda CR-V ini. Bodinya yang besar juga membuat interiornya terasa lebih leluasa dan dapat meningkatkan kenyamanan penumpang ketika berkendara.

Tetapi sayangnya, bodi yang besar ini justru akan menjadi hambatan ketika mobil SUV yang satu ini dibawa berkendara ke jalan yang sempit. Selain itu, harganya yang relatif lebih mahal dibandingkan dengan kompetitornya juga menjadi salah satu kekurangan dari Honda CR-V.

↓ ↓ ↓ Ayok Para Miliuner, Sukai dan Bagikan!

Berita Terbaru

Perbandingan Kenyamanan Berkendara Suzuki Ertiga Vs Honda Mobilio, Mana Juaranya? Panduan Membeli
Perbandingan Kenyamanan Berkendara Suzuki Ertiga Vs Honda Mobilio, Mana Juaranya? Diproduksi sejak tahun 2012, Suzuki Ertiga adalah mobil berjenis Low MPV dengan 7 tempat duduk yang dirilis pada pertengahan Februari 2020 lalu. All New Suzuki Ertiga merupakan perpaduan MPV dan Sedan dengan platform Suzuki Swift generasi ketiga. Harga Suzuki Ertiga dibanderol mulai dari Rp 205 jutaan sampai Rp 249 jutaan. All New Suzuki Ertiga 2020 hadir dengan 5 tipe. Di kesempatan kali ini, perbandingan kenyamanan berkendara Suzuki Ertiga Vs Honda Mobilio. DAFTAR HARGA ALL NEW SUZUKI ERT
Review Wuling Confero - SEO Content Reviews
Review Wuling Confero - SEO Content Confero adalah produk pertama Wuling yang diluncurkan di Indonesia. Wuling Confero adalah hasil dari manifestasi nyata dari pengamatan suatu kebutuhan masyarakat untuk memperlancar mobilitas, dengan fitur dan teknologi dari suatu mobil keluarga. Sejalan dengan namanya yang diambil dari bahasa Latin yang berarti 'untuk bersatu', Confero adalah mobil terbaik untuk menyatukan keluarga.Wuling Confero tersedia dalam empat varian dengan mesin bensin 1.500 cc. Harga on the road Jakarta per Juli
Cermati Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic Hatchback Sebelum Membeli Panduan Membeli
Cermati Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic Hatchback Sebelum Membeli Honda Civic Hatchback saat diperkenalkan pada 2017 silam telah jadi bagian dari keluarga model Honda Civic yang legendaris di Indonesia. Sejarahnya model Civic sendiri telah dipasarkan di Indonesia sejak tahun 1976 dan saat ini terdiri dari sedan Honda Civic, Honda Civic Hatchback, dan Honda Civic Type R.Di tahun 2020 Honda Civic Hatchback di Indonesia mendapatkan penyegaran dan penambahan emblem RS. Diklaim pihak pabrikan, mobil ini jadi tahapan berikutnya para pemilik Honda Jazz yang ingin nai
Toyota Akan Launching Corolla Cross Hybrid di Indonesia Secara Online pada 6 Agustus Berita
Toyota Akan Launching Corolla Cross Hybrid di Indonesia Secara Online pada 6 Agustus Toyota Akan Launching Corolla Cross Hybrid di Indonesia Secara Online pada 6 AgustusBeberapa waktu lalu PT Toyota Astra Motor (TAM) dikabarkan akan meluncurkan Sport Utility Vehicle (SUV) Crossover terbarunya, All New Toyota Corolla Cross dengan mesin hybrid di Indonesia.Hal tersebut menyusul pengenalan secara global yang dilakukan Toyota di Thailand beberapa waktu lalu.Anton Jimmi Suwandy, selaku Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor pun mengiyakan kabar tersebut.Dan sekarang tanggal pasti k
Cegah Penumpukan Arus Balik Libur Idul Adha, Korlantas Berlakukan Contraflow Arah Jakarta Berita
Cegah Penumpukan Arus Balik Libur Idul Adha, Korlantas Berlakukan Contraflow Arah Jakarta Cegah Penumpukan Arus Balik, Korlantas Berlakukan Contraflow Arah Jakarta Korlantas Polri telah memprediksi puncak arus balik lebaran Idul Adha terjadi pada Minggu (2/8). Diperkirakan sekitar 300 ribu kendaraan akan menuju Jakarta dari arah Jawa Tengah.Kakorlantas Polri, Irjen Istiono menyebutkan, arus balik memasuki wilayah Jakarta dari dua jalur utama.“Arus balik diprediksi ada sekitar 160 ribu kendaraan yang kembali ke Jakarta melalui gerbang tol Cikatama dan 140 ribu melalui

Lebih

Rekomendasi Mobil

Terbaru Populer
MINI 3 Door
Rp 0,74 - 15,00 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
Mitsubishi Pajero Sport
Rp 486,50 - 697,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
BMW 8 Series Coupe
Rp 2,41 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
DFSK Glory i-Auto
Rp 329,70 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
BMW X3 M
RM 2,49 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
BMW X4 M
RM 2,53 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
Wuling Cortez
Rp 208,80 - 282,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Lexus LM
RM 239,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Lamborghini Huracan
Rp 8,90 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
Audi Q3
RM 875,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
BMW 3 Series Touring
RM 1,46 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
Suzuki Ignis
Rp 171,00 - 200,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
BMW X6
Rp 1,79 - 2,16 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
Renault Kwid
Rp 134,00 - 149,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mercedes-Benz GLS-Class
Rp 2,15 - 5,23 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
MG ZS
RM 258,00 - 289,80 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mazda CX 3
Rp 399,90 - 464,40 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mazda CX 9
Rp 846,80 - 954,90 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Civic Hatchback
Rp 433,60 - 474,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mazda CX 30
Rp 479,90 - 519,90 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
BMW M5
Rp 3,76 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
Peugeot 5008
Rp 745,00 - 820,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Agya
Rp 138,20 - 158,60 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Peugeot 3008
Rp 690,00 - 730,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mercedes-Benz A-Class Sedan
Rp 899,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mazda CX 8
Rp 664,80 - 746,80 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Avanza
Rp 191,10 - 221,25 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Brio
Rp 147,00 - 199,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Kijang Innova
Rp 312,05 - 414,75 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Jazz
Rp 249,50 - 292,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Civic
Rp 527,90 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Agya
Rp 138,20 - 158,60 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Nissan Livina
Rp 205,30 - 269,10 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Mobilio
Rp 203,00 - 258,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik